Wikipedia:Kebijakan penyuntingan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tidak perlu sempurna[sunting | sunting sumber]

Sangatlah bagus jika seseorang menambahkan suatu artikel yang lengkap dan ditulis dengan baik ke Wikipedia. Hal ini selalu dianjurkan.

Walaupun demikian, salah satu kelebihan utama sistem Wiki adalah bahwa draf awal artikel yang tidak lengkap atau ditulis dengan buruk dapat berkembang menjadi suatu karya agung yang terpoles dan layak dipresentasikan melalui proses penyuntingan kolaboratif. Hal ini membuat pendekatan yang kita lakukan memiliki kelebihan dibandingkan cara lain untuk menghasilkan produk akhir yang serupa. Karenanya, pengiriman draf kasar harus juga didorong sebisa mungkin.

Seseorang dapat memulai suatu artikel dengan, mungkin, gambaran umum, terhadap beberapa fakta acak. Orang lain lalu menambahkan opini minoritas. Orang lain lagi dapat membulatkan artikel tersebut dengan perspektif lain. Selanjutnya, editor lain dapat mengutarakan suatu sudut pandang yang mungkin terabaikan, atau memperbaiki opini awal sehingga menjadi lebih bersudut pandang netral. Orang selanjutnya bisa memiliki fakta dan angka atau grafik untuk disertakan, dan orang lainnya lagi dapat membetulkan kesalahan ejaan dan tatabahasa yang muncul pada beberapa suntingan sebelumnya.

Selagi semua bahan tersebut ditambahkan, siapapun dapat berkontribusi dan menyusun ulang artikel untuk menjadikannya sebagai suatu kesatuan yang utuh. Lalu, lebih banyak bahan dapat ditambahkan, dan mungkin pula ditulis ulang... dan selanjutnya.

Sepanjang proses ini, artikel tersebut mungkin tampak seperti suatu rancangan awal atau, lebih parah lagi, suatu kumpulan catatan dan fakta acak. Dari pada takut dengan kekacauan tersebut, kita seharusnya gembira dengan potensinya, dan percaya bahwa proses penyuntingan akan membuatnya menjadi suatu prosa yang indah. Tentu saja, kita tidak harus menyukainya; kadang kita mungkin mengkritik karya yang di bawah standar, sebagai tambahan dari sekedar memperbaikinya. Sangatlah penting untuk mengkoreksi hal tersebut, jika bisa. Untuk naskah yang tak dapat diharapkan, kita dapat memindahkan bagian tersebut ke halaman bicara yang bersangkutan, atau, jika artikel tersebut sama sekali tak dapat diterima, langsung menghapusnya. Walaupun demikian, keputusan untuk mengambil tindakan yang terakhir tidak boleh diambil begitu saja.

Gaya penyuntingan[sunting | sunting sumber]

Umumnya, orang yang berbeda memiliki "gaya" penyuntingan yang berbeda:

  • Beberapa orang tidak banyak menyunting dan berfokus pada memberikan isi baru.
  • Orang lain memilih untuk mengembangkan "rintisan" dan artikel yang ada.
  • Beberapa lebih menyukai melakukan perubahan copyediting kecil (seperti tatabahasa, ejaan, klarifikasi, dan sintaks), dan juga menambahkan pranala baru atau memindahkan halaman untuk memberi nama baru tanpa harus kehilangan riwayat dan pembicaraan artikel tersebut.

Selalu ada tempat untuk segala hal di atas di Wikipedia.

Keberanian[sunting | sunting sumber]

Perubahan besar[sunting | sunting sumber]

Wikipedia bukanlah forum diskusi[sunting | sunting sumber]

Apapun yang Anda pilih, baik jika Anda memutuskan untuk menyunting dengan berani atau menanyakan di halaman pembicaraan dulu, harap dicamkan bahwa Wikipedia bukanlah forum diskusi.

Wikipedia dapat menjadi tempat yang sangat energik, dan adalah yang terbaik bagi proyek ini secara keseluruhan jika kita mengkonsentrasikan energi kita untuk mengembangkan artikel, bukannya mempertahankan teori kesayangan, ideologi, agama, dll. Tidak ada salahnya mengikuti etika.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]