Wikipedia:Wikipediawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Wikipedia:Pengguna" beralih ke halaman ini. Untuk pengguna terdaftar, lihat Wikipedia:Pengguna terdaftar.
"WP:USER" beralih ke halaman ini. Untuk Halaman pengguna, lihat Wikipedia:Halaman pengguna.
Gtk-redo-ltr.svg WP:USER
WP:WAN
Pengguna
Wikipedianisme
Wikipediawan
Wikipedian
Wikiwan dan wikiwati
Wikipediawan
Rentang fosil: 0.2–0 Jtl
Pleistocene - belakangan ini
Wikipedesketch1.png
"Wikipede", bentuk yang jarang dari Homo wikipediens
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Primate
Famili: Hominidae
Upafamili: Homininae
Bangsa: Hominini
Genus: Homo
Spesies: H. wikipediens
Nama binomial
Homo wikipediens
syn. Homo vicipaedicus

Jimbo Wales, 2001
Nama trinomial
Homo wikipediens userous[1]
Jimbo Wales, 2001
Subspesies

Homo wikipediens sysopus[2]
Homo wikipediens bureaucratous[3]
Homo wikipediens oversightus[4]
Homo wikipediens checkuserous[5]
Homo wikipediens botticus[6]
Homo wikipediens stewardous[7]
Homo wikipediens holicious[8]

Wikipediawan (penyunting Wikipedia sukarelawan), disingkat 'pediawan adalah orang yang menulis dan menyunting artikel untuk Wikipedia. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa istilah Wikipedis mungkin lebih sesuai, seperti halnya seorang ensiklopedis adalah kontributor dari suatu ensiklopedia. Pada akhirnya kemudian digunakan istilah Wikipediawan yang dianggap lebih cocok untuk menyebut peranan dari kelompok atau komunitas. Dalam pengertian ini, Wikipediawan adalah orang-orang yang membentuk Komunitas Wikipedia.

Jumlah Wikipediawan di Wikipedia bahasa Indonesia pada saat ini telah mencapai 802.110 — yakni total pengguna terdaftar (2.082 di antaranya adalah Wikipediawan aktif), ditambah sejumlah kontributor tak terdaftar yang jumlahnya cukup banyak. Informasi statistik yang mendetail tentang Wikipedia dapat ditemukan di Wikipedia:Statistik.

Keanekaragaman Wikipediawan menjadikan hampir mustahil untuk membuat pernyataan yang pasti mengenai para Wikipediawan secara menyeluruh. Profil tentang para Wikipediawan dapat ditemukan di halaman pengguna mereka masing-masing, akan tetapi, pengguna tidak diharuskan untuk membuat ataupun menuliskan profil mereka di halaman tersebut.

Ada sebagian kalangan mungkin beranggapan bahwa para Wikipediawan adalah seperti koloni semut sedunia tanpa seekor (seorang) ratu, dan para pengguna dapat menentukan sendiri apa peranan yang ingin mereka lakukan di Wikipedia. Ada Wikipediawan yang suka memberikan ucapan selamat datang dan beberapa memberikan penghargaan bagi yang mereka anggap layak. Ada yang memuat berkas-berkas, ada yang menulis tentang sejarah, ada yang merapikan tatabahasa, dan ada juga yang berusaha memerangi vandalisme. Banyak yang berperan mengerjakan semuanya sekaligus. Apapun pilihan Anda, setiap kontribusi Wikipediawan sangat berharga.

Kotak pengguna

Tren di antara para Wikipediawan adalah membuat dan memajang kotak pengguna pada halaman pengguna mereka. Kotak pengguna adalah templat individual kecil yang mengambarkan sifat dan minat sang pengguna.

Wikipediawan menggunakan kotak-kotak pengguna kecil tersebut untuk beberapa alasan. Beberapa menggunakannya untuk menemukan orang lain yang memiliki tujuan dan/atau minat yang sama; beberapa menggunakannya atas alasan statistik, dan beberapa lagi menggunakannya sebagai selingan untuk menghilangkan kebosanan.

Beberapa pengguna membuat halaman tersendiri yang isinya semata-mata hanyalah kotak pengguna, dan tidak pernah kembali; sedangkan beberapa lainnya datang lagi untuk membuat kontribusi yang baik dan membantu membangun ensiklopedia bebas ini. Kotak pengguna sudah terbukti merupakan sesuatu yang menyenangkan, dengan banyak pilihan, dan menjadi sebuah cara yang efektif untuk memilah dan menggolongkan para Wikipediawan.

Catatan kaki

  1. ^ Di Indonesia, ada 802.110 orang
  2. ^ Tinggal 24 orang di Indonesia
  3. ^ Tinggal 4 orang di Indonesia
  4. ^ Tinggal 2 orang di Indonesia
  5. ^ Tinggal 4 orang di Indonesia
  6. ^ Masih banyak
  7. ^ Ada satu di Indonesia.
  8. ^ Jarang ditemui

Lihat pula