Kambrium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cambrian)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bumi pada masa pertengahan Kambrium.

Kambrium (bahasa Inggris: Cambrian) adalah periode pada skala waktu geologi yang dimulai pada sekitar 542 ± 1,0 jtl (juta tahun lalu) di akhir eon Proterozoikum dan berakhir pada sekitar 488,3 ± 1,7 jtl dengan dimulainya periode Ordovisium. Periode ini merupakan periode pertama era Paleozoikum dari eon Fanerozoikum. Nama "Kambrium" berasal dari Cambria, nama klasik untuk Wales, wilayah asal batuan dari periode ini pertama kali dipelajari.

Ciri khas periode ini adalah fenomena Letusan Kambrium, di mana terjadi kemunculan mendadak banyak filum yang tidak ada di lapisan sebelumnya, dan filum-filum ini meliputi makhluk yang sederhana sampai lebih rumit, yang dahulunya diduga baru akan muncul berjuta-juta tahun kemudian.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada periode Kambrium, iklim global secara keseluruhan lebih hangat dan tenang daripada saat ini. Tidak adanya daratan yang terkurung oleh lautan memungkinkan tidak adanya akumulasi lapisan es di kutub. Diketahui tidak ada endapan glasial pada periode Kambrium, karena endapan ini umum dan tersebar luas di lapisan atas Prekambrium. Endapan terakumulasi kembali pada Periode Ordovisium di Afrika utara saat Gondwana mulai bergerak melewati Kutub Selatan. Jika tidak, adanya endapan batu kapur yang terus-menerus dan tersebar luas yang ditemukan di pinggiran pusat busur trans-benua di Amerika Utara.[butuh rujukan]

Fauna Kambrium umumnya didominasi oleh anggota filum Arthropoda. Adanya proses pengapuran kerangka pada awal zaman Atdabanian berkontribusi pada catatan fosil yang melimpah dari kelas Trilobita. Laju evolusi pada trilobita Kambrium relatif cepat, menghasilkan rentang stratigrafi yang pendek dan memberi mereka banyak hubungan untuk korelasi biostratigrafi. Perwakilan dari kelas Ostracoda, yang secara khas tertutup oleh karapas kerang, juga muncul di dekat perairan pada periode Kambrium.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

PaleoproterozoikumMesoproterozoikum

HadeanArkeanProterozoikumFanerozoikumPrakambriumera (geologi)eon