Oligosen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sistem/
Periode
Seri/
Epos
Masa/
Usia
Penanggalan mutlak (Ma)
Neogen Miosen Aquitanian younger
Paleogen Oligosen Chattian 23.03–28.1
Rupelian 28.1–33.9
Eosen Priabonian 33.9–38.0
Bartonian 38.0–41.3
Lutetian 41.3–47.8
Ypresian 47.8–56.0
Paleosen Thanetian 56.0–59.2
Selandian 59.2–61.6
Danian 61.6–66.0
Cretaceous Awal/
Akhir
Maastrichtian older
Subdivisi Periode Paleogen
menurut ICS, pada Januari 2013.[1]
Mesohippus, suatu jenis mamalia yang hidup pada kala Oligosen.

Oligosen adalah suatu kala pada skala waktu geologi yang berlangsung dari sekitar 34 hingga 23 juta tahun yang lalu. Seperti periode geologi yang lebih tua lainnya, lapisan batuan yang membedakan periode ini terdefinisi dengan jelas, tetapi waktu awal dan akhirnya agak kurang dapat dipastikan. Namanya berasal dari bahasa Yunani oligos ("beberapa") dan ceno ("baru"), dan merujuk pada sedikitnya penambahan mamalia modern setelah peledakan evolusi pada kala Eosen. Oligosen melanjutkan kala Eosen dan diikuti oleh Miosen dan merupakan kala ketiga dan terakhir pada periode Paleogen.

Awal Oligosen ditandai dengan kepunahan massal yang mungkin berhubungan dengan tumbukan objek luar angkasa yang ditemukan di Siberia dan dekat Chesapeake Bay. Batas antara Oligosen dan Miosen tidak dapat ditentukan secara mudah dengan suatu peristiwa, melainkan merupakan batas yang semu antara Oligosen yang lebih hangat dengan Miosen yang relatif lebih dingin.

Oligosen sering dianggap merupakan masa transisi yang penting, suatu penghubung antara "[the] archaic world of the tropical Eocene and the more modern-looking ecosystems of the Miocene. (Haines)"

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

Paleoproterozoikum Mesoproterozoikum Hadean Arkean Proterozoikum Fanerozoikum Prakambrium era (geologi) eon


  1. ^ Cohen, K.M.; Finney, S.; Gibbard, P.L. (2013), International Chronostratigraphic Chart (PDF), International Commission on Stratigraphy .