Mesoproterozoikum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mesoproterozoikum adalah era geologi yang berlangsung antara 1600 hingga 1000 juta tahun yang lalu dan merupakan bagian dari eon Proterozoikum. Peristiwa penting pada era ini adalah pembentukan superbenua Rodinia dan evolusi reproduksi seksual. Era ini dibagi menjadi tiga periode: Kalimium, Ektasium, dan Stenium.

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Ada tiga peristiwa utama yang terjadi pada era ini, yaitu berpecahnya superbenua Kolumbia, evolusi reproduksi seksual, dan pembentukan superbenua Rodinia. Era ini ditandai dengan pengembangan dalam evolusi lempeng tektonik, yang ditandai dengan peristiwa pembentukan rangkaian pegunungan (orogeni) pertama, yaitu Orogeni Grenville, yang dimana bukti-bukti ekstensifnya masih bisa ditemukan hingga sekarang. Selain evoulsi lempeng tektonik, ditemukan juga adanya indikasi bahwa komposisi lautan, sedimen, dan atmosfer yang penting pada era ini. Namun, hanya sedikit yang diketahui oleh ilmuwan, mengenai hal ini.

Pada era ini, stromatolit sangat umum dijumpai, sebelum jumlahnya mernurun pada era selanjutnya. Makhluk hidup bersel satu mulai mengembangkan proses reproduksi seksual, yang menjadi tahap awal dalam evolusi hewan multisel. Ini juga memungkinkan adanya keanekaragaman dan kompleksitas pada hewan-hewan yang akan muncul pada masa-masa mendatang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

PaleoproterozoikumMesoproterozoikum

HadeanArkeanProterozoikumFanerozoikumPrakambriumera (geologi)eon
Didahului oleh Eon Arkean 2.5 Milyar tahun - Eon Proterozoikum - 542 Milyar tahun Diikuti oleh Eon Fanerozoikum
2.5 Milyar tahun - Era Paleoproterozoikum -1.6 Milyar tahun 1.6 Milyar tahun - Era Mesoproterozoikum -1.0 Milyar tahun 1.0 Milyar tahun - Era Neoproterozoikum -542 Milyar tahun
Siderium Riasium Orosirium Staterium Kalimium Ektasium Stenium Tonium Kriogenium Ediakarium