Orosirium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Orosirium (dari kata bahasa Yunani Kuno, ὀροσειρά, romanisasi: oroseirá, yang berarti "pegunungan") adalah periode geologi ketiga pada era Paleoproterozoikum yang berlangsung dari 2050 - 1800 juta tahun yang lalu.[1] Waktu tersebut bukan berdasarkan stratigrafi, melainkan didefinisikan secara kronometrik.

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Kawah Vredefort

Dimulainya periode ini ditandai dengan terbentuknya superbenua Atlantika. Eukariota pertama muncul di periode ini. Atmosfer mulai dipenuhi oksigen, dan tumbukan asteroid Sudbury Basin dan Verdefort terjadi.

Setengah kedua dari periode ini ditandai dengan terjadinya peristiwa orogeni pada hampir seluruh dunia (yang menjadi alasan bagaimana periode ini mendapat namanya)

Dua dari peristiwa tumbukan meteor terdahsyat yang pernah terjadi, terjadi pada periode Orosirium, yaitu tumbukan Vredefort, yang terjadi pada awal periode, tepatnya pada 2023 juta tahun lalu, dan tumbukan Sudbury Basin, pada 1850 juta tahun lalu.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ David Huddart; Tim Stott (16 April 2013). Earth Environments: Past, Present and Future. John Wiley & Sons. hlm. 1599–. ISBN 978-1-118-68812-0. 
Didahului oleh Eon Arkean 2.5 Milyar tahun - Eon Proterozoikum - 542 Milyar tahun Diikuti oleh Eon Fanerozoikum
2.5 Milyar tahun - Era Paleoproterozoikum -1.6 Milyar tahun 1.6 Milyar tahun - Era Mesoproterozoikum -1.0 Milyar tahun 1.0 Milyar tahun - Era Neoproterozoikum -542 Milyar tahun
Siderium Riasium Orosirium Staterium Kalimium Ektasium Stenium Tonium Kriogenium Ediakarium