Ordovisium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ordovician)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ordovisium adalah suatu periode pada era Paleozoikum yang berlangsung antara 488,3 ± 1,7 hingga 443,7 ± 1,5 juta tahun lalu. Periode ini melanjutkan periode Kambrium dan diikuti oleh periode Silur. Periode yang mendapat namanya dari salah satu suku di Wales, Ordovices, ini didefinisikan oleh Charles Lapworth pada tahun 1879 untuk menyelesaikan persengketaan antara pengikut Adam Sedgwick dan Roderick Murchison yang masing-masing mengelompokkan lapisan batuan yang sama di Wales utara masuk dalam periode Kambrium dan Silur. Lapworth mengamati bahwa fosil fauna pada strata yang dipersengketakan ini berbeda dengan fauna pada periode Kambrium maupun Silur sehingga seharusnya memiliki periode tersendiri.

Periode ini terbagi menjadi 3 kala, yaitu Ordovisium awal, Ordovisium tengah, dan Ordovisium akhir.

Paleogeografi[sunting | sunting sumber]

Pada periode ini, permukaan air laut sangatlah tinggi. Epeirik yang dangkal adalah lokasi dimana batuan dari periode ini sangat terjaga.

Selama periode Ordovisium, benua-benua di selatan menyatu menjadi superbenua Gondwana. Gondwana pertamakali terbentuk di sekitar garis khatulistiwa, tetapi, seiring berjalannya waktu, bergerak ke arah kutub selatan. Pada Ordovisium Awal, benua Laurentia (Amerika Utara masa kini), Siberia, dan Baltika (Eropa masa kini) masih berupa satu benua indenpenden.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Selama periode ini berlangsung, kehidupan terus berkembang, namun, diakhir periode, peristiwa kepunahan massal yang bernama Kepunahan Massal Ordovisium-Silur terjadi. Hewan sejenis Plankton, seperti conodonta, graptolit, beberapa jenis trilobit, Brachiopoda, Byrozoa, dan enchinodermata terkena dampak yang besar dari peristiwa ini. Dan lebih buruknya lagi, seluruh jenis nautiloid berbentuk kerucut lenyap sepenuhnya.

Kepunahan ini mungkin terjadi karena zaman es yang terjadi di akhir periode.

Tanaman pertama diyakini naik ke daratan pada sekitar periode ini. Namun, tanaman tersebut sangatlah simpel. Mereka tidak punya akar, batang, maupun daun. Ini membatasi wilayah temapt mereka bisa tinggal. Para ilmuwan mempercayai bahwa mereka tumbuh di daerah lembab dekat perairan.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

PaleoproterozoikumMesoproterozoikum

HadeanArkeanProterozoikumFanerozoikumPrakambriumera (geologi)eon