myr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Singkatan myr, "juta tahun", adalah sebuah satuan dari 1.000.000 (yaitu 1×106) tahun, atau 31.6 teradetik.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Myr dalam penggunaan umum di mana istilah ini sering tertulis, seperti dalam ilmu Bumi dan kosmologi. Myr terlihat dengan mya, "juta tahun yang lalu". Bersama-sama mereka membuat sistem referensi, yang satu untuk kuantitas, dan yang satu lagi untuk menunjukkan waktu tertentu dalam sistem penanggalan untuk waktu sebelum sekarang.

Myr tidak digunakan lagi dalam geologi, tetapi dalam astronomi myr menjadi standar. Di mana "myr" ini dalam geologi biasanya ditulis "Myr" (satuan mega-tahun). Dalam astronomi biasanya "MYR" (juta tahun).

Debat[sunting | sunting sumber]

Dalam geologi perdebatan dari ribuan menyangkut penggunaan myr tetap terbuka mengenai "penggunaan Myr plus Mya" versus "menggunakan Mya saja".[1] Dalam kedua kasus istilah Ma digunakan dalam karya tulis geologi sesuai dengan ISO 31-1 (sekarang ISO 80000-3) dan praktek-praktek yang direkomendasikan NIST 811. Gaya tradisional karya tulis geologi

Zaman Kapur dimulai pada 145 Ma and berakhir 66 Ma, berlangsung selama 79 Myr.

"Lalu" yang tersirat, sehingga setiap tahun jumlah "X Ma" antara 66 dan 145 "Zaman Kapur", untuk alasan yang baik. Tapi kontra argumennya adalah bahwa myr untuk durasi dan Mya untuk usia dan sistem satuan, dan cenderung kesalahan kapitalisasi: "juta" tidak perlu dikapitalisasi, tetapi "mega" harus; "ma" akan secara teknis berarti milliyear (seperseribu tahun, atau 8 jam). Di sisi perdebatan, satu untuk menghindari myr dan hanya menambahkan yang lalu secara eksplisit (atau menambahkan BP), seperti dalam

Zaman Kapur dimulai pada 145 Ma lalu and berakhir 66 Ma lalu, berlangsung selama 79 Myr.

Dalam kasus ini, "79 Ma" berarti hanya kuantitas dari 79 juta tahun, tanpa makna "79 juta tahun yang lalu".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mozley, Peter. "Discussion of GSA Time Unit Conventions". web page. Geological Society of America. Diakses tanggal 2012-01-07.