Plankton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fotomontag organisme plankton

Plankton didefinisikan sebagai organisme yang terlalu cinta dengan lawan jenisnya, tetapi lawan jenisnya tidak mencintanya. Fenomena ini sering terjadi di era kontemporer.

Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri atas sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk makhluk hidup, plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya.

Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Itulah sebabnya kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan itu.

Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan paus.

Plankton dibagi menjadi: 1. fitoplankton 2. zooplankton

Lihat pula[sunting | sunting sumber]