Wikipedia:Pengawas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kepengurusan (daftar otomatis)
Birokrat
Pemeriksa
Pengawas
Pengurus antarmuka
Steward
Pengangkatan/pencabutan
KebijakanSistem pemilihan
Pemungutan suara (arsip)
Permohonan status (arsip)
Permohonan pencabutan status
Tanggung jawab
Pengurus bukanlah
Pedoman peralatan pengurus
Nasihat bagi pengurus baru
Permintaan perhatian pengurus
Logo pengawas

Pengawas (bahasa Inggris: oversight) adalah pengguna Wikipedia dengan akses khusus pada proyek-proyek Wikimedia, yang dapat menghapus secara semi permanen suatu suntingan tertentu dari versi terdahulu artikel. Suatu versi artikel yang dihapus melalui fungsi pengawas tidak bisa dilihat oleh siapapun termasuk pengurus maupun birokrat.

Untuk mengajukan permohonan pengawasan, silakan kirimkan surel ke salah satu dari pengawas yang sedang menjabat. Untuk mengajukan pertanyaan secara umum, silakan tinggalkan pesan di halaman pembicaraan.

Kebijakan

Pengawasan (suppression) adalah tindakan penyembunyian revisi, penyuntingan ringkasan, nama pengguna, atau isi dari log publik. Data yang disupresi hanya dapat ditinjau dan dikembalikan oleh para pengguna dalam grup-grup tersebut, dengan pengecualian anggota Komisi Ombudsman yang dapat melihat data yang disupresi (tetapi tidak bisa mengembalikannya).

Hak

Perbandingan fitur penyembunyian
Disembunyikan dari: Dapat dilihat publik di riwayat halaman? Mudah dibalikkan? Terlihat di log penghapusan publik?
RevisionDelete Non-Pengurus Ya (dicoret) Ya Ya
Suppression Non-Pengawas Ya (dicoret tebal) Ya Tidak
Pengawas versi lama Non-Pengawas Tidak Tidak Tidak

Seorang pengawas memilik hak untuk:

  • 'deleterevision' — menghapus dan membatalkan penghapusan revisi tertentu suatu halaman;
  • 'deletelogentry' — menghapus dan membatalkan penghapusan entri log tertentu;
  • 'hideuser' — memblokir nama pengguna dan menyembunyikannya dari publik;
  • 'suppressrevision' — menampilkan, menyembunyikan dan membatalkan penyembunyian revisi tertentu atas suatu halaman dari pengguna;
  • 'suppressionlog' — melihat log privat;
  • 'abusefilter-hide-log' — sembunyikan entri di dalam catatan penyalahgunaan;
  • 'abusefilter-hidden-log' — melihat entri catatan penyalahgunaan tersembunyi.

Penggunaan

Seorang pengawas hanya boleh menggunakan fungsi pengawasan apabila dalam kondisi berikut ini:

  1. Menghapus informasi pribadi non-publik seperti nomor telepon, alamat rumah, tempat kerja atau identitas dari pengguna dengan nama samaran (pseudonym) atau tanpa nama (anonymous) yang belum membuka informasi pribadi mereka kepada publik;
  2. Menghapus informasi yang berpotensi mencemarkan nama baik/reputasi seseorang, dengan didukung:
    1. nasihat dari penasihat hukum Yayasan Wikimedia; atau
    2. ketika kasus itu sudah jelas, dan tidak ada alasan editorial untuk menyimpan revisi.
  3. Menghapus pelanggaran hak cipta, atas nasihat dari penasihat hukum Yayasan Wikimedia; dan
  4. Menyembunyikan nama serangan terbuka terhadap daftar-daftar otomatis atau log-log, di mana tidak mengganggu riwayat suntingan, yaitu pada suatu serangan terbuka yang jelas ditujukan untuk merendahkan, mengancam, mencemarkan (libel), menghina, atau melecehkan seseorang.

Informasi yang terkena pengawasan

Contoh tampilan log Istimewa:Oversight

Informasi yang dihapuskan tetap saja dapat dilihat oleh pengguna yang memiliki akses pengawas, melalui log dan dapat dikembalikan oleh seorang pengembang apabila diputuskan telah terjadi sesuatu kesalahan.

Log penghapusan versi terdahulu dicatat secara tersendiri, dan hanya dapat dilihat oleh pengguna dengan akses pengawas di Istimewa:Oversight dengan keterangannya.

Daftar log mengenai siapa yang melakukan penghapusan, waktunya, dari artikel mana, dan ringkasan komentar yang diberikan. Tersedia juga sebuah pranala beda yang berguna untuk membandingkan dengan revisi sebelumnya dengan yang dihapuskan ini.

Larangan

Fungsi penghapusan yang melalui kewenangan pengawas ini tidak boleh dipergunakan untuk vandalisme biasa (bahkan untuk vandalisme yang sangat buruk dan ofensif sekalipun); kecuali untuk kondisi yang telah disebutkan di atas. Kewenangan pengawas ini hanyalah diperuntukkan bagi hal-hal yang tidak diperuntukkan bagi para pengurus.

Prosedur

Contoh tampilan antar muka MediaWiki:Hiderevision-tab.

Pengguna dengan akses pengawas akan mendapatkan sebuah tab baru "MediaWiki:Hiderevision-tab" ketika melihat versi terdahulu, perbedaan antar revisi, atau revisi yang dihapuskan. Klik pada tab ini dan isikan ringkasan penghapusannya untuk menghapuskan revisi tersebut.

Suntingan yang terkini tidaklah dapat dihapuskan; karenanya lakukan pengembalian suntingan terlebih dahulu. Jika sebuah halaman hanya memiliki satu revisi, ganti dulu dengan halaman kosong sebagai revisi kedua, gunakan peralatan MediaWiki:Oversight pada revisi yang pertama, baru hapus halaman tersebut. Tindakan ini akan menghindarkan bahkan para opsis dan birokrat untuk mengakses versi yang disembunyikan lewat peralatan MediaWiki:Oversight itu.

Para pengguna perlu mengetahui bahwa penghapusan suatu versi suntingan oleh pengawas dapat menyebabkan informasi yang menyesatkan. Contohnya jika pengguna A menambahkan informasi pribadi yang harus dihilangkan, kemudian B melakukan vandalisme, lalu C menghapuskan informasi pribadi itu tanpa menghapuskan vandalismenya, lalu D menghapuskan vandalismenya; dan pengawas menghapuskan versi suntingan pengguna A dan B (minimum yang diperlukan untuk menyembunyikan informasi non publik), maka akan timbul seolah-olah C yang telah melakukan vandalisme. Dalam kasus ini, kebingungan tersebut harus dihindarkan dengan sekaligus menghapuskan juga versi C dan D-nya. Masalah lebih lanjut muncul ketika isi yang baik ditambahkan, sampai-sampai tidak ada solusi yang sederhana. Sistem ini mungkin akan dikembangkan kembali untuk menggantikan versi yang dihapuskan pengawas dengan penanda yang eksplisit.

Daftar

Daftar otomatis

Mantan pengawas

Catatan

  • Steward Meta-Wiki memiliki kewenangan untuk melaksanakan fungsi pengawas di proyek yang tidak memiliki pengawas lokal secara sementara.
  • Anggota Komisi Ombudsman mengawasi pelaksanaan fungsi pengawas di tingkat proyek lokal dan kesesuaiannya dengan kebijakan global.