Wikipedia:Pengurus/Permohonan status pengurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kepengurusan (daftar otomatis)
Birokrat
Pemeriksa
Pengawas
Pengurus antarmuka
Steward
Pengangkatan/pencabutan
KebijakanSistem pemilihan
Pemungutan suara (arsip)
Permohonan status (arsip)
Permohonan pencabutan status
Tanggung jawab
Pengurus bukanlah
Pedoman peralatan pengurus
Nasihat bagi pengurus baru
Permintaan perhatian pengurus

Setiap pengguna aktif Wikipedia yang mengetahui kebijakan dan peraturan yang berlaku di Wikipedia, memiliki keinginan untuk memajukan Wikipedia serta dipercaya komunitas dapat mengajukan permohonan untuk menjadi seorang pengurus (opsis).

Sebelum Anda mengajukan permohonan untuk diangkat sebagai pengurus, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

Pengurus[sunting sumber]

Tata cara pengajuan[sunting sumber]

Saat ini, berdasarkan kebijakan sistem pemilihan pengurus, pemilihan pengurus akan dilaksanakan paling tidak 1 (satu) kali pada setiap tahunnya pada pilihan waktu yang ditentukan pada tahun tersebut. Anda dapat mengajukan bakal calon pengurus pada halaman pendaftaran pemilihan terkait.

Arsip pengajuan[sunting sumber]

Pengajuan[sunting sumber]

Anda dapat mengajukan diri menjadi pengurus di sini. Pemungutan suara dapat dilakukan sesuai kebutuhan, atau apabila berdekatan dengan waktu pemilihan umum pengurus berikutnya, maka pemungutan suara dapat digabungkan dengan pemilihan umum pengurus.

Saat ini tidak ada pengajuan untuk pengurus

Birokrat, pemeriksa, pengawas[sunting sumber]

Tata cara pengajuan[sunting sumber]

  • Cantumkan nama calon birokrat, pemeriksa, atau pengawas di bagian "Pengajuan" di bawah ini.
  • Pengurus akan melakukan pemeriksaan apakah calon sudah memenuhi syarat-syarat pencalonan.
  • Apabila memenuhi syarat, pengurus akan membuka halaman pemungutan suara.
  • Mulai pemungutan suara.

Pengajuan[sunting sumber]

David Wadie Fisher-Freberg untuk pengawas (16 Desember 2020)[sunting sumber]

Saya mengajukan diri untuk menjadi pengawas di Wikipedia Bahasa Indonesia untuk membantu 2 orang pengawas yang sudah ada. Alasan saya untuk mengajukan diri adalah sebagai berikut:

  1. Wikipedia Bahasa Indonesia memerlukan tambahan tenaga untuk mengawasi isi/suntingan yang berpotensi melanggar kebijakan pengawasan, terutama mempertimbangkan pengalaman dalam tahun ini pada artikel tertentu yang sampai membuat Wikipedia dan para penyuntingnya menjadi objek serangan di media sosial;
  2. Dengan hanya memiliki pengawas berjumlah genap, ada "lubang" apabila terjadi situasi 2 atau lebih pengurus (atau bahkan pengawas itu sendiri) yang bersilang pendapat tentang menyembunyikan atau tidak menyembunyikan suatu revisi, maka diperlukan tambahan satu orang lagi yang dapat bertindak sebagai penengah;
  3. Di antara edisi Wikipedia yang seukuran dengannya, Wikipedia Bahasa Indonesia (no #22 dari seluruh edisi Wikipedia) hanya memiliki 2 orang pengawas untuk mengawasi lebih kurang 2.850 pengguna aktif dan total isi 2.867.290 halaman; ini berarti 1 orang pengawas masing-masing mengawasi sekitar 1.425 pengguna dan 1.433.645 halaman. Bila dibandingkan, Wikipedia Bahasa Cina (no #15 dengan 5 pengawas) memiliki 1 pengawas per 1.588 pengguna aktif dan per 1.286.045 artikel; Wikipedia Bahasa Korea (no #24 dengan 4 pengawas) memiliki 1 pengawas per 599 pengguna aktif dan per 606.257 halaman; dan Wikipedia Bahasa Turki (no #31 dengan 3 pengawas) memiliki 1 pengawas per 1.085 pengguna aktif dan per 637.784 halaman;
  4. Kebijakan global mengenai pengawas saat ini sudah diperluas untuk menyembunyikan isi-isi pelecehan, penyerangan, dan penghinaan (hiding of blatant attack names) dan akan semakin diperluas lagi dengan sedang dibahasnya Universal Code of Conduct.

Saya menyadari bahwa sebagian besar fungsi biasa pengawas pada saat ini sudah bisa dilakukan oleh pengurus melalui RevisionDelete, namun peran pengawas masih diperlukan sebagai penghubung komunitas dengan Yayasan Wikimedia (WMF), terutama dengan Penasihat Hukum dan Departemen Legal dalam situasi luar biasa yang memerlukan wewenang pengawas yang telah menandatangani confidentiality agreement. Oleh karena itu, saya mengajukan diri untuk menjadi pengawas. Salam, dwf² (runding) 16 Desember 2020 00.36 (UTC)

Komentar Komentar: Saya rasa kandidat sudah cukup layak dinominasikan menjadi Pengawas. Dengan perannya dalam bidang UCoC, kandidat tentu akan memberikan pandangan terbaiknya, terutama pada bidang hukum dan privasi. ··· 🌸 Rachmat04 · 29 Desember 2020 15.32 (UTC)
Komentar Komentar Permohonan ini digabung dengan Pemilihan pengurus pada awal Januari 2021. Medelam (bicara) 29 Desember 2020 15.56 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/David Wadie Fisher-Freberg untuk pengawas 30 Januari 2021. Medelam (bicara) 12 Januari 2021 23.33 (UTC)

Apakah pernyataan ini boleh dipindahkan ke halaman STJ sebagai semacam pernyataaan pencalonan (statement of candidacy)? Salam, dwf² 13 Januari 2021 03.00 (UTC)
Saya rasa kalau disalin tidak masalah, tetapi kalau dipindahkan (dalam arti tulisan di bagian ini langsung dihapus), mungkin sebaiknya tidak. Medelam (bicara) 13 Januari 2021 03.30 (UTC)
Baik, terima kasih. dwf² 13 Januari 2021 04.23 (UTC)

Lihat pula[sunting sumber]