Wikipedia:Meninjau perubahan tertunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tanpa konsensus Usulan proposal Wikipedia ini tidak mendapatkan konsensus. Jika Anda ingin menghidupkan kembali diskusi berhubungan dengan proposal ini, gunakan halaman diskusi atau carilah masukan yang cukup lewat forum seperti Warung Kopi.

Halaman ini menjelaskan dan memberikan pedoman untuk proses peninjauan yang terkait dengan fitur pelindungan perubahan tertunda. Artikel dengan perubahan tertunda yang diterapkan dapat ditinjau oleh pengurus atau pengguna yang disebut peninjau perubahan tertunda yang memegang hak peninjau perubahan tertunda. Proses peninjauan dimaksudkan sebagai pemeriksaan cepat untuk memastikan suntingan tidak mengandung vandalisme, pelanggaran kebijakan biografi tokoh yang masih hidup, pelanggaran hak cipta, atau konten lain yang jelas tidak pantas.


Ikhtisar

Tujuan peninjauan adalah untuk menangkap dan menyaring vandalisme yang jelas dan suntingan yang jelas tidak sesuai pada artikel yang mendapat pelindungan perubahan, pelindungan khusus yang mengizinkan pengguna anonim dan baru terdaftar untuk mengirimkan suntingan ke artikel yang seharusnya dilindungi sebagian atau penuh dalam satu atau lebih dari kriteria yang tercantum dalam kebijakan pelindungan.

Peninjau tidak bertanggung jawab atas kebenaran hasil suntingan yang mereka terima. Seorang peninjau hanya memastikan bahwa perubahan yang diperkenalkan pada artikel tersebut secara luas dapat diterima untuk dilihat oleh pembaca biasa. Peninjau memeriksa perubahan tertunda untuk sebuah artikel dan kemudian dapat memutuskan untuk menerimanya, mengembalikannya atau memodifikasinya kemudian menerimanya. Peninjau tidak diharapkan menjadi ahli subjek dan ulasan mereka bukanlah jaminan dengan cara apapun dari artikel bebas darii kesalahan. Mereka diharapkan memiliki riwayat penyuntingan yang masuk akal, membedakan apa yang termasuk dan apa yang bukan termasuk vandalisme, dan menjadi terbiasa dengan kebijakan konten dasar. Hak peninjau diberikan oleh pengurus; dan dalam kasus penyalahgunaan hak atau untuk melindungi Wikipedia dari kemungkinan penyalahgunaan, hak tersebut dapat dicabut oleh pengurus. Hak tersebut juga bisa dicabut atas permintaan pengguna.

Proses peninjauan

Artikel dengan perubahan tertunda ditandai seperti di daftar pantauan, versi terdahulu dan perubahan terbaru. Selain itu, ada halaman istimewa, Special:PendingChanges, yang mencantumkan semua artikel dengan perubahan tertunda. Mengeklik [tinjau] di Special:PendingChanges atau [revisi tertunda] di daftar pantauan, versi terdahulu dan perubahan terbaru akan mengembalikan perbedaan antara revisi yang terakhir diterima dan revisi terakhir pada halaman. Sebagian besar waktu, Anda harus bisa menyelesaikan proses dari perbedaan sendirian, sementara pada kasus yang lebih kompleks Anda mungkin harus memeriksa riwayat terkini atau menyunting artikel.

Kriteria umum

Sebagai aturan umum, sebaiknya Anda tidak menerima revisi baru jika dalam menganalisis perbedaan Anda menemukan hal-hal berikut:

Selanjutnya, peninjau harus mempertimbangkan secara khusus alasan yang diberikan untuk pelindungan, dan berusaha untuk menegakkannya. Kebijakan pelindungan mensyaratkan pelindungan perubahan tertunda untuk menghapus kasus yang dipangkas, jadi masalah interpretasi harus minimal. Misalnya, jika artikel terlindungi karena suntingan yang mengganggu yang dilakukan secara berulang oleh pengguna siluman, dan jika jenis suntingan yang sama dibuat oleh pengguna yang baru terdaftar atau anonim yang Anda curigai adalah orang yang sama, Anda seharusnya tidak menerima suntingan tersebut.

Saat meninjau, penting untuk pertama-tama memeriksa jumlah pengguna yang telah menyunting artikel tersebut; informasi ini diberikan di tengah halaman sebelum perbedaan konten dimulai: "(X revisi antara oleh Y pengguna tidak ditampilkan)".

Perhatikan juga bahwa Anda tetap tunduk pada kebijakan penyuntingan seperti perang suntingan dan kepemilikan artikel.

Meninjau suntingan oleh satu pengguna

Catatan teknis pada antarmuka peninjauan: Jika Anda menolak (tombol "Tolak perubahan"), komentar yang Anda berikan ditambahkan secara otomatis di akhir ringkasan pengembalian suntingan standar, dan Anda diminta untuk mengonfirmasi tindakan Anda. Jika Anda menerima (tombol "Terima revisi"), komentar dimasukkan dalam log tinjauan.

Jika semua suntingan dilakukan oleh satu penyunting, maka periksa apakah mereka jelas vandalisme atau tidak. Jika suntingan terbaru adalah vandalisme yang jelas, masuk akal untuk menganggap semuanya vandalisme, dan Anda mungkin akan menolak perubahan tanpa komentar. Jika tidak jelas vandalisme, maka Anda harus memeriksa apakah ada hambatan untuk menerima yang dijelaskan di atas (vandalisme licik, pelanggaran BLP, dll.). Jika ada hambatan untuk menerima, maka Anda harus kembali dengan komentar penjelasan atau menyunting halaman untuk memastikan kepatuhan, seperti dengan mengembalikan mengutip pelanggaran BLP, atau memodifikasi teks untuk menghapus masalah hak cipta. Setelah menolak revisi baru secara otomatis diterima, sementara jika Anda menyunting artikel dan mengatasi semua hambatan untuk diterima, Anda selanjutnya dapat menerima.

Dalam kasus ambigu, pengembalian bukanlah pilihan baku; Anda harus menyelidiki kasus ini dengan benar atau memberikannya pendapat kedua. Misalnya, jika informasi dimodifikasi tanpa sumber baru, yang mungkin merupakan vandalisme licik, Anda seharusnya tidak menganggap vandalisme tapi memeriksa apakah artikel tersebut memiliki sumber yang ada untuknya, yang mungkin telah berubah juga (misalnya jumlah penonton di YouTube, hasil pendapatan kotor, dll.). Jika tidak ada sumber yang disediakan, Anda dapat mencari satu dan jika tidak ada yang langsung tapi tidak ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa suntingan baru itu adalah vandalisme, ini dapat diterima, namun jika pada keseimbangan Anda memperkirakan bahwa suntingan lebih cenderung menjadi vandalisme, Anda seharusnya tidak menerima dan mungkin menolaknya. Penghapusan konten ('pengosongan') harus diperiksa dengan benar. Jika ini vandalisme, revisi baru tidak boleh diterima, namun pengosongan bisa sangat sah, seperti penghapusan pelanggaran BLP. Uji coba suntingan yang jatuh di bawah kriteria tulisan mengawur tidak dapat diterima, namun Anda harus memastikan bahwa ini bukan kesalahan, karena kadang-kadang perintah wiki yang tidak disengaja merupakan bagian dari suntingan yang dapat diterima, sehingga Anda hanya perlu menghapus atau mengganti sintaks yang tidak diinginkan.

Suntingan yang dapat diterima

Jika tidak ada hambatan untuk menerima, maka diperkirakan revisi baru dapat diterima. Anda harus memperlakukan suntingan seperti biasa, mengikuti kebijakan dan pedoman yang sesuai. Anda tidak perlu memastikan kepatuhan terhadap kebijakan konten berdasarkan sudut pandang netral, pemastian dan riset asli sebelum menerima, namun tentu saja Anda bebas untuk menegakkannya sebagaimana biasanya dengan suntingan yang Anda sadari. Misalnya, jika penambahan yang tidak dapat Anda rujuk tidak ada referensi dalam artikel namun diperkirakan tidak akan menjadi vandalisme, perlakukan mereka karena Anda akan memperlakukan penyuntingan seperti itu: tidak melakukan apa pun, memberi tag sesuai dengan kebutuhan, memberikan kutipan yang tepat, atau mengembalikan – tergantung situasinya. Secara umum, ada tiga pilihan:

  • Jika Anda berniat untuk tidak melakukan apapun mengenai perubahan tersebut, maka mintalah revisi yang baru. Menerima tidak menghalangi Anda untuk kemudian menyunting artikel untuk mengatasi masalah yang mungkin masih Anda hadapi, atau menimbulkan masalah dengan pengguna, atau di halaman pembicaraan artikel. Pertimbangkan untuk berterima kasih atau menyambut pengguna baru yang membangun.
  • Jika pada akhirnya Anda akan menolak perubahan tersebut, maka Anda dapat melakukannya dari antarmuka peninjauan dengan penjelasan yang sesuai, namun untuk semua pengembalian, mereka harus didukung oleh kebijakan. Tidak perlu bagi Anda untuk menerima revisi sebelum kembali meskipun Anda menentukan bahwa tidak ada hambatan untuk menerima, karena orang yang mengembalikan dengan cepat, menerima atau tidak akan menghasilkan hasil akhir yang sama dan tidak ada kebijakan yang mencegah pengguna (oleh karena itu peninjau) untuk menyunting halaman dengan revisi yang tidak ditinjau.
  • Jika Anda bermaksud untuk menyunting artikel mengenai perubahan (seperti menambahkan rujukan, butuh rujukan, memperbaiki kesalahan ketik, menghapus beberapa penambahan, dll.), Anda dapat langsung menerima penyuntingan ulang halaman tersebut. Sementara Anda juga bisa menyunting kemudian menerima, perhatikan bahwa selama ini suntingan tetap tidak ditinjau, jadi sebaiknya dihindari jika Anda mengantisipasi meluangkan waktu.

Menerima, segera atau setelah beberapa modifikasi, adalah posisi baku, dan bahkan jika suntingan mungkin tampak kurang optimal, ini sendiri bukanlah alasan untuk mengembalikan, seperti untuk semua suntingan, karena semuanya mungkin belum diperbaiki.

Meninjau suntingan beberapa pengguna

Jika suntingan yang tertunda dilakukan oleh beberapa penyunting, ingatlah bahwa mungkin ada edit yang baik yang telah dihapus oleh pelaku vandalisme selanjutnya. Jangan hanya mengandalkan apa yang Anda lihat di halaman yang "menunggu tinjauan", sebagai gantinya:

  1. Periksa versi terdahulu halaman terlepas dari apakah versi yang Anda lihat mengandung vandalisme.
  2. Tinjau setiap rangkaian penyuntingan oleh pengguna individual dari versi terdahulu halaman (perbedaan dari revisi terakhir yang diterima pada revisi terakhir oleh pengguna pertama, dan seterusnya). Urungkan penyuntingan apa pun yaitu vandalisme, pelanggaran BLP, atau tidak dapat diterima sesuai kriteria peninjauan. Setiap pembatalan akan membuat suntingan baru di bawah nama pengguna Anda, namun tidak akan otomatis diterima. Tinggalkan suntingan yang dapat diterima di tempatnya, tidak ditinjau.
  3. Setelah puas bahwa semua suntingan yang tidak sesuai telah dibatalkan, Anda akan ditinggalkan dengan suntingan yang dapat diterima. Tinjau suntingan tertunda terbaru seperti yang Anda inginkan jika ada pengguna tunggal dan Anda selesai melakukannya.

Untuk masalah spesifik terkait peninjauan, gunakan Pembicaraan Wikipedia:Perubahan tertunda. Untuk membahas pedoman itu sendiri, gunakan Pembicaraan Wikipedia:Meninjau perubahan tertunda.

Menyunting halaman dengan suntingan yang tertunda

Jika Anda menyunting halaman dengan suntingan yang tertunda, akan ada catatan yang menyebutkan hal ini di antara judul halaman dan jendela penyuntingan; Anda dapat mengeklik untuk menunjukkan perbedaan antara revisi yang terakhir diterima dan revisi terkini, dan meninjau suntingan yang tertunda. Ada pilihan untuk menerima revisi baru yang akan Anda simpan di bawah ringkasan suntingan di sebelah kanan "pantau halaman ini". Pastikan untuk meninjau perubahan yang tertunda sebelum mengkliknya. Jika Anda tidak mengkliknya, setelah menyimpan perangkat lunak akan menanyakan apakah Anda ingin menerima revisi baru.

Tidak menerima (membatalkan tindakan untuk menerima)

Revisi yang tidak dapat diterima adalah membalikkan tindakan untuk menerima revisi, baik manual maupun otomatis (karena itu Anda tidak dapat menerima revisi yang sebelumnya tidak diterima). Ini hanya bisa dilakukan dari antarmuka peninjauan dan tidak terkait dengan tindakan untuk mengembalikan suntingan. Anda umumnya harus tidak melakukan revisi yang tidak dapat diterima, kecuali untuk membatalkan sendiri jika Anda menyadari bahwa Anda telah melakukan kesalahan, karena hanya mendorong halaman kembali ke Special:PendingChanges pada revisi terbaru dan tidak berpengaruh pada revisi lama. Jika Anda memiliki masalah dengan revisi yang diterima, maka sunting artikel tersebut untuk mengatasi masalah tersebut. Jika menurut Anda revisi seharusnya tidak diterima, Anda bisa mendiskusikan masalah ini dengan peninjau jika Anda merasa ini dibutuhkan. Revisi yang diterima secara otomatis pada umumnya tidak akan diterima, bahkan jika itu adalah vandalisme, karena tidak ada gunanya melakukannya (hanya akan menghapus tag [otomatis terperiksa] yang ditambahkan padanya dalam versi terdahulu).

Menjadi seorang peninjau


Saat ini untuk menjadi peninjau menggunakan syarat yang sama dengan Wikipedia:Validasi artikel/Permohonan hak editor, yaitu:

Statistik
  • Lama bergabung: 60 hari pada waktu status diberikan atau saat permohonan diajukan
  • Jumlah suntingan: 150 suntingan selama 3 bulan terakhir
  • Jumlah ruang nama: 5 ruang nama yang pernah disunting selama 3 bulan terakhir
  • Surel: harus diset valid dan sudah dikonfirmasi, serta memperbolehkan pengguna lain mengirimkan surel dengan mengaktifkan fitur itu di halaman preferensinya.
  • Halaman pengguna: harus memiliki halaman pengguna minimal sebesar 100 bita (dapat diperiksa di versi terdahulu)
  • Blokir: tidak pernah diblokir selama 6 bulan terakhir atas alasan vandalisme
Suntingan
  • Memiliki riwayat menangani suntingan-suntingan vandalisme (mengembalikan suntingan vandal, dll.)
Kemampuan berbahasa Indonesia (dinilai oleh pengurus)
  • Memiliki keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia yang benar secara baik, dapat melalui kontribusinya di Wikipedia maupun situs-situs lain (harap lampirkan)

Tidak ada konsensus untuk mengubah kriteria ini keluar dari RfC setelah masa percobaan, jadi masih berlaku. Karena itu:

Jika Anda memenuhi kriteria di atas, maka mintalah! Tambahkan nama Anda ke daftar permintaan di Wikipedia:Perubahan tertunda/Permohonan hak peninjau.

Jika Anda memiliki hak peninjau otomatis, Anda juga kandidat yang baik untuk mendapatkan hak peninjau – dengan tingkat kepercayaan serupa; meskipun tidak harus jika Anda diberi hak peninjau jika Anda memiliki hak peninjau otomatis. Pengurus secara otomatis memiliki hak peninjau.

Lihat pula