Wikipedia:Masuk log sebelum melakukan penyuntingan drastis

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.
Klik tombol di atas
untuk masuk log

Sebagian besar Wikipediawan lebih suka pengguna lain masuk log sebelum melakukan perubahan drastis terhadap suatu artikel. Sebenarnya sangat mudah untuk masuk log. Anda hanya perlu mengklik menu "Masuk log" yang ada di sudut kanan atas. Lihat artikel Bantuan:Masuk log untuk petunjuk detil.

Bandingkan kecendrungan ini dengan pedoman untuk tidak ragu dalam mengubah artikel. Alasan untuk ini adalah masalah akuntabilitas; jika Anda tidak masuk log, sulit untuk orang lain untuk menghubungi Anda untuk mengajukan pertanyaan atau pertimbangan terhadap apa yang Anda tulis. Beberapa pengguna mengalami keputusasaan jika harus berurusan dengan pengguna yang tidak masuk log, sehingga Anda akan merasa bahwa orang lain akan menyepelekan kontribusi Anda dan akan curiga dengan motif Anda.

Jika masuk log sekalipun, seorang pengguna tetaplah anonim. Bahkan ada pengguna-pengguna yang mendaftar dengan menggunakan banyak identitas. Masalah akuntabilitas dan anonimitas ini akhirnya kembali kepada masing-masing pengguna.

Tapi bukan masalah keputusasaan ini sendiri yang menjadi alasan kuat untuk mengembalikan suntingan seseorang, melainkan karena suatu artikel seringkali terbentuk melalui suatu proses diskusi yang panjang. Kualitas suatu artikel dihasilkan melalui suatu proses demokrasi, ditambah dengan kepercayaan Wikipedian yang dipupuk terhadap Anda (dan riwayat kualitas karya Anda), yang membuat proses penyuntingan adalah suatu kerja tim, bukan karya sendiri. Proses ini tidak selalu sempurna. Sebagai contoh, ada orang-orang yang, jika gagal melakukan penyuntingan dengan menggunakan identitas asli mereka (karena harus terlibat dalam diskusi), memilih untuk masuk sebagai pengguna anonim untuk melakukan pengubahan besar. Hal ini akan memberikan hasil yang mengecewakan, terutama jika dibutuhkan kerjasama untuk menghasilkan artikel dengan sudut pandang netral.

Siapapun dapat membuat akun di Wikipedia, dan dapat sepenuhnya anonim (Anda tidak harus mencantumkan nama asli atau alamat surel Anda), dan tanpa biaya apapun. Jadi, walaupun komunitas mengizinkan dan menerima penyuntingan dari pengguna yang tidak masuk log, sangat dianjurkan untuk masuk log jika Anda melakukan penyuntingan besar. Dengan ini, Anda dapat mempertahankan hasil kerja Anda dan menunjukkan pada seluruh Wikipedian bahwa Anda memandang karya Anda layak dipertahankan.

Suatu hari nanti, mungkin akan dibuat tampilan Wikipedia yang tidak mengizinkan perubahan oleh anon. Hal ini tidak pasti; tidak jelas apakah banyak Wikipedian yang akan menyokong pemberlakukan aturan ini pada situs utama Wikipedia.

Suatu pedoman lain yang cukup terkait dengan isu masuk log ini adalah untuk menandatangi pembicaraan Anda di halaman diskusi.

Lihat pula