Wikipedia:Penghapusan revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

HapusRevisi (bahasa Inggris: RevisionDelete) adalah salah satu fitur pengurus yang bertujuan untuk mencegah salah satu entri dalam riwayat halaman atau log dilihat publik. Ini digunakan untuk "penghapusan selektif", sebagian besar menggantikan metode sebelumnya (menghapus dan membatalkan penghapusan parsial) yang tidak boleh digunakan kecuali untuk penggabungan riwayat dan kadangkala kasus lain di mana diperlukan. Penghapusan revisi hanya boleh digunakan sesuai dengan kriteria penghapusan.


HapusRevisi dapat menyembunyikan teks revisi, nama pengguna yang membuat suntingan atau tindakan, atau ringkasan suntingan atau ringkasan catatan. Di Wikipedia bahasa Indonesia, ada kriteria untuk mengatur penggunaan HapusRevisi, yang diuraikan di bawah ini. Penggunaan HapusRevisi oleh para pengawas dalam modus "Supresi" ditutupi secara terpisah oleh Kebijakan Pengawasan.

Seorang pengurus dapat menangani permintaan HapusRevisi yang dibuat oleh pengguna. Pengguna yang memiliki keprihatinan tentang penggunaan tertentu dari HapusRevisi dapat meminta Pengurus untuk meninjau masalah ini. Ketika menghubungi penyunting tentang materi sensitif, surel lebih disarankan daripada pesan halaman pembicaraan, agar tidak memaparkan informasi kepada lebih banyak pembaca.

Gambaran HapusRevisi[sunting sumber]

HapusRevisi memungkinkan penghapusan suntingan dan entri log oleh pengurus, serta penelaahan sejawat oleh pengurus dari penggunaan yang benar dari alat tersebut. Entri masih muncul dalam bentuk dihapus pada wiki publik, dan setiap pengguna dapat meminta pengurus meninjau tindakan HapusRevisi, untuk menentukan apakah penghapusan itu wajar.

Sebagai alat penghapusan, HapusRevisi mampu menghilangkan materi dari masyarakat luas. Karena ini, alat ini hanya boleh digunakan dalam pedoman yang ketat.

Dalam situasi yang menyangkut pelanggaran kebijakan pengawasan WMF (meliputi pelanggaran privasi dan pencemaran nama baik), pengurus dapat menghapus dulu, kemudian segera membawa masalah ini menjadi perhatian para pengawas. (Lihat di bawah ini.)

Penyalahgunaan[sunting sumber]

HapusRevisi diperkenalkan untuk pengurus pada tahun 2010. Pengesahan komunitas dari alat ini termasuk konsensus yang sangat kuat bahwa potensi untuk disalahgunakan harus benar-benar dilarang, dicegah oleh komunitas, dan ditulis kepada kebijakan. Terutama, HapusRevisi tidak ada untuk menghilangkan komentar hasutan dan ketidaksopanan "biasa", atau pilihan kata-kata yang tidak bijak antara pengguna, atau untuk mennghapus entri log pemblokiran.

Konten harus sangat menghasut, dengan sedikit kemungkinan perbedaan pendapat yang signifikan tentang penghapusannya. Jika tidak, itu tidak boleh dihapus. Pengurus harus berkonsultasi seperti biasa jika anda tidak yakin bahwa revisi tersebut pantas untuk dihapus.

Kriteria untuk penghapusan[sunting sumber]

Posting tingkat rendah tertentu yang tidak pantas atau mengganggu adalah normal dalam sebuah komunitas besar. Pada umumnya, hanya konten yang memenuhi setidaknya salah satu dari kriteria di bawah ini harus dihapus. Pengguna harus mempertimbangkan apakah hanya membalikkan atau mengabaikan akan cukup dalam keadaan itu. Jika penghapusan diperlukan, hanya hapus apa yang diperlukan (yaitu meninggalkan bagian yang tidak berbahaya terlihat), dan memberikan alasan yang jelas untuk penghapusan.

Keputusan komunitas menyatakan bahwa HapusRevisi tidak boleh digunakan tanpa konsensus yang jelas untuk ketidaksopanan, serangan, atau klaim kesalahan penyuntingan "biasa". Masyarakat luas mungkin perlu untuk meninjau ini sepenuhnya pada saat itu dan di masa depan, bahkan jika menghasut.

  1. Pelanggaran hak cipta terang-terangan yang dapat dihapus tanpa menghapus atribusi kepada kontributor yang tidak melanggar. Jika menghapus salah satu revisi akan menghapus setiap atribusi kontributor, kriteria ini tidak dapat digunakan. Praktik terbaik untuk penghapusan teks berhak cipta dapat ditemukan di WP:Masalah Hak Cipta dan harus didahulukan dari kriteria ini.
  2. Materi yang menghina, merendahkan atau menyerang salah satu subjek/entitas yang memiliki sedikit atau tidak memiliki nilai ensiklopedis dan/atau melanggar kebijakan biografi tokoh yang masih hidup. Ini termasuk penghinaan, cercaan, materi yang menghasut yang memiliki sedikit atau tidak memiliki nilai ensiklopedis, tetapi tidak sekedar pernyataan faktual, dan bukan ketidaksopanan "biasa", serangan pribadi atau tuduhan. Ketika halaman serangan atau halaman dengan judul yang sangat tidak pantas dihapus, nama halaman juga dapat dihapus dari log penghapusan dan pemindahan halaman.
  3. Materi yang mengganggu yang memiliki sedikit atau tidak ada relevansi atau manfaat untuk proyek ini. Ini termasuk tuduhan, pelecehan, ancaman atau serangan yang sangat tidak pantas, browser-crashing atau HTML atau CSS berbahaya, halaman kejutan (shock pages), halaman phishing, halaman perkembangbiakan virus yang dikenal, dan pranala ke halaman web yang merendahkan atau mengancam beberapa orang atau entitas dan tidak memiliki tujuan lainnya yang sah, tapi tidak hanya pranala spam.
  4. Informasi yang dapat diawasi (oversightable information) – lihat bagian terpisah di bawah ini untuk kriteria.
  5. Penghapusan yang valid di bawah kebijakan penghapusan, dilaksanakan menggunakan HapusRevisi. Dengan pengecualian memperbaiki pemindahan cut-and-paste dan penggabungan riwayat, jika penghapusan selektif diperlukan, HapusRevisi biasanya lebih disarankan (lihat "HapusRevisi dibandingkan dengan penghapusan selektif biasa", [1]), dan harus digunakan sebagai pengganti dari metode lama "menghapus kemudian batal hapus sebagian". Adalah penting bahwa alasan yang mendasari penghapusan menjadi jelas dalam rincian log.
  6. Kebersihan non-kontroversial termasuk koreksi kesalahan penghapusan sebelumnya yang jelas dan tidak diinginkan, perubahan penghapusan berdasarkan diskusi komunal dan konsensus yang jelas, menambahkan informasi untuk menghapus log, dan mengubah suntingan terhapus selektif biasa menjadi HapusRevisi. (Tindakan tidak harus mungkin untuk menjadi kontroversial; konsultasi jika diperlukan)

Penghapusan log[sunting sumber]

Penghapusan log (di luar lingkup terbatas HR#2 untuk log pemindahan dan penghapusan) dimaksudkan semata-mata untuk konten yang sangat tidak pantas, dan tidak diizinkan untuk hal-hal biasa; komunitas harus dapat meninjau log pemblokiran pengguna dan log lain apakah tepat atau tidak. Karena potensinya, penggunaan alat HapusRevisi untuk menghapus log pemblokiran (apakah entri log pemblokiran dibenarkan atau tidak) atau untuk menyembunyikan tindakan yang tidak menguntungkan, pos, dan/atau kritik, dalam cara yang tidak tercakup oleh kriteria-kriteria tersebut atau tanpa konsensus yang diperlukan, biasanya akan diperlakukan sebagai penyalahgunaan alat.

Menyembunyikan materi oversightable sebelum Pengawasan[sunting sumber]

Informasi pribadi mencakup hampir setiap materi yang (atau mungkin) terlihat seperti klaim, fakta, petunjuk, atau sindiran untuk informasi non-publik atau pribadi (lihat WP:SIGHT dan WP:OUTING).

Tidak peduli apakah materi yang melanggar privasi telah diposting oleh pengguna sendiri atau oleh pihak ketiga, apakah beritikad baik atau buruk, baru-baru ini atau di masa lalu, apakah yang akurat, apakah target diidentifikasi untuk pengurus, atau apakah itu adalah sebuah pernyataan, menunjuk spekulasi, atau tersirat.

HapusRevisi dapat digunakan untuk menyembunyikan postingan yang melanggar privasi dan/atau pencemaran nama sambil menunggu Pengawasan. Karena Pengawasan tidak langsung, seorang pengurus mungkin untuk sementara menghapus informasi dari pandangan publik untuk meminimalkan kerusakan, lalu segera hubungi pengawas.

Bahkan jika bahan yang pada akhirnya ternyata tidak dapat di-suppress, pengurus diperbolehkan untuk khilaf di sisi hati-hati, bahkan dalam kasus-kasus konflik kepentingan yang jelas, asalkan itu dalam itikad baik dan mereka dengan cepat mencari tinjauan pengawas. Jika pengawas memutuskan supresi itu tidak tepat, materi itu akan dipulihkan atau dihapus oleh pengurus sebagai gantinya.

Pengurus harus menyadari bahwa log penghapusan bersifat publik dan diteliti. Penghapusan dapat menyebabkan perhatian ekstra di kali. Hanya pengurus yang dapat melihat materi itu saat di-HapusRevisi (dan sebelum pengawasan), tetapi meskipun demikian itu kadang-kadang mungkin lebih bijaksana untuk menghubungi para pengawas secara langsung, dan tidak menggunakan HapusRevisi dulu. Banyak tergantung pada materi itu sendiri. Jika HapusRevisi digunakan, hindari istilah sugestif yang jelas dalam alasan (misalnya, jangan gunakan "HR4", "pengawasan", " materi pribadi", "menyembunyikan IP dari pengguna yang telah log keluar", dll.).

Ketika menyembunyikan informasi pribadi yang berkaitan dengan individu yang dapat dihubungi melalui email, maka dapat dianggap sebagai perilaku yang baik untuk memberitahu mereka bahwa informasi itu dihapus dan tersembunyi dari pandangan publik. Memberikan pemberitahuan itu adalah pada kebijaksanaan pengurus.

Catatan pada penggunaan[sunting sumber]

Tidak masalah jika target diidentifikasi, yang tampaknya memiliki target:

Tidak perlu bahwa target itu diidentifikasi. Itu sudah cukup bahwa hal itu muncul untuk merujuk kepada beberapa orang, organisasi, atau kelompok, atau bisa dimaksudkan untuk menunjukkan target tertentu untuk hak pembaca. Misalnya pelecehan bisa menargetkan orang yang secara lokal dikenal dengan nama panggilan atau kiasan bahwa tidak ada pengurus Wikipedia yang dikenal sebelumnya, tapi yang dikenali untuk orang-orang di sekolah, kota, atau komunitas sosial. Oleh karena itu tidak diperlukan bahwa target dapat diidentifikasi, untuk memperlakukan situasi seolah-olah target itu ada.

Penyembunyian nama pengguna (masalah atribusi hak cipta):

Lisensi Wikipedia mengharuskan suntingan yang dapat diakses dihubungkan ke pengguna yang melakukannya, sehingga umumnya merupakan masalah untuk menyembunyikan nama pengguna dari suatu revisi sementara meninggalkan suntingan perubahannya ke halaman kepada pandangan publik. Kasus-kasus yang di mana dapat diterima adalah revisi yang tidak mengandung informasi hak cipta yang valid kepada pengguna yang memposting itu (yaitu plagiarisme, omong kosong, vandalisme, menambahkan kategori, tidak ada perubahan yang dapat diberi hak cipta kepada teks yang dibuat, dll), di mana semua perubahan akan dikembalikan, atau di mana pengguna secara tidak sengaja memposting saat ia "log out" dan tujuannya adalah perlindungan privasi atas permintaan pengguna.

Halaman dengan lalu lntas tinggi:

Jika penghapusan mungkin diperlukan pada halaman yang sibuk ini dapat kadang-kadang membutuhkan suntingan untuk mengurus teks yang bermasalah. Jika penghapusan akhirnya diperlukan, sedikit revisi akan terpengaruh.

Penggunaan skala besar[sunting sumber]

HapusRevisi utamanya ditujukan untuk penggunaan sederhana dan materi yang cukup baru. Teks yang ada di berbagai revisi (misalnya pada halaman yang sibuk) atau yang telah menjadi subyek dari banyak komentar orang lain mungkin tidak praktis untuk dihapus. Penghapusan dari materi tersebut harus memperhitungkan bagaimana penghapusan yang praktis dan efektif akan terjadi, bagaimana HapusRevisi itu mengganggu (misalnya untuk postingan orang lain yang valid), dan apakah penghapusan akan dengan sendirinya menarik perhatian untuk masalah ini. Tidak ada garis keras yang ada; pertimbangan diperlukan.

Pengurus dalam situasi ini mungkin awalnya ingin menyunting halaman untuk mengembalikan atau menghapus materi yang tidak pantas, dan kemudian berkonsultasi.

Cara mengajukan permohonan Penghapusan Revisi[sunting sumber]

Untuk menghindari efek Streisand, tidak ada forum khusus untuk mengajukan permohonan penghapusan revisi di bawah keadaan lain. Anda dapat mengirim pesan ke pengurus baik di halaman pembicaraannya, atau dengan surel, terutama jika menyangkut masalah privasi.

Pengajuan banding dan diskusi dari tindakan[sunting sumber]

Tindakan yang dilakukan menggunakan alat ini tetap terlihat di log publik. Mereka tunduk pada peninjauan oleh pengurus lain (siapa yang dapat melihat materi yang dihapus), dan untuk pembalikan pada konsensus yang jelas dan lebih luas. Tinjauan tersebut harus berlangsung di Permintaan perhatian pengurus. Seperti dengan alat-alat pengurus lainnya, pertimbangan yang baik dan penggunaan yang tepat diharapkan; penggunaan yang tidak benar dapat mengakibatkan sanksi atau dicabutnya hak pengurus.

Rincian teknis[sunting sumber]

Efek dari dua kombinasi keterlihatan yang berbeda pada riwayat halaman. Penghapusan ditampilkan untuk semua pengguna.

Di Wikipedia bahasa Indonesia, fitur penghapusan revisi ini tersedia dalam modus pengurus untuk para pengurus dan dalam modus pengurus dan supresi untuk para Pengawas (semuanya saat ini juga pengurus).

Fungsi[sunting sumber]

Log dan riwayat halaman memiliki tombol untuk pengurus dan pengawas yang memungkinkan beberapa entri yang akan dihapus dengan memilihnya dari daftar dengan kotak centang. Pada riwayat halaman, tombolnya adalah Tampilkan/sembunyikan versi terpilih; pada log, tombolnya adalah Tampilkan/sembunyikan entri log terpilih.

Ketika revisi atau entri log tersembunyi dari pandangan secara keseluruhan, itu akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan, dengan unsur-unsur tersembunyi dari pandangan dicoret dan berwarna abu-abu. Unsur-unsur yang dicoret tidak dapat dilihat oleh setiap grup yang tidak memiliki hak deleterevision. Pengguna yang tidak dapat mengakses revisi relevan dan yang mencoba untuk membandingkan dengan revisi revisi lain atau mengakses &oldid= halaman akan menerima pesan kesalahan yang menyatakan bahwa revisi telah dihapus dari arsip publik. Demikian pula, mencari entri log atau kontribusi oleh pengguna tidak akan menunjukkan entri log di mana nama pengguna telah dihapus.

Tombol ini biasanya dapat diklik oleh pengurus untuk melihat entri terhapus yang dipilih. Ini akan muncul dalam huruf tebal jika supresi telah diterapkan, di kasus apapun baik materi terhapus dan pengaturan penghapusan tidak dapat diakses oleh pengurus atau pengguna yang tidak memiliki akses untuk alat pengawasan.

Tindakan penghapusan revisi dipertahankan bahkan ketika revisi atau halaman telah dihapus dengan cara biasa. Jika sebuah halaman kemudian dipulihkan (undelete) data yang telah dihapus dengan HapusRevisi masih akan tetap dihapus.

Ketika menghapus entri log dari pemindahan halaman, perhatikan bahwa hal ini juga tercatat sebagai ringkasan penyuntingan di halaman sejarah; itu akan perlu dihapus juga.

Batasan dan masalah[sunting sumber]

  • Teks revisi dari suntingan terbaru pada suatu halaman tidak dapat hapus. Revisi harus dibalikkan atau dihapus terlebih dahulu. Bidang lain (nama pengguna dan ringkasan suntingan) dapat dihapus bahkan pada suntingan terbaru pun.
  • Pranala revisi berubah ketika revisi dihapus atau dipulihkan dengan biasa. Jika keterlihatan revisi diubah menggunakan HapusRevisi, dan revisi itu kemudian dihapus atau dipulihkan, pranala-pranala dalam log penghapusan dan di tempat lain mungkin rusak. Ini akan diperlukan untuk melihat riwayat halaman/riwayat penghapusan halaman/log penghapusan untuk menyelesaikan apa revisi yang dimaksud. (Hal ini telah dilaporkan tapi tidak mudah untuk memperbaiki.)
  • Jika suntingan yang akan dihapusrevisi tidak segera dibalikkan dalam suntingan setelah itu, semua suntingan antara itu dan pembalikkannya akan berisi konten suntingan. Dalam hal ini, semua suntingan antara harus dihapus sepenuhnya untuk menyembunyikan isi suntingan.

Mengubah setelan keterlihatan[sunting sumber]

Kotak dialog HapusRevisi. Pilihan "Suppression" termasuk untuk kelengkapan, meskipun ini hanya dapat dilihat oleh pengguna dengan akses pengawas.

Untuk menyembunyikan atau tidak menyembunyikan revisi atau entri log, pilih yang revisi atau entri log yang relevan yang ingin anda tampilkan atau sembunyikan dengan kotak centang di sebelah kirinya, dan kemudian klik Tampilkan/sembunyikan versi terpilih atau Tampilkan/sembunyikan entri log terpilih yang sesuai. Tergantung pada izin anda, mungkin ada tiga atau empat pilihan untuk dipilih:

  • Hapus revisi teks
  • Hapus komentar suntingan
  • Hapus nama pengguna atau IP penyunting
  • Suppress data from administrators as well as others (hanya tersedia untuk pengguna dengan hak suppressrevision, yaitu pengawas)

Di daerah opsi pembatasan keterlihatan, pilih kotak centang di samping setiap pembatasan yang anda ingin terapkan kepada seleksi, dan berikan alasan untuk pengaturan dari menu dropdown Alasan. Sebagai pilihan, masukkan informasi lebih lanjut ke dalam bidang teks. Setelah informasi ini telah diisi, klik Apply to selected revision untuk menerapkan perubahan. Jika hal ini telah dilakukan dengan benar, sebuah pesan sukses akan ditampilkan.

Membatalkan penyembunyian revisi atau entri log mengikuti prosedur yang sama. Hapus centang pada kotak centang yang ingin anda batalkan setelan dalam bagian pilihan pembatasan keterlihatan, dan berikan alasan untuk perubahan tersebut.

Harusnya menyembunyikan nama pengguna atau IP hanya dapat digunakan di mana bahwa nama pengguna atau IP memiliki alasan dalam dan dari dirinya sendiri untuk menjadi tersembunyi, seperti menyunting secara tidak sengaja di saat log out atau nama pengguna serangan. Menyembunyikan nama pengguna akan menghapus kontribusi seluruhnya dari daftar kontribusi pengguna (kecuali dari pengguna, yang akan melihat peringatan yang menunjukkan bahwa itu tidak terlihat oleh pengguna), daripada entri yang dicoret untuk suntingan yang dihapus tanpa nama pengguna yang tersembunyi. Hal ini akan menyebabkan masalah dengan pengguna yang mencoba untuk meninjau tindakan yang diambil pada pengguna, serta potensi risiko pelanggaran hak cipta.

Entri log tersendiri untuk HapusRevisi[sunting sumber]

Entri log HapusRevisi di log penghapusan publik.

Penggunaan HapusRevisi menghasilkan sebuah entri di log pengawasan publik, atau log supresi pribadi jika digunakan oleh pengawas dan "Suppress data from administrators as well as others" dicentang. Entri log yang dibuat di log penghapusan publik terlihat seperti yang ditampilkan di sebelah kanan, masing-masing untuk keterlihatan revisi halaman dan log entri. Pilihan (diff | ubah visibilitas) memberikan pranala mudah untuk melihat atau menghapus revisi halaman yang mendasari yang dimana entri log mengacu.

Pemulihan selektif[sunting sumber]

Metode lama pemulihan (yaitu menghapus seluruh halaman kemudian mengembalikan revisi secara selektif) sebagai metode menghapus revisi dinyatakan usang karena sistem ini. Sementara pemulihan selektif masih memiliki penggunakan yang valid (seperti penggabungan riwayat yang rumit), itu tidak boleh digunakan untuk menghapus revisi dari riwayat halaman, karena relatif kurangnya transparansi dan efisiensi yang buruk.

Statistik[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]