Wikipedia:Jangan menggigit pengguna baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
FrauFarbissina.jpg

Berkembangnya Wikipedia bukanlah sekedar hasil kerja keras mereka yang telah lama mendedikasikan diri menjadi anggota, melainkan juga sering oleh kontribusi-kontribusi dari banyak pendatang baru tanpa akun, yang pada mulanya hanya berbekal rasa penasaran. Pada awalnya kita semua dulunya adalah pendatang baru, bahkan termasuk mereka yang cukup hati-hati atau beruntung hingga dapat menghindari kesalahan umum yang biasa dilakukan pendatang baru. Banyak dari kita bahkan tetap merasa sebagai pendatang baru setalah berbulan-bulan (atau bertahun-tahun) berkontribusi.

Setiap kontributor baru merupakan calon anggota yang potensial, dengan demikian mereka merupakan sumber daya yang paling berharga. Kita harus memberikan mereka bimbingan dengan penuh kelembutan dan kesabaran, sikap elitis dan permusuhan adalah sikap yang akan menakuti dan mengusir mereka. Ada sebagian pendatang baru langsung dapat mengerti kaidah yang berlaku (sehingga tidak terlampau susah diajari), tetapi sebagian yang lain masih buta terhadap kaidah beraktivitas di Wikipedia.

Tolong jangan gigit pendatang baru[sunting | sunting sumber]

Jangan gigit mereka!
  • Berusahalah mengerti nilai pendatang baru terhadap komunitas. Dengan menguatkan pendatang baru, kita juga meningkatkan pengetahuan, pendapat dan ide dalam Wikipedia dan mempertahankan kenetralannya dan integritasnya.
  • Ketika pendatang baru membuat kesalahan "baru", seperti melupakan menaruh judul dalam huruf tebal, atau gagal membuat pranala yang berguna, coba berusaha untuk mengkoreksi kesalahan sendiri. Janganlah memarahi pendatang baru yang melakukan kesalahan.
  • Ingat bahwa pendatang baru mungkin tidak mengetahui bahwa versi terdahulu mereka tersimpan di Wikipedia, jadi ketika suntingan mereka dihapus, mereka bisa panik dan memulai perang suntingan, atau bahkan meninggalkan Wikipedia karena mengira hasil tulisan mereka dihapus untuk selamanya. Tolong beritahu pendatang baru kalau suntingan mereka selalu tersimpan pada versi terdahulu, dan ajarkan mereka bahwa pertentangan tentang isi artikel dapat didiskusikan pada halaman pembicaraan.
  • Pendatang baru biasanya ragu-ragu untuk membuat perubahan, terutama yang besar, seperti NPOV dan pemindahan halaman, dikarenakan takut akan merusak Wikipedia (atau menyinggung Wikipediawan/Wikipediawati). Ajari mereka untuk bersikap tegas, dan jangan kesal dengan "rasa malu" mereka.
  • Bila Anda merasa perlu memberitahukan seorang pendatang baru tentang kesalahannya, tolong lakukan nada yang konstruktif. Mulailah dengan perkenalan dan ucapan selamat datang, kemudian beritahukan kesalahan dan perbaikan yang harus dilakukan dengan ramah, sebagai teman, untuk memberi tahu bahwa mereka diterima di sini. Bila Anda tidak bisa melakukan ini, lebih baik jangan mengatakan apa-apa.
  • Bila memberikan nasihat kepada pendatang baru, turunkan nada bicara beberapa tingkat dari cara berdiskusi yang biasanya dilakukan di Wikipedia. Berusahalah untuk membuat pendatang baru merasa sungguh-sungguh disambut, bukan seperti harus mencoba mendapatkan persetujuan agar dapat masuk ke kelompok eksklusif. Setiap wawasan baru yang melibatkan aktivitas manusia terkonsentrasi, dan bertujuan khusus, mempunyai keterbatasan dan struktur khusus, yang membutuhkan waktu untuk dipelajari.
  • Asumsikan niat baik dari segi pendatang baru. Umumnya mereka ingin membantu. Berilah kesempatan!

Lihat pula[sunting | sunting sumber]