Wikipedia:Pelanggaran hak cipta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Salah satu hal yang sangat penting dari Wikipedia adalah teks di dalamnya (bukan media, nanti dibahas) dapat digunakan kembali, didistribusikan, atau dibuatkan turunannya secara bebas oleh siapa pun, sesuai dengan lisensi Atribusi BerbagiSerupa Creative Commons 3.0 Tanpa Adaptasi (CC BY-SA), serta Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL) (tanpa versi, tanpa invarian, dan tanpa teks sampul muka dan belakang). Semua penulis Wikipedia setuju untuk merilis isi orisinal mereka di bawah kedua lisensi tersebut saat menerbitkan tulisan; sementara itu, materi domain publik atau sumber berlisensi lain yang kompatibel dapat digunakan sesuai dengan kebijakan hak cipta asalkan diberikan atribusi yang sesuai dan benar.

Ingat, menyalin materi yang masih dilindungi hak cipta (kecuali dikutip mengikuti pedoman isi nonbebas Wikipedia) dapat dianggap melanggar hak cipta (membajak). Perubahan teks yang masih meninggalkan kesamaan linguistik dan/atau struktur kalimat yang substansial dan kreatif, yang dikenal sebagai "parafrase dekat", dapat memicu pelanggaran plagiarisme. Pelanggaran hak cipta harus ditangani serius karena akan menimbulkan masalah hak cipta bagi Wikipedia.

Untuk gambar, Anda dapat melisensikannya dalam lisensi bebas yang kompatibel. Namun, media yang tidak dilisensikan secara bebas dan tidak mematuhi kriteria isi nonbebas, tidak diterima di Wikipedia. Lihat wikipedia:Kebijakan penggunaan gambar dan Wikipedia:Isi nonbebas.

Jangan membuat pranala luar ke situs web yang melanggar hak cipta orang lain.

Berurusan dengan pelanggaran hak cipta[sunting sumber]

Menangani pelanggaran kebijakan hak cipta bergantung pada jenis kasusnya.

Situs web lain yang menyalin Wikipedia[sunting sumber]

Jika Anda mencurigai ada pelanggaran hak cipta tetapi tak yakin bahwa isinya melanggar atau situs luar tersebut menyalin dari Wikipedia, Anda setidaknya harus mendiskusikannya di halaman pembicaraan artikel tersebut, jika masih aktif. Berilah tag {{copypaste|url=masukkan URL di sini, jika diketahui}} pada artikel yang dicurigai, kecuali masalah yang Anda kemukakan selesai dengan cepat. Orang lain dapat memeriksa situasi dan bertindak secepatnya jika diperlukan. Informasi bermanfaat yang dapat diberikan antara lain URL atau referensi lain yang Anda yakini sebagai sumber teks. Silakan adukan juga masalah ini di Wikipedia:Masalah hak cipta.

Terkadang kasus semacam ini dapat menjadi "alarm palsu". Contohnya ada halaman web yang disalin bulat-bulat dari Wikipedia atau cerminan (mirror site) dari Wikipedia dan hal ini bukanlah pelanggaran hak cipta – asalkan situs itu bukan bagian Wikipedia. Silakan catat situasi tersebut di halaman pembicaraan.

Kontributor adalah pemegang hak cipta[sunting sumber]

Jika kontributor adalah pemegang hak cipta, meski di tempat lain dengan persyaratan yang berbeda, mereka berhak menerbitkan tulisan di Wikipedia dengan lisensi CC BY-SA dan GFDL secara bebas hak cipta, asalkan mereka melepaskan kontribusinya ke seluruh dunia di bawah lisensi Wikipedia atau lisensi bebas yang kompatibel. (Namun untuk teks masih kurang sesuai untuk Wikipedia dengan alasan yang berbeda.) Pemegang hak cipta tidak dapat mempertahankan hak cipta nonbebas di tempat lain atas ciptaan yang ia buat, lalu melisensikannya untuk penggunaan sekali di sini atas seizin mereka, karena skema lisensi Wikipedia (dan seluruh proyek Wikimedia) mengizinkan pembaca atau pengguna hilir untuk menggunakan kembali isi tersebut dengan lisensi bebas sesuai yang termaktub di bawah setiap halaman. Prosedur menyumbangkan isi berhak cipta dapat dilihat di Wikipedia:Menyumbangkan materi berhak cipta. Jika Anda tidak menyumbangkan materi tersebut, silakan beri tag {{subst:copyvio|url=masukkan URL di sini}}. Jika mereka dapat membuktikan bahwa materi tersebut jelas dilisensikan di bawah lisensi bebas atau sudah masuk domain publik, tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta. Harap buat catatan tersebut di halaman pembicaraan (seperti melampirkan URL sumber; konfirmasi perizinan harus diajukan melalui Wikipedia:Permintaan izin) serta atribusi di artikel. Lihat pedoman atribusi untuk sumber domain publik atau copyleft.

Sebagian teks artikel melanggar hak cipta[sunting sumber]

Jika Anda mencurigai bahwa ada pelanggaran hak cipta dalam artikel, isi yang melanggar dapat dihilangkan dengan mencantumkan URL sumber pada ringkasan suntingan. Permintaan penghapusan revisi dapat diajukan dengan menambahkan {{copyvio-revdel}} atau menghubungi pengurus. Pengurus dapat menghapus revisi yang berhak cipta. Catatan penghapusan dapat dibuat di halaman diskusi bersama dengan sumber aslinya di {{subst:cclean|url=insert URL or description of source here (optional)}}. Jika penciptanya sudah memberikan izin, teks tersebut bisa dikembalikan.

Keseluruhan teks artikel melanggar hak cipta[sunting sumber]

Jika keseluruhan isi suatu halaman ternyata adalah buah hak cipta atau menghapus seisi halaman bermasalah bukanlah pilihan tepat karena dapat membuat artikel tidak dapat dibaca, periksa riwayat halaman. Jika ada versi lama yang tidak melanggar hak cipta, kembalikan halaman ke versi sebelumnya. Pengembalian yang hanya menghapus materi yang melanggar hak cipta tidak melanggar aturan tiga kali pengembalian.

Anda boleh menulis ulang artikel, tetapi jika tidak memenuhi kelayakan, sering kali berujung pada penghapusan. Dalam keadaan terbatas, pengurus dapat menghapus halaman yang terang-terangan melanggar hak cipta sesuai dengan kriteria penghapusan cepat (KPC) yang relevan. Halaman yang diajukan untuk dihapus sesuai KPC dapat diberi tag {{db-copyvio}}.

Jika pengajuan penghapusan tersebut tidak memenuhi salah satu KPC dan Anda yakin bahwa artikel tersebut layak ditulis ulang alih-alih dihapus, kosongkan atau hapus halaman yang melanggar tersebut dengan {{subst:copyvio|url=masukkan URL}} dan ajukan artikel tersebut di Wikipedia:Masalah hak cipta; baca petunjuknya. Hal ini akan memberi waktu satu minggu bagi pelanggar hak cipta untuk membeberkan izinnya dan/atau menulis ulang artikel tersebut. Jika halaman tak tersentuh selama seminggu, masih saja melanggar, atau belum ada usaha untuk menulis ulang halaman itu, halaman itu dapat dihapus oleh pengurus atau diubah menjadi tulisan rintisan tanpa pelanggaran hak cipta.

Menangani kontributor[sunting sumber]

Harap ingatkan pelanggar hak cipta akan Ketentuan Penggunaan Wikimedia Foundation, Inc. dan kebijakan hak cipta. Saat ada artikel sudah diberi tag untuk dihapus secara cepat atau disembunyikan dalam rangka investigasi, tag tersebut akan menghasilkan templat yang ditampilkan berkaitan dengan masalah artikel tersebut. Anda juga dapat menggunakan templat yang diposting di Wikipedia:Templat/Pembicaraan pengguna.

Penulis yang sudah diingatkan dengan jelas tentang pelanggaran hak cipta tetapi masih saja melanjutkan aksinya dapat diblokir. Anda boleh mengajukan nasihat dari pengurus yang memahami hukum hak cipta atau melaporkannya melalui Wikipedia:Permintaan perhatian pengurus/Insiden, atau melaporkannya di Wikipedia:Investigasi pelanggaran hak cipta.

Pengguna yang terus-menerus melakukan tindakan melanggar hak cipta, termasuk memplagiasi, mengunggah berkas-berkas dari situs web lain tanpa memberikan alasan apa pun, dapat diblokir tanpa peringatan oleh pengurus. Pemblokiran dapat dilakukan selama-lamanya atau menunggu klarifikasi dari pengguna yang bersangkutan bahwa dirinya berjanji tidak akan melanggar hak cipta orang lain lagi. Tambahannya, pengurus boleh meminta kepada pelanggar hak cipta sumber materi yang dimasukkan tersebut sebelum membuka blokir. Jika kontributor terbukti memiliki riwayat pelanggaran yang begitu banyaknya, berarti dapat diasumsikan bahwa kontribusi mereka adalah buah pelanggaran hak cipta, dan dapat dihapus dari artikel sewaktu-waktu tanpa pandang bulu.

Bagi pemegang hak cipta[sunting sumber]

Bila Anda berkeberatan atau ingin mengadukan masalah hak cipta atas ciptaan Anda yang disalin ke situs ini, kirim surel ke info-id@wikimedia.org dengan bahasa yang formal dan tegas; serta berikan sumber URL yang tepat), serta berikan klaim Anda secara jelas tentang status hak cipta dari masalah tersebut. Terkadang balasan Anda harus menunggu sukarelawan yang aktif, atau jawaban yang bersifat ringkas biasanya tidak dapat digunakan.

Jika Anda memilih permintaan formal melalui OCILLA, Anda harus mengirimkannya ke agen yang ditunjuk Wikimedia Foundation.

Jika Anda memang ingin menyumbangkan materi berhak cipta, lihat Wikipedia:Menyumbangkan materi berhak cipta.

Sumber daya[sunting sumber]

Kebijakan, pedoman, dan halaman informasi[sunting sumber]

Permintaan perhatian[sunting sumber]

Perkakas[sunting sumber]

  • Duplication Detector - Alat yang digunakan untuk membandingkan dua halaman web untuk mengidentifikasi teks yang disalin dari satu halaman ke halaman lainnya. Baik salah satu, atau kedua halaman tersebut mungkin merupakan revisi terbaru atau lama dari artikel Wikipedia.
  • CopyPatrol - Alat untuk menganalisis suntingan yang baru-baru ini melanggar hak cipta dan menampilkan perbandingan untuk mengkrosceknya. Sedang dikembangkan.
  • Earwig's Copyvio Detector - alat untuk mencari dugaan pelanggaran hak cipta halaman menggunakan Google dan pranala yang muncul di halaman

Templat[sunting sumber]

  • {{backwardscopy}}: templat yang digunakan pada halaman pembicaraan untuk memberitahukan adanya duplikasi di tempat lain (salin balik)
  • {{copyvio}}: penanda pelanggaran hak cipta
  • {{db-copyvio}}: templat penghapusan cepat pelanggaran hak cipta
  • {{copy-paste}}: templat peringatan plagiasi kecil
  • {{copyvioel}}: templat peringatan pranala luar yang melanggar hak cipta
  • {{copyvio link}}: kutipan baris untuk menandai pranala luar yang diduga melanggar hak cipta
  • {{Copyright violation}}: kutipan baris untuk menandai kalimat yang diduga melanggar hak cipta
  • {{cclean}}: templat halaman pembicaraan untuk memberitahukan isi berhak cipta yang dihapus
  • {{copyvio-revdel}}: permohonan penghapusan revisi
  • {{Uw-copyright}}: templat peringatan pengguna untuk memberitahukan penghilangan teks berhak cipta dari artikel
  • {{Uw-copyright-new}}: ucapan selamat datang untuk pendatang baru
  • {{Uw-copying}}: templat yang digunakan pada halaman pembicaraannya berkaitan dengan menyalin konten dari artikel Wikipedia yang satu ke yang lain
  • {{dual}}: templat yang digunakan untuk menandai impor teks berlisensi CC BY-SA dan GFDL
    • bukti didokumentasikan di halaman pembicaraan artikel, kecuali lisensi telah jelas diberikan pada sumbernya
  • {{CCBYSASource}}: templat yang digunakan untuk menandai impor teks berlisensi CC BY-SA saja
    • bukti didokumentasikan di halaman pembicaraan artikel, kecuali lisensi telah jelas diberikan pada sumbernya