Bantuan:Mengarsipkan halaman pembicaraan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mengarsipkan halaman pembicaraan akan dibutuhkan dari waktu ke waktu jika halaman pembicaraan sudah terlalu panjang atau sudah melewati periode tertentu. Halaman-halaman yang terlalu panjang akan sangat sukar untuk dibuka dan biasanya memiliki pembicaraan yang sudah basi dan usang. Halaman Pembicaraan yang terlalu panjang akan membebankan pengguna yang menggunakan sambungan internet yang lambat. Sebagian pengguna juga tidak bisa menyunting halaman-halaman yang melebihi 32 kB.

Terdapat dua kaidah utama untuk mengarsipkan sebuah halaman pembicaraan. Anda bebas memilih kaidah mana yang akan dipakai untuk mengarsipkan halaman, namun Anda harus meninggalkan pembicaraan terkini yang masih berlangsung dalam halaman pembicaraan Anda.

Arsip dalam sub-halaman[sunting | sunting sumber]

Salin pembicaraan yang sudah terlalu panjang dalam sub-halaman dari halaman utama merupakan kaidah yang paling umum dipakai untuk mengarsipkan halaman.

Cara pengarsipan[sunting | sunting sumber]

  1. Klik pada tab edit di halaman pembicaraan yang ingin diarsipkan.
  2. Dalam kotak penyuntingan, tandai semua teks yang Anda ingin diarsipkan, dan kemudian klik-kanan (Windows) atau Ctrl-klik (Mac), dan memilih Cut. Sehingga semua teks akan hilang.
  3. Masih dalam kotak penyuntingan. Tuliskan templat {{hpp}}. Kemudian tekan tombol simpan hingga muncul halaman pembicaraan Anda.
  4. Pada address bar tambahkan "/Arsip_1", "/Arsip_2", "/Arsip_3" atau "/Arsip_(ke berapa)" pada alamat URL paling akhir dari halaman pembicaraan Anda. Semisal "id.wikipedia.org/wiki/Halaman_pembicaraan:Aris_riyanto/Arsip_1", kemudian tekan tombol enter, sehingga muncul kotak penyuntingan baru.
  5. Tempelkan atau paste halaman pembicaraan yang telah disalin sebelumnya, lalu tekan tombol simpan.
  6. Anda telah selesai membuat arsip dari halaman pembicaraan Anda. Ulangi tahap di atas jika perlu.


Lihat juga[sunting | sunting sumber]