Bantuan:Validasi halaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Anda mungkin sampai di sini karena Anda melihat suatu halaman memiliki tanda "Belum Diperiksa". Jika Anda mencari informasi mengenai Validasi Artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI), silakan lihat Wikipedia:Validasi artikel

Apa arti "Belum Diperiksa"?

"Belum Diperiksa" artinya halaman tersebut sama sekali belum pernah diperiksa oleh salah seorang Editor WBI. Jika Anda ingin menarik perhatian para editor untuk memeriksa halaman tersebut, Anda dapat menulis di Wikipedia:Validasi artikel/Permohonan peninjauan.

Jika Anda menyunting halaman yang "Belum Diperiksa" secara anonim (tidak masuk log), perubahan Anda akan segera tertampil. Jika suatu artikel tidak ada tulisan "Belum Diperiksa", maka suntingan Anda tidak akan segera tertampil, tapi harus melalui moderasi terlebih dulu.

Apa arti "Perubahan Anda akan ditampilkan kepada pembaca setelah pengguna terotorisasi meninjaunya"?

Jika Anda menyunting secara anonim (belum masuk log) atau Anda adalah pengguna yang bukan seorang Editor, suntingan yang Anda lakukan tidak akan otomatis tertampil di versi stabil (namun masih dapat dilihat jika Anda mengeklik tab "Suntingan tertunda"). Editor WBI akan terlebih dahulu meninjaunya baru suntingan Anda akan tertampil secara publik. Jika Anda ingin menarik perhatian para editor untuk memeriksa halaman tersebut, Anda dapat menulis di Wikipedia:Validasi artikel/Permohonan peninjauan.

Agar setiap suntingan Anda dapat tertampil secara otomatis, Anda kami undang untuk bergabung dengan WBI dengan cara membuat akun. Setelah memiliki akun, Anda dapat mendaftar menjadi seorang editor (setelah persyaratan terpenuhi).

Catatan untuk editor

Tidak semua halaman perlu diperiksa. Validasi halaman adalah satu tingkat di bawah perlindungan halaman, dan seyogianya hanya diberikan pada halaman-halaman yang membutuhkan, yaitu halaman-halaman yang pernah divandal atau berpotensi untuk divandal. Untuk halaman-halaman lainnya, tidak diperlukan versi stabil. Jika ada halaman yang tidak seharusnya dimasukkan ke daftar halaman yang perlu ditinjau, maka Anda dapat menghilangkan halaman tersebut dari daftar tinjauan dengan cara menghapus satu per satu tinjauan yang lama. Semisal halaman Himpunan Penerjemah Indonesia, karena tidak rawan / tidak berpotensi untuk divandal, maka tinjauan dihilangkan.

Langkah-langkah: melalui sejarah revisi halaman, atau http://id.wikipedia.org/wiki/Istimewa:Versi_tertinjau?page=<namahalaman>, klik pada masing-masing revisi yang tertinjau, kemudian klik tombol "Tolak revisi".

Lihat pula