Bantuan:Pengantar penyuntingan dengan VisualEditor/4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

VisualEditor-logo.svg

Membuka menu penyuntingan
Cara mengaktifkan mode penyuntingan visual

Perkakas
Perkakas yang dapat digunakan

Pranala
Menghubungkan halaman satu sama lain

Menerbitkan perubahan
Menyimpan hasil suntingan Anda

Membuat artikel baru
Menulis halaman dari awal

Ringkasan
Apa saja yang telah dipelajari?



Tangkapan layar perkakas VisualEditor


Setelah Anda puas dengan hasil suntingan Anda, waktunya untuk menerbitkan perubahan (sama seperti menyimpan suntingan) tersebut. Ketika Anda menerbitkan penyuntingan Anda, hasil perubahan tersebut segera terlihat di halaman Wikipedia yang Anda sunting (untuk membatalkan suntingan, cukup tutup jendela penyuntingan Anda).

Setelah Anda selesai menyunting, klik tombol biru Terbitkan perubahan di pojok kanan atas. Setelah diklik, akan muncul kotak dialog tempat Anda mengisi ringkasan suntingan yang Anda lakukan. Ringkasan tersebut membantu kontributor lainnya untuk memahami apa saja perubahan yang Anda lakukan.


VisualEditor save dialog-id.png

Jika Anda membuat suntingan sederhana seperti perbaikan salah ketik atau perubahan pemformatan, tandai suntingan Anda sebagai suntingan kecil (pilihan ini hanya tersedia ketika Anda masuk log). Jika Anda ingin diberitahu mengenai perubahan berikutnya pada halaman yang Anda sunting, Anda dapat menambahkan halaman tersebut ke dalam Daftar pantauan (pilihan ini juga hanya tersedia jika Anda telah masuk log).


Tombol Tinjau perubahan Anda menunjukkan markah wiki dari penyuntingan yang telah Anda lakukan. Tombol Lanjut menyunting mengembalikan Anda ke halaman yang sedang Anda sunting untuk Anda dapat menyunting kembali halaman tersebut.