Bantuan:Rujukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wikipedia help.png
Selamat datang! Halaman ini memberikan bantuan mengenai hal yang sering ditanyakan di Wikipedia. Untuk memulai, silakan mengeklik pranala yang Anda butuhkan di bawah ini, atau gunakan fitur pencari yang tersedia di sebelah kanan.
BantuanProyekWiki Bantuan:



Angka rujukan

Rujukan (Referensi; "reference") atau kode rujukan di Wikipedia berfungsi untuk menjelaskan sumber yang dapat dipercaya yang dapat mendukung pernyataan yang dituliskan dalam suatu artikel, terlebih lagi apabila pernyataan tersebut kontroversial. Pembubuhan rujukan ini dapat membantu pembaca untuk mengetahui sumber dari tulisan artikel-artikel di Wikipedia.

Salah satu fungsi antar muka rujukan adalah setiap kali pembaca melakukan klik pada suatu angka diakhir sebuah kalimat yang memiliki rujukan maka pembaca akan dibawa menuju sumber rujukan dari pernyataan tersebut, dan sebaliknya (apabila pembaca melakukan klik pada huruf alphabetis yang terdapat pada sumber rujukan pada akhir artikel, maka pembaca akan dibawa menuju kalimat spesifik yang menggunakan rujukan tersebut).

Tampilan rujukan saat angka tersebut di "klik". Bagian rujukan berwarna biru untuk membedakannya dengan rujukan lain

Walaupun Wikipedia memiliki berbagai mekanisme untuk menambahkan rujukan, catatan kaki, ataupun catatan lainnya, artikel yang ditulis dengan baik dan enak dibaca yang ada di Wikipedia bahasa Indonesia umumnya menggunakan "banyak rujukan" dengan mengandalkan penamaan rujukan tersebut sehingga rujukan yang sama dapat digunakan berulang kali dan memproduksi angka otomatis, ataupun pada pernyataan yang sama dapat menggunakan rujukan yang berbeda sebagai penguat sumber dari kalimat tersebut.

Kode rujukan di akhir artikel {{reflist}}

Menambah bagian untuk daftar rujukan

Menambahkan bagian baru di akhir halaman untuk rujukan {{reflist}} pada artikel Manolo Blahnik

Apabila Anda sedang membuat artikel baru, atau menyunting artikel lama yang tidak memiliki rujukan sebelumnya dan Anda tertarik untuk menambahkan rujukan, maka Anda harus membuat bagian baru pada akhir artikel (yang biasanya bagian tersebut dinamakan Rujukan atau Referensi) dan menambahkan kode {{reflist}} di bawahnya.

Daftar rujukan dua kolom

Apabila rujukan Anda banyak, maka ada baiknya kode rujukan yang digunakan adalah {{reflist|2}} sehingga daftar rujukan Anda terbagi dalam dua kolom. Setelah Anda menambahkan kode rujukan (lihat kode rujukan di akhir kalimat) dan kemudian menekan tombol simpan maka kode rujukan Anda akan muncul dan bertambah secara otomatis.

Tampilan rujukan pada halaman artikel setelah artikel disimpan akan terlihat seperti di bawah ini (untuk kode rujukan satu kolom):

Hasil kode rujukan setelah disimpan.png

Kode rujukan di akhir kalimat (rujukan berulang)

Kode rujukan Anda adalah kode yang unik, karena itulah kode tersebut menggunakan:

  • <ref name="name"> ... </ref>. Anda lalu dapat menggunakan rujukan yang sama untuk kalimat yang berbeda dengan menggunakan akhir nama yang sama (saja), seperti: <ref name="name" />.
    • Catatan: Kode ini dapat digunakan dengan nama apapun juga kecuali:
    • Nama yang Anda berikan untuk rujukan Anda tidak boleh angka, yang terjadi adalah kodenya bisa jadi rusak (error).
    • Hindari: tanda dolar ($), tanda persen (%), tanda petik dua kali ('), tanda tambah (+), tanda samadengan (=), tanda garis miring terbalik (\), dan tanda lebih besar dari (>), ataupun tanda lebih kecil dari (<)

Referensi bernama digunakan jika ada beberapa kasus pengulangan dari referensi yang tepat sama, termasuk nomor halaman buku. Tidak digunakan untuk merujuk halaman yang berbeda dari buku yang sama. Referensi bernama dalam wikitext mempunyai kegunaan yang serupa dengan loc. cit., ibid., Id. atau supra pada media cetak. Lihat pula peringatan pada Style di bawah ini.

Hanya teks yang pertama kali muncul dari suatu ref bernama yang digunakan, meskipun pengulangan dapat terjadi di mana saja dalam artikel. Anda dapat menyalin seluruh catatan kaki, atau menggunakan tag ref kosong yang berakhir yang tampak seperti ini: <ref name="name" />. Tag bernama yang diakhiri dengan garis miring (forward-slash) dapat mendahului definisi referensi bernama.[1]

Jika menggunakan referensi bernama, banyak penyunting lebih suka memakai <ref name="name" /> untuk pemakaian berikutnya dari catatan kaki bernama itu, daripada menyalin keseluruhan catatan kaki itu lagi. Hal ini akan mempermudah pembacaan teks artikel dalam mode edit, sehingga pencarian bagian tertentu dalam suatu teks ketika menyunting menjadi lebih mudah. Namun, sejumlah penyunting lebih suka mengulangi seluruh catatan kaki, untuk mencegah penghapusan satu-satunya definisi referensi, meskipun cara ini membutuhkan pembaruan catatan kaki untuk disalin ke semua catatan kaki yang sama, jika semuanya harus diubah.

Cara ketiga adalah menggunakan referensi kosong pada bagian isi artikel, sedangkan teks untuk referensi seluruhnya berada di dalam templat "reflist" di akhir artikel, meskipun hal ini membutuhkan penyuntingan manual templat reflist jika ada penambahan atau penghilangan seluruhnya. (Lihat List-defined references di bawah.)

Dalam contoh berikut, sumber yang sama dirujuk tiga kali.

Ini adalah contoh rujukan berulang dari catatan kaki yang sama.<ref name="multiple" /> Such references are particularly useful when citing sources where different statements come from the same source.<ref name="multiple">Author, A. (2007). "How to cite references", New York: McGraw-Hill.</ref> A concise way to make multiple references is to use empty ref tags, which have a slash at the end.<ref name="multiple">This text is superfluous, and won't show up anywhere. We may as well just use an empty tag.</ref>

== Notes ==
{{reflist}}

Suntingan teks di atas menghasilkan seperti ini dalam artikel:

This is an example of multiple references to the same footnote.[1] Such references are particularly useful when citing sources where different statements come from the same source.[1] A concise way to make multiple references is to use empty ref tags, which have a slash at the end.[1]

Notes


  1. ^ a b c Author, A. (2007). "How to cite references", New York: McGraw-Hill.

Diharap hati-hati jika menghilangkan referensi bernama dengan isi teks, karena teks catatan kaki akan dihilangkan kecuali sudah disalin di tag ref dengan nama yang sama.

  1. ^ Wikipedia Signpost. November 13, 2006.

Kode rujukan lain

     * Book: [1]
   * Episode: [1]
   * Journal: [1]
   * News: [1]
   * News (online): [1]
   * Web: [1]
   * Welcome: == Welcome! ==
{{subst:W-basic}} * Book (list): title (year) publisher: location ISBN

Referensi

  1. ^ a b c d e f Rujukan kosong (bantuan)  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "" didefinisikan berulang dengan isi berbeda Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "" didefinisikan berulang dengan isi berbeda Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "" didefinisikan berulang dengan isi berbeda Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "" didefinisikan berulang dengan isi berbeda Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "" didefinisikan berulang dengan isi berbeda

Lihat pula