Wikipedia bahasa Asturia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wikipedia's W.svg Asturian Wikipedia
Wikipedia-logo-v2-ast renamed.svg
Jenis situs
Proyek ensiklopedia internet
BahasaAsturia
MarkasMiami, Florida
PemilikYayasan Wikimedia
PenciptaKomunitas wiki Asturia
Situs webast.wikipedia.org
KomersialTidak
Daftar akunOpsional
DiluncurkanJuli 2004

Wikipedia bahasa Asturia (bahasa Asturia: Wikipedia n'asturianu) adalah edisi bahasa Asturia dari Wikipedia [1] yang dimulai pada Juli 2004. Pada 8 Desember 2015, Wikipedia bahasa Asturia memiliki lebih dari 45.000 artikel, menjadikannya Wikipedia terbesar ke-77. Wikipedia tersebut juga memiliki 30.432 pengguna terdaftar, sebagian besar adalah akun global yang dibuat secara otomatif, karena pengguna aktif bulanannya berjumlah 94, sembilan diantaranya adalah pengurus. Wikipedia tersebut telah disunting sekitar 999.632 kali. Wikipedia bahasa Asturia diklasifikasikan dalam peringkat Wikipedia ke-15 menurut artikel per populasi pemakai bahasa.[2]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Tim Wikipedia mengunjungi Parlemen Asturias.
Pertemuan para Wikipediawan usai acara penghargaan.

Setelah didirikan pada Juli 2004, Wikipedia bahasa Asturia mencapai 1.000 artikel pada 1 September 2004.

Pada 2015, Wikipedia dianugerahi Penghargaan Putri Asturias Spanyol dalam kategori Kerjasama Internasional.[3] Berbicara dalam Parlemen Asturian di Oviedo, kota yang menjadi tuan rumah acara penghargaan tersebut, Jimmy Wales memuji hasil kerja dari para pengguna Wikipedia bahasa Asturia.[4] Pada malam acara tersebut, para anggota Yayasan Wikimedia mengadakan pertemuan dengan para Wikipediawan dari seluruh belahan Spanyol, termasuk komunitas Asturia lokal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carlos Arturo Serrano Gomez. "Fact-Checking the Wikipedia: The drawbacks of having a one-stop reference source". Ohmy News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-02-15. Diakses tanggal 2008-02-09. 
  2. ^ List of Wikipedias by speakers per article
  3. ^ "Premio Princesa de Asturias de Cooperación Internacional 2015". Fundación Princesa de Asturias. Diakses tanggal June 17, 2015. 
  4. ^ "Los fundadores de Wikipedia destacan la versión en asturiano". La Nueva España. Diakses tanggal October 20, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]