Wikipedia bahasa Bali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wikipedia-favicon.png Wikipedia bahasa Bali
Wikipedia-logo-v2-ban.svg
Cuplikan
Screenshot of Bali Wikipedia.png
Tampilan halaman utama Wikipedia bahasa Bali
Jenis situs
Proyek ensiklopedia internet
BahasaBali
MarkasMiami, Florida
PemilikYayasan Wikimedia
Situs webhttp://ban.wikipedia.org/
http://ban.m.wikipedia.org/ (perangkat seluler)
KomersialTidak
Daftar akunOpsional
Diperlukan untuk membuat artikel baru
Diluncurkan14 Oktober 2019

Wikipedia bahasa Bali adalah ensiklopedia daring Wikipedia versi bahasa Bali dan merupakan bagian dari Wikipedia Indonesia. Wikipedia bahasa Bali umumnya mengikuti peraturan-peraturan dasar Wikipedia bahasa Indonesia. Wikipedia bahasa Bali cukup lama berada dalam proyek incubator Wikimedia, yaitu sejak dibuat halaman inkubatornya pada tahun 2005 sampai bulan Oktober 2019.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2005, Wikipedia bahasa Bali sudah direncanakan kelahirannya. Pada 29 Juni 2005, proposal pertama mendapat 10 dukungan namum tidak ada yang mengembangkan.[1] Proposal kedua, tanggal 21 November 2006, dilayangkan dengan 15 suara dukungan dari wikipediawan.[2] Sayangnya kedua proposal tersebut dimentahkan karena kurangnya penutur asli.

Walaupun banyak pendukung untuk melahirkan Wikipedia Basa Bali, ketiadaan penutur asli bahasa itu sendiri dalam tata cara penciptaan Wikipedia menjadi penyebab utama kegagalan tersebut. Sejak tahun 2006, Wikimedia Foundation mengeluarkan kebijakan permohonan bahasa di Wikipedia harus lahir dari minimal 5 kontributor aktif dari penutur asli yang akan merilis Wikipedia dalam bahasa baru. Karena itu, sebanyak apapun orang yang mendukung penciptaan Wikipedia bahasa baru, tanpa keterlibatan penutur jati, hasilnya tidak akan ada.

Proposal ketiga dilayangkan tahun 2010.[3] Bersama dengan proposal Wikipedia bahasa Minangkabau, proposal ini sempat menjadi pembahasan khusus dalam acara LangCamp 2012 di Universitas Indonesia. Saat itu, laman Wikipedia bahasa Minangkabau dan Wikipedia bahasa Bali sudah dalam masa percobaan di Wikimedia Incubator. Karena saat itu telah memiliki kontributor yang aktif, Wikipedia bahasa Minangkabau berhasil meluncur hanya dalam waktu dua bulan setelah acara tersebut digelar. Sayangnya, lagi-lagi harapan yang telah dipupuk pada Wikipedia bahasa Bali harus pupus. Namun demikian, proposal ketiga Wikipedia bahasa Bali ini tidak ditolak, tetapi dibiarkan terbuka hingga ada penutur jati yang benar-benar siap menggarapnya entah itu 10 hari, 10 bulan, atau 10 tahun lagi.

Sejak saat itu, hanya sedikit upaya yang dilakukan terkait Wikipedia bahasa Bali di Incubator. Pada paruh kedua 2017, Wikipedia bahasa Bali diperkenalkan sekilas dalam pelatihan Wikipedia bahasa Indonesia di Singaraja. Hal yang sama juga dilakukan di Denpasar pada Juli 2018. Hasilnya nihil.

Pada awal 2018, Proyek Ganesha yang digelar oleh Wikimedia Indonesia mengumumkan I Wayan Nadiantara sebagai juara pertama. Nadi sebagai penutur bahasa Bali kemudian diperkenalkan oleh staf-staf Wikimedia Indonesia pada Wikipedia bahasa Bali di Incubator. Masa-masa vakum Wikipedia bahasa Bali sejak 2012 usai saat Nadi mulai aktif menyunting di sana pada Agustus 2018. Karena tidak mungkin Wikipedia bahasa Bali dikerjakan sendiri, Nadi diperkenalkan dengan Yosef Haryanto, kontributor aktif di Wikipedia bahasa Indonesia yang berdomisili di Bali. Yosef sendiri baru mengetahui ada Wikipedia bahasa Bali saat ia terlibat dalam pelatihan Wikipedia bahasa Indonesia pada Juli 2018. Nadi juga berkenalan dengan perintis akun Instagram Wikipedia bahasa Bali bernama Thanasis Soultatis yang awalnya merupakan Wikipediawan Yogyakarta, tetapi sekarang berdomisili di Denpasar. Selain itu, seorang dosen Fakultas Sastra Bali di Universitas Udayana bernama I Gede Gita Purnama diperkenalkan pada Nadi karena ketertarikan beliau akan rencana pengembangan Wikipedia bahasa Bali setelah diajak oleh kawan Wikipedia bahasa Sunda bernama Ilham Nurwansah.

Pada 5 April 2019, kopi darat pertama pun akhirnya digelar dengan mempertemukan empat orang tersebut. Dalam kopi darat itu dibahas pelatihan Wikipedia bahasa Bali pertama bagi umum. Pelatihan lalu diadakan pada hari berikutnya di DILo Denpasar dengan 18 peserta yang merupakan adalah profesional dan mahasiswa di bidang bahasa Bali. Dari pelatihan itu, 3 orang mahasiswa Universitas Udayana mampu menunjukkan ketahanannya menulis di Wikipedia bahasa Bali. Ni Kadek Ayu Sulastri, Siti Noviali, dan Luh Gede Krismayanti menjadi bibit unggul dari hasil pelatihan tersebut. Sejak pelatihan pertama tersebut, tiga kali pelatihan Wikipedia bahasa Bali diadakan lagi di Denpasar. Komunitas Wikimedia Denpasar pun dibentuk pada Agustus 2019 dan diketuai oleh Ayu Sulastri. Meskipun tidak banyak peserta pelatihan yang tahan banting menyunting di Wikipedia bahasa Bali di Incubator, anggota komunitas yang berjumlah lebih dari 5 orang bisa konsisten menyunting. Hal tersebut mampu memenuhi syarat yang ditentukan Wikimedia Foundation. Salah satu syarat peluncuran Wikipedia baru adalah adanya minimal 5 sukarelawan yang menyunting setidaknya 10 kali dalam satu bulan dan harus konsisten setidaknya selama 3-5 bulan.

Pada 7 Oktober 2019, Jon Harald Søby, anggota Komite Bahasa di Wikimedia Foundation mengusulkan peluncuran Wikipedia bahasa Bali dengan alamat ban.wikipedia.org. Nama ‘ban’ merupakan kode ISO 639 untuk bahasa Bali. Proses migrasi halaman dari Wikimedia Incubator ke alamat baru tersebut berlangsung satu hari yang selesai pada tanggal 14 Oktober. Pada tanggal itulah resmi Wikipedia bahasa Bali menjadi bagian dari keluarga Wikipedia sedunia yang saat ini telah tersedia dalam 304 bahasa.[4]

Disetujui sebagai Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Sampai dengan bulan Oktober 2019 jumlah artikel yang ada di halaman inkubator bahasa Bali mencapai lebih dari 1.400 artikel yang ditulis oleh kontributornya. Sebelumnya pada tanggal 10 Oktober permohonan untuk mengalihkan halaman inkubator ke Wikipedia bahasa Bali disetujui admin Wikimedia Foundation setelah verifikasi dengan ahli bahasa Bali selesai dilakukan lewat situs translatewiki.

Tanggal 14 Oktober 2018 waktu Indonesia, atau tanggal 15 Oktober 2019 waktu server admin Wikimedia Foundation, Wikipedia bahasa Bali dirilis dan sudah bisa diakses secara online.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Requests for new languages/Wikipedia Balinese - Meta". meta.wikimedia.org. Diakses tanggal 2020-01-17. 
  2. ^ "Requests for new languages/Wikipedia Balinese 2 - Meta". meta.wikimedia.org. Diakses tanggal 2020-01-17. 
  3. ^ "Requests for new languages/Wikipedia Balinese 3 - Meta". meta.wikimedia.org. Diakses tanggal 2020-01-17. 
  4. ^ "Jalan Panjang Wikipedia Bahasa Bali". Wikimedia Indonesia. 2019-11-05. Diakses tanggal 2020-01-22. 
  5. ^ "Wp/ban - Wikimedia Incubator". incubator.wikimedia.org. Diakses tanggal 2020-01-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]