Wikikamus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wiktionary)
Wikikamus
Halaman utama dari Wikikamus bahasa Inggris pada 14 Januari 2019
URLwiktionary.org
TipeKamus daring
Perdagangan ?Tidak
Registration (en)Opsional
LangueMultibahasa (168 aktif)[1]
LisensiCreative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi
Mesin perangkat lunakMediaWiki
PemilikWikimedia Foundation
PembuatJimmy Wales dan komunitas Wikimedia
Service entry (en)12 Desember 2002; 21 tahun lalu (2002-12-12)
NegaraAmerika Serikat
Peringkat Alexa474
523
494 (28 November 2017)
502 (7 September 2018)
KeadaanAktif
Twitter: HeWikt
Logo Wikikamus edisi bahasa Inggris.

Wikikamus (Inggris: Wiktionary) adalah proyek kerabat Wikipedia yang ditujukan sebagai kamus wiki bebas (termasuk tesaurus dan leksikon) dalam berbagai banyak bahasa. Wikikamus dalam edisi bahasa Inggris dibuka pertama kali pada tanggal 12 Desember 2002 sebagai tindak lanjut proposal Daniel Alston. Pada 29 Maret 2004, Wikikamus dalam edisi bahasa lainnya, yaitu bahasa Prancis dan bahasa Polski, mulai dibuka. Sejak saat itu, Wikikamus dalam edisi bahasa lainnya pun mulai dibuka. Pada awalnya, Wikikamus menginduk pada URL sementara hingga akhirnya pada 1 Mei 2004 dipindahkan ke wiktionary.org.

Wikikamus disediakan untuk:

  • menjelaskan arti kata, istilah, dan singkatan
  • tesaurus dengan cara menunjukkan sinonim
  • menerjemahkan kata-kata dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Tidak seperti kamus pada umumnya yang ekabahasa atau dwibahasa, Wikikamus merupakan kamus multibahasa dan antarbangsa, yang artinya bertujuan untuk mencakup setiap kata dari semua bahasa yang diketahui dan melakukannya dalam berbagai bahasa. Sebagai contoh, Wikikamus edisi bahasa Inggris mengandung lema dari berbagai bahasa, namun ditulis dalam bahasa Inggris. Wikikamus edisi bahasa Indonesia juga bisa memiliki artikel-artikel yang sama dengan edisi bahasa Inggris, tetapi artikelnya ditulis dalam bahasa Indonesia.

Perbedaan antara Wikikamus dan Wikipedia adalah bahwa kebanyakan lemanya diawali dengan huruf kecil. Sebagai contoh, entri dengan huruf kecil i dan huruf besar I sama.

Kamus Wiki[sunting | sunting sumber]

Pada halaman ini anda bisa mencari arti kata sebuah lemma atau entri dalam bahasa Indonesia. Apabila anda ingin menyumbang entri, maka hal ini sangat kami hargai. Di bawah adalah sebagian dari daftar perkataan dalam bahasa Indonesia menurut susunan abjad:-

Perlu ditekankan di sini bahwa kata-kata yang dimuat di dalam daftar kata ini adalah kata-kata dari kosakata bahasa Indonesia. Jadi kami mohon, nama-nama tokoh, negara dan hal-hal lainnya jangan dimasukkan di sini.

Daftar kata ini dibuat untuk artikel-artikel yang tidak memiliki halaman penghubung supaya jangan menjadi artikel yatim.

Perlu juga ditekankan di sini supaya jangan asal mengambil hak karya orang lain yang terlindung di bawah Undang-Undang hak cipta. Tolong senantiasa memberikan sumber informasi apabila memungkinkan!

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]