Leksikon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Leksikon (bahasa Yunani: λεξικόν lexikόn, λεξικός, lexikόs – 'perihal kata') adalah keseluruhan leksem yang terdapat pada suatu bahasa. Kajian terhadap leksikon mencakup apa yang dimaksud dengan kata, strukturisasi kosakata, penggunaan dan penyimpanan kata, pembelajaran kata, sejarah dan evolusi kata (etimologi), hubungan antarkata, serta proses pembentukan kata pada suatu bahasa. Dalam penggunaan sehari-hari, leksikon dianggap sebagai sinonim kamus atau kosakata,[1] tetapi dengan penjelasan yang singkat dan praktis.[2] Cabang linguistik yang mendalami leksikon disebut leksikologi, atau leksis dalam aliran linguistik Britania. Istilah leksikografi, yang lebih dikenal, adalah bidang linguistik terapan yang berurusan dengan penyusunan kamus.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pusat Bahasa (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. ISBN 9789792238419. 
  2. ^ Kridalaksana, Harimurti (1982). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia. hlm. 98. 
  3. ^ Kushartanti, et.al., ed. (2009). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Gramedia Pustaka Utama. p. 232. ISBN 9789792216813.