The Signpost

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Signpost
Simbol huruf S
Sampul The Signpost – 24 Februari 2016
Sampul The Signpost (24 Februari 2016)
TipeSurat kabar bulanan
FormatDaring
PemilikKomunitas Wikipedia
PendiriMichael Snow
PenerbitWikipedia bahasa Inggris
Diterbitkan10 Januari 2005
BahasaInggris
Situs weben.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Wikipedia_Signpost
Arsip daring gratisen.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Wikipedia_Signpost/Archives/Years

The Signpost (dulunya The Wikipedia Signpost) adalah koran daringnya Wikipedia bahasa Inggris yang diolah dan diteruskan oleh komunitas Wikipedia. Ia berisi berbagai hal, seperti peristiwa-peristiwa berkaitan dengan Wikipedia, Komite Arbitrase, Yayasan Wikimedia, dan proyek-proyek Wikimedia lainnya. The Signpost ditemukan oleh Michael Snow pada Januari 2005; ia melanjutkan sebagai kontributor hingga Februari 2008 dan menaik jabatan sebagai Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia. Semenjak menarik perhatian berbagai media mengenai laporannya dalam pergantian hukum kebebasan panorama di Eropa. Sejak itu, ia menjadi subjek analisis dan konsultasi akademik di beberapa jurnal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama "The Wikipedia Signpost" didapat dari ciri khas komunitas Wikipedia secara daring bertanda tangan ketika berbicara di halaman pembicaraan. Ia ditemukan oleh Michael Snow, seorang Wikipediawan yang kemudian menjadi Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia. Sebelumnya terdapat percobaan membuat koran daring Wikipedia, seperti Wikipedia:Announcements oleh Jimmy Wales pada November 20 2001, Wikimedia News oleh Meta-Wiki pada November 14 2002, dan Wikipedia-Kurier di Wikipedia bahasa Jerman pada Desember 10 2003.

Di cetakan pertamanya, Snow menulis: "Saya berharap ini bisa menjadi sumber berita mengenai apa yang terjadi di Wikipedia akhir-akhir ini yang berharga." Ia turun jabatan 7 bulan kemudian, dan diteruskan oleh Ral315; di postingan pertamanya, ia mengatakan bahwa The Signpost adalah ide bagus dalam mengetahui informasi terbaru mengenai Wikipedia. Ral melakukan survei pada bulan September 2007, yang menunjukkan bahwa sekitar 2.800 pengguna Wikipedia membaca The Signpost dalam satu minggu, belum terhitung yang tidak membuat akun.

Pada bulan Juli 2008, Ral menulis mengenai transparansi untuk The Signpost, mengatakan bahwa berdasarkan permintaan Yayasan Wikimedia, korannya tidak akan mempublikasikan artikel-artikel mengenai sebuah kasus hukum yang menghantam Yayasan Wikimedia saat itu. Menurut Ral, "Saya rasa ini sangat disayangkan, tapi penting," sebab mengingat ikatan kuat Wikipedia dengan Yayasan Wikimedia, artikel mengenai gugatan itu "akan berdampak bahaya bagi kasusnya sendiri." Ral khawatir mengenai keputusan ini dan dampaknya terhadap masa depan The Signpost.

Ragesoss kemudian meneruskan Ral pada Februari 2009; ia membuat templat baru untuk korannya. Ia hanya menjabat selama setahun, kemudian diteruskan oleh HaeB yang mengubah namanya menjadi The Signpost. Tahun itu juga– 2010– sebuah siniar bernama The Wikipedia Weekly dan buletin berita Wikizine dibuat. HaeB diteruskan oleh The ed17 pada Juli 2011, mengatakan ia– yang sudah bekerja pada Yayasan Wikimedia– akan pasti didampak konfilk kepentingan ketika mengurus korannya. Pada tahun 2013, International Business Times mengatakan bahwa jurnalisme investigasi di The Signpost telah meng-ekspos ikatan Wiki-PR dan konflik kepentingan saat menyunting di Wikipedia [en].

Pada Juni 2015, The Signpost memberitakan mengenai pergantian hukum kebebasan panorama di Eropa, menarik perhatian media di berbagai bahasa, seperti Inggris, Jerman, Itali, Polandia, dan Rusia.

Pada Januari 2017, Gamaliel dan Go! Phigtins menjadi pemimpin redaksi The Signpost.

Setahun kemudian, Fortune dan Ars Technica menganggap The Signpost aman direferensikan dalam memberitakan mosi tidak percaya oleh Wikipediawan-Wikipediawati terhadap Arnnon Geshuri menjadi bagian Yayasan WIkimedia. Pada Februari 2016, The Signpost mengilustrasikan sebuah artikel terkait dengan foto asap hitam, yang menurut Heise Online, adalah simbol agar Yayasan Wikimedia cepat beraksi.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]