Wikipedia:Wikimedia Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Persiapan Wikimedia Indonesia[sunting sumber]

Halo! Mungkin ada baiknya kita memulai diskusi tentang topik yang satu ini. Kira-kira ada yang ngerti gak hal-hal apa saja yang dibutuhkan jika kita bermaksud mendirikan local chapter Wikimedia Indonesia? Kemudian isu-isu apa yang perlu dipikirkan.

Badan hukum[sunting sumber]

Perlu/tidak?, berbentuk yayasan?

Pengurusnya[sunting sumber]

  1. Perlu ada minimal 25 - 30 pengguna aktif yang bersedia menjadi anggota dan harus rutin rapat.
  2. Dari para anggota harus ada yang dipilih menjadi pengurus. Siapa yang sanggup?

Pertimbangan[sunting sumber]

  1. Rendabel (economically sound)?

Tanggapan[sunting sumber]

Silakan ditanggapi borgx(kirim pesan) 02:57, 5 Juli 2007 (UTC)
Memang saya lihat akhir-akhir ini Wikipedia Indonesia banyak mendapatkan tanggapan dari khalayak ramai sehingga kelihatannya mulai diperlukan yayasan ini. Sebenarnya diskusi kan sudah dimulai sejak tahun lalu. Tetapi masalah utama yang muncul di benak saya kali ini ialah: siapa yang sanggup mengurus? Dan apakah sudah rendabel?[1] Berapakah pengguna kita? Lalu apakah kita sudah mampu untuk mengumpulkan uang untuk men-setup Yayasan ini? Lalu kalau tidak salah kan harus memiliki minimal 25 - 30 pengguna aktif yang bersedia untuk menjadi anggota dan harus rutin rapat. Meursault2004ngobrol 05:56, 5 Juli 2007 (UTC)
Oh ternyata dulu sudah pernah dibicarakan ya. Mungkin diskusinya terpencar-pencar kali sehingga gak ketemu. borgx(kirim pesan) 07:09, 5 Juli 2007 (UTC)
Mungkin perlu dibuat juga check list mengenai apa-apa saja yang diperlukan untuk membuat chapter, mungkin bisa mempelajari pengalaman chapter lainnya -- atau minta dari Yayasan Wikimedia. ~Rex••pesan•• 07:06, 5 Juli 2007 (UTC)
Tanggapan saya atas pertanyaan-pertanyaan di atas:
  1. Wikipedia Indonesia banyak mendapatkan tanggapan khalayak ramai dan kelihatannya mulai diperlukan yayasan ini. Setuju, dan sebaiknya juga melingkupi Wikipedia Jawa, Sunda dan Banyumas juga.
  2. Siapa yang mengurus? Karena berdiri di Indonesia, sebaiknya pengurus hariannya adalah anggota2 yayasan yang tinggal di Indonesia. Anggota2 yang bukan pengurus harian dan tidak tinggal permanen di Indonesia, tetap berpartisipasi dalam penentuan kebijakan dan hal-hal strategis lainnya melalui pertemuan dunia maya.
  3. Apakah sudah mampu secara ekonomis (rendabel, economically sound)? Pertama-tama ketahui dulu aktivitas dan infrastrukturnya apa saja (list down), lalu buat perkiraan biayanya. Dengan demikian dapat dinilai seberapa besar sumberdaya keuangan yang dibutuhkan.
  4. Berapakah pengguna kita? Secara statistik penyuntingan 6 bulan terakhir seharusnya bisa diperkirakan berapa banyak pengguna yang potensial mendukung inisiatif ini.
  5. Apakah sudah mampu mengumpulkan uang untuk men-setup Yayasan? Lihat dulu hasil dari point no. 3, lalu dapat dibahas dan dibuatkan rencana (business plan) yang sesuai.
  6. Minimal harus ada 25-30 pengguna aktif yang bersedia menjadi anggota dan rutin rapat. List down saja untuk melihat siapa yang bersedia. Rutin rapat (face-to-face?) bisa diatur 1x s/d 4x dalam setahun, kan?
  7. Minta saran dari chapter lainnya atau Yayasan Wikimedia? Setuju. Ini bisa dilakukan oleh salah seorang pengurus Wikipedia Indonesia, sehingga berkesan "resmi".
Salam, Naval Scene 08:15, 5 Juli 2007 (UTC)
Tanggapan untuk Naval Scene
1. Iya tentu juga mencakup Wikipedia Jawa, Sunda, Banyumasan dan bahasa-bahasa lain yang akan muncul (Bali, Madura dll.) Selain itu jangan dilupakan pula Wikipedia Tetun dan Melayu. Ingat: penutur bahasa2 kedua terakhir ini juga banyak yang berada di Indonesia.
2. Mengenai pengurus ini yang agak susah ... Kalau saya sendiri lebih sering di luar negeri daripada di Indonesia.
6. Nah rapat ini yang penting. Memang saya kira 4x setahun cukup lah. Tapi kuorumnya harus tinggi.
7. Sudah dilakukan oleh IvanLanin.
Meursault2004ngobrol 10:29, 5 Juli 2007 (UTC)
Saran gw coba mulai dari meresmikan komunitas pecinta wikipedia dulu (Wikipedia Fans CLub atau apalah) sebagai percobaan. Cukup tunjuk siapa ketua komunitas dan pengurus administrasinya. Kalau wikimedia Indonesia mungkin lebih berat soalnya bawa2 nama wikimedia found. Selagi komunitas ga perlu ada banyak keterikatan. Lagian komunitas ga perlu banyak biaya. Hariadhi - Ngobrol 12:54, 8 Juli 2007 (UTC)
Usul Hariadhi ini lebih praktis untuk langkah awal, juga untuk menjaring seberapa besar animo yg ingin ikut langsung. Klo yg online aja g banyak, apa bisa dijamin yg offline bisa lebih banyak? Klo ternyata yg offline bisa lebih banyak (juga penyunting dan editornya), baik langsung dibikin yayasannya (chapter). Siapa tahu ada orang2 (banyak kali) lebih suka nulis model kuno (kertas) dan orang lain yg online-kan (kek bos gw di sini).
Btw, mo didirikan di mana, JKT? Setahuku yayasan sosial 'kan butuh alamat? --N/A(bicara) 12:47, 10 Juli 2007 (UTC)
Tapi klub atau komunitas pencinta Wikimedia (tidak hanya Wikipedia) apakah boleh berbicara menjadi penyalur Yayasan Wikimedia yang di Florida itu? Soalnya kalau nggak ada keistimewaannya ya percuma. Kita kan sudah sering kopi darat tanpa ada yayasan yang mengatur. Paling ada satu dua orang yang koordinasi saja. Sedangkan kalau klub atau yayasan kan harus resmi. Dan alamat rumah atau kantor siapa yang mau atau boleh dipakai? Meursault2004ngobrol 15:23, 10 Juli 2007 (UTC)
Buat hariadhi, komunitas pencinta itu ngga bisa ngurusin masalah resmi dan ngga bisa mewakili wikipedia (baca: berbicara atas nama wikipedia). Mereka hanya bisa berbicara atas nama komunitas. Jadi kalo diajakin miting (contohnya) oleh pihak lain, komunitas sebenarnya ngga berwenang --> kayak DPD tapi ngga punya hak pilih gitu deh :D Untuk komentar selanjutnya gue nungguin tanggapan Ivan dulu deh. Serenity 00:26, 11 Juli 2007 (UTC)
Weleh, udah masuk meta
Siapa yang mau nerjemahin?
1. langkah demi langkah membuat kantor lokal
2. pertanyaan umum mengenail kantor lokal wikimedia
– komentar tanpa tanda tangan oleh Serenity (bk).
Bung Ivan Lanin uda minta saya untuk nerjemahin dan nge-rangkum yang diatas ini ke dalam satu halaman - tapi baru sebagian kecil yang selesai, nanti dilanjutkan. Silahkan lihat dan tambahkan di Wikipedia:Wikimedia Indonesia. dragunovadiscuss 04:39, 13 Juli 2007 (UTC)
Cipto Dimas (bicara) 26 Desember 2019 14.18 (UTC)[balas]

Proyek[sunting sumber]

Usul nih, klo yayasannya dah jadi, atau sebagai pemicu yayasan, ngadain kyk gini

Jadi artikel2 dah dipilihin untuk sekolah2. G ada lagi artikel2 "berbahaya". Walaupun hanya kira2 g sebanyak Wikipedia aslinya, tapi udah enak dibaca.

Keren juga ya, ada Wikipedia dan proyek turunannya. Di proyek turunan itu udah g bisa diedit lagi. Gw baru download nih, masih mo lihat2 :) ---N/A(bicara) 13:05, 11 Juli 2007 (UTC)

Sip. Berarti bisa mulai nerjemahinnya dari situ aja dan langsung di tag untuk sekolah dan gembok untuk anonim. Mulainya nanti ah abis ujian *grin*
Eh Nein, bikin halaman proyeknya yak, biar kita ngga nerjemahin satu artikel yang sama.

Serenity 00:50, 13 Juli 2007 (UTC)

Update[sunting sumber]

Lihat Wikimedia Indonesia untuk yang terbaru, apa tidak sebaiknya udah dimulai aja rencana pembentukannya... Aku rasa sih diskusi sudah dimulai di sini.. gimana???? aday(ngobrol) 10:00, 12 Juli 2007 (UTC)

Daftar pendukung inisiatif, ya? Seperti di Wikimedia UK. Sebenarnya masih nunggu komentar Bung IvanLanin, tapi untuk sementara OK ikutan isi daftar dulu deh. Naval Scene 01:25, 13 Juli 2007 (UTC)

Beberapa pertanyaan untuk dijawab[sunting sumber]

Sorry dorry gw malas kalau bikin panjang lebar di warung kopi : http://www.geocities.com/hariadhi/wikimeet.htm . (link yang sama juga gw bikin di halaman Kopi darat).Hariadhi - Ngobrol 10:37, 3 Agustus 2007 (UTC)

Aturan penggunaan logo wikimedia (termasuk untuk chapter)[sunting sumber]

Wikimedia visual identity guidelines. Berarti salah satu pertanyaan gw udah kejawab. Logo local chapter harus ikut wikimedia found.Hariadhi - Ngobrol 17:41, 14 Agustus 2007 (UTC)

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ rendabel (bahasa Indonesia): economically sound

Perlu adanya penambahan[sunting sumber]

biar lebih lengkap Panicest (bicara) 08:09, 11 Maret 2009 (UTC)

en.wiki ditulis lengkap Saurdi (bicara) 12:21, 11 Maret 2009 (UTC)

Pindahkan ke ruang nama artikel?[sunting sumber]

Saya pikir artikel ini sudah layak dipindahkan ke ruang nama utama, sebagaimana halnya organisasi-organisasi nirlaba Indonesia lainnya. Sebagai anggota pendiri, saya takut pendapat saya ini subjektif. Mohon pendapat dan tolong pindahkan bila memang sudah cukup memenuhi WP:ORG. Terima kasih. -- IvanLanin (bicara) 3 Mei 2012 18.41 (UTC)[balas]

Tambahan pranala[sunting sumber]

WMF: http://www.thejakartapost.com/news/2011/03/16/wikimedia-indonesia-receives-grant.html
Ford: http://www.fordfoundation.org/grants/grantdetails?grantid=116358
HOT OSM: http://hot.openstreetmap.org/updates/2012-10-25_hot_and_wikimedia_indonesia_join_forces
Making All Voices Count: http://www.makingallvoicescount.org/project/open-content-in-kalimantan-wikipedia-openstreetmap-for-transparency/
Uhuk: http://thejakartaglobe.beritasatu.com/archive/my-jakarta-siska-doviana-wikimedia-indonesia-executive-director/

Persiapan wikipedia indonesia[sunting sumber]

Pentingnya wikipedia di kembangkan agar para penkmat internet bisa menjalankannya dengan semakin rileks. Serta pengajuan untuk "wikipedia.org" kiranya usul bahasa makassar karena kebetulan saya suku makassar Cipto Dimas (bicara) 26 Desember 2019 14.16 (UTC)[balas]