Wikipedia:Aturan yang disederhanakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.
Informasi dasar Wikipedia
Selamat datang
Siapa penulis Wikipedia
Berkontribusi
Menyunting sebuah halaman
Artikel pertama Anda
Aturan yang disederhanakan
Pancapilar!
Hubungi kami
Tutorial
Markah wiki
Pengantar
Tanya jawab
Bantuan:Isi

Wikipedia adalah sebuah proses berkelanjutan, tanpa akhir. Apa yang Anda tulis akan terus ada selama berabad-abad. Bahkan penghapusan tetap terekam, sehingga apa pun yang Anda lakukan di sini akan tetap menjadi bagian dari Wikipedia selamanya. Tapi jangan khawatir! Selagi melakukan penyuntingan, ingatlah selalu akan hal-hal yang dijelaskan di bawah ini, dan Anda akan melakukan kontribusi yang efektif di proyek ini.

Sasaran utama Wikipedia adalah untuk menciptakan ensiklopedia yang berkualitas tinggi, dan rata-rata halaman merupakan artikel ensiklopedia. Namun demikian, karena belum ada struktur kebijakan resmi yang mengatur mengenai kualitas setiap artikel atau topik, komunitas Wikipedia telah mengembangkan sendiri aturan, prosedur, dan penilaian, yang keseluruhannya akan terus berevolusi. Beberapa dari penilaian di sini bersifat informal, dan Anda akan mempelajarinya dari mengamati, bertanya, ataupun diberitahu oleh penyunting lainnya. Beberapa lainnya bersifat formal (dan judul halaman tersebut didahului oleh "Wikipedia:", seperti halaman ini). Ada beberapa aturan Wikipedia yang bersifat sangat penting. Aturan-aturan ini kebanyakan adalah pengertian bersama yang menghormati bagaimana Wikipedia bekerja dan apa yang hendak dicapainya. Aturan-aturan ini akan membantu kita untuk menghindari atau menyelesaikan konflik mengenai isi artikel, dan juga akan memandu kita dalam usaha kita yang terus menerus untuk meningkatkan kualitas artikel.

Jika Anda mengikuti tindak-tanduk ini, Anda akan diperlakukan dengan baik dan hormat. Seiring dengan bertambahnya pengalaman, Anda akan mempelajari beberapa pedoman tambahan mengenai pemformatan, cara-cara mudah untuk melakukan segala sesuatu, dan sebagainya. Tapi jangan khawatir jika Anda tidak mengerti pada mulanya. Seseorang akan membantu memperbaiki suntingan Anda, dan, seiring berjalannya waktu, Anda akan mempelajari lebih lanjut seluk beluk mengenai bagaimana menjadi seorang ensiklopedis!

Tidak ada aturan yang terlalu keras, selain sekumpulan pedoman yang dapat Anda ikuti. Anda mungkin akan menemui pengguna yang tidak mengikuti pedoman-pedoman itu, tetapi mungkin masih dapat diterima menurut kebijakan Wikipedia. Pedoman "bersikap ramah" akan berlaku dalam situasi itu. Dalam banyak kasus, penyunting baru -yang diberi informasi dengan baik dan memiliki maksud baik- akan melakukan penyuntingan bersama dan mencari jalan bersama untuk meningkatkan kualitas suatu artikel.

Prinsip-prinsip dasar

Meskipun dalam teorinya semuanya bisa diubah, sampai pada titik ini komunitas telah meletakkan beberapa prinsip tertentu. Banyak pemikiran yang terlibat dan sepertinya tidak akan berubah di masa depan.

  1. Pancapilar: cita-cita fundamental dari komunitas Wikipedia terangkum menjadi lima cita-cita sederhana: Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia daring; bersudut pandang netral; kontennya bebas disunting, digunakan, dan didistribusikan oleh semua orang; semua Wikipediawan harus saling berinteraksi dengan sopan dan ramah; dan Wikipedia tidak memiliki aturan mengikat.
  2. Prinsip dasar: Yayasan Wikimedia, organisasi global yang mengawasi Wikipedia dan proyek lain serupa, didasarkan pada cita-cita bersama yang penting juga: netralitas adalah wajib; siapapun bisa menyunting (hampir) semua artikel tanpa mendaftar; kita membuat keputusan melalui "proses wiki" diskusi; kita ingin berkarya dalam lingkungan yang kolaboratif dan saling menerima; konten kita berlisensi bebas; dan kita menyediakan ruang bagi masalah-masalah rumit untuk diselesaikan oleh yang berwenang.
  3. Hak cipta: Wikipedia menggunakan lisensi terbuka di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa dan Lisensi Dokumen Bebas GNU. Konten di Wikipedia dapat digunakan dan diturunkan secara bebas, dengan syarat memberikan atribusi; bahkan dapat dimodifikasi untuk tujuan profit, selama pengguna di masa depan memberikan lisensi yang sama dan memberikan atribusi. Kontribusi apapun oleh penyunting harus sesuai dengan lisensi Wikipedia dan tidak boleh melanggar hak cipta orang lain, kecuali di bawah situasi tertentu.
  4. Jangan terbebani aturan (JTA): aturan-aturan di Wikipedia tidaklah terukir di atas batu. The spirit of the rule trumps the letter of the rule (siratan hukum mengalahkan suratan hukum). Tujuan bersama membangun ensiklopedia mengalahkan semua aturan. Hal ini berarti bahwa semua aturan dapat dilanggar untuk alasan yang sangat baik, yaitu jika itu satu-satunya jalan membantu meningkatkan ensiklopedia ini. Namun, hal ini bukan berarti bahwa boleh berlaku seenaknya dengan alasan JTA.

Membuat dan menyunting arikel

  1. Sudut pandang netral: Menulislah dari sudut pandang netral. Sampaikanlah secara adil sebagaimana sumber mengatakannya. Semua artikel harus dibuat berimbang untuk menyampaikan pengaruh dari berbagai sudut pandang terhadap suatu bahasan. Beberapa pandangan mungkin mendapat perhatian lebih daripada pandangan yang lain, tergantung dari perhatian terhadap artikel dari sumber-sumber tepercaya. Wikipedia tidak memiliki "opini"-nya sendiri; dia hanya merangkum dari sumber tepercaya.
  2. Pemastian: Isi dari setiap artikel harus pernah dipublikasikan oleh sumber yang tepercaya. Para editor yang menambahkan informasi baru kepada suatu artikel harus menyebutkan sumber yang tepercaya untuk informasi tersebut, bila tidak, informasi itu dapat dihapuskan oleh siapa pun. Menyebutkan sumber ini adalah menjadi kewajiban dari mereka yang menambahkan suatu informasi, bukan dari mereka yang kemudian menghapuskan informasi tersebut.
  3. Bukan riset asli: Artikel tidak boleh berisikan argumen, konsep, data, gagasan, pernyataan, atau teori-teori yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Lebih lanjut, artikel tidak boleh berisikan analisis atau sintesa yang baru dan belum dapat dibuktikan kebenarannya.
  4. Jangan ragu menyunting artikel! Silahkan saja, ini adalah sebuah wiki! Tidak ada kesalahan paling fatal yang dapat merusak Wikipedia, karena semua suntingan dapat dikembalikan. Ajak semua orang untuk menyunting artikel, termasuk mereka yang tidak setuju dengan Anda, agar jangan ragu! Jika Anda ternyata ragu dengan suntingan orang lain atau orang lain ragu dengan suntingan Anda, diskusikanlah di halaman pembicaraan.

Berbaur dengan penyunting lain

  1. Berlaku sopanlah kepada pengguna yang lain. Jika Anda menyampaikan kritik, komentar terhadap konten dan suntingan tertentu, jangan membuat penilaian buruk terhadap perseorangan.
  2. Asumsikan niat baik: Hendaklah berusaha mempertimbangkan orang yang berseberangan dengan Anda dalam diskusi sebagai orang yang rasional dan bijak yang berusaha berkontribusi positif untuk Wikipedia. Bahkan jika Anda yakin bahwa mereka menghina pilihan Anda secara samar-samar, pura-puralah menganggap mereka berkelakuan baik. Sembilan puluh persen kemungkinannya akan Anda temukan bahwa mereka memang berkelakuan baik (dan yang sepuluh persennya jika dibalas dengan perilaku negatif juga tidak akan membantu). Bersyukurlah. Berbesar hatilah dalam menerima segala masukan, berhati-hatilah dalam apa yang Anda lakukan. Berusahalah untuk mengakomodasi ciri khas orang lain sebisa mungkin, sambil berusaha sopan dan terus terang sebisa mungkin.
  3. Diskusikan perubahan kontroversial di halaman pembicaraan: Saling menghormati adalah prinsip perilaku yang menjadi pedoman di Wikipedia. Meskipun semua orang tahu bahwa kontribusinya dapat disunting oleh orang lain, jika suntingan itu dipahami alasannya akan mudah untuk menerimanya. Melakukan diskusi terhadap perubahan di halaman pembicaraan artikel sebelum melakukan perubahan dapat membantu meraih konsensus lebih cepat, khususnya pada bahasan yang kontroversial. Selalu ada waktu, jadi berusahalah menjelaskan perubahan yang Anda lakukan kepada penyunting lain dan jangan ragu untuk meminta orang lain melakukan hal serupa.

Perilaku yang aman

Pedoman-pedoman di bawah perilaku yang sopan adalah sekilas kumpulan peraturan mengenai keamanan. Ikuti pedoman-pedoman perilaku ini, dan Anda kemungkinan tidak akan mengalami masalah.

Ringkasan penyuntingan

Penjelasan yang jelas dan transparan akan sangat dihargai secara universal. Para pengguna lainnya perlu untuk mengerti apa yang Anda sumbangkan. Lebih lanjut, membuat ringkasan juga akan membantu Anda untuk mengerti apa yang Anda sendiri lakukan saat Anda kembali ke artikel tersebut setelah waktu yang lama. Nyatakan apa yang Anda ubah dan mengapa. Jika penjelasan itu akan terlalu panjang, nyatakanlah di halaman pembicaraan. Karena prinsip dasar Wikipedia mengizinkan siapapun untuk menyunting, maka banyak sekali perubahan yang perlu diamati. Ringkasan suntingan akan mempermudah pekerjaan ini.

Pastinya, jangan mengembalikan suntingan yang dilakukan dengan niat baik

Mengembalikan suntingan terkadang terlihat terlalu dipaksakan, dan oleh karenanya muncul kebijakan aturan tiga kali pengembalian. Jangan jatuh terhadap godaan untuk mengembalikan, kecuali Anda hendak mengembalikan vandalisme yang sangat terang-terangan (seperti "LALALALAL*&*@@THIS_SUX0RZsammygoo", atau ada yang mengubah "4+5=9" menjadi "4+5=30"). Jika Anda betul-betul tidak dapat menerima suatu suntingan, kembalikanlah sekali dengan ringkasan suntingan seperti "(rv) Saya sangat tidak setuju. Lihat penjelasan saya di halaman pembicaraan." dan segera tuliskan alasan ketidaksetujuan Anda di halaman pembicaraannya.

Tanda tangan

Selalu tanda tangani komentar/pendapat/pesan Anda di halaman pembicaraan, tapi jangan meletakkan tanda tangan di artikel utamanya. Cara menandatangani adalah dengan menggunakan ~~~~ yang akan secara otomatis menghasilkan nama pengguna Anda dan waktu penyimpanan.

Gunakan tombol Lihat pratayang

Hal ini akan mencegah terlalu banyaknya versi terdahulu sebuah halaman dan mempersulit mencari suatu riwayat.

Informasi lebih lanjut