Wikipedia:Tiga kali pengembalian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jika terjadi perang suntingan, penguna yang terlibat harus mencoba membahas masalah yang terjadi di halaman pembicaraan dan menyelesaikannya.

Tiga kali pengembalian (bahasa Inggris: three-revert rule) secara ringkas adalah kebijakan bahwa tidak boleh mengembalikan suatu halaman baik secara keseluruhan maupun sebagian lebih dari tiga kali dalam dua puluh empat (24) jam. Pelanggar dari kebijakan ini bisa dikenakan pemblokiran oleh pengurus.

Pengembalian, dalam konteks ini, adalah membatalkan suntingan pengguna lain baik secara keseluruhan maupun sebagian. Gunakanlah akal sehat, jangan menciptakan perang suntingan. Diskusikanlah masalah yang timbul dengan pengguna lain. Jika perselisihan tersebut tidak bisa diatasi dengan diskusi, suatu halaman akan dilindungi terhadap suntingan sampai ditemukan penyelesaian.

Tujuan kebijakan ini untuk menghentikan perang suntingan. Setiap halaman dalam Wikipedia adalah upaya kolaborasi bersama yang harus dibangun dengan niat baik dan etika dari tiap kontributor. Pengurus dapat mengenakan pemblokiran terhadap pengguna yang melakukan pelanggaran ini sebagai upaya preventif dan bukan hukuman.

Pengecualian[sunting sumber]

Suntingan-suntingan berikut ini bukan bagian dari perang suntingan, dan dikecualikan dari aturan tiga kali pengembalian:

  • Membatalkan suntingan sendiri.
  • Membatalkan penambahan konten yang jelas-jelas melanggar hak cipta, seperti gambar atau teks berhak cipta tanpa izin, atau konten yang tidak diragukan lagi melanggar kriteria isi nonbebas.
  • Membatalkan suntingan yang jelas-jelas vandalisme—semisal pengosongan halaman secara tidak sah atau penambahan konten tidak senonoh. Pengecualian ini hanya berlaku untuk vandalisme yang dianggap jelas oleh semua pengguna berniat baik. Menuduh pengguna lain melakukan vandalisme jika yang sebenarnya terjadi adalah perselisihan konten atau perang suntingan tidaklah termasuk ke dalam pengecualian ini.
  • Penghapusan konten lain yang jelas-jelas ilegal menurut undang-undang Amerika Serikat (lokasi peladen Wikipedia), seperti pornografi anak dan pranala ke perangkat lunak bajakan.
  • Menghapus materi kontroversial yang memfitnah, bias, tidak bersumber, atau bersumber buruk sesuai dengan kebijakan Wikipedia tentang biografi tokoh yang masih hidup (WP:BIO).

Lihat pula[sunting sumber]