Wikipedia:Kebijakan pemblokiran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pemblokiran adalah suatu istilah teknis yang membuat suatu akun, sebuah alamat/blok alamat IP, atau seseorang dicegah untuk melakukan penyuntingan Wikipedia. Bagi Pengurus dan Birokrat, beberapa kewenangan tambahan mereka juga akan terpengaruh oleh pemblokiran.

Pemblokiran sering digunakan untuk menangani vandalisme. Ada beberapa situasi lain dimana pemblokiran patut dilakukan, yang akan dijelaskan di bawah. Dalam semua kasus, pemblokiran lebih bersifat mencegah dan bukan menghukum, dan hanya dilakukan untuk menghindari kerusakan Wikipedia. Blokir umumnya efektif selama 24 jam, kecuali untuk beberapa kasus yang juga akan dijelaskan di bawah, dan biasanya akan dihapus jika kontributor tersebut setuju untuk menghentikan tindakan merusaknya.

Semua user dapat mengirimkan permintaan pemblokiran melalui Warung Kopi. Tindakan segera akan dilakukan jika bukti-bukti pelanggaran kebijakan bisa diberikan; tetapi, pengurus tidak diharuskan untuk menerapkan pemblokiran.

Yang bisa menyebabkan pemblokiran[sunting | sunting sumber]

Vandalisme
Lihat keterangan mengenai vandalisme.
Pembalikan yang berkepanjangan
Pengurus boleh melakukan pemblokiran pada pengguna yang melanggar aturan tiga pembalikan (three revert rule).
Serangan pribadi
Lihat pedoman mengenai penyerangan pribadi.
Pengiriman detil pribadi
Dilakukan terhadap pengguna yang mengirimkan detil pribadi pengguna lain tanpa persetujuan pengguna yang bersangkutan.
Perusakan
Pelanggaran hak cipta dan plagiarisme
Penggunaan nama pengguna
Lihat kebijakan nama pengguna.
Pencekalan

Dampak pemblokiran[sunting | sunting sumber]

Apabila seseorang diblokir, maka pada halaman pembicaraannya akan dibuat pesan seperti ini :


Apabila seseorang diblokir, maka ia tidak akan dapat membuat akun baru maupun menyunting halaman, selama masa ia diblok (hal ini tidak berlaku jika ia diblok dengan kadaluarsa Infinite/Selamanya).

Pemblokiran tak disengaja[sunting | sunting sumber]

Jika Anda tidak sengaja diblok dan jika Anda tidak melakukan tindakan terlarang, berbicaralah kepada para pengurus agar mereka membatalkan pemblokiran, melalui diskusi pengguna Anda. Sebab, halaman inilah yang biasanya hanya bisa diedit selama masa pemblokiran.

Yang tidak boleh diblokir[sunting | sunting sumber]

Prosedur pemblokiran[sunting | sunting sumber]

Peringatan[sunting | sunting sumber]

Setiap orang datang ke Wikipedia sebagai pemula. Karena itu kita berusaha untuk bersabar dengan mereka, dan berasumsi bahwa kebanyakan orang ingin mengembangkan proyek ini, bukan merusaknya. Kita juga memohon pendatang baru mempelajari Kebijakan dan Pedoman kami agar mereka dapat menghindari kesalahan.

Karena itu, sebelum memblokir seorang pengguna, harus diusahakan agar pengguna tersebut diberi tahu mengenai kebijakan dan pedoman kita, dan diperingati tentang perilaku mereka yang melanggar kebijakan tersebut. Peringatan bukanlah syarat untuk pemblokiran (terutama pemblokiran untuk perlindungan), tapi pengurus pada umumnya harus memastikan bahwa pengguna mengenal kebijakan-kebijakan Wikipedia, dan memberi mereka kesempatan untuk menyesuaikan diri sebelum memblokir mereka. Pengguna yang sudah diberitahu mengenai kebijakan dan diberi kesempatan tersebut tidak perlu diperingati lagi.

Lamanya pemblokiran[sunting | sunting sumber]

Gunanya pemblokiran adalah perlindungan, bukan hukuman. Lamanya pemblokiran harus berhubungan dengan kecenderungan pengguna tersebut mengulang perilakunya yang merusak. Pemblokiran dengan jangka waktu lama adalah untuk perusakan yang berulang dan untuk mengurangi beban kepengurusan.

Pemblokiran alamat IP dinamis biasanya lebih pendek daripada untuk alamat IP statis dalam kasus yang mirip, untuk menghindari efek samping orang lain yang menggunakan alamat IP tersebut.

Walaupun lamanya pemblokiran tergantung pada berbagai keadaan, ada beberapa standar:

  • perusakan biasanya mengakibatkan pemblokiran 24 jam, bila perusakan ini berulang maka jangka waktu pemblokiran akan lebih lama;
  • akun yang digunakan terutama untuk perusakan diblokir selamanya;
  • pemblokiran untuk perlindungan biasanya diterapkan selama perlu, kadang selamanya.

Alasan dan pemberitahuan[sunting | sunting sumber]

Pengurus harus memberi alasan yang jelas dan spesifik mengapa seorang pengguna diblokir. Alasan pemblokiran harus menghindari jargon atau istilah teknis agar pengguna dapat mengerti. Pengurus juga dapat melakukan hal ini dengan meninggalkan pesan di halaman pembicaraan pengguna tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]