Wikipedia:Permintaan perhatian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Papan permintaan perhatian di Wikipedia adalah halaman administrasi tempat para penyunting dapat mengajukan pertanyaan serta bantuan kepada orang-orang yang lebih paham dengan kebijakan dan pedoman yang dicakup. Permintaan perhatian berguna untuk permasalahan tertentu yang membutuhkan orang yang berpengalaman dalam mengelola dan menulis artikel Wikipedia. Mengirim pesan ke papan permintaan perhatian dapat digunakan untuk menyelesaikan perselisihan, serta dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah sederhana dan mendesak. Untuk persoalan kompleks, Anda dapat menggunakan Wikipedia:Permohonan pendapat.

Permintaan perhatian bukan tempat untuk mengubah kebijakan yang ada. Alih-alih, saran yang diberikan atau perubahan kebijakan diharapkan dibicarakan langsung di halaman pembicaraannya. Papan permintaan perhatian juga bukanlah tempat yang baik untuk merekrut orang lain. Jika Anda ingin kolaborasi dengan pengguna lain, coba ajak mereka untuk bergabung di Proyek-ProyekWiki terkait.

Mau tanya jawab seputar Wikipedia secara umum, baca Wikipedia:Tanya jawab. Pendatang baru sangat diharapkan untuk membaca Wikipedia:Berkontribusi. Jika Anda ingin umpan balik terhadap artikel yang Anda rencanakan, coba Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan) atau Wikipedia:Warung Kopi/Meja bantuan.

Pertanyaan terhadap subjek ensiklopedis silakan buka Wikipedia:Meja referensi.

Saran agar diterima[sunting sumber]

Mengirim pesan ke papan permintaan perhatian tidak selalu bisa direspon dengan cepat. Biasanya para pengguna yang berpengalaman cenderung menanggapi pertanyaan langsung dari orang lain yang ramah dan produktif. Jika Anda ingin meningkatkan peluang menerima tanggapan yang bisa direspon cepat, coba ini:

  • Sampaikan pesan dengan singkat, padat, dan jelas. Paksaan atau monolog yang panjang biasanya diabaikan. Tunjukkan pranala artikel serta perubahannya. Sampaikan pertanyaan spesifik ke pokok bahasan, contohnya, "Bolehkah sumber ini bisa saya pakai?" "Pranala luar ini bisa diterima nggak?" "Mohon diblok karena sering vandal di halaman A." Biasanya setiap papan diskusi memiliki format yang khas, silakan baca dan ikuti sesuai kemampuan.
  • Bersikap sopan. Sarkasme, penghinaan, dan sinisme, itu harus dihindari. Kalau diskusi Anda memanas atau Anda merasa frustrasi, usahakan menyampaikan pertanyaan secara dingin, tidak membuat stres, tetapi profesional. Jika ia tidak setuju dengan Anda, jangan beradu pendapat dengannya — tetapi, koreksi diri Anda sendiri apa yang salah dari Anda atau ajukan klarifikasi.
  • Tanda tangani halaman pembicaraan dengan empat tilda "~~~~". Hal ini akan memudahkan pengarsipan pesan-pesan lama.
  • Pantau halaman. Siapa tahu jika nanti ia membalas pesan Anda, Anda sudah tahu.

Merespons permintaan perhatian[sunting sumber]

Penulis yang sudah berpengalaman dengan kebijakan, pedoman, dan prosedur, diharapkan dapat menjawab permintaan perhatian tersebut. Jawaban harus singkat, padat, dan jelas, sehingga menarik perhatian penulis yang mengirimkan pertanyaan. Bahkan pertanyaan tersebut Banyak pertanyaan yang bisa ditanggapi oleh berbagai penulis.

Daftar permintaan perhatian[sunting sumber]

Permintaan perhatian pengurus[sunting sumber]

Birokrat dan OTRS[sunting sumber]

Asistensi pengurus yang lain[sunting sumber]

Penggabungan, pemindahan, dan pemisahan artikel[sunting sumber]

Masalah konten[sunting sumber]

Hak cipta dan spam[sunting sumber]

Sanksi[sunting sumber]

Asistensi lainnya[sunting sumber]

Dukungan yang lain[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]