Wikipedia:Proksi terbuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Halaman ini menjelaskan informasi tentang penggunaan proksi terbuka untuk membaca dan menyunting Wikipedia bahasa Indonesia.

Kebijakan

Proksi terbuka]], termasuk Tor, dapat diblokir dari akses penyuntingan kapan saja selama waktu tertentu. Karena tindakan ini dapat berdampak pada pengguna tepercaya, tindakan pemblokiran tidak dilakukan pada sasaran tertentu dan mungkin dapat menggunakan proksi tersebut hingga diblokir. Membaca Wikipedia melalui proksi terbuka atau anonim tidak dibatasi.

Proksi dibiarkan terbuka karena konfigurasi yang sengaja maupun tidak atau karena peretas telah mengubah konfigurasi proksi tersebut. Alamat IP tak statis atau hos yang bukan merupakan proksi permanen pada umumnya harus diblokir selama periode waktu yang singkat, karena alamat IP yang digunakannya bersifat dinamis, atau proksi terbuka itu telah ditutup. Setelah ditutup, pemblokiran alamat IP tersebut harus dicabut.

Untuk menjaga keamanan Wikipedia, pengurus yang meninjau pemblokiran yang melibatkan proksi terbuka tidak boleh membuka blokir alamat IP atau rentang yang dimaksud kecuali mereka yakin bahwa tidak ada lagi proksi terbuka yang berfungsi di lokasi tersebut.

Dasar

Meskipun Wikipedia mendorong siapa pun di dunia ini untuk berkontribusi di dalamnya, proksi terbuka kadang kala digunakan secara tidak baik. MediaWiki, perangkat lunak wiki yang mendukung Wikipedia, bergantung pada alamat IP untuk intervensi oleh pengurus terhadap penyalahgunaan, terutama oleh pengguna yang tidak terdaftar. Proksi terbuka memungkinkan pengguna jahat mengubah alamat IP dengan cepat, menyebabkan gangguan berkelanjutan yang tidak dapat dihentikan oleh pengurus. Beberapa serangan semacam itu telah terjadi pada proyek-proyek Wikimedia, menyebabkan gangguan dan menyebabkan bertambahnya tugas pengurus yang harus berurusan dengan masalah tersebut.

Kebijakan ini diketahui menyebabkan kesulitan bagi beberapa pengguna, yang harus menggunakan proksi terbuka untuk menghindari sensor di tempat mereka tinggal. Misalnya, editor di negara-negara di mana Wikipedia disensor, seperti Tiongkok, harus mendaftar pada akses gratis ke proksi khusus. Selain itu, dengan adanya akses pengecualian blokir IP, editor, seperti yang di Tiongkok, yang membutuhkan dapat diberikan kebebaskan untuk mengedit dari alamat IP yang diblokir.

Pemeriksa pengguna

Ketika Pemeriksa mendeteksi bahwa sebuah akun menggunakan proksi terbuka, informasi ini dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika mengevaluasi kecurigaan penyalahgunaan akun atau pelanggaran penyuntingan lainnya. Jika ada kesan bahwa akun tersebut menggunakan proksi terbuka untuk menghindari pemblokiran atau menghindari kebijakan di Wikipedia, akun tersebut dapat diblokir.

Lihat pula