Proksi terbuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Proksi terbuka atau wewali terbuka (bahasa Inggris: open proxy) adalah sebuah peladen wewali yang dapat diakses oleh siapapun lewat internet. Umumnya sebuah peladen wewali melayani pengguna dalam suatu jaringan tertutup dengan melewatkan layanan data seperti DNS atau halaman web untuk mengurangi dan mengendalikan lebar pita yang digunakan. Dengan wewali terbuka, pengguna mana pun di internet dapat menggunakan layanan ini.

Diagram peladen wewali yang terhubung dengan Internet.
Sebuah proksi terbuka yang meneruskan permintaan dari dan ke mana saja di Internet.

Keuntungan[sunting | sunting sumber]

Proksi terbuka anonim berguna bagi orang yang mencari anonimitas dan privasi daring karena dapat membantu pengguna menyembunyikan alamat IP-nya dari peladen web karena permintaan peladen tampak berasal dari peladen wewali. Proksi terbuka menjadikan pengungkapan identitas pengguna lebih sulit sehingga membantu menjaga keamanan yang mereka rasakan saat menjelajah web atau menggunakan layanan internet lainnya. Anonimitas sesungguhnya dan keamanan internet yang luas mungkin tidak dapat dicapai hanya dengan langkah ini karena operator situs web dapat menggunakan skrip sisi klien untuk menentukan alamat IP asli dari penjelajah web dan proksi terbuka mungkin menyimpan catatan semua koneksi.

Sebagian besar VPN publik bekerja melalui proksi terbuka.

Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Pembacaan audio m:Project:No open proxies, sebuah kebijakan Wikimedia Foundation, versi 7 April 2007.

Komputer dapat berjalan sebagai peladen proksi terbuka tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Ini dapat terjadi akibat kesalahan konfigurasi perangkat lunak proksi yang berjalan di komputer, atau dari infeksi perangkat perusak (virus, trojan, atau cacing) yang dirancang untuk tujuan ini.[1] Jika disebabkan oleh perangkat perusak, komputer yang terinfeksi dikenal sebagai komputer zombi.

Menguji akses dari proksi terbuka[sunting | sunting sumber]

Karena proksi terbuka sering disalahgunakan, sejumlah metode telah dikembangkan untuk mendeteksinya dan menolak layanan kepadanya. Jaringan IRC dengan kebijakan penggunaan yang ketat secara otomatis menguji sistem klien untuk jenis proksi terbuka yang dikenal.[2] Demikian juga, peladen surel dapat dikonfigurasi untuk secara otomatis menguji pengirim surat untuk proksi terbuka, menggunakan perangkat lunak seperti proxycheck.[3]

Grup-grup IRC dan operator surat elektronik menjalankan DNSBL yang menerbitkan daftar dari alamat IP dari proksi terbuka yang dikenal, seperti AHBL, CBL, NJABL (hingga 2013), dan SORBS (sejak 2002).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Accidental spamming, zombies and spoofing". Australian Communications and Media Authority. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-25. Diakses tanggal 2015-12-08. 
  2. ^ "Blitzed Open Proxy Monitor". Blitzed.org. 2011-08-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 15, 2014. Diakses tanggal June 21, 2014. 
  3. ^ "proxycheck: Open Proxy checker". Corpit.ru. Diakses tanggal 2011-11-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]