Wikipedia:Pengembali revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Wikipedia: "Rollback".
Gtk-redo-ltr.svg WP:ROLL
Rollbacker
Contoh perbedaan yang ditunjukkan antara fitur “Twinkle” (baris yang teratas) dan
fitur “Rollback” (baris yang ketiga).

Fitur rollback (pengembalian) adalah bagian dari perangkat lunak MediaWiki yang menjalankan Wikipedia. Fitur ini memungkinkan suntingan terakhir terhadap halaman tertentu untuk dibalikkan hanya dengan satu klik. Pada Wikipedia, pengembalian digunakan untuk membatalkan suntingan bermasalah seperti vandalisme.

Seorang pengembali revisi (pengguna yang memiliki hak pengembalian) dapat menemukan pralana pengembalian di samping revisi terkait pada daftar pantauan, riwayat dan pada beberapa tempat lain. Klik tunggal pada pranala ini membalikkan suntingan yang bersangkutan dan suntingan-suntingan sebelumnya yang dilakukan oleh pengguna yang sama.

Pada Wikipedia bahasa Indonesia fitur pengembali ini pada awalnya hanya tersedia bagi pengurus dan birokrat, namun mulai 17 Januari 2012 hak ini juga dapat diberikan oleh pengurus kepada pengguna non-pengurus yang telah memenuhi syarat.

Pengembalian hanya boleh digunakan pada situasi tertentu. Penyunting yang menyalahgunakan fitur ini, (misalnya dengan menggunakannya untuk mengembalikan suntingan bermaksud baik, dengan ringkasan suntingan yang cukup menjelaskan) dapat dicabut hak pengembalinya.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Pengguna dengan hak rollback memiliki pranala tambahan "kembalikan" di samping revisi pada halaman perubahan terbaru, riwayat, kontribusi pengguna, dan daftar pantauan.

  • 21:49, 2 September 2010 (skr | sebelum) Wikipedia:Rollback (ini adalah contoh) [kembalikan]

Mengklik salah satu pranala ini memulihkan halaman ke revisi terakhir yang tidak dibuat oleh penyunting revisi. Ini muncul pada riwayat halaman dengan ringkasan generik yang terlihat seperti ini:

  k Pengembalian suntingan oleh Pengguna A (bicara) dikembalikan ke versi terakhir oleh Pengguna B.

Pranala ke riwayat kontribusi pengguna yang dikembalikan juga diberikan, sehingga seorang "pengembali revisi" (bahasa Inggris: rollback) dapat memeriksa perubahan-perubahan revisi dengan mudah untuk suntingan lebih lanjut yang bermasalah.

Catatan
  • Pranala rollback hanya muncul di samping versi terakhir dari sebuah halaman.
  • Bila halaman tersebut disunting lagi sebelum pengembali revisi sempat mengklik pranala rollback, maka ia akan mendapatkan pesan kesalahan.
  • Pengembali revisi tidak dapat memilih revisi yang akan dikembalikan. Versi yang dipulihkan/dikembalikan adalah versi yang tidak dibuat oleh penyunting revisi terakhir. Versi ini juga mungkin bermasalah, jadi harus berhati-hati dan memeriksanya dengan teliti.
  • Bila ada beberapa suntingan berturut-turut ke suatu halaman oleh penyunting yang sama, semuanya akan dibalikkan. Bila hendak membatalkan sebagian saja, pengembali revisi harus membalikkan perubahan tersebut secara manual.
  • Pengembalian tidak dapat dilakukan pada halaman yang hanya disunting oleh satu orang.
  • Pengembalian langsung dilakukan, dalam artian tidak ada konfirmasi atau pratinjauan terlebih dahulu. Namun pengembali revisi dapat melihat perubahan yang baru dilakukannya.
  • Rollback selalu ditandai sebagai suntingan kecil.

Kelebihan dan kekurangan[sunting | sunting sumber]

Kelebihan tombol "kembalikan" (dibanding tombol "batalkan") -- lebih cepat, lebih baik
  • Sangat berguna untuk mengembalikan suntingan yang jelas-jelas vandalisme, baik dilihat dari Perubahan Terbaru, Versi Terdahulu, maupun Daftar Pantauan pribadi, karena tidak diharuskan terlebih dahulu menampilkan perbedaan suntingan maupun menyimpan perubahan melalui halaman penyuntingan.
    Misalnya dari pengguna yang diketahui merupakan vandal, dari suntingan yang menghilangkan sebagian besar/mengosongkan halaman, dari nama pengguna yang ofensif, dari ringkasan penyuntingan yang jelas-jelas menunjukkan niat memvandal, dan lain-lain.
  • Sangat berguna untuk mengembalikan beberapa suntingan oleh pengguna yang sama sekaligus.
    Bandingkan dengan tombol "batalkan" yang hanya bisa membatalkan satu suntingan, sehingga terkadang jika ingin mengembalikan beberapa suntingan sekaligus harus membatalkan beberapa kali, atau menyunting dan menyimpan sebuah versi terdahulu.
  • Sangat berguna untuk mengembalikan suntingan percobaan di halaman-halaman yang tidak seharusnya disunting pengguna anonim maupun pengguna baru (halaman arsip, halaman semi-perlindungan di ruang nama proyek (seperti Wikipedia:Pengantar), halaman bak pasir, dan halaman-halaman lain dengan lalu lintas tinggi yang sering menjadi "bak pasir" percobaan penyuntingan).

Selain itu seorang pengembali revisi juga setingkat lebih familier dengan fitur-fitur yang dimiliki pengurus, sehingga ketika suatu saat terpilih menjadi pengurus dapat dengan lebih cepat beradaptasi dengan peralatan-peralatan yang dimiliki pengurus.

Kekurangan -- terlalu cepat, tidak selalu akurat
  • Pengembalian suntingan (terkadang) tidak melalui tahap perbandingan suntingan sehingga bisa jadi yang dikembalikan adalah sebuah suntingan yang sebenarnya baik, dan tidak ada kesempatan menuliskan komentar/ringkasan suntingan pengembalian sehingga terkadang tindakannya tidak terkomunikasikan dengan benar. Hal ini tergolong false positive yang kemungkinan terburuknya dapat menyulut perang suntingan.
    Contoh kasus:
    Pengembali A mengembalikan suntingan X berdasarkan perubahan besar yang dilakukan (mis. -10.000 bita) tanpa mengecek terlebih dahulu suntingan X, padahal suntingannya baik (mis. menghapus terjemahan mesin), tapi X lupa menulis ringkasan suntingan. X (yang juga seorang pengembali) tidak terima dan mengembalikan suntingan A. A serta-merta mengembalikan X, dan terjadilah perang suntingan. X mengembalikan lagi suntingan A, dan pengurus B, yang memantau lewat Perubahan terbaru, segera memblokir X karena 3 kali pengembalian. (NB: tidak dihitung dengan benar). X akhirnya memutuskan berhenti dari Wikipedia karena "pengurus yang tidak kompeten" dan merasa kontribusinya tidak dihargai.
    Saran:
    1.) Untuk A dan B, cek dulu suntingannya X. Sedangkan untuk X, jangan lupa mengisi ringkasan suntingan untuk perubahan besar,
    2.) Untuk A dan X, bicarakan lewat halaman pembicaraan artikel maupun halaman pembicaraan pengguna, apalagi antara sesama pengembali;
         komunikasi yang dibangun dengan baik adalah kuncinya, dan
    3.) Untuk B, jangan memblokir tanpa kesempatan membela diri, baik penyunting baru (jangan digigit), maupun penyunting lama (asumsikan niat baik).
  • Pengembalian beberapa suntingan sekaligus terkadang dilakukan secara tidak sengaja, sehingga suntingan yang baik oleh pengguna yang sama terkadang juga ikut dibatalkan.
    (Apabila ada keraguan) Hal ini hanya bisa diakali dengan memeriksa/membandingan satu per satu suntingan dari penyunting terakhir, jangan sampai suntingan yang baik juga ikut dibatalkan.
    Saran untuk pengurus, pengguna yang suntingan baiknya ikut dibatalkan, apalagi jika pengguna tersebut masih baru, maka yang bersangkutan akan merasa tidak senang disebabkan suntingannya dibatalkan (karena ketidak-sengajaan/keterbatasan oleh masalah teknis ini). Oleh sebab itu, pertimbangkan buat meluangkan waktu untuk membimbing pengguna yang masih baru, menggunakan asumsi niat baik, dan memeriksa satu per satu suntingannya. Pertimbangkan juga untuk meninggalkan pesan di halaman pembicaraannya tentang pengembalian yang telah dilakukan.
  • Pengembali revisi merasa telah membatalkan sebuah vandalisme, padahal vandalisme dilakukan oleh lebih dari satu penyunting terakhir, sehingga vandalisme dari pengguna kedua terakhir (dan seterusnya) masih tertinggal.
    Hal ini dikarenakan setelah mengembalikan artikel, hanya menampilkan halaman hasil tindakan (suntingan berhasil dikembalikan, atau suntingan tidak berhasil dikembalikan), dan tidak secara otomatis menampilkan halaman itu kembali. Catatan: Per 14 Mei, perbandingan pengembalian telah otomatis ditampilkan.
    Saran untuk seorang pengembali revisi, selalu periksa kembali halaman yang telah dikembalikan, apakah isinya sudah baik atau belum. Hati-hati pula jika di halaman versi terdahulu terdapat lebih dari satu penyunting anonim terakhir.

Kapan menggunakan rollback?[sunting | sunting sumber]

Rollback standar adalah cara cepat untuk membatalkan suntingan bermasalah, namun cara ini memliki kerugian. Saat menggunakan rollback hanya ringkasan suntingan standar yang ditampilkan, tanpa penjelasan alasan perubahan. Karena itu, rollback tidak cocok digunakan pada situasi saat terdapat adanya ringkasan suntingan yang menjelaskan apa yang telah dilakukan oleh penyunting revisi terakhir. Fitur ini boleh digunakan saat:

  • mengembalikan vandalisme terang-terangan dan suntingan lain dengan alasan yang benar-benar jelas.
  • mengembalikan suntingan vandalisme pada ruang nama pribadi.
  • mengembalikan suntingan yang dilakukan oleh pengembali revisi sendiri (misalnya suntingan yang tidak sengaja dibuat oleh pengembali revisi).
  • mengembalikan suntingan oleh pengguna yang tidak diperbolehkan menyunting (namun bersiap-siaplah seorang pengembali revisi menjelaskan penggunaan untuk alasan ini bila ditanya oleh yang bersangkutan ataupun oleh pengurus).
  • mengembalikan suntingan meluas (oleh kontributor atau bot bermasalah) yang dinilai tidak membantu perkembangan Wikipedia, dengan catatan harus ada penjelasan pada tempat yang sesuai, misalnya pada halaman pembicaraan artikel tersebut.

Penggunaan fitur rollback ini untuk hal-hal lain, seperti membalikkan perubahan yang berniat baik dan kebetulan tidak disetujui oleh pengembali revisi, dapat dianggap sebagai penyalahgunaan fungsi alat ini. Bila ragu-ragu, gunakan cara pengembalian secara manual dan berikan ringkasan suntingan guna menjelaskan alasan dilakukannya pengembalian tersebut.

Seperti pada cara pengembalian secara manual, ketika menggunakan fitur rollback untuk memulihkan/mengembalikan tulisan dalam suatu halaman, pastikan tulisan tersebut tidak melanggar kebijakan resmi Wikipedia.

Seorang pengurus yang terus-menerus menyalahgunakan fitur rollback ini, dapat dianggap sebagai penyalahgunaan wewenang. Sedangkan seorang pengembali revisi yang non-pengurus yang menyalahgunakan alat ini juga dapat dicabut haknya oleh pengurus, dan tentunya setelah diberikan kesempatan untuk membela diri, menjelaskan perbuatannya yang menyalahgunakan fitur rollback tersebut.

Pemberian dan pencabutan hak pengembali revisi[sunting | sunting sumber]

Pengguna berstatus editor dapat meminta hak rollback pada halaman Permohonan hak pengembali revisi. Hanya pengguna berstatus editor yang terkonfirmasi yang dapat diberikan hak rollback. Namun pengurus juga dapat memberikan hak rollback kepada pengguna berstatus editor yang memenuhi syarat tanpa diminta, dengan memberikan alasan di tempat yang sesuai, misalnya di halaman pembicaraan pengguna tersebut. Bila hak rollback ini dikemudian hari disalahgunakan, maka hak tersebut dapat dicabut oleh pengurus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]