Wikipedia:Menggunakan kembali isi Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Banyak orang yang menggunakan kembali Wikipedia. Jika Anda ingin menggunakan teks Wikipedia di buku/artikel/situs web Anda sendiri atau publikasi lain, dipersilakan, tetapi Anda wajib mematuhi salah satu lisensi teks Wikipedia yang digunakan. Banyak berkas media di Wikipedia juga dapat digunakan kembali. Berkas yang diunggah di Wikipedia memiliki lisensi yang harus diverifikasi, dan penggunaan kembali berkas tersebut harus sesuai dengan lisensinya

Kami selaku Wikimedia Foundation dan sukarelawan tidak memberikan nasihat hukum. Wikipedia tunduk pada peraturan perundang-undangan Amerika Serikat; dan penggunaan kembali di luar Amerika Serikat harus mematuhi kebijakan di negara domisili pengguna ulang masing-masing. Penggunaan kembali materi Wikipedia sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna kembali. Meski peraturan ini membahas khusus di hak cipta, hukum lain seperti hak perorangan, hak moral, dan hak pribadi, tidak ada hubungannya dengan hak cipta dan dapat berbeda menurut yurisdiksi. Apabila Anda ingin menanyakan hal ini lebih lanjut, hubungi advokat/konsultan hukum yang sudah memiliki izin praktik.

Teks[sunting sumber]

Teks Wikipedia dilisensikan dengan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons (CC-BY-SA); kecuali dinyatakan lain, juga Lisensi Dokumentasi Bebas GNU. Ketentuan penggunaan yang berlaku global ini mengisyaratkan cara memberikan atribusi untuk isi teks Wikimedia saat digunakan dengan lisensi CC-BY-SA. GFDL memiliki ketentuan berbeda, yang ditetapkan sesuai teks lisensinya. Teks versi berbahasa Inggrisnya adalah satu-satunya dokumen berkekuatan hukum mengikat; berikut ini adalah interpretasi kami terkait penggunaan kembali.

Menggunakan kembali isi artikel dengan CC BY-SA[sunting sumber]

Atribusi
Untuk mendistribusikan kembali teks dalam berbagai bentuk, berikan kredit kepada penulis dengan menyertakan a) pranala (jika bisa) atau URL ke halaman yang ingin Anda gunakan kembali, b) pranala (jika bisa) atau URL ke salinan daring versi stabil yang dapat diakses secara bebas, sesuai dengan lisensi, juga memberikan kredit kepada penulis dengan cara yang setara dengan kredit kepada situs web ini, atau c) daftar penulis. (Terkadang ini disaring untuk kontribusi yang sedikit/suntingan kecil) Hal ini berlaku untuk teks yang dikembangkan oleh komunitas Wikipedia. Teks dari sumber luar dapat memberikan persyaratan atribusi tambahan, yang harus ditunjukkan di artikel atau halaman pembicaraannya. Misalnya, ada halaman yang menambahkan spanduk atau anotasi yang menunjukkan bahwa isi tersebut mulanya diterbitkan di tempat lain. Jika anotasi semacam itu ada pada halaman, umumnya anotasi ini harus dipertahankan oleh pengguna ulang.
Berbagi serupa
Teks hasil modifikasi, transformasi, atau penambahan dari suatu teks mentah harus dilisensikan di bawah CC BY-SA 3.0 atau yang lebih baru.
Tunjukkan perubahan
Teks hasil modifikasi, transformasi, atau penambahan dari suatu teks mentah harus ditunjukkan secara wajar bahwa teks asli sudah dimodifikasi. Jika Anda menggunakan kembali halaman di wiki, menunjukkannya di riwayat halaman sudah cukup.
Pernyataan lisensi
Salinan atau modifikasi teks harus memiliki teks pernyataan lisensi bahwa teks tersebut dilisensikan di bawah CC-BY-SA dengan menggunakan a) pranala atau URL ke teks lisensi atau b) salinan lisensi. URL yang sesuai untuk kasus ini adalah: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/

Untuk informasi lebih lanjut, lihat ketentuan hukum Lisensi CC BY-SA .

Menggunakan kembali isi artikel dengan GFDL[sunting sumber]

Terkait kompatibilitas lisensi, halaman yang tidak menyertakan teks yang hanya tersedia di bawah CC-BY-SA atau lisensi yang kompatibel dengannya juga tersedia di bawah persyaratan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU . Untuk menentukannya, lihat bagian bawah halaman, riwayatnya, atau halaman pembicaraannya untuk atribusi isi berlisensi yang tidak kompatibel dengan GFDL. Teks yang diterbitkan sebelum 15 Juni 2009 di Wikipedia dirilis di bawah GFDL; Anda dapat menggunakan riwayat halaman untuk mengambil isi yang diterbitkan sebelum tanggal tersebut untuk memastikan kompatibilitasnya.

Jika Anda hanya ingin menggandakan artikel Wikipedia, Anda wajib mematuhi Bab 2 GFDL: Salinan Sama Persis.

Jika Anda memodifikasi atau menambahkan isi, ini memerlukan hal berikut:

  • materi Anda juga harus dilisensikan dengan GFDL
  • Anda harus mengakui pencipta asli teks (Bab 4B), dan
  • Anda harus menyediakan akses ke "salinan transparan" materi (Bab 4J). (Maksud dari "salinan transparan" adalah salah satu dari beberapa format yang tersedia dari kami, termasuk teks wiki, HTML, XML <i>dump</i>, dll.)

Anda dapat mampu memenuhi sebagian dari dua kewajiban terakhir dengan memberikan pranala yang langsung menuju artikel Wikipedia yang di-host di situs web ini. Anda harus memberikan akses ke salinan transparan teks baru. Namun ingat, Wikimedia Foundation tidak memberikan jaminan dalam mempertahankan informasi kepengarangan dan salinan transparan artikel. Oleh karena itu, Anda dianjurkan memberikan informasi kepengarangan ini dan salinan transparan dengan ciptaan turunan Anda.

Contoh pernyataan[sunting sumber]

Contoh pernyataan untuk artikel yang menggunakan artikel Wikipedia bahasa Inggris Metasyntactic variable di bawah CC BY-SA, dapat seperti berikut:

Artikel ini menggunakan bahan dari Wikipedia bahasa Inggris yang berjudul <a href="https://en.wikipedia.org/wiki/Metasyntactic_variable">"Metasyntactic_variable"</a>, yang digunakan kembali menurut ketentuan Lisensi <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/">Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons 3.0</a>.

("Metasyntactic variable" dan URL Wikipedia tentu harus diganti sesuai kondisi, dan Anda harus mengganti pranala https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/ untuk menunjuk ke salinan lokal teks CC-BY-SA-3.0 di peladen Anda.)

Anda juga dapat mendistribusikan salinan "Metasyntactic variable" bersama dengan salinan CC-BY-SA-3.0 (seperti yang dinyatakan pada teks) dan mencantumkan sekurang-kurangnya lima penulis (semua penulis jika kurang dari lima) pada halaman judulnya (di bagian atas dokumen). Alat Statistik Riwayat Halaman dapat membantu.

Bila Anda menggunakan kembali isi Wikipedia di wiki yang diberdayakan oleh MediaWiki, Anda boleh membuat pernyataan lisensi dalam bentuk templat. Keuntungannya, pemberitahuan tersebut mudah digunakan kembali di halaman yang berbeda. Contohnya, {{Atribusi idwp|Metasyntactic variable}}, untuk menghasilkan pernyataan semacam ini:

Artikel ini menggunakan materi dari artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang berjudul Metasyntactic variable, yang dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi (lihat penulisnya). Logo Wikipedia

Gambar dan media lain[sunting sumber]

Meski teks Wikipedia dilisensikan CC BY-SA dan/atau Lisensi Dokumentasi Bebas GNU dan gratis untuk tujuan apa pun asalkan ketentuan lisensinya terpenuhi, media lain seperti gambar dapat memiliki lisensi berbeda. Setiap berkas media memiliki halaman deskripsi berkas yang berisi informasi sumber dan lisensi. Mengekliknya akan mengarahkannya ke halaman informasi ini. Banyak berkas media itu bebas digunakan asalkan memenuhi persyaratan lisensi tersebut. Dari halaman informasinya, untuk mengunduh berkas bebas, klik resolusi di sebelah kanan "Ukuran asli". Pilih folder lokasi pengunduhan Anda. Rangkuman mengenai daftar lisensi yang diizinkan di Wikipedia dapat Anda lihat di WIkipedia:Tag hak cipta berkas. Untuk berkas Commons, informasi tambahan dapat ditemukan di Commons:Licensing. Baik Wikimedia Foundation atau pengunggah materi di situs Wikimedia tidak memberikan nasihat hukum. Menentukan lisensi dan ketentuan yang berlaku dalam rangka penggunaan kembali berkas menjadi tanggung jawab pengguna.

Halaman informasi berkas terkadang menyertakan kontak pemegang hak cipta. Jika ketentuan lisensi berkas tidak sesuai dengan rencana penggunaan kembali, silakan menghubungi pemegang hak cipta dari berkas media tersebut. Harap dinegosiasikan.

Materi nonbebas/penggunaan wajar dan/atau persyaratan khusus[sunting sumber]

Semua teks asli Wikipedia didistribusikan di bawah lisensi CC BY-SA dan/atau GFDL. Ada materi Wikipedia berupa kutipan teks, gambar, atau audio yang digunakan berdasarkan doktrin "penggunaan wajar" di bawah UUHC Amerika Serikat.

Kami lebih menyukai materi berlisensi bebas atau domain publik. Namun bila tidak ada materi berupa gambar/suara yang tersedia dengan lisensi bebas dan/atau domain publik saat ini, penggunaan wajar masih kami terima.

Untuk kasus ini, materi harus dianggap berasal dari sumber luar (pada halaman deskripsi berkas, atau riwayat halaman). Karena "penggunaan wajar" hanya boleh digunakan sesuai pemikiran, Anda harus mendeskripsikan alasan memasukkan materi nonbebas tersebut baik dalam komentar tersembunyi atau di halaman deskripsi berkas. Ingatlah bahwa penggunaan wajar di Wikipedia mungkin tak dianggap sebagai penggunaan wajar dalam konteks lain.

Contohnya, jika kami memasukkan suatu gambar di artikel mematuhi ketentuan penggunaan wajar, Anda harus memastikan bahwa penggunaan gambar tersebut di artikel juga memenuhi syarat penggunaan wajar (ini mungkin tidak terjadi, sebagai contoh, jika Anda menggunakan artikel Wikipedia untuk tujuan komersial yang diizinkan menurut lisensi kami; tetapi menurut doktrin penggunaan wajar, tidak diperbolehkan untuk dikomersialkan). Pengguna ulang materi Wikipedia di luar Amerika Serikat juga harus waspada bahwa di negaranya mungkin tidak memiliki atau bahkan melarang ketentuan penggunaan wajar. Hanya sebagian besar negara memiliki pengecualian khusus yang memberikan batasan terhadap suatu pelanggaran hak cipta. Di negara anggota Persemakmuran, ada konsep fair dealing. Negara yang menjadi penanda tangan Konvensi Bern memiliki pengecualian khusus untuk kasus-kasus tertentu secara sempit. Mengutip dari suatu karya tulis berhak cipta secara singkat itu diperbolehkan, asalkan sumbernya disebutkan dengan benar. Pengecualian lainnya bergantung pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Anda.

Wikipedia menggunakan teks-teks dengan lisensi yang kompatibel GFDL tetapi dapat memberikan persyaratan tambahan yang tidak diperlukan untuk teks Wikipedia asli (seperti termasuk bagian Invarian, Teks Sampul Muka, atau Teks Sampul Belakang). Saat menggunakan materi ini, Anda wajib memasukkan bagian-bagian yang tidak berubah tersebut secara secara langsung.

Kami berupaya untuk mengidentifikasi sumber dan lisensi dari semua media seperti teks, gambar atau suara yang digunakan dalam artikel kami. Namun kami tak menjamin berkas-berkas tersebut ditandai dengan benar: misalnya, jika ada halaman deskripsi berkas menyebut ciptaan tersebut masuk domain publik, Anda harus memeriksa apakah klaim tersebut benar dan putuskan apakah penggunaan atas gambar tersebut akan aman-aman saja menurut peraturan perundang-undangan. Wikipedia tunduk pada peraturan perundang-undangan Amerika Serikat; pengguna ulang di luar negara tersebut harus mengakui bahwa mereka juga tunduk pada peraturan perundang-undangan, yang hampir pasti berbeda. Gambar berlisensi GFDL atau salah satu Lisensi Creative Commons mungkin tidak bermasalah masalah, karena lisensi ini diformulasikan khusus dengan persyaratan yang tepat dan harmonis di seluruh dunia. Gambar domain publik mungkin harus dievaluasi ulang oleh pengguna ulang karena bergantung pada ketentuan masa berlaku pelindungan hak cipta menurut UUHC masing-masing. Tidak ada jaminan bahwa ciptaan tersebut domain publik di Amerika Serikat, otomatis domain publik juga di negara Anda.

Lihat pula[sunting sumber]