Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warung Kopi - diskusi kebijakan   kirim topik baru

Bagian kebijakan dari Warung Kopi ini digunakan untuk membicarakan mengenai kebijakan dan pedoman yang sudah diterapkan di Wikipedia; atau diskusi mengenai proposal-proposal yang baru diajukan.

Bacaan penting:

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Komunitas
Semua
Kembali ke atas

Kartographer coming soon to your wiki[sunting sumber]

Apologies for writing in English. It would be great if you could help translate this message.

Screenshot of a Kartographer map with multiple markers

Hello, the Kartographer extension, a feature for making interactive maps, works on most wikis – but it doesn’t work on this Wikipedia and eight others. (T138057) The reason is that Kartographer has not been able to handle different page revisions so far, so it doesn’t work on wikis that are using the FlaggedRevision extension for page stabilization.

It looks very promising that Wikimedia Deutschland’s Technical Wishes team can soon offer a solution for this problem and will be able to deploy Kartographer to your wiki within the next few weeks. You don’t need to take any action to get Kartographer, but you can prepare for the deployment by

  • creating templates that use the mapframe or maplink tag, if this is something your wiki wants. They could be based on examples like Template:Maplink from English Wikipedia.
  • translating the Kartographer documentation [1] [2] [3] to your language. We’re currently working on it. As soon as it's updated (within the next few days), you can start translating.
  • telling others about the feature!

Here’s our project page with more information, and the talk page where we’d love to hear any feedback. – Johanna Strodt (WMDE) (bicara) 13 April 2022 07.51 (UTC)Reply[balas]

Hello everyone! After some investigation, we realized that Indonesian is already using Kartographer. But I guess you'll be happy to learn that the planned deployment of our solution should fix the problems that exist with pages with "Pending changes". -- A good week to you all, Johanna Strodt (WMDE) (bicara) 2 Mei 2022 09.55 (UTC)Reply[balas]
Hello, a little update on this: It is expected that the issues with Kartographer and FlaggedRevisions will be solved on this wiki tomorrow, May 10, around 14:00 UTC. – Best, Johanna Strodt (WMDE) (bicara) 9 Mei 2022 13.30 (UTC)Reply[balas]

Penamaan kecamatan & desa di Indonesia[sunting sumber]

Halo. Saya mengusulkan agar penamaan kecamatan (atau yang setingkat) dan desa (atau yang setingkat) dapat distandarkan menggunakan satu sumber, entah Kemendagri (Kepmendagri 050-145 Tahun 2022[4]) atau Badan Pusat Statistik (merujuk pada data Kabupaten/Kota dalam angka). Saya sendiri condong menggunakan data Kemendagri yang sudah tersusun. Mohon pandangan juga para pengguna yang lain RaFaDa20631 (bicaraAdminwpo.png, Joseagush (bicara), FelixJL111 (bicara), dan Rachmat04 (bicaraAdminwpo.png Adminwpb.png. Salam. Medelam (bicara) 14 April 2022 09.07 (UTC)Reply[balas]

Izin memberikan pendapat yang cukup panjang, saya pada prinsipnya setuju pada standarisasi sumber data, namun yang ingin saya komentari adalah apabila terdapat perbedaan nama yang tertulis pada sumber dengan nama riil dari daerah tersebut (entah itu karena typo atau sebab lain), maka bagaimanakah kebijakan selanjutnya?
Dalam hal ini data yang saya kritisi adalah data Kemendagri yang mana saat ini digunakan sebagai acuan pada penamaan artikel di WBI. Saya menemukan sejumlah "kesalahan penulisan" nama-nama daerah di Sumut pada sumber tersebut. Berikut saya paparkan beberapa yang saya temui:
Pada data Kemendagri tertulis Pamatang Silima Huta (hal. 400), dimana kenyataannya penulisan yang benar adalah Pamatang Silimahuta (tidak ada spasi). Penulisan dengan spasi terasa sangat janggal dan aneh pada bahasa daerah setempat. Silakan cek Publikasi BPS Kab. Simalungun ini semuanya tertulis "Silimahuta" atau cek foto-foto kantor kepala desa di artikelnya masing-masing, dimana nama kecamatan juga tidak ada yang menggunakan spasi. Juga nama kecamatan induk sebelum dimekarkan yaitu Silimakuta juga tidak ada spasi, meskipun terdapat perbedaan 1 huruf (k menjadi h) karena alasan perbedaan dialek.
Pada data Kemendagri tertulis Purba Tua (hal. 285), dimana kenyataannya penulisan yang benar adalah Purbatua (tidak ada spasi). Kesalahan ini sama seperti contoh sebelumnya, dimana inti dari permasalahan adalah penggunaan spasi yang pada umumnya jarang digunakan oleh orang Batak sebagai penduduk lokal daerah tersebut. Bahasa Batak sangat lazim menggabungkan kata pada nama daerah, marga, dll, contoh: Lumbantobing, Rajagukguk, Pematangsiantar, Turiturian, Ombusombus, dll. Pada Publikasi BPS Kab. Tapanuli Utara ini juga semua tertulis "Purbatua" dan penulisan pada Kantor Kecamatan (foto dalam artikel) juga tertulis "Purbatua".
Dua contoh ini mewakili nama daerah lainnya yang tidak saya sebut satu-per-satu yang menggunakan spasi, yang mana secara riil tidak digunakan.
Pada data Kemendagri tertulis Siborong-Borong (hal. 285) dan Sitio-tio (hal. 481) dimana kenyataannya penulisan yang benar adalah Siborongborong dan Sitiotio (tidak menggunakan tanda hubung (-)). Inti dari permasalahan juga adalah praktek bahasa setempat, dimana Bahasa Batak (secara khusus Batak Toba) sangat jarang menggunakan tanda hubung pada penulisan kata berulang, pada tahun 2014 saya sudah pernah menjelaskan hal ini di Halaman pembicaraan artikel Sitiotio sebagai justifikasi pemindahan artikel. Boleh di cek di Publikasi BPS Kab. Tapanuli Utara ini dan Publikasi BPS Kab. Samosir ini tidak ada yang menggunakan tanda hubung pada kedua kecamatan tersebut. Argumen saya ini semakin dikuatkan oleh tulisan Siborongborong yang terpampang besar dan tinggi di tengah kota Siborongborong yang juga menjadi ikon kota tersebut (foto dapat dilihat disini).
Dua contoh ini juga mewakili nama daerah lainnya yang tidak saya sebut satu-per-satu dimana terdapat tanda hubung, yang mana secara riil tidak digunakan.
  • Typo, singkatan, dll
Cukup banyak typo yang saya temui di sumber data Kemendagri pada daerah di Sumut, berikut saya paparkan beberapa yang saya temui:
Juga untuk nama daerah yang disingkat pada sumber data Kemendagri, bagaimana kebijakan untuk kata yang disingkat tersebut? Artikelnya disingkat juga kah atau cari sumber lain dari kepanjangannya? Berikut saya paparkan beberapa nama daerah yang disingkat yang saya temui:
Sekian pendapat dari saya, contoh-contoh yang saya berikan hanyalah berasal dari Prov. Sumut, sehingga sangat memungkinkan bila juga terdapat kesalahan penulisan nama daerah pada provinsi lain. Semoga hal yang saya sampaikan ini dapat menjadi pertimbangan untuk kebijakan yang akan diambil kelak. Salam 27christian11 (bicara) 15 April 2022 15.29 (UTC)Reply[balas]
Kalau yang saya lihat, di sini perbandingannya adalah data BPS, dan data BPS sepertinya lebih banyak sesuai dengan fakta di lapangan. Apakah kita dapat menggunakan data BPS saja, menurut pandangan @27christian11? Medelam (bicara) 16 April 2022 02.00 (UTC)Reply[balas]
Kalau saya pribadi cenderung lebih suka menggunakan data dari Publikasi BPS Kabupaten, karena ruang lingkup dari data yang disajikan lebih kecil sehingga meminimalisir adanya kesalahan. Memang secara ideal lebih praktis menggunakan data yg berasal dari satu sumber terpadu (data Kemendagri), namun melihat fakta dimana sumber terebut masih ada sedikit yang kurang akurat, maka untuk saat ini pilihan saya menggunakan data BPS saja. Mungkin kelak bila data Kemendagri sudah sesuai dengan yang di lapangan atau bahkan mungkin data Kemendagri dan BPS dapat terintegrasi, maka kita dapat menggunakan data tersebut.
Atau.... bila memungkinkan solusi alternatif adalah tetap menggunakan satu sumber (Kemendagri/sumber primer), namun untuk daerah yang namanya tidak tertulis dengan akurat (seperti yang saya contohkan sebelumnya) ada pengecualian khusus untuk menggunakan sumber dari BPS (sumber sekunder) dan dapat dijelaskan di halaman pembicaraan masing-masing.
Sekian pendapat dari saya, mungkin yang lain bisa memberi komentar ataupun ada solusi yang lebih baik 😁. 27christian11 (bicara) 18 April 2022 03.24 (UTC)

Reply[balas]
Kalau diskusi ini sudah menemukan kesepakatan/musyawarah, jangan lupa untuk menambahkannya ke Wikipedia:Pedoman penamaan/Lokasi geografis. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 26 Juli 2022 13.49 (WIB) 26 Juli 2022 06.49 (UTC)Reply[balas]

Saya mohon kepada Saudara @114.125.246.230: yang memberi tanda {{hapus|a7}} pada semua artikel kelurahan/desa yang ada di kecamatan Tebat Karai, Kepahiang untuk berkomentar Azmi1995 (bicara) 29 April 2022 00.19 (UTC)Reply[balas]

Saya Tidak Mengerti. Banyak Atikel Wilayah Sekitar Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Lamandau juga Memiliki {{hapus|a7}}. Saya Pikir Itu Dilakukan Oleh Orang Yang Sama. Orang ini Tampaknya sering Menambahkannya pada Artikel Yang Berada Di Kawasan Terpencil. Fazoffic (bicara) 28 Mei 2022 07.42 (UTC)Reply[balas]

New Wikipedia Library Collections Available Now - April 2022[sunting sumber]

Hello Wikimedians!

The TWL owl says sign up today!

The Wikipedia Library has free access to new paywalled reliable sources. You can these and dozens more collections at https://wikipedialibrary.wmflabs.org/:

  • Wiley – journals, books, and research resources, covering life, health, social, and physical sciences
  • OECD – OECD iLibrary, Data, and Multimedia​​ published by the Organisation for Economic Cooperation and Development
  • SPIE Digital Library – journals and eBooks on optics and photonics applied research

Many other sources are freely available for experienced editors, including collections which recently became accessible to all eligible editors: Cambridge University Press, BMJ, AAAS, Érudit and more.

Do better research and help expand the use of high quality references across Wikipedia projects: log in today!
--The Wikipedia Library Team 26 April 2022 13.17 (UTC)

This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

Mari berdiskusi bersama kami perihal Peningkatan Desktop[sunting sumber]

New table of contents shown on English wikipedia.png

Halo!

Apakah Anda menyadari bahwa beberapa wiki memiliki tampilan yang berbeda? Ingin tahu bagaimana tahapan selanjutnya? Mungkin Anda memiliki pertanyaan atau ide untuk menjadikannya lebih baik?

Mari berdiskusi bersama dengan kami, tim yang mengerjakan proyek Peningkatan Desktop, melalui pertemuan secara daring (online)! Pertemuan ini akan berlangsung pada tanggal 29 April 2022 pukul 13:00 UTC dan 18:00 UTC melalui aplikasi Zoom. Klik di sini untuk bergabung. Meeting ID: 88045453898 Panggil berdasarkan lokasi Anda.

Agenda

  • Menyampaikan informasi terkini perihal perkembangan proyek
  • Tanya jawab dan diskusi

Format

Pertemuan ini tidak akan direkam atau disiarkan. Namun, catatan dari pertemuan ini akan disimpan dalam berkas Google Documents agar bisa diakses kapan saja. Manajer Produk kami yakni Olga Vasileva akan membawakan pertemuan ini. Presentasi akan dibawakan dalam bahasa Inggris.

Terlepas dari presentasi yang menggunakan bahasa Inggris, Anda dapat mengajukan pertanyaan dalam bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Italia, dan Polandia. Apabila Anda ingin mengajukan pertanyaan sebelum sesi pertemuan berlangsung, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui halaman pembicaraan atau melalui surel ke sgrabarczuk@wikimedia.org.

Pada pertemuan ini, aturan mengenai kebijakan ruang ramah dan kode etik mutlak berlaku. Sementara itu, Zoom tidak termasuk dalam kebijakan privasi WMF.

Kami harapkan kedatangan Anda! SGrabarczuk (WMF) (bicara) 27 April 2022 14.41 (UTC)Reply[balas]

The first meeting starts in 40 minutes! We'll be waiting for you. SGrabarczuk (WMF) (bicara) 29 April 2022 12.26 (UTC)Reply[balas]

Coming soon: Improvements for templates[sunting sumber]

-- Johanna Strodt (WMDE) 29 April 2022 11.13 (UTC)Reply[balas]

artikel smp yg sudah masuk usulan penghapusan cepat v.s. yang belum masuk usulan penghapusan[sunting sumber]

Singkat saja. Setelah saya membaca pembicaraan wikipedia:kelayakan artikel/Sekolah, memang ada banyak artikel yang perlu untuk dilakukan tindakan penghapusan. Nah, saya butuh pemastian daripada @Bennylin, @David Wadie Fisher-Freberg, @Hidayatsrf, @Iwan Novirion, @IvanLanin, @Medelam, @Rachmat04, @RaFaDa20631, @REX, @Symphonium264, dan @Veracious: Apakah seratus enam puluhan artikel smp di pulau jawa dan indonesia ini perlu untuk ditindak juga? Kalau iya, nanti saya pantau supaya bisa segera dihapus secara bertahap.

Pertanyaan saya selanjutnya: Apakah kriteria kelayakan sekolah itu perlu untuk diubah/tidak perlu untuk diubah? Barangkali Pak @Gombang bisa bantu jawab Azmi1995 (bicara) 16 Mei 2022 04.27 (UTC)Reply[balas]

Karena ini melibatkan perubahan besar, saya menyarankan ada baiknya halaman-halaman itu dievaluasi dan didiskusikan secara terpusat agar mudah ditemukan. Selain itu, dengan adanya diskusi, akan memberikan kesempatan kepada pengguna lain untuk beropini.
Saya belum melihat perlunya adanya perubahan kebijakan, tetapi perlu dipertegas pada penerapannya. Dengan ini, di masa depan, akan minim halaman-halaman yang tidak layak dan tidak memenuhi syarat yang tertera dalam kebijakan, ketimbang mengabaikannya lalu dihapus secara massal ketika sudah dirasa terlalu banyak dan bermasalah. Salam, ··· 🌸 Rachmat04 · 16 Mei 2022 13.29 (UTC)Reply[balas]
Kalau mau dibilang terpusat, sejauh ini, baru warkop saja yang sesuai dengan kriteria ini. Kalau bilang dipertegas, berarti, alasannya tetap mengacu pada halaman ini, ya, Pak @Rachmat04:?
- Azmi1995 (bicara) 18 Mei 2022 16.28 (UTC)Reply[balas]
Mengingat halaman warkop lebih cocok untuk mendiskusikan secara umum, hal-hal yang memerlukan diskusi lebih lanjut dapat diarahkan ke halaman Wikipedia:Permohonan pendapat. ··· 🌸 Rachmat04 · 19 Mei 2022 04.07 (UTC)Reply[balas]
Terima kasih sudah memulai lagi diskusi ini, semoga akan ada tindakan ataupun kelanjutannya. Beberapa poin dari saya:
  • Tidak hanya artikel SMP, tapi juga SD. Saya beranggapan bahwa untuk saat ini, artikel yang layak hanyalah sebatas SMA (atau setara) ke atas. Dengan perkecualian sekolah di tingkat bawahnya yang ditulis dengan baik dan disertai referensi (memenuhi kelayakan)
  • Referensi dan kelayakan. Kalau tanpa rujukan, bisa langsung dihapus, sesuai dengan kriteria kelayakan WP:KPC#A7 (termasuk artikel SMA dan atasnya)
  • Kelengkapan data resmi pemerintah. Untuk sekolah negeri, apabila ada data dari pemerintah (Kementrian Pendidikan), bisa digunakan sebagai rujukan tunggal, sebagaimana artikel geografi Indonesia menggunakan data dari Kemendagri. Hal ini merupakan syarat minimal sekolah tersebut ada dan diakui (bisa diklarifikasi). Untuk sekolah swasta perlu rujukan dan referensi tambahan, karena bisa jadi fiktif, atau sudah tidak ada.
  • Contoh artikel yang bagus. Kalau bisa, silakan dicari apakah ada di antara puluhan artikel tersebut (SD maupun SMP) yang sudah ditulis dengan baik, sehingga bisa digunakan sebagai tolok ukur artikel-artikel lainnya.
  • Memantau (pencegahan artikel-artikel ditulis). Apabila artikel-artikel yang tidak layak sudah dihapus, dan yang tertinggal hanya yang benar-benar layak, kita harus pantau bersama-sama, misalnya, karena jumlahnya sedikit, langsung saja kategorikan ke "SMP di Indonesia" atau "SD di Indonesia", tidak perlu dibagi per provinsi, atau kabupaten/kota. Kemudian apabila ada artikel baru, akan langsung ketahuan, dan bisa langsung dihapus apabila tidak layak (atau diberi kesempatan untuk diperbaiki seperti contoh artikel yang baik di poin sebelumnya.
  • Gabungkan ke artikel daftar. Sama seperti artikel geografi, kalau belum layak, bisa saja dialihkan ke artikel daftar sekolah di kabupaten/kota masing-masing. Informasi tersebut masih berguna.
ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 26 Mei 2022 16.26 (WIB)

Untuk artikel geografi, bisa dialihkan ke posisi yang lebih luas. Misalnya, kelurahan dialihkan ke kecamatan. Kecamatan dialihkan ke Kabupaten, kalau dinilai masih belum layak. Saya juga setuju.

Nah, sepengetahuan saya, malahan, hampir semua artikel SMP apalagi SD ini masih belum layak. Artikel SMA yang masuk kategori artikel bagus–karena saya tidak mau menggunakan kriteria artikel pilihan–itu saja baru S.M.A. Nan Chiau, Kecamatan Sengkang. Belum ada artikel SMA di Wikipedia Bahasa Indonesia ini yang layak dinilai sebagai artikel bagus. Adapun artikel SD ataupun SMP yang ada, menurut saya, cuma bisa dibuat di halaman, misalnya SMA Kristen 1 Penabur Jakarta atau SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta saja. Jadi, dengan status quo yang ada, artinya masih lebih "menguntungkan" sekolah swasta dibanding negeri. Akhirul kalam, tindakan yang bisa dilakukan itu baru menghapus saja sesuai dengan wikipedia:kriteria kelayakan.

Kalau mau coba jangka menengah, pun, mungkin kriteria kelayakan sekolahannya yang perlu diubah. Itu saja, menurut saya, tidak mengubah landscape/atmosfir penulisan artikel–yang ujungnya adalah kontrol kualitas–tentang sekolahan, baik artikel sekolah yang ada di Indonesia, Australia, Timor Leste, Papua Nugini, Palau, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, India, Kamboja, Laos, Thailand, Malaysia, ataupun Singapura. Ini sengaja saya tampilkan negara-negara yang masih bertetangga dengan Indonesia terlebih dulu. Azmi1995 (bicara) 27 Mei 2022 12.49 (UTC)Reply[balas]

Artikel Wa blast, ini termasuk Riset asli atau promosi?[sunting sumber]

WA Blast tidak ada dalam fitur Whatsapp. Yang ada hanya Broadcast Message. Mohon, maaf, tapi saya mencurigai pengguna:Rahmadiani rehan sebagai LTA Marsuki si "pakar seo" karena pola penyuntingannya mirip dengan akun-akun bonekanya dan artikel artikel buatannya bertujuan untuk mempromosikan domain baru yang bisa dijual ketika sudah memiliki jumlah klik yang memadai. Hysocc, Let's talk 23 Mei 2022 15.06 (UTC)Reply[balas]

saya hanya riset dan membuat halaman berdasarkan banyaknya pencarian, untuk masalah domain jika itu tidak pantas silahkan di sunting lalu di hapus, dan saya selalu mencantumkan template no referensi agar penyunting lain bisa melakukan penyempurnaan. jika tidak layak bisa di usulkan penghapusan halaman, dan soal domain yang di cantumkan dan di jual itu saya gak kepikiran sampai situ, mohon maaf saya hanya pelu mohon di bimbing bukan untuk di curigai. terima kasih Rahmadiani rehan (bicara) 23 Mei 2022 16.08 (UTC)Reply[balas]

Perubahan nama artikel Uni Emirat Arab[sunting sumber]

Halo semuanya, saya membaca di media cetak sejak sekitar 2 bulan lalu menggunakan nama "Persatuan Emirat Arab", alih-alih Uni Emirat Arab yang saat ini digunakan di WBI. Kebetulan ada juga pembicaraannya baru saja di Pembicaraan:Uni Emirat Arab. Oleh karena itu saya di sini ingin memulai diskusi di WBI terkait apakah WBI akan mengikuti situs-situs yang dirujuk di halaman pembicaraan itu (saya salin di sini) atau tetap menggunakan Uni Emirat Arab, yang sudah dipakai sejak 2004. Silakan dimusyawarahkan, dan cantumkan persetujuan ataupun keberatan Anda.

Salinan pesan dari Pembicaraan:Uni Emirat Arab
Di media massa, nama yang umum untuk merujuk ke negara tersebut adalah "Uni Emirat Arab" (UEA). Namun, nama resmi yang digunakan oleh Pemerintah adalah "Persatuan Emirat Arab" (PEA). Haruskah judul artikel ini diganti?
Berikut bukti pranala untuk penggunaan nama "Persatuan Emirat Arab":
  • Artikel di situs web KBRI Abu Dhabi: halaman ke-1 dan halaman ke-2.
  • Artikel berita di situs web resmi Presiden RI: di sini.
  • Artikel berita di situs web Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: di sini.
  • Artikel berita di situs web Kementerian Sekretariat Negara: di sini
  • UU No. 1 Tahun 2019: di sini.
Terima kasih atas perhatiannya. — FelixJL111 (bicara) 15 Mei 2022 16.43 (UTC)Reply[balas]

Apabila ada yang bisa mencari tahu, istilah apa yang digunakan di Kedubes negara ini di Jl. Prof. Dr. Satrio Blok C-4 Kav. 16-17, KuninganTimur, Jakarta Selatan, 12950. Sementara itu, kedubes Indonesia di negara itu menggunakan nama "Uni Emirat Arab". Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 26 Mei 2022 16.06 (WIB)

Sementara waktu, foto ini (Maret 2016) menggunakan Uni Emirat Arab. Medelam (bicara) 26 Mei 2022 12.25 (UTC)Reply[balas]
Terima kasih. Kalau begitu, untuk sementara bisa disimpulkan, bahwa di "pemerintah" di sini belum konsisten, antara departemen memiliki selingkung sendiri-sendiri, dan tidak ada panduan resmi daftar nama-nama negara di dunia. Menurut saya, hingga ada konsistensi yang standar di pemerintah, maka kita tetap menggunakan judul Uni Emirat Arab, dan bisa dibuatkan penjelasan di bagian paragraf pembuka tentang nama-nama yang lain. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 27 Mei 2022 02.44 (WIB) 26 Mei 2022 19.44 (UTC)
Reply[balas]

Sekedar menambahkan: nama yang dipakai dalam undang-undang itu belum tentu lebih masyhur/notable ketimbang nama yang dipakai masyarakat luas Azmi1995 (bicara) 28 Mei 2022 03.39 (UTC)Reply[balas]

Apa logo-logo ini dapat diekspor ke Commons?[sunting sumber]

Selamat siang. Beberapa hari ini saya mengunggah logo-logo perusahaan, yang saya unggah disini karena saya lihat Commons tidak akan menerima merek dagang apapun. Namun, saya juga lihat bahwa ada logo perusahaan yang masuk ke dalam Commons karena tidak mencapai "threshold of originality."

Ada beberapa dari logo ini yang saya rasa cukup sederhana, tapi saya masih belum yakin mana yang pantas untuk diunggah ke Wikimedia Commons atau tetap dibuat di sini. Ada yang bisa membantu saya?

Sebagai catatan, ini adalah beberapa file yang saya unggah:

Logo yang diunggah

Hans5958 Bicara 5 Juni 2022 04.58 (UTC)Reply[balas]

Dua gambar pertama saya rasa bisa dimuat di commons:, Pak @Hans5958: karena, menurut saya, akan diloloskan dan tidak dihapus oleh admin dengan alasan yang sudah Anda kemukakan di atas. Saya agak ragu dengan logo Surveyor Indonesia walaupun saya masih yakin bahwa logo ini masih bisa lolos dan tidak dihapus oleh admin. Sisanya, saya tidak yakin gambarnya bisa bertahan di sana dalam waktu lama. @David Wadie Fisher-Freberg: atau admin yang lain mungkin bisa memberikan jawaban tambahan Azmi1995 (bicara) 6 Juni 2022 12.12 (UTC)Reply[balas]
Saya pribadi sebisa mungkin menghindari berkontribusi di Commons. dwadieff 7 Juni 2022 06.59 (UTC)Reply[balas]

Kelayakan artikel (film dan acara televisi)[sunting sumber]

Halo, semua. Semakin banyaknya artikel film, acara televisi, dan seri web di Wikipedia bahasa Indonesia, saya memutuskan mengusulkan Proposal Kelayakan Film dan Acara Televisi (2022). Setelah berdiskusi selama dua bulan, saya rasa pemungutan suara untuk pengesahan proposal ini harus segera dilaksanakan. Pemungutan suara akan dimulai pada 18 Juni 2022 pukul 00.00 (UTC) hingga 2 Juli 2022 pukul 00.00 (UTC) di sini. Mohon tanggapan dan partisipasinya. Terima kasih. WillsonEP09💬 17 Juni 2022 10.30 (UTC)Reply[balas]

Tahukan Anda[sunting sumber]

Selamat pagi/siang/sore/malam, tergantung kapan anda melihat pesan ini. Dengan meningkatnya aktivitas editor dalam beberapa lama terakhir, dan mulainya pengetatan kualitas artikel yang muncul di halaman utama, saya merasa ini tepat waktunya.

Sebagai latar belakang, saya cukup aktif di en.wiki, khususnya di bagian Did you know?. Menurut saya, bagian ini cukup mengundang bagi editor baru karena kualitas artikel yang ditampilkan tidak sampai Artikel Pilihan/Featured Article, tidak tergantung situasi seperti Peristiwa Terkini/In The News, atau harus merupakan peristiwa bersejarah seperti Hari ini dalam sejarah/On This Day. Selain itu, jumlah artikel yang dapat dipajang juga jauh lebih besar (5-6 per hari, dibandingkan 1 per minggu untuk artikel pilihan, 2-3 per minggu untuk Peristiwa Terkini). Saya rasa bagian ini sangat cocok untuk dipromosikan bagi calon editor yang baru memahami dasar-dasarnya sebelum mereka siap maju untuk membuat AB/AP.

Diskusi ini saya dan Dedhert.Jr sudah mulai di Pembicaraan Wikipedia:Tahukah Anda. Bagi editor yang tertarik, saya persilahkan untuk nimbrung.

Juxlos (bicara) 1 Juli 2022 08.24 (UTC)Reply[balas]

Amandemen kelayakan artikel (film dan acara televisi)[sunting sumber]

Menimbang beberapa masukkan dari pengguna lain pada pemungutan suara terdahulu, saya bermaksud menyampaikan revisi Kelayakan Film dan Acara Televisi (Juli 2022). Mohon pendapat dan saran dari rekan-rekan semua agar kelayakan artikel topik ini menjadi lebih jelas. WillsonEP09💬 2 Juli 2022 02.45 (UTC)Reply[balas]

Kategorisasi kelayakan artikel[sunting sumber]

Selamat malam, mulai tanggal 4 Juli ini, seluruh kelayakan artikel yang sudah menjadi kebijakan atau pedoman umum sudah saya kelompokkan ke dalam Kategori:Pedoman kelayakan Wikipedia. RaFaDa20631 (bicara) 4 Juli 2022 13.29 (UTC)Reply[balas]

Syarat calon pengurus[sunting sumber]

Teks yang ada saat ini:

Pengguna yang sedang dalam masa skors yang diberlakukan oleh pengurus dilarang mencalonkan dirinya sendiri dan/atau dicalonkan.

Saya mengusulkan sebagai ganti teks berikut:

Pengguna yang sedang diblokir (oleh pengurus, birokrat, pengurus global, steward atau WMF) di wiki ini atau wiki lain dilarang mejadi calon pengurus.

Alasan. Taylor 49 (bicara) 23 Juli 2022 13.40 (UTC)Reply[balas]

Usul untuk membuat bot tentang sistem AB dan AP[sunting sumber]

Saya mau mengusulkan untuk membuat bot terkait AB dan AP. Rasanya kalau dilakukan secara manual, menjadi sulit. Karena itu dengan adanya bot, maka harusnya dapat mempermudah serta meringankan pekerjaan. Bot tersebut bekerja dalam

  1. Memberikan bintang perak/emas terkait artikel-artikel yang sudah lolos jadi AB maupun AP (yang seharusnya dapat dilakukan hanya untuk bot sahaja);
  2. Mencantumkan artikel-artikel yang sudah lolos ke dalam daftar-daftar AB dan AP serta menghapus artikel-artikel yang sudah menjadi mantan;
  3. Memberikan templat statusAB/statusAP, statusAB nominasi/statusAP nominasi, dan templat untuk gagal dan mantan secara otomatis. Artikel yang sudah lolos otomatis mengubah templat-templat status.

Sekiranya itu saja. Izin memanggil @Hidayatsrf, @Medelam, dan @Wagino 20100516. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 28 Juli 2022 03.54 (UTC)Reply[balas]

Saya pribadi setuju dengan rencana kerja bot anda, silakan diajukan ke permohonan status bot dan lakukan pemanasan kerja beberapa penyuntingan dengan calon bot tersebut. Terima kasih dan salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 28 Juli 2022 04.47 (UTC)Reply[balas]
@Wagino 20100516 Terima kasih sarannya. Tapi dimanakah saya harus mengajukan permohonan satatus bot? Dan apakah pengusul juga harus mengerjakan program bot-nya? Saya bahkan belum ahli untuk hal ini, tetapi setidaknya saya mungkin dapat meminta tolong kepada pengguna lain. Dedhert.Jr (bicara) 28 Juli 2022 05.16 (UTC)Reply[balas]
@HaEr48 Apakah botnya bisa di-configure untuk juga melakukan hal-hal yang disebut di atas? Salam. Medelam (bicara) 29 Juli 2022 01.08 (UTC)Reply[balas]

Pemungutan suara untuk amandemen kelayakan artikel (film dan acara televisi)[sunting sumber]

Halo, semua. Menimbang beberapa masukkan dari pengguna lain pada pemungutan suara terdahulu, saya telah merevisi pedoman kelayakan artikel film dan acara televisi. Setelah proses diskusi kurang lebih tiga minggu, saya memutuskan untuk memulai proses pemungutan suara. Pemungutan suara akan dimulai pada 30 Juli 2022 pukul 00.00 (UTC) hingga 13 Agustus 2022 pukul 00.00 (UTC) di sini. Kiranya rekan-rekan semua dapat berpartisipasi dan memberi tanggapan. Terima kasih.

WillsonEP09💬 29 Juli 2022 04.25 (UTC)Reply[balas]