Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi kebijakan   kirim topik baru

Bagian kebijakan dari Warung Kopi ini digunakan untuk membicarakan mengenai kebijakan dan pedoman yang sudah diterapkan di Wikipedia; atau diskusi mengenai proposal-proposal yang baru diajukan.

Bacaan penting:

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Minggu, 2 Agustus 2015
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, Meursault2004!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Kenapa pranala saya di hapus??[sunting | sunting sumber]

Salam kepada pengurus Wikipedia Indonesia Saya menulis di wikipedia berjudul "Wawancara Kerja" pada 10 juli 15 pada tulisan tersebut saya membuat 7 sumber, 3 diantaranya pranala luar, satu diantaranya blogspot, sewaktu di approve saya pranala blogspot di hapus, saya ingin bertanya alasan kenapa dihapus??

beri saya alasan yang kongkrit, saya tidak melakukan SPAMMing, karena itu merupakan sumber utama dari tulisan tersebut. apa karena akun blogspot lantas di hapus?

apa admin tidak mencoba mengecek dulu? terus andai memang di anggap spam, apa batasan spam disini? saya tidak melakukan itu berulang-ulang, saya tidak cuma menambahkan url pada dead link,.

saya sering melihat komentar admin di pembicaraan, usahakan memasukan sumber pranala luar yang valid, ok, usahakan sumber setidaknya media nasional, haaa? seandainya sumber saya dari detik.com atau liputan 6 atau kompas.com, mungkin tidak di hapus? apa kalian pikir info dari situs media nasional tadi pasti berbobot?? bahkan terkadang ga ada isinya sama sekali.

klo memang alasannya krn pranala blogspot, gimana kalau kita bersihkan semua pranala-pranala yang berasal dari blog2 biasa, saya bisa tunjukan banyak sekali klo admin butuh bantuan, termasuk .com .net yang tidak media nasional kita hapus juga.

sudahlah, ga perlu gitu banget, wikipedia besar dari banyak kontribusi sejak bertahun-tahun, selama masih relevan kenapa tidak dimasukan, bukan blog jualan juga, semua berisi info, tujuan utama wikipedia jg sebagai ensiklopedia, saling lengkap melengkapi, jujur kita juga tidak mendukung adanya spamming, karena itu menyebalkan, tapi tolong jangan asal hapus pranala, klo memang tidak bisa jika bukan situs resmi, gimana kalau usulan saya membersihkan semua pranala yang bukan resmi di semua artikel Wiki, baik blogspot, wordpress, .com .net tolong beri jawaban secepatnya

Nama: Ricardo Simbolon email:ricardosimbolon17@gmail.com

     ricardo_simbolon@ymail.com

Seobejo (bicara) 10 Juli 2015 12.09 (UTC)

Halo Bung Ricardo Simbolon. Saya pengguna saja di sini (bukan admin), namun saya menghargai anda yang sudah menyumbangkan artikel dan ingin berkomentar pula. Saya secara pribadi tidak menganggap semua blog itu jelek, malahan sebaliknya banyak pula blog yang isinya benar2 bagus dan bermutu. Namun, setiap situs web tentu ada standarnya ya, dan di Wikipedia blog tidak disarankan digunakan sebagai sumber. Ini bukan berarti tidak menghargai, tapi masalah standar yang dipakai di Wikipedia ini. Cobalah anda lihat di panduan ini: Wikipedia:Sumber tepercaya, ada penjelasannya. Menurut hemat saya, info dari blog lainnya pun sedapat mungkin sebaiknya dihapus saja, sesuai standar tersebut. Dengan demikian, akan tercipta ensiklopedia daring yang bermutu bagi kita semua. Demikian sedikit masukan saya, semoga ada manfaatnya. Salam & tetap semangat, Naval Scene (bicara) 10 Juli 2015 14.23 (UTC)

Little Caprice[sunting | sunting sumber]

Saya melihat ada perang suntingan pada halaman 26 Oktober 1988, apa penyebab Little Caprice tidak bisa masuk ke daftar? Saya lihat ia tidak menyalahi en:Wikipedia:Days of the year bab Birth and Death. Ia sendiri juga subjek di artikel kan ya? Justru tidak memasukannya ke dalam daftar menjadikannya artikel yatim dan hal itu tidak diinginkan di Wikipedia.

Saya tahu Little Caprice, dia sudah mendunia dan menjadi favorit saya. Tapi jika ia tidak layak masuk ke kalender hanya karena alasan yang subjektif, maka sangat mengecewakan sekali; saya memilih menghapus ID ini dan mundur dari Wikipedia. Dina Oktavia (bicara) 12 Juli 2015 12.16 (UTC)

Jangan seperti itu, mari kita selesaikan dengan baik. Perihal artikel tersebut, ada baiknya Anda membantu mencari sumber lebih banyak untuk memastikan kelayakan tokoh ini dan jangan lupa tambahkan catatan kaki di artikel tersebut. Jujur, saya tidak terlalu paham mengenai tokoh tersebut, jadi saya berharap Anda mau membantu. Saya harapkan Anda jangan berhenti, karena setiap kontribusi dari pengguna pastilah bermanfaat. Salam! -- Bonaditya (bicara) 12 Juli 2015 - 19:50 WIB
Nah kan, Saudara Bonaditya subjektif juga. Little Caprice sudah terdaftar di IMDB dan IAFD, ada biodatanya di sana lengkap, dan IMDB/IAFD dibuat oleh lembaga yang terpercaya. Bandingkan dengan Evi Anggraini dan Angki Purbandono yang tanpa referensi sedikitpun dibiarkan begitu saja. Farish Nahdi pun referensi terpercayanya cuma IMDB dibiarkan begitu saja. Dan saya bisa menyebut ratusan artikel2 buatan pengguna Gurniadi, Willy2000, dan Relly Komaruzzaman yang dibiarkan begitu lama tanpa referensi selain twitter dan facebook. Dan juga silahkan klik referensi di artikel Arwys Rangkuti. Pilih kasih? Diskriminatif? Dina Oktavia (bicara) 12 Juli 2015 13.10 (UTC)
Mohon maaf, jika pernyataan saya menyinggung Anda. Tetapi saya benar-benar tidak tahu dan Anda tahu akan hal tersebut, saya hanya meminta Anda untuk memperbaiki artikel tersebut supaya lebih baik. Jika Anda ingin menambahkan tokoh tersebut dalam tanggalan juga diperbolehkan, hanya saja artikel tersebut sedikit diberikan referensi. Saya memang tidak terlalu tertarik dengan budaya populer, oleh karena itu saya membutuhkan Anda. Salam! -- Bonaditya (bicara) 12 Juli 2015 - 20:16 WIB
Halo, saya akan sampaikan alasan-alasan saya mengapa membalikkan suntingan2 tersebut.
  • en:Days_of_the_year#Births_and_deaths : being the subject of a Wikipedia article is only a minimum requirement for inclusion in a Wikicalendar article. Not all people meet the more stringent notability requirements for Wikicalendar articles.
  • Artikel tersebut tidak masuk dalam en:October 28 dan en:1988, sehingga saya mengasumsikan sang tokoh (dari negara Ceko) tidak memenuhi syarat kelayakan minimum secara internasional untuk dimasukkan ke dalam daftar2 tersebut. Karena saya pikir English Wikipedia mewakili kelayakan tokoh secara internasional.
  • Sama seperti tanggapan pengurus Mas Bonaditya, di artikel tersebut tidak ada rujukan yang menyatakan kelayakan minimum atau pengakuan internasional.
  • Jika tokoh tersebut tidak memenuhi syarat kelayakan sebagaimana disebutkan di atas secara internasional, saya tidak menemukan alasan mengapa di Indonesia (diwakili oleh WBI) dipandang layak. Sementara saya juga tidak menemukan relasi antara negara Ceko dengan Indonesia sehingga seorang tokoh dari Ceko dianggap layak di Indonesia walau di dunia internasional tidak memenuhi kriteria kelayakan minimum.
  • Mengenai adanya beberapa tokoh di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut menurut saya ada perlakukan khusus di wikipedia lokal (dalam hal ini WBI) bagi tokoh-tokoh dari Indonesia walaupun tidak diakui secara internasional.
  • Tambahan: baru saja saya lihat di en.wp artikelnya sudah tidak ada. Saya hanya menemukan log penghapusan ini: en:Little Caprice.
Tapi tentu saja penilaian saya mungkin salah, untuk itu saya serahkan kembali kepada komunitas atau pengurus apakah hendak mempertahankan artikel tersebut di daftar 26 Oktober 1988. Salam, Ign christian (bicara) 13 Juli 2015 03.38 (UTC)


  • en:Days_of_the_year#Births_and_deaths : "being the subject of a Wikipedia article is only a minimum requirement for inclusion in a Wikicalendar article.", maka kalau keperluan minimum sudah tercapai sudah boleh.
Not all people meet the more stringent notability requirements for Wikicalendar articles. Baris ini beberapa kalimat setelah kata di atas untuk menekankan bahwa profil pribadi tidak bisa masuk. Bukan untuk menekankan kalimat awal.
Ngapain disambung2in dengan pranala interwiki yang tidak ada? Saya juga menemukan banyak artikel yang diterjemahkan dari bahasa melayu tapi tidak ada di bahasa Inggris. Itu pengecualian juga ya? Jika memang di Wikipedia bahasa Inggris lebih ketat kelayakannya itu wajar. Gak seperti Wikipedia Indonesia, artikel isinya facebook dan twitter doang dibiarkan bertahun2.
Apa hubungannya relasi antara republik Ceko dan Indonesia menjadi syarat kelayakan umum suatu artikel? Jangan mengada-ada, tidak tertulis itu dalam kebijakan Wikipedia Indonesia.
"Mengenai adanya beberapa tokoh di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut menurut saya ada perlakukan khusus di wikipedia lokal (dalam hal ini WBI) bagi tokoh-tokoh dari Indonesia walaupun tidak diakui secara internasional." Perlakuan khusus lagi, yang tidak tertulis kebijakannya di Wikipedia Indonesia, pilih kasih lagi? Diskriminasi lagi? Wikipedia bahasa Inggris bukanlah Wikipedia Internasional. Ngawur aja. Tanya tuh om Aldnon yang sering jalan-jalan ke Wikimedia, saya udah diajarin sama dia.
Sudahlah, Wikipedia Indonesia gak ada harapan untuk berkembang. Penerapan kebijakannya aja gak setara antara satu artikel dengan artikel lain. Dina Oktavia (bicara) 13 Juli 2015 04.07 (UTC)

siapa sih si little caprice itu mbak Dina?hen58dra 22 juli 2015

Proposal to create PNG thumbnails of static GIF images[sunting | sunting sumber]

The thumbnail of this gif is of really bad quality.
How a PNG thumb of this GIF would look like

There is a proposal at the Commons Village Pump requesting feedback about the thumbnails of static GIF images: It states that static GIF files should have their thumbnails created in PNG. The advantages of PNG over GIF would be visible especially with GIF images using an alpha channel. (compare the thumbnails on the side)

This change would affect all wikis, so if you support/oppose or want to give general feedback/concerns, please post them to the proposal page. Thank you. --McZusatz (talk) & MediaWiki message delivery (bicara) 24 Juli 2015 05.07 (UTC)

What does a Healthy Community look like to you?[sunting | sunting sumber]

Community Health Cover art News portal.png

Hi,
The Community Engagement department at the Wikimedia Foundation has launched a new learning campaign. The WMF wants to record community impressions about what makes a healthy online community. Share your views and/or create a drawing and take a chance to win a Wikimania 2016 scholarship! Join the WMF as we begin a conversation about Community Health. Contribute a drawing or answer the questions on the campaign's page.

Why get involved?[sunting | sunting sumber]

The world is changing. The way we relate to knowledge is transforming. As the next billion people come online, the Wikimedia movement is working to bring more users on the wiki projects. The way we interact and collaborate online are key to building sustainable projects. How accessible are Wikimedia projects to newcomers today? Are we helping each other learn?
Share your views on this matter that affects us all!
We invite everyone to take part in this learning campaign. Wikimedia Foundation will distribute one Wikimania Scholarship 2016 among those participants who are eligible.

More information[sunting | sunting sumber]


Happy editing!

MediaWiki message delivery (bicara) 31 Juli 2015 23.42 (UTC)