Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi kebijakan   kirim topik baru

Bagian kebijakan dari Warung Kopi ini digunakan untuk membicarakan mengenai kebijakan dan pedoman yang sudah diterapkan di Wikipedia; atau diskusi mengenai proposal-proposal yang baru diajukan.

Bacaan penting:

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Rabu, 21 Juni 2017
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Daftar isi

New Wikipedia Library accounts available now (August 2016)[sunting sumber]


Hello Wikimedians!

The TWL OWL says sign up today!

The Wikipedia Library is announcing signups today for free, full-access, accounts to published research as part of our publisher donation program. You can now sign up for new accounts and research materials from:

  • Nomos – Primarily German-language publisher of law and social sciences books and journals - 25 accounts
  • World Scientific – Scientific, technical, and medical journals - 50 accounts
  • Edinburgh University Press – Humanities and social sciences journals - 25 accounts
  • American Psychological Association – Psychology books and journals - 10 accounts
  • Emerald – Journals on a range of topics including business, education, health care, and engineering - 10 accounts

Many other partnerships with accounts available are listed on our partners page, including Project MUSE, EBSCO, DeGruyter, Gale and Newspaperarchive.com.

Do better research and help expand the use of high quality references across Wikipedia projects: sign up today!
--The Wikipedia Library Team 30 Agustus 2016 18.38 (UTC)

You can host and coordinate signups for a Wikipedia Library branch in your own language! Please contact Ocaasi (WMF).
This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

RevisionSlider[sunting sumber]

Birgit Müller (WMDE) 12 September 2016 15.08 (UTC)

Grants to improve your project[sunting sumber]

Please help translate to your language:

Greetings! The Project Grants program is currently accepting proposals for funding. There is just over a week left to submit before the October 11 deadline. If you have ideas for software, offline outreach, research, online community organizing, or other projects that enhance the work of Wikimedia volunteers, start your proposal today! Please encourage others who have great ideas to apply as well. Support is available if you want help turning your idea into a grant request.

I JethroBT (WMF) (talk) 30 September 2016 20.11 (UTC)

Creative Commons 4.0[sunting sumber]

Halo! Saya mewakili Yayasan Wikimedia mengundang anda untuk memberi saran dan masukan mengenai rencana perpindahan linsensi dari CC BY-SA 3.0 menjadi CC BY-SA 4.0 di seluruh proyek Wikimedia. Jajak pendapat akan dubuka mulai 5 Oktober sampai 8 November, dan kami berharap akan mendapat banyak masukan dari berbagai sudut pandang. Jika anda tertarik, silakan untuk ikut serta dalam diskusi di Meta-Wiki. Joe Sutherland 6 Oktober 2016 00.20 (UTC)

New Wikipedia Library Accounts Available Now (November 2016)[sunting sumber]


Hello Wikimedians!

The TWL OWL says sign up today!

The Wikipedia Library is announcing signups today for free, full-access, accounts to published research as part of our Publisher Donation Program. You can sign up for new accounts and research materials from:

Expansions

Many other partnerships with accounts available are listed on our partners page. Sign up today!
--The Wikipedia Library Team 1 November 2016 18.30 (UTC)

You can host and coordinate signups for a Wikipedia Library branch in your own language. Please contact Ocaasi (WMF).
This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

Password reset[sunting sumber]

I apologise that this message is in English. ⧼Centralnotice-shared-help-translate⧽

We are having a problem with attackers taking over wiki accounts with privileged user rights (for example, admins, bureaucrats, oversighters, checkusers). It appears that this may be because of weak or reused passwords.

Community members are working along with members of multiple teams at the Wikimedia Foundation to address this issue.

In the meantime, we ask that everyone takes a look at the passwords they have chosen for their wiki accounts. If you know that you've chosen a weak password, or if you've chosen a password that you are using somewhere else, please change those passwords.

Select strong passwords – eight or more characters long, and containing letters, numbers, and punctuation. Joe Sutherland (bicara) / MediaWiki message delivery (bicara) 13 November 2016 23.59 (UTC)

Adding to the above section (Password reset)[sunting sumber]

Please accept my apologies - that first line should read "Help with translations!". Joe Sutherland (WMF) (talk) / MediaWiki message delivery (bicara) 14 November 2016 00.11 (UTC)

Help test offline Wikipedia[sunting sumber]

Hello! The Reading team at the Foundation is looking to support readers who want to take articles offline to read and share later on their phones - a use case we learned about from deep research earlier this year. We’ve built a few prototypes and are looking for people who would be interested in testing them. If you’d like to learn more and give us feedback, check out the page on Meta! Joe Sutherland (WMF) (talk) 29 November 2016 20.08 (UTC)

New way to edit wikitext[sunting sumber]

James Forrester (Product Manager, Editing department, Wikimedia Foundation) --14 Desember 2016 19.32 (UTC)

[sunting sumber]

Halo, saya ingin menanyakan pendapat komunitas tentang apakah keberadaan "Galeri logo" (galeri logo nonbebas) di artikel-artikel (khususnya artikel stasiun televisi) perlu dihapus? Menurut saya, merujuk pada WP:F2, seharusnya tidak boleh karena penggunaan berkas nonbebas itu harus diminimalisir dan galeri tersebut tidak menambah nilai artikel tersebut secara signifikan (kecuali ketika artikel tersebut panjang dan logo-logo ini masuk disisipkan sebagai ilustrasi pada bagian sejarah subjek). Bagaimana pendapat yang lain? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 17 Desember 2016 04.58 (UTC)

Dihapus saja lah. Kayaknya memang itu logo-logo menuh-menuhin saja. RaymondSutanto (bicara) 22 Desember 2016 22.27 (UTC)
Kalau tidak bebas menurut saya dihapus saja dan kalau bisa berkasnya dihapus sekalian. Saya lihat lumayan banyak penyalahgunaan gambar nonbebas di Wikipedia, takutnya jadi bikin masalah. HaEr48 (bicara) 16 Januari 2017 18.21 (UTC)
Jika merupakan gambar bebas dapat dipertahankan sebagai informasi sejarah, tetapi tetap memerlukan sumber tepercaya untuk memastikan keakuratannya. Jika gambar nonbebas sebaiknya dihapus demi mencegah pelanggaran lisensi. Demikian sedikit saran saya. JohnThorne (Bicara) 12 Februari 2017 17.08 (UTC)

Penamaan dan ejaan untuk topik berkaitan Indonesia di Wikipedia Bahasa Inggris[sunting sumber]

Ada usulan untuk memulai aturan resmi penamaan dan ejaan untuk topik berkaitan Indonesia di Wikipedia Bahasa Inggris. Diskusinya en:Wikipedia talk:WikiProject Indonesia#Proposal dan usulan kebijakannya disini: en:Wikipedia:WikiProject Indonesia/Naming and spelling conventions. Kalau tertarik mari dibaca dan silahkan kalau ada tanggapan. HaEr48 (bicara) 16 Januari 2017 18.27 (UTC)

Proposal (Kebijakan Artikel Desa)[sunting sumber]

Proposal (perbaikan)[sunting sumber]

Review of initial updates on Wikimedia movement strategy process[sunting sumber]

Note: Apologies for cross-posting and sending in English. Message is available for translation on Meta-Wiki.

The Wikimedia movement is beginning a movement-wide strategy discussion, a process which will run throughout 2017. For 15 years, Wikimedians have worked together to build the largest free knowledge resource in human history. During this time, we've grown from a small group of editors to a diverse network of editors, developers, affiliates, readers, donors, and partners. Today, we are more than a group of websites. We are a movement rooted in values and a powerful vision: all knowledge for all people. As a movement, we have an opportunity to decide where we go from here.

This movement strategy discussion will focus on the future of our movement: where we want to go together, and what we want to achieve. We hope to design an inclusive process that makes space for everyone: editors, community leaders, affiliates, developers, readers, donors, technology platforms, institutional partners, and people we have yet to reach. There will be multiple ways to participate including on-wiki, in private spaces, and in-person meetings. You are warmly invited to join and make your voice heard.

The immediate goal is to have a strategic direction by Wikimania 2017 to help frame a discussion on how we work together toward that strategic direction.

Regular updates are being sent to the Wikimedia-l mailing list, and posted on Meta-Wiki. Beginning with this message, monthly reviews of these updates will be sent to this page as well. Sign up to receive future announcements and monthly highlights of strategy updates on your user talk page.

Here is a review of the updates that have been sent so far:

@RusdianaDablang: Ada baiknya dihapus saja demi meningkatkan kualitas wikipedia dengan syarat beri sekiranya tag kembangkan selama 3 bulan. -- [[User:Murbaut|ding feedback, updates on development of all four Tracks

More information about the movement strategy is available on the Meta-Wiki 2017 Wikimedia movement strategy portal.

Posted by MediaWiki message delivery on behalf of the Wikimedia Foundation, 15 Februari 2017 20.30 (UTC) • Please help translate to your languageGet help

Upcoming Wikimedia Design Research in Indonesia[sunting sumber]

Hi,

As you may already know, The Wikimedia Foundation is initiating an important, global discussion to define the Wikimedia movement’s future strategy. As part of this effort, we plan to conduct design research in Indonesia over the next couple of months. The overall research goal will be to learn how people in emerging markets seek and gain information, what kind of technology do they use (if any) in this process, and what is their access to information sources. This will help us to serve Wikimedia projects better and empower new readers in our target countries.

We have started reaching out to design research firms with a ground presence in Indonesia that can do in-depth interviews/qualitative research with people in their environment. You can find our Request for Proposal (RFP) for the research here.

Please take a look at the RFP and let us know if you have any recommendations for local design research firms that meet our requirements. You can reach us at rayyakkannu﹫wikimedia.org and sgupta﹫wikimedia.org.

Regards,

Ravishankar Ayyakkannu, Manager, Strategic Partnerships, Asia, Wikimedia Foundation. --22 Februari 2017 11.27 (UTC)

GP 34 2017[sunting sumber]

@Kenrick95:, selaku pengurus proyek GP sekaligus pengusul gambarnya, kenapa saya lihat Anda mengajukan gambar yang udah pernah jadi GP pada slot 34 2017 & udah gitu terpilih pula ? Bukannya yang namanya GP nggak boleh ngulang 2 kali ya. Jadi gimana nih sebaiknya ? Diadakan pemungutan suara ulang ? --Erik Fastman (bicara) 28 Februari 2017 11.38 (UTC)

Oke, ane bikin deh pengusulan ulangnya: Wikipedia:Gambar pilihan/Usulan/2017/Periode 9/Periode 2 --Erik Fastman (bicara) 28 Februari 2017 12.33 (UTC)

Maaf saya lalai dalam hal tersebut. Oke deh, silakan. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 1 Maret 2017 01.58 (UTC)

Sinopsis[sunting sumber]

Wikipedia melarang menyalin-tempel situs kemudian dijadikan artikel. Namun kali ini saya ingin menanyakan apakah ada aturan yang secara eksplisit melarang salin-tempel sinopsi film atau buku? Sebab begini. Di artikel-artikel berbahasa Inggris terkadang tidak dilengkapi sinopsis, sedangkan kita sebagai Wikipediawan punya kewajiban memberikan informasi. Apakah jika saya berhasil mendapatkan sinopsis memadai dari sebuah situs boleh saya salin tempel? Atau apakah setelah saya menonton sebuah film atau membaca sebuah buku diperbolehkan menulis sinopsis berdasarkan pemahaman yang kita lihat/baca? Apakah cara itu termasuk dalam kategori "riset pribadi" yang dilarang atau diperbolehkan? Apakah agar tidak terkesan salin-tempel, perlu kita sunting dengan kalimat baru tanpa mengubah isinya? Mohon kepada yang mengetahui dapat menjawabkan segepok pertanyaan saya ini. Terima kasih. Salam gigho (bicara) 3 Maret 2017 - 22.41 WIB

Wah maaf, baru dijawab pas sedang diblokir. Semoga nanti dilihat ya . Lebih baik ambil dari situs yang tepercaya. Namun, diparafrase terlebih dahulu agar tidak masuk dalam tindakan plagiarisme. Mas Igho benar jika anda menonton film atau membaca buku lalu dituliskan sinopsisnya masuk dalam kategori riset pribadi, yang tentunya tidak diperbolehkan. Semoga cukup menjawab -- John 8 Maret 2017 18.13 (UTC)
Kalo soal sinopsis setau ane malahan justru nggak usah pake referensi apapun, cuman kalimatnya dirangkai sendiri selama masih sejalan dengan sinopsis yang sebenarnya. Anda bisa liat contohnya pada artikel Train to Busan sama Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI --Erik Fastman (bicara) 9 Maret 2017 12.38 (UTC)
OH IYA! Jadi lupa kalau saya sempat baca beberapa plot film di WPEN. Dan itu tidak perlu ada referensi. Kalau ada waktu untuk buat sinopsis sendiri ya tidak masalah. Kalau tidak ada waktu, bisa ambil dari situs. Maafkan jawaban saya yang sesat. Hehehe -- John 9 Maret 2017 17.28 (UTC)
Iya, kalo bisa mah sekalian bikin penjelasan dari hasil nonton sendiri, entah nonton di bioskop lah, nyewa DVD dari tempat rental lah, download video lah, atau minim nonton di YouTube juga nggak apa-apa. Tapi ya kalo nggak minat atau nggak sempet nonton atau emang filmnya kagak kecari ya nggak apa-apa lah pake sinopsis orang (ya kembali lagi, harus dengan kalimat yang dirangkai sendiri) Kayak si Crisco misalnya, bikin artikel soal film yang sudah hilang tapi bisa njelas-jelasin sinopsisnya dari penjelasan orang, bisa njelasin produksinya, bisa njelasin review-nya. --Erik Fastman (bicara) 10 Maret 2017 03.11 (UTC)
Saya sampaikan terima kasih kepada John dan Erik yang telah menjawab pertanyaan saya. Iya, hari ini saya baru dilepaskan dari blokir (padahal saya ingin, pemblokiran ini diperpanjang oleh Mimihitam). Oke deh. Kalau begitu apa yang saya lakukan selama ini tidak melanggar ketentuan. Sekali lagi terima kasih. Salam. gigho (bicara) 11 Maret 2017 - 18.52 WIB 11 Maret 2017 11.52 (UTC)

Overview #2 of updates on Wikimedia movement strategy process[sunting sumber]

Note: Apologies for cross-posting and sending in English. This message is available for translation on Meta-Wiki.

As we mentioned last month, the Wikimedia movement is beginning a movement-wide strategy discussion, a process which will run throughout 2017. This movement strategy discussion will focus on the future of our movement: where we want to go together, and what we want to achieve.

Regular updates are being sent to the Wikimedia-l mailing list, and posted on Meta-Wiki. Each month, we are sending overviews of these updates to this page as well. Sign up to receive future announcements and monthly highlights of strategy updates on your user talk page.

Here is a overview of the updates that have been sent since our message last month:

More information about the movement strategy is available on the Meta-Wiki 2017 Wikimedia movement strategy portal.

Posted by MediaWiki message delivery on behalf of the Wikimedia Foundation, 9 Maret 2017 19.43 (UTC) • Please help translate to your languageGet help

Need help with contacts to conduct in-depth interviews in Indonesia[sunting sumber]

Hi,

This is Ravi from the Partnerships and Global Reach team at the Wikimedia Foundation.

As you may know, The Wikimedia Foundation is working on defining the movement's future strategy. Our team is collecting opinions/viewpoints from thought leaders in emerging countries as a part of this effort. Indonesia is one of the priority countries for our team. So, we would like to talk to people in Indonesia who lead organizations and do great work in the following areas: free knowledge, non-profit, social impact, government, GLAM, education, and private sector (mobile related).

1. We have prepared a list of organizations to interview which we can share by email. Can you please look at our list and let us know if the organizations we have selected do impactful work in their area of expertise? If yes, can you please share any contacts that you may have in these organizations?

2. If there are organizations (or people) that we should talk to but they are not on the list, please share their information, and we will add them to our list.

Please contact us at rayyakkannu﹫wikimedia.org and sgupta﹫wikimedia.org to access this list.

We look forward to hearing from you. We can set up a Google Hangout to clarify the above request.

Thanks.Ravishankar Ayyakkannu, Manager, Strategic Partnerships, Asia, Wikimedia Foundation.--14 Maret 2017 13.28 (UTC)

We invite you to join the movement strategy conversation (now through April 15)[sunting sumber]

18 Maret 2017 05.09 (UTC)


Hi. I'll rephrase the message above: I'd like to

SGrabarczuk (WMF) (bicara) 24 Maret 2017 21.18 (UTC)

Pemisah koma[sunting sumber]

Selamat malam, Kawan-kawan. Saya sudah sangat paham dengan aturan penamaan artikel desa, kecamatan, dan kota/kabupaten, yaitu harus dipisah dengan tanda koma. Saya hanya ingin memastikan saja, apakah ada aturan yang secara eksplisit yang mengatur bahwa nama lembaga jika diikuti dengan nama suatu tempat juga harus dipisah dengan tanda koma? Sebagai contoh: Masjid Al Hudha, Kota Medan atau Masjid Al Huda Kota Medan?. Sebab setahu saya, nama lembag tidak memerlukan pemisah koma, meskipun ada nama daerah di belakangnya seperti Universitas Negeri Jakarta, dan bukan Universitas Negeri, Jakarta. Sebelum kesalahkaprahan kelak menggejala, saya hanya ingin mencari jawaban bagi yang tahu aturan tentang ini. Sebab, di artikel Pertapaan Santa Maria Rawaseneng terdapat pranala wiki (masih kosong) yang mencoba menamakan lembaga gereja dengan separasi koma, yaitu Paroki Santa Maria dan Yoseph, Rawaseneng . Separasi koma sebelum nama tempat (Rawaseneng) seolah-olah menegaskan bahwa Paroki Santa Maria dan Yoseph adalah nama kecamatan. Padahal Rawaseneng sendiri merupakan bagian dari Desa Ngemplak, Kandangan, Temanggung. Atas pencerahan Anda, saya sampaikan terima kasih. Salam gigho (bicara) 20 Maret 2017 - 23.54 WIB

Kalo nama tempatnya memang diikutsertakan dalam penyebutan aslinya ya nggak pake koma, misalnya UNY/Universitas Negeri Yogyakarta, bukannya Universitas Negeri, Yogyakarta. Tapi kalo nggak diikutsertakan dalam penyebutan aslinya ya boleh "Paroki Santa Maria dan Yoseph, Rawaseneng", "Paroki Santa Maria dan Yoseph di Rawaseneng" atau "Paroki Santa Maria dan Yoseph (Rawaseneng)" --Erik Fastman (bicara) 21 Maret 2017 06.33 (UTC)

Bro, kalau nggak keliru, salah satu nomenklatur di lingkungan Katolik itu, Maria dan Yoseph merupakan satu kesatuan utuh sebagai "Maria dan Yoseph". Jadi dalam hal ini, di Rawaseneng tidak terdapat Paroki Santa Maria dan Paroki Santo Yoseph, melainkan satu paroki bernama "Paroki Santa Maria dan Yoseph", sehingga menurut saya, pemisahan dengan tanda koma di depan "Rawaseneng" menjadi aneh. Maka, saya lebih sepakat jika namanya "Paroki Santa Maria dan Yoseph (Rawaseneng)" atau cukup "Paroki Santa Maria dan Yoseph Rawaseneng" gigho (bicara) 21 Maret 2017 - 13.38 WIB

Yang penting tidak yatim piatu dulu[sunting sumber]

Beberapa hari lalu, saya menyelesaikan proyek pribadi perintisan dan pengembangan artikel Miss Perancis yang pranala merahnya cukup banyak. Satu persatu, paranala merah itu saya birukan. Beruntung jika saya mendapatkan artikel yang cukup memadai, jadi saya tidak merasa bersalah. Sayangnya, di antara pranala merah yang saya birukan tersebut ada artikel dalam bahasa Inggris yang (bahkan) referensi dan pranala luarnya pun tidak ada, alias sangat tidak memenuhi kriteria kelayakan. Akhirnya, untuk mengapologikan keberadaan artikel tersebut, saya melakukan beberapa langkah yaitu berusaha agar artikel tersebut tidak yatim sama sekali. Di situ saya masukkan pranala wiki yang terkait dengan artikel lain (yang tentu saja sudah biru). Langkah selanjutnya, saat saya hendak menyimpan artikel terjemahan tersebut, saya menuliskan summary "yang penting tidak yatim dulu, lainnya menyusul". Yang penting semua pranala merah sudah biru semua.

Pertanyaan saya, apakah langkah saya ini dapat dibenarkan menurut kebijakan komunitas atau lebih baik menghapus pranala merah menjadi teks biasa agar artikel tidak dibebani oleh pranala merah. Lantas bagaiman dengan nasib artikel yang (bahkan) referensi dan pranala luarnya pun tidak ada tersebut? Sedangkan saya belum berhasil menemukan sumber terpercaya atas artikel itu. Terima kasih gigho (bicara) 21 Maret 2017 - 21.10 WIB

Start of the 2017 Wikimedia Foundation Board of Trustees elections[sunting sumber]

Please accept our apologies for cross-posting this message. This message is available for translation on Meta-Wiki.

Wikimedia-logo black.svg

On behalf of the Wikimedia Foundation Elections Committee, I am pleased to announce that self-nominations are being accepted for the 2017 Wikimedia Foundation Board of Trustees Elections.

The Board of Trustees (Board) is the decision-making body that is ultimately responsible for the long-term sustainability of the Wikimedia Foundation, so we value wide input into its selection. More information about this role can be found on Meta-Wiki. Please read the letter from the Board of Trustees calling for candidates.

The candidacy submission phase will last from April 7 (00:00 UTC) to April 20 (23:59 UTC).

We will also be accepting questions to ask the candidates from April 7 to April 20. You can submit your questions on Meta-Wiki.

Once the questions submission period has ended on April 20, the Elections Committee will then collate the questions for the candidates to respond to beginning on April 21.

The goal of this process is to fill the three community-selected seats on the Wikimedia Foundation Board of Trustees. The election results will be used by the Board itself to select its new members.

The full schedule for the Board elections is as follows. All dates are inclusive, that is, from the beginning of the first day (UTC) to the end of the last.

  • April 7 (00:00 UTC) – April 20 (23:59 UTC) – Board nominations
  • April 7 – April 20 – Board candidates questions submission period
  • April 21 – April 30 – Board candidates answer questions
  • May 1 – May 14 – Board voting period
  • May 15–19 – Board vote checking
  • May 20 – Board result announcement goal

In addition to the Board elections, we will also soon be holding elections for the following roles:

  • Funds Dissemination Committee (FDC)
    • There are five positions being filled. More information about this election will be available on Meta-Wiki.
  • Funds Dissemination Committee Ombudsperson (Ombuds)
    • One position is being filled. More information about this election will be available on Meta-Wiki.

Please note that this year the Board of Trustees elections will be held before the FDC and Ombuds elections. Candidates who are not elected to the Board are explicitly permitted and encouraged to submit themselves as candidates to the FDC or Ombuds positions after the results of the Board elections are announced.

More information on this year's elections can be found on Meta-Wiki. Any questions related to the election can be posted on the election talk page on Meta-Wiki, or sent to the election committee's mailing list, board-elections(at)wikimedia.org.

On behalf of the Election Committee,
Katie Chan, Chair, Wikimedia Foundation Elections Committee
Joe Sutherland, Community Advocate, Wikimedia Foundation

Posted by MediaWiki message delivery on behalf of the Wikimedia Foundation Elections Committee, 7 April 2017 03.36 (UTC) • Please help translate to your languageGet help

Read-only mode for 20 to 30 minutes on 19 April and 3 May[sunting sumber]

MediaWiki message delivery (bicara) 11 April 2017 17.34 (UTC)

Wikidata description editing in the Wikipedia Android app[sunting sumber]

Wikidata description editing is a new experiment being rolled out on the Wikipedia app for Android. While this primarily impacts Wikidata, the changes are also addressing a concern about the mobile versions of Wikipedia, so that mobile users will be able to edit directly the descriptions shown under the title of the page and in the search results.

We began by rolling out this feature several weeks ago to a pilot group of Wikipedias (Russian, Hebrew, and Catalan), and have seen very positive results including numerous quality contributions in the form of new and updated descriptions, and a low rate of vandalism.

We are now ready for the next phase of rolling out this feature, which is to enable it in a few days for all Wikipedias except the top ten by usage within the app (i.e. except English, German, Italian, French, Spanish, Japanese, Dutch, Portuguese, Turkish, and Chinese). We will enable the feature for those languages instead at some point in the future, as we closely monitor user engagement with our expanded set of pilot communities. As always, if have any concerns, please reach out to us on wiki at the talk page for this project or by email at reading@wikimedia.org. Thanks!

-DBrant (WMF) 14 April 2017 08.41 (UTC)

Fitur Pratayang halaman baru[sunting sumber]

New Wikipedia Library Accounts Available Now (May 2017)[sunting sumber]

Hello Wikimedians!

The TWL OWL says sign up today!

The Wikipedia Library is announcing signups today for free, full-access, accounts to published research as part of our Publisher Donation Program. You can sign up for new accounts and research materials from:

Expansions

  • Gale – Biography In Context database added
  • Adam Matthew – all 53 databases now available

Many other partnerships with accounts available are listed on our partners page, including Project MUSE, EBSCO, Taylor & Francis and Newspaperarchive.com.

Do better research and help expand the use of high quality references across Wikipedia projects: sign up today!
--The Wikipedia Library Team 2 Mei 2017 18.52 (UTC)

You can host and coordinate signups for a Wikipedia Library branch in your own language. Please contact Aaron.
This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

Mohon izin mewakili pengurus[sunting sumber]

Sepeprti saya usulkan beberapa waktu lalu, hari ini saya memberitahukan kepada pengurus, sekaligus mohon izin mewakili pengurus telah menutup (menolak) permohonan hak editor melalui pertimbangan dua pemeriksaan, dari saya dan Bagas Chrisara. Tujuan saya cuma untuk meringankan kerja pengurus, yaitu menolak permohonan tanpa campur tangan pengurus, tetap dengan merujuk kepada hikmat dan pertimbangan matang atas syarat yang melekat pada diri pemohon. Demikian, semoga para pengurus tidak merasa saya telah melangkahi. Terima kasih. Salam gigho (bicara) 3 Mei 2017 - 14.43 WIB

Voting has begun in 2017 Wikimedia Foundation Board of Trustees elections[sunting sumber]

3 Mei 2017 19.14 (UTC)

Beta Feature Two Column Edit Conflict View[sunting sumber]

Birgit Müller (WMDE) 8 Mei 2017 14.41 (UTC)

Pembicaraan di artikel yang pernah masuk dalam Portal Peristiwa Terkini[sunting sumber]

Selamat petang, Semua. Apakah WPID sudah punya templat semacam ini? Menurut saya, ini perlu dibikin untuk menandai suatu artikel pernah singgah di halaman utama dalam portal peristiwa terkini. Terima kasih. Salam. gigho (bicara) 13 Mei 2017 - 18.05 WIB

Sepertinya belum ada mas Mas Igho, saya lihat kebanyakan halaman pembicaraan artikel bertopik peristiwa terkini (yang saya tahu) berisi diskusi penyempurnaan artikel, sisanya berisi pataka proyekWiki, atau bahkan merah tidak berisi, trims --Sykh Rsyd (👉👉Naqasy👈👈) 13 Mei 2017 11.11 (UTC)
OK, Mas Sykh Rsyd. Kalau Anda berminat silakan bikin saja. Nanti saya ikut bantu menelusuri dan menyematkan artikel yang pernah masuk Peristiwa terkini. Salam gigho (bicara) 13 Mei 2017 - 18.14 WIB
Selesai Selesai! Mas Igho! {{ITN talk}} dapat anda perbaiki, atau langsung digunakan, trims --Sykh Rsyd (👉👉Naqasy👈👈) 13 Mei 2017 11.48 (UTC)
Barusan saya coba pakai petunjuk gak bisa. Pakai {{gnt:CURRENTTIME}} malah bisa. gigho (bicara) 13 Mei 2017 - 19.03 WIB
Selesai Ketemu penyebabnya! Ternyata nama bulan harus menggunakan bahasa Inggris. Meskipun hasilnya "Mei", pada waktu memasukkan harus menggunakan "May". Salam gigho (bicara) 14 Mei 2017 - 00.52 WIB

Prototype for editing Wikidata infoboxes on Wikipedia[sunting sumber]

Hello,

I’m sorry for writing in English. It’d be great if someone could translate this message if necessary.

One of the most requested features for Wikidata is to enable editing of Wikidata’s data directly from Wikipedia, so the editors can continue their workflow without switching websites.

The Wikidata development team has been working on a tool to achieve this goal: fill and edit the Wikipedia infoboxes with information from Wikidata, directly on Wikipedia, via the Visual Editor.

We already asked for feedback in 2015, and collected some interesting ideas which we shared with you in this thesis. Now we would like to present to you our first prototype and collect your feedback, in order to improve and continue the development of this feature.

We present this work to you very early, so we can include your feedback before and all along the development. You are the core users of this feature, so we want to make sure that it fits your needs and editing processes.

You will find the prototype, description of the features, and a demo video, on this page. Feel free to add any comment or feedback on the talk page. The page is currently not translated in every languages, but you can add your contribution by helping to translate it.

Unfortunately, I won’t be able to follow all the discussions on Wikipedia, so if you want to be sure that your feedback is read, please add it on the Wikidata page, in your favorite language. Thanks for your understanding.

Thanks, Lea Lacroix (WMDE)

RevisionSlider[sunting sumber]

Birgit Müller (WMDE) 16 Mei 2017 14.44 (UTC)

Join the next cycle of Wikimedia movement strategy discussions (underway until June 12)[sunting sumber]

16 Mei 2017 21.08 (UTC)

Start of the 2017 Wikimedia Foundation Funds Dissemination Committee elections[sunting sumber]

23 Mei 2017 21.05 (UTC)

Evaluasi sistem pemilihan pengurus[sunting sumber]

Melihat animo komunitas untuk berpartisipasi dalam memilih pengurus baru setiap tahunnya (termasuk tahun ini), dan juga mengingat masih begitu kurangnya jumlah pengurus berbanding beban patroli yang harus dilaksanakan, saya pikir sudah saatnya kita mengevaluasi sistem pemilihan pengurus yang berlaku saat ini. Alasan saya bawa isu ini ke sini adalah karena poin terakhir dari kebijakan yang berlaku menyebutkan bahwa evaluasi memang harus dilakukan di Warkop.

Perhatian utama saya adalah pada poin pertama, yang menyebutkan bahwa "pemilihan pengurus akan dilaksanakan paling tidak 1 (satu) kali pada setiap tahunnya", dengan catatan "pilihan waktu ditentukan setiap tahunnya". Pada kenyataannya, dalam dua tahun terakhir (2015 dan 2016) selalu ada dua kali pemilihan pengurus setiap tahunnya. Kalau sudah begitu, menurut saya kita formalkan saja pemilihan pengurus dua kali dalam setahun dengan jadwal yang tetap untuk mempermudah persiapan dan koordinasi, ketimbang menunggu inisiatif dari pengguna tertentu.

Untuk klausul "pilihan waktu", saya berpikir pemilihan tersebut sebaiknya dilakukan tiap bulan Maret dan September. Dalam kata lain, setiap enam bulan. Secara historis, jumlah suntingan sedang tinggi-tingginya pada bulan-bulan tersebut (Maret 2016: 111k, September 2016: 50k), sehingga dapat meningkatkan tingkat partisipasi komunitas.

Saya berharap kita dapat mencapai konsensus dalam evaluasi ini. Mohon tanggapan Wikipediawan sekalian. Salam, Muhraz (bicara) 24 Mei 2017 23.29 (UTC)

  • Setuju SetujuBonaditya (bicara) 25 Mei 2017 01.32 (UTC)
  • Setuju Setuju gigho (bicara) 25 Mei 2017 - 08.50 WIB
  • Komentar Komentar Sebenarnya saya lebih ingin seperti di WPEN, pemilihan pengurus dibuka kapan saja tergantung ada orang yang mencalonkan diri. Namun, saya paham tidak bisa sepenuhnya diterapkan di WBI karena khawatir seperti pengajuan diri menjadi editor dimana banyak orang yang tidak memenuhi persyaratan awal (bahkan seperti laman pengguna saja tidak ada) tetapi memaksakan diri untuk ikut (yang pada akhirnya jelas gagal dalam satu kali pemeriksaan). Jadi saya mengusulkan kalau pemilihan pengurus seperti di WPEN, namun calon hanya dapat diajukan oleh pengurus dan editor yang sudah ada. -- John 25 Mei 2017 02.44 (UTC)
  • Setuju Setuju dengan "Jadi saya mengusulkan kalau pemilihan pengurus seperti di WPEN, namun calon hanya dapat diajukan oleh pengurus dan editor yang sudah ada." ··· 🌸 Rachmat04 · 25 Mei 2017 03.47 (UTC)
Sekadar pelajaran sejarah: sebelum adanya sistem pemilihan pengurus (pra-2011), pemilihan pengurus dapat dibuka kapan saja dan dapat mecalonkan diri sendiri ataupun mencalonkan orang lain. Namun, hal ini jugalah yang menjadi salah satu motivasi dijalankannya sistem pemilihan pengurus, seperti yang disampaikan oleh Albertus (pengusul proposal) di sini. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 25 Mei 2017 04.34 (UTC)
@Kenrick95: Eranya telah berbeda. Pada tahun 2011 mungkin pengurus yang ada cukup untuk mengawasi WBI. Namun untuk saat ini sudah tidak memungkinkan. Dengan LTA dan vandalisme yang semakin banyak, ditambah gerakan untuk menggaet pengguna baru seperti WikiLatih dan tulisan di media sosial yang semakin gencar, maka kebutuhan pengurus juga akan bertambah. Sistem saat ini agak menyulitkan untuk menambah jumlah pengurus dengan cepat. Jika terdapat kekhawatiran kalau laman pemilihan pengurus sepi pengunjung, maka saya menyarankan jika ada pengurus yang mencalonkan diri harus diumumkan melalui ASN. Itu pertimbangan saya sih. Hehehe -- John 25 Mei 2017 09.35 (UTC)

Komentar[sunting sumber]

Halo rekan-rekan sekalian, apakah evaluasi ini ada kelanjutannya? Saya juga memanggil Muhraz sebagai pengusul. Bonaditya (bicara) 28 Mei 2017 13.58 (UTC)

Mana nih yang ngusul??? @Muhraz: Arifin.wijaya (bicara)  1 Juni 2017 pukul 23.48 WIB
Hmm, saya juga cenderung setuju dengan usul Mas Rahmat. Kalau dikombinasikan saja dengan proposal di atas, bagaimana? Muhraz (bicara) 7 Juni 2017 13.51 (UTC)

m:Requests for comment/Global centralnotice for the blockade of the Turkish government[sunting sumber]

Hi, you are invited to participate in the discussion on the proposal to make a banner through m: centralnotice to inform more people around the world about what the Turkish government has done about Wikipedia, ie all the language versions of Wikipedia are You are obscured, so in Turkey it is impossible to view the * .wikipedia.org site. To hope that the Turkish government will remove the block, it is necessary to raise awareness of this fact around the world because it is important to succeed in this mission because Wikipedia can not be seen in Turkey. With this message also for those interested, I invite him to sign the Wikimedian appeal.

If you have any questions or questions do not hesitate to contact me. Thanks best regards. --Samuele2002 (Talk!) 26 Mei 2017 13.46 (UTC)

What do you care for most? What are you concerned with? Take part in the strategy discussion[sunting sumber]

Strategy Graphic.pdf
The World in 2030 - Presentation for movement strategy discussions.pdf

Hai! I'm sorry that I'm not writing in Indonesian. Please help translate to your language!

The more involved we are, the more ideas or wishes concerning the future of Wikipedia we have. We want to change some things, but other things we prefer not to be changed at all, and we can explain why for each of those things. At some point, we don’t think only about the recent changes or personal lists of to-dos, but also about, for example, groups of users, the software, institutional partners, money!, etc. When we discuss with other Wikimedians, we want them to have at least similar priorities that we have. Otherwise, we feel we wasted our time and efforts.

We need to find something that could be predictable, clear and certain to everybody. A uniting idea that would be more nearby and close to the every day’s reality than the Vision (every human can freely share in the sum of all knowledge).

But people contribute to Wikimedia in so many ways. The thing that should unite us should also fit various needs of editors and affiliates from many countries. What’s more, we can’t ignore other groups of people who care about or depend on us, like regular donors or “power readers” (people who read our content a lot and often).

That’s why we’re running the movement strategy discussions. Between 2019 and 2034, the main idea that results from these discussions, considered by Wikimedians as the most important one, will influence big and small decisions, e.g. in grant programs, or software development. For example: are we more educational, or more IT-like?

We want to take into account everybody’s voice. Really: each community is important. We don’t want you to be or even feel excluded.

Please, if you are interested in the Wikimedia strategy, follow these steps:

  • Have a look at this page. There are drafts of 5 potential candidates for the strategic priority. You can comment on the talk pages. Languages other than English are OK.
  • Tell those Wikipedians who don't know English that we're waiting for their comments as well!
  • The last day for the discussion is June, 12. Later, we’ll read all your comments, and shortly after that, there’ll be another round of discussions (see the timeline). I will give you more details before that happens.
  • If you have any questions, ask me. If you ask me here, mention me please.

Friendly disclaimer: this message wasn't written by a bot, a bureaucrat or a person who doesn't care about your project. I’m a Wikipedian, not a staffer, and I hope my words are straightforward enough. SGrabarczuk (WMF) (bicara) 4 Juni 2017 21.14 (UTC)