Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi kebijakan   kirim topik baru

Bagian kebijakan dari Warung Kopi ini digunakan untuk membicarakan mengenai kebijakan dan pedoman yang sudah diterapkan di Wikipedia; atau diskusi mengenai proposal-proposal yang baru diajukan.

Bacaan penting:

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Jumat, 25 April 2014
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, Red meteor!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Amandemen syarat jadi pengembali revisi[sunting | sunting sumber]

Halo. Setelah melihat diskusi yang berkembang di grup Pengguna Wikipedia bahasa Indonesia di Facebook, saya rasa kita sudah saatnya untuk mengamandemen syarat menjadi pengembali revisi. Selama ini saya lihat ada permohonan yang ditolak atas alasan pemohon baru mendapatkan status editor, sehingga beberapa pengurus menganggap sang pemohon masih belum layak jadi pengembali revisi (sampel) atau bahasa halusnya, "apa tidak mau menikmati status editor dulu?"

Daripada kita menyerahkan kelayakan editor baru jadi pengembali revisi kepada selera subjektif masing-masing pengurus yang meninjau, lebih baik kita lakukan amandemen terhadap syarat jadi pengembali revisi. Usul saya, pemohon harus sudah menjadi editor minimal 3 bulan dari waktu permohonan. Bagaimana pendapat yang lain? SpartacksCompatriot (bicara) 6 Maret 2014 14.30 (UTC)

WTF Pendapat saya : Untuk mendapatkan hak sebagai pengembali revisi, sebaiknya yang dilihat pertama kali adalah, apakah pengguna yang bersangkutan cukup aktif dalam menanggulangi (membatalkan suntingan) vandalisme sebelum dan atau sesudah diangkat menjadi editor. Jika belum pernah atau tidak aktif, maka diberikan kesempatan (waktu) untuk aktif memerangi vandalisme setelah diangkat menjadi editor. Jangka waktunya saya pikir jangan terlalu lama, 1 bulan cukup. Bagi pengguna yang sudah aktif membantu memerangi vandalisme sebelum diangkat menjadi editor, tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hak pengembali revisi setelah diangkat menjadi editor. Demikian pendapat saya. Salam, Bozky(bicara) 7 Maret 2014 03.49 (UTC)
Setuju dengan Bozky Alasan;
  • Pertama, 3 bulan terlalu panjang apalagi ini biasanya dipakai bila permintaan hak yang sebelumnya gagal bukan untuk permintaan yang berhasil.
  • Kedua bila seseorang aktif di secara global di wikimedia dia tinggal tunggu 2 bulan bisa mendapatkan Hak Global rollback yang lebih keras lagi haknya dibanding local rollback di WBI itu sendiri, tandanya sama saja dengan bohong.
  • Ketiga, kita membutuhkan pengguna yang lebih aktif lagi mematroli perubahan terakhir WBI bukan membuat mereka kesusahan dikarenakan tidak mempunyai alat yang bisa digunakan untuk melawan Vandal.
  • Keempat kita mempunyai kebiasaan tidak mau studi banding lihat Wiki lain mengapa penggunanya bisa aktif, wikipedianya bisa bersih, dan artikelnya bisa berjumlah banyak dalam waktu yang cepat, dikarenakan mereka punya konsep ini bukan hak yang spesial, berikan saja pengguna menjadi termotivasi dengan alat barunya untuk melakukan pekerjaannya, WBI seharusnya memfasilitasi bukan menghalang halangi pengguna yang ingin berkontribusi.
  • kelima 1 bulan adalah waktu yang sudah lebih dari cukup untuk melihat kontribusi pengguna, kebiasaan menyunting pengguna, dan untuk melihat apakah dia akan tetap aktif di masa depan atau tidak.
Ini saja sekian dari saya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Maret 2014 09.31 (UTC)
Kalau begitu, saya sepakat satu bulan saja. Bagaimana pendapat yang lain? SpartacksCompatriot (bicara) 7 Maret 2014 10.24 (UTC)
Setuju dan menunggu suara lainnya Setuju dan menunggu suara lainnya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Maret 2014 14.33 (UTC) Memindahkan ke usulan pak Wagino.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 15 Maret 2014 18.30 (UTC)

Jika syarat jadi pengembali revisi akan diamandemen, saya/kami punya usul sederhana saja:

Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 10 Maret 2014 04.30 (UTC)

Komentar: Kalau saya sendiri tetap dengan proposal awal ketika saya mengajukan fitur ini: semua bisa dapat hak ini asalkan dinilai mampu, tidak harus jadi editor dulu. Kalau ada penyalahgunaan tinggal cabut kan? Proses pencabutannya lebih mudah daripada pengurus (tidak ada voting), jadi sebenarnya tidak perlu dibikin susah. Gombang (bicara) 12 Maret 2014 18.16 (UTC)
Saya setuju dengan usulan wagino, per alasan saya per alasan Wagino per alasan Gombang. Sekaligus proposal ini dimohon untuk dibuka kembali.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 15 Maret 2014 18.30 (UTC)

Proposed optional changes to Terms of Use amendment[sunting | sunting sumber]

Hello all, in response to some community comments in the discussion on the amendment to the Terms of Use on undisclosed paid editing, we have prepared two optional changes. Please read about these optional changes on Meta wiki and share your comments. If you can (and this is a non english project), please translate this announcement. Thanks! Slaporte (WMF) 13 Maret 2014 21.56 (UTC)

Changes to the default site typography coming soon[sunting | sunting sumber]

This week, the typography on Wikimedia sites will be updated for all readers and editors who use the default "Vector" skin. This change will involve new serif fonts for some headings, small tweaks to body content fonts, text size, text color, and spacing between elements. The schedule is:

  • April 1st: non-Wikipedia projects will see this change live
  • April 3rd: Wikipedias will see this change live

This change is very similar to the "Typography Update" Beta Feature that has been available on Wikimedia projects since November 2013. After several rounds of testing and with feedback from the community, this Beta Feature will be disabled and successful aspects enabled in the default site appearance. Users who are logged in may still choose to use another skin, or alter their personal CSS, if they prefer a different appearance. Local common CSS styles will also apply as normal, for issues with local styles and scripts that impact all users.

For more information:

-- Steven Walling (Product Manager) on behalf of the Wikimedia Foundation's User Experience Design team

Mengenai sumber dari blog dan wordpress[sunting | sunting sumber]

Tahun lalu saya pernah menanyakan hal ini, tetapi jawabannya masih mengambang sampai sekarang. Jadi saya bermaksud untuk mengangkat permasalahan ini sekali lagi, semoga kali ini bisa didiskusikan hingga tuntas .
Templat: Noblog

Halo, selamat datang di Wikipedia Indonesia dan terima kasih telah bersedia mencoba menulis di Wikipedia. Wikipedia Bahasa Indonesia sangat tidak menganjurkan mengambil referensi dari blog. Segala macam blog yang dicantumkan di dalam sebuah artikel akan dihapus. Anda dapat melihat pedoman resmi mengenai sumber-sumber terpercaya jika Anda ingin mengetahuinya dengan lebih lanjut.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi saya, atau ajukan pertanyaan di Warung Kopi. Terima kasih.


Juga membaca dari Wikipedia:Sumber tepercaya dan halaman pembicaraannya, saya juga mengutip kalimat dari artikel blog:

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog.

Itulah sebabnya blog dan wordpress sebaiknya tidak digunakan sebagai sumber referensi. Tapi bagaimana dengan blog-blog resmi pemerintah, organisasi, yayasan, dsb? Dalam pandangan saya, sumber-sumber tersebut tentu saja tidak sembarangan ditulis (bukan semata-mata tulisan pribadi seseorang) dan bersifat resmi sehingga seharusnya bisa digunakan sebagai referensi. Contoh blog resmi:

  1. Kodim Kudus -- militer
  2. SELAMAT DATANG DI BLOG PEMERINTAH DESA SIDOREKSO -- pemerintah
  3. MASJID NEGERI PULAU PINANG -- organisasi
  4. Gereja Katolik St Ann -- yayasan

Saya mohon diskusinya, terutama dari kalangan pengurus wikipedia yang tentunya lebih memiliki wewenang dalam hal memutuskan wewenang dan kebijakan lainnya. @Hariadhi @Bozky @Hanamanteo Okkisafire (bicara) 6 April 2014 02.26 (UTC)

Tapi jujur saja, memang ada kesulitan juga jika mendefiniskan blog berdasarkan resmi atau tidaknya. Menurut pengalaman saya, saya juga menemukan beberapa blog resmi organisasi yang isinya terlalu ke kiri atau ke kanan, sehingga akurasi permasalahan yang dibahas terlalu condong ke paham yang mereka anut dan menjadi kurang (atau tidak) netral. Di lain pihak, ada beberapa informasi yang tidak ditemukan di web selain blogspot atau wordpress, meskipun isinya bisa dikatakan akurat (sudah merupakan pengetahuan umum dan diterima secara luas oleh masyarakat --atau kelompok tertentu yang berhubungan dengan isi artikel yang dibahas). Okkisafire (bicara) 6 April 2014 02.32 (UTC)

"Sebaiknya tidak" bukan berarti "dilarang sama sekali". Dinilai saja apakah memang tidak ada referensi lain lagi untuk menguatkan datanya? Karena sifat blog adalah mudah dilansir tanpa ada proses editing dan bisa diubah atau hilang sewaktu-waktu. Kalaupun memang tidak ada, ya apa boleh buat. Intinya tulisan tersebut harus jelas sumber datanya, logikanya benar, dan kalau bisa penulisnya kredibel Hariadhi - Ngobrol 6 April 2014 04.21 (UTC)

Wordpress sendiri bukan hanya mengacu pada kumpulan situs blog pribadi saja, tetapi juga sebagai sebuah manajemen konten situs. Artinya banyak juga website-website resmi yang bukan situs pribadi dan menggunakan top level domain (com, org, gov, co.id, or.id, go.id) yang dibuat dengan menggunakan engine wordpress dan memiliki konten yang bisa dipertanggungjawabkan. Saya sangat setuju apabila pembagian situs referensi bisa dinilai berdasarkan kualitas dan keakuratan kontennya. Tentunya dengan masih memperhatikan NPOV dan kebijakan ummum wikipedia lainnya.  eMpu  bicara  6 April 2014 07.06 (UTC)
Sebenarnya untuk blog sendiri, tergolong dalam kriteria referensi yang mana? Mengutip WP:ST:
1.9. Artikel yang ditulis di internet dengan referensi jelas dari sumber non internet
2.2. Artikel yang ditulis di internet dengan referensi jelas dari sumber internet
Tidak ada point yang menjelaskan secara spesifik tentang blog kecuali templat noblog itu sendiri. Ada juga blog yang menjadi Sumber primer sehingga tidak mengambil referensi dari manapun. Okkisafire (bicara) 6 April 2014 07.10 (UTC)
Jadi kebijakan mengenai blog bagaimana? Saya sih berharapnya bisa menjadi jelas dan memiliki dasar hukum, bukan hanya sekedar diskusi biasa, supaya kedepannya nanti tidak terjadi masalah. Soalnya tahun lalu kan sudah pernah saya singgung, tahun ini topik ini saya angkat kembali. Mohon bantuan para pengurus Okkisafire (bicara) 13 April 2014 04.45 (UTC)
Dlm pandangan sy, blog bole digunakan manakala dia resmi, klo tdk resmi, misalx, blog pribadi, atw blog 'tuk jual2an, ya ndk bole digunakan. Atau, sy ad syarat lain, klo misalx tdk ditemukan ref. lain, sehingga hanya blog itulah satu2nya ref., silahkan gunakan. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 13 April 2014 05.15 (UTC)
Jika demikian, apa diskusi ini sudah memiliki kekuatan hukum terhadap blog dan wordpress? Lalu kalimat "Segala macam blog yang dicantumkan di dalam sebuah artikel akan dihapus" di templat Noblog sudah bisa diganti menjadi "Segala macam blog tidak resmi yang dicantumkan di dalam sebuah artikel akan dihapus"? Dan juga sudah bisa dilakukan perbaikan di artikel Wikipedia:Sumber tepercaya dengan memasukkan kata blog dan wordpress? Atau masih diperlukan diskusi lebih lanjut? Okkisafire (bicara) 14 April 2014 02.21 (UTC)
Pendapat Bung Adi.akbartauhidin dapat dipertimbangkan. Mas Okki kalau tidak keberatan, diskusi ini bisa dipindahkan ke halaman khusus proyek, agar dapat didiskusikan lebih lanjut oleh pengguna lainnya. Salam, Bozky (bicara) 14 April 2014 02.43 (UTC)
Maaf mas Bozky, saya baru pertama kali ini ngotot mengenai kebajikan Wiki, jadi nggak pernah membuat halaman khusus proyek . Jika tidak keberatan, mohon bantuannya untuk memindahkan, atau mohon ajari saya caranya. Nanti saya juga mau belajar untuk membuat jika dibutuhkan di lain waktu. Terima kasih atas perhatian dan bantuannya Okkisafire (bicara) 14 April 2014 02.51 (UTC)

Keberatan soal penggunaan blog sebenarnya (menurut saya) ada dua: (1) blog sifatnya self-publishing, jadi tidak ada orang lain yang mengoreksi (tidak seperti peer reviewed journal misalnya) (2) dalam kasus blog resmi, informasi yang diberikan sifatnya sumber primer, yang memang tidak dianjurkan buat digunakan sebagai referensi Wikipedia. Gombang (bicara) 14 April 2014 05.53 (UTC)

Memang benar itu, merujuk pada ketentuan Wikipedia:Bukan riset asli. Wikipedia:Sumber tepercaya juga menyatakan:
Artikel Wikipedia dapat menggunakan sumber primer hanya jika sumber-sumber ini telah dipublikasikan oleh penerbit tepercaya, misalnya traskrip pengadilan yang dipublikasikan oleh stenografer pengadilan, dan hanya dapat dipergunakan semata-mata untuk pernyataan deskriptif.
Tapi jujur saja, saya lebih condong untuk menggunakan beberapa data seperti tanggal lahir, tanggal pendirian, biografi, sejarah pembangunan, dan sejenisnya dari sumber primer. Dan informasi seperti itu biasanya tidak dipublikasikan di internet sebagai sumber sekunder (kecuali biografi artis, tentu saja. Dan dari pengalaman saya selama di WIB, yang namanya tanggal lahir, tempat lahir, agama, dan sejenisnya, seringkali simpang siur dari sumber yang satu dg sumber yang lain. Pada akhirnya, saya bakal kembali ke sumber primer.). Rasanya hampir tidak mungkin kan jika suatu perusahaan mempublikasikan surat pendirian perusahaannya ke internet? Dan jika dipublikasikan (setidaknya nomor suratnya), jika ternyata yg sumber primer menyebut tahunnya tahun 2000, dan sumber sekunder tahun 2003, untuk anda sekalian, lebih milih sumber yang mana?
Saya sendiri lumayan sering mengoreksi artikel baru dengan memberitahu wikipediawan baru bahwa di Wiki sebaiknya menggunakan sumber sekunder. Tapi dalam pelaksanaannya, saya pribasi seringkali tidak bisa lepas dari sumber primer untuk memperoleh data yang akurat. Disamping itu, sumber primer juga saya gunakan untuk mengimbangi pernyataan sehingga kenetralan artikel dapat dipertahankan. Bisa jadi suatu topik dicaci-maki oleh masyarakat, dan bila dibuatkan artikelnya, akibatnya malah jadi tidak netral. Dalam hal tersebut, sumber primer kembali dibutuhkan. Contohnya adalah artikel GKI-Yasmin yang saya kembangkan, saya menggunakan sumber primer dari pemerintah Kota Bogor sendiri untuk mempertahankan kenetralan artikel. Namun, saya tetap mencari sumber sekunder untuk mengimbangi sumber primer yang sudah saya gunakan, atau mending artikelnya nggak usah ditulis sama sekali sebelum nemu sumber yang jelas.
Maaf, out of the topic . Mohon bantuan wikipediawan sekalian untuk memfixkan masalah ini hingga benar-benar tuntas serta mendiskusikannya dengan menimbang berbagai sudut pandang yang ada. Terima kasih. Okkisafire (bicara) 14 April 2014 06.25 (UTC)
Sepertinya sudah jelas, sumber primer bisa digunakan untuk hal-hal faktual dan deskriptif. Kalau kebetulan sumber primernya berupa blog ya tidak apa-apa dipakai. Alasan sumber sekunder lebih disukai dengan alasan NPOV. Saya kira blog di sini tidak dianjurkan bukan karena semata-mata blog, tapi dengan dua alasan yang sudah saya kemukakan di atas. Gombang (bicara) 14 April 2014 08.11 (UTC)
Bukan, maksud saya begini mas Gombang , apakah diskusi ini sudah memiliki kekuatan hukum untuk blog dan wordpress? Atau masih perlu diskusi lebih lanjut pada level yang lebih serius? Apa hanya dengan diskusi ini sudah bisa dilakukan perubahan terhadap templat noblog dan Wikipedia:Sumber tepercaya, atau harus memindahkan diskusi ini ke halaman khusus proyek seperti yang dianjurkan mas Bozky? Soalnya, dari kesimpulan sementara sih, sepertinya pendapat2 di atas rata2 sama semua maksudnya. Tapi biasanya di Wiki kan diadakan voting? Okkisafire (bicara) 14 April 2014 08.37 (UTC)
Tidak perlu voting kalau dari diskusi sudah terlihat konsensus. Gombang (bicara) 14 April 2014 08.39 (UTC)
Kalau begitu, pembicaraan ini saya simpan. Terima kasih Okkisafire (bicara) 15 April 2014 06.24 (UTC)

Komune di Aube[sunting | sunting sumber]

Mohon pendapat para pengguna, mengenai penambahan artikel baru mengenai Komune di Aube yang dibuat oleh SamanthaPuckettIndo. Dengan tidak bermaksud untuk menghalangi kontribusi, akan tetapi sebaiknya ditambahkan dengan {{Infobox}} sebagaimana artikel dalam bahasa asing [contohnya di Bahasa Inggris]

Monggo untuk didiskusikan, karena tanpa {{Infobox}} penambahan artikel tersebut dapat dilakukan oleh Robot dan tidak membanjiri Perubahan terbaru Salam, — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 17 April 2014 09.17 (UTC)

Apakah tidak sebaiknya dibicarakan langsung dihalaman pengguna SamanthaPuckettIndo saja, karena sudah tiga hari belum ada respon dan diskusi disini. Mungkin Mas Tjmoel beritahu cara penggunaan bot atau jika ada masukan/permasalahan2 yang lain. Misalnya kolom2 apa saja pada infobox yang minim harus dilengkapi atau sekedar ada kotak infonya saja, dll. ibensis (What’s the Story?) 20 April 2014 06.06 (UTC)

Penggabungan infobox-infobox[sunting | sunting sumber]

Saya ingin menggabungkan beberapa infobox dengan judul berbeda, karena sebenarnya infobox-infobox tersebut dapat disatukan menjadi satu infobox saja, tak perlu dipisah-pisah. Adapun infobox yang saya maksud (beberapa di antaranya) sebagai berikut:

Parameter yang ada bisa saling melengkapi, sebagaimana yang dirancang dalam {{Infobox person}}. Saya ingin memberitahukannya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Salam. -- Adiputra बिचर -- 19 April 2014 02.42 (UTC)

Saya setuju untuk alasan penyederhanaan. ibensis (What’s the Story?) 19 April 2014 03.07 (UTC)
Setuju, silakan dieksekusi saja. Terlalu banyak templat kadang membuat kiat bingung. SpartacksCompatriot (bicara) 19 April 2014 06.34 (UTC)