Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/2022/5

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel SMP yang sudah masuk usulan penghapusan cepat v.s. yang belum masuk usulan penghapusan[sunting sumber]

Singkat saja. Setelah saya membaca pembicaraan wikipedia:kelayakan artikel/Sekolah, memang ada banyak artikel yang perlu untuk dilakukan tindakan penghapusan. Nah, saya butuh pemastian daripada @Bennylin, @David Wadie Fisher-Freberg, @Hidayatsrf, @Iwan Novirion, @IvanLanin, @Medelam, @Rachmat04, @RaFaDa20631, @REX, @Symphonium264, dan @Veracious: Apakah seratus enam puluhan artikel smp di pulau jawa dan indonesia ini perlu untuk ditindak juga? Kalau iya, nanti saya pantau supaya bisa segera dihapus secara bertahap.

Pertanyaan saya selanjutnya: Apakah kriteria kelayakan sekolah itu perlu untuk diubah/tidak perlu untuk diubah? Barangkali Pak @Gombang bisa bantu jawab Azmi1995 (bicara) 16 Mei 2022 04.27 (UTC)[balas]

Karena ini melibatkan perubahan besar, saya menyarankan ada baiknya halaman-halaman itu dievaluasi dan didiskusikan secara terpusat agar mudah ditemukan. Selain itu, dengan adanya diskusi, akan memberikan kesempatan kepada pengguna lain untuk beropini.
Saya belum melihat perlunya adanya perubahan kebijakan, tetapi perlu dipertegas pada penerapannya. Dengan ini, di masa depan, akan minim halaman-halaman yang tidak layak dan tidak memenuhi syarat yang tertera dalam kebijakan, ketimbang mengabaikannya lalu dihapus secara massal ketika sudah dirasa terlalu banyak dan bermasalah. Salam, ··· 🌸 Rachmat04 · 16 Mei 2022 13.29 (UTC)[balas]
Kalau mau dibilang terpusat, sejauh ini, baru warkop saja yang sesuai dengan kriteria ini. Kalau bilang dipertegas, berarti, alasannya tetap mengacu pada halaman ini, ya, Pak @Rachmat04:?
- Azmi1995 (bicara) 18 Mei 2022 16.28 (UTC)[balas]
Mengingat halaman warkop lebih cocok untuk mendiskusikan secara umum, hal-hal yang memerlukan diskusi lebih lanjut dapat diarahkan ke halaman Wikipedia:Permohonan pendapat. ··· 🌸 Rachmat04 · 19 Mei 2022 04.07 (UTC)[balas]
Terima kasih sudah memulai lagi diskusi ini, semoga akan ada tindakan ataupun kelanjutannya. Beberapa poin dari saya:
  • Tidak hanya artikel SMP, tapi juga SD. Saya beranggapan bahwa untuk saat ini, artikel yang layak hanyalah sebatas SMA (atau setara) ke atas. Dengan perkecualian sekolah di tingkat bawahnya yang ditulis dengan baik dan disertai referensi (memenuhi kelayakan)
  • Referensi dan kelayakan. Kalau tanpa rujukan, bisa langsung dihapus, sesuai dengan kriteria kelayakan WP:KPC#A7 (termasuk artikel SMA dan atasnya)
  • Kelengkapan data resmi pemerintah. Untuk sekolah negeri, apabila ada data dari pemerintah (Kementrian Pendidikan), bisa digunakan sebagai rujukan tunggal, sebagaimana artikel geografi Indonesia menggunakan data dari Kemendagri. Hal ini merupakan syarat minimal sekolah tersebut ada dan diakui (bisa diklarifikasi). Untuk sekolah swasta perlu rujukan dan referensi tambahan, karena bisa jadi fiktif, atau sudah tidak ada.
  • Contoh artikel yang bagus. Kalau bisa, silakan dicari apakah ada di antara puluhan artikel tersebut (SD maupun SMP) yang sudah ditulis dengan baik, sehingga bisa digunakan sebagai tolok ukur artikel-artikel lainnya.
  • Memantau (pencegahan artikel-artikel ditulis). Apabila artikel-artikel yang tidak layak sudah dihapus, dan yang tertinggal hanya yang benar-benar layak, kita harus pantau bersama-sama, misalnya, karena jumlahnya sedikit, langsung saja kategorikan ke "SMP di Indonesia" atau "SD di Indonesia", tidak perlu dibagi per provinsi, atau kabupaten/kota. Kemudian apabila ada artikel baru, akan langsung ketahuan, dan bisa langsung dihapus apabila tidak layak (atau diberi kesempatan untuk diperbaiki seperti contoh artikel yang baik di poin sebelumnya.
  • Gabungkan ke artikel daftar. Sama seperti artikel geografi, kalau belum layak, bisa saja dialihkan ke artikel daftar sekolah di kabupaten/kota masing-masing. Informasi tersebut masih berguna.
ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 26 Mei 2022 16.26 (WIB)

Untuk artikel geografi, bisa dialihkan ke posisi yang lebih luas. Misalnya, kelurahan dialihkan ke kecamatan. Kecamatan dialihkan ke Kabupaten, kalau dinilai masih belum layak. Saya juga setuju.

Nah, sepengetahuan saya, malahan, hampir semua artikel SMP apalagi SD ini masih belum layak. Artikel SMA yang masuk kategori artikel bagus–karena saya tidak mau menggunakan kriteria artikel pilihan–itu saja baru S.M.A. Nan Chiau, Kecamatan Sengkang. Belum ada artikel SMA di Wikipedia Bahasa Indonesia ini yang layak dinilai sebagai artikel bagus. Adapun artikel SD ataupun SMP yang ada, menurut saya, cuma bisa dibuat di halaman, misalnya SMA Kristen 1 Penabur Jakarta atau SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta saja. Jadi, dengan status quo yang ada, artinya masih lebih "menguntungkan" sekolah swasta dibanding negeri. Akhirul kalam, tindakan yang bisa dilakukan itu baru menghapus saja sesuai dengan wikipedia:kriteria kelayakan.

Kalau mau coba jangka menengah, pun, mungkin kriteria kelayakan sekolahannya yang perlu diubah. Itu saja, menurut saya, tidak mengubah landscape/atmosfir penulisan artikel–yang ujungnya adalah kontrol kualitas–tentang sekolahan, baik artikel sekolah yang ada di Indonesia, Australia, Timor Leste, Papua Nugini, Palau, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, India, Kamboja, Laos, Thailand, Malaysia, ataupun Singapura. Ini sengaja saya tampilkan negara-negara yang masih bertetangga dengan Indonesia terlebih dulu. Azmi1995 (bicara) 27 Mei 2022 12.49 (UTC)[balas]

Artikel Wa blast, ini termasuk Riset asli atau promosi?[sunting sumber]

WA Blast tidak ada dalam fitur Whatsapp. Yang ada hanya Broadcast Message. Mohon, maaf, tapi saya mencurigai pengguna:Rahmadiani rehan sebagai LTA Marsuki si "pakar seo" karena pola penyuntingannya mirip dengan akun-akun bonekanya dan artikel artikel buatannya bertujuan untuk mempromosikan domain baru yang bisa dijual ketika sudah memiliki jumlah klik yang memadai. Hysocc, Let's talk 23 Mei 2022 15.06 (UTC)[balas]

saya hanya riset dan membuat halaman berdasarkan banyaknya pencarian, untuk masalah domain jika itu tidak pantas silahkan di sunting lalu di hapus, dan saya selalu mencantumkan template no referensi agar penyunting lain bisa melakukan penyempurnaan. jika tidak layak bisa di usulkan penghapusan halaman, dan soal domain yang di cantumkan dan di jual itu saya gak kepikiran sampai situ, mohon maaf saya hanya pelu mohon di bimbing bukan untuk di curigai. terima kasih Rahmadiani rehan (bicara) 23 Mei 2022 16.08 (UTC)[balas]

Perubahan nama artikel Uni Emirat Arab[sunting sumber]

Halo semuanya, saya membaca di media cetak sejak sekitar 2 bulan lalu menggunakan nama "Persatuan Emirat Arab", alih-alih Uni Emirat Arab yang saat ini digunakan di WBI. Kebetulan ada juga pembicaraannya baru saja di Pembicaraan:Uni Emirat Arab. Oleh karena itu saya di sini ingin memulai diskusi di WBI terkait apakah WBI akan mengikuti situs-situs yang dirujuk di halaman pembicaraan itu (saya salin di sini) atau tetap menggunakan Uni Emirat Arab, yang sudah dipakai sejak 2004. Silakan dimusyawarahkan, dan cantumkan persetujuan ataupun keberatan Anda.

Salinan pesan dari Pembicaraan:Uni Emirat Arab
Di media massa, nama yang umum untuk merujuk ke negara tersebut adalah "Uni Emirat Arab" (UEA). Namun, nama resmi yang digunakan oleh Pemerintah adalah "Persatuan Emirat Arab" (PEA). Haruskah judul artikel ini diganti?
Berikut bukti pranala untuk penggunaan nama "Persatuan Emirat Arab":
  • Artikel di situs web KBRI Abu Dhabi: halaman ke-1 dan halaman ke-2.
  • Artikel berita di situs web resmi Presiden RI: di sini.
  • Artikel berita di situs web Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: di sini.
  • Artikel berita di situs web Kementerian Sekretariat Negara: di sini
  • UU No. 1 Tahun 2019: di sini.
Terima kasih atas perhatiannya. — FelixJL111 (bicara) 15 Mei 2022 16.43 (UTC)[balas]

Apabila ada yang bisa mencari tahu, istilah apa yang digunakan di Kedubes negara ini di Jl. Prof. Dr. Satrio Blok C-4 Kav. 16-17, KuninganTimur, Jakarta Selatan, 12950. Sementara itu, kedubes Indonesia di negara itu menggunakan nama "Uni Emirat Arab". Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 26 Mei 2022 16.06 (WIB)

Sementara waktu, foto ini (Maret 2016) menggunakan Uni Emirat Arab. Medelam (bicara) 26 Mei 2022 12.25 (UTC)[balas]
Terima kasih. Kalau begitu, untuk sementara bisa disimpulkan, bahwa di "pemerintah" di sini belum konsisten, antara departemen memiliki selingkung sendiri-sendiri, dan tidak ada panduan resmi daftar nama-nama negara di dunia. Menurut saya, hingga ada konsistensi yang standar di pemerintah, maka kita tetap menggunakan judul Uni Emirat Arab, dan bisa dibuatkan penjelasan di bagian paragraf pembuka tentang nama-nama yang lain. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 27 Mei 2022 02.44 (WIB) 26 Mei 2022 19.44 (UTC)[balas]

Sekedar menambahkan: nama yang dipakai dalam undang-undang itu belum tentu lebih masyhur/notable ketimbang nama yang dipakai masyarakat luas Azmi1995 (bicara) 28 Mei 2022 03.39 (UTC)[balas]