Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Di halaman ini Anda dapat mengusulkan penjadwalan artikel pilihan untuk ditampilkan di Halaman Utama. Syaratnya adalah artikel yang diusulkan harus sudah mendapatkan status artikel pilihan melalui Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan dan sedapat mungkin belum pernah ditampilkan sebagai artikel pilihan pada Halaman Utama.

Suatu artikel dapat dijadwalkan untuk kurun waktu yang tersedia di bawah ini, dan bila memungkinkan, kurun waktu yang akan dipilih berisi tanggal yang berkaitan dengan isi artikel.

Hapus singgahan

Arsip
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021  

Artikel pilihan:

Sekali lagi harap diperhatikan. Yang dicalonkan di halaman ini harus sudah mendapatkan status artikel pilihan. Usulan penjadwalan artikel yang belum mendapatkan status tersebut akan langsung dihapus!

Pengusulan tahun 2019

Pemilihan Artikel Pilihan
Masuk · Usul · Pilih

Berikut adalah tata cara penentuan jadwal artikel pilihan:

  • Pengusulan penjadwalan artikel pilihan terbagi menjadi periode-periode yang diadakan secara berkala. Dalam setiap periode, ada empat kurun waktu yang dibuka untuk pengusulan dan pemungutan suara. Mohon diperhatikan baik-baik tanggal pembukaan dan penutupan periode pengusulan dan pemungutan suara
  • Periode pengusulan penjadwalan artikel pilihan berlangsung selama 15 hari, dan setelah periode tersebut selesai, diikuti dengan periode pemungutan suara yang juga berlangsung selama 15 hari
  • Sewaktu periode pengusulan, pengguna hanya diperbolehkan mengusulkan 1 penjadwalan artikel pilihan di setiap kurun waktu (dapat disertai alasan-alasan)
  • Sewaktu periode pemungutan suara, pengguna Wikipedia bahasa Indonesia diminta untuk memilih satu dari beberapa penjadwalan artikel pilihan yang diusulkan
    • Setiap pengguna hanya boleh memberikan 1 suara setuju untuk 1 penjadwalan artikel pilihan di setiap kurun waktu
    • Pengguna yang mengusulkan penjadwalan artikel pilihan dalam periode pengusulan diperbolehkan memberikan suara, tetapi tidak boleh memilih penjadwalan artikel pilihan sendiri
  • Suatu artikel pilihan dinyatakan terjadwal di kurun waktu yang telah diusulkan jika mendapat suara mayoritas
    • Jika ada lebih dari 1 penjadwalan artikel pilihan yang mendapatkan jumlah suara yang sama, maka suara yang terakhir diberi dicabut; dan jika masih seri, maka suara yang kedua terakhir dicabut; dan jika masih seri, maka suara yang ketiga terakhir dicabut; dan seterusnya, hingga hanya ada 1 penjadwalan artikel pilihan yang memiliki suara terbanyak
  • Yang berhak mengusulkan dan memberi suara adalah pengguna terkonfirmasi otomatis (autoconfirmed)

Untuk mencari artikel-artikel yang dapat diusulkan, lihat: Wikipedia:Artikel pilihan/Artikel pilihan yang belum tayang di Halaman Utama

Tata cara ad hoc:

  1. Apabila suatu artikel pilihan terkena tag pemeliharaan atau dicabut statusnya sewaktu periode pengusulan, maka pengusulan tersebut secara otomatis akan dihapus
  2. Apabila suatu artikel pilihan terkena tag pemeliharaan atau dicabut statusnya sewaktu periode pemungutan suara, dan apabila terdapat pengusulan yang lain di kurun waktu yang sama, maka otomatis pengusulan penjadwalan artikel pilihan yang bermasalah akan gugur. Jika tidak ada pengusulan penjadwalan yang lain, pengguna lain bebas mengusulkan penjadwalan yang baru sebagai pengganti dan periode pemungutan suara untuk kurun waktu tersebut akan tetap berlanjut
  3. Apabila suatu artikel pilihan terkena tag pemeliharaan atau dicabut statusnya setelah artikel tersebut sudah terjadwalkan secara resmi, maka akan diadakan pemungutan suara secara khusus di halaman usulan penjadwalan. Jika pemberian tag atau pencabutan status terjadi dalam rentang waktu kurang dari 28 hari sebelum artikel tersebut dijadwalkan tayang, maka periode pengusulan dan pemungutan suara akan dipersingkat sesuai kebutuhan

Catatan: Ini adalah halaman pengusulan jadwal artikel yang telah menjadi artikel pilihan. Pengusulan artikel pilihan ada di halaman yang bersangkutan.


Penjadwalan artikel pilihan periode ke-3
Periode pengusulan: 1 Januari 2020—15 Januari 2020
Periode pemungutan suara: 16 Januari 2020—30 Januari 2020
Periode pemungutan suara sedang berlangsung: Silakan pilih 1 artikel pilihan

9 2020

24 Februari 2020 - 1 Maret 2020

Surya Vergina

Makedonia adalah sebuah kerajaan kuno yang terletak di pinggiran Yunani pada masa Arkais dan Klasik, dan kemudian menjadi negara yang dominan di Yunani pada masa Helenistik. Kerajaan ini dibentuk oleh Dinasti Argeadai, tetapi dalam sejarahnya juga pernah dikuasai oleh Dinasti Antipatridai dan Antigonidai. Kerajaan tempat tinggal orang Makedonia Kuno ini mula-mula berpusat di bagian timur laut Semenanjung Yunani, yang berbatasan dengan Epiros di barat, Paionia di utara, Trakia di timur, dan Tesalia di selatan. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Tak terkait tanggal apapun --Glorious Engine (bicara) 2 Januari 2020 08.58 (UTC)

Island of Stability derived from Zagrebaev.png

Pulau kestabilan adalah sekumpulan isotop dari unsur superberat yang diprediksi memiliki waktu paruh yang jauh lebih panjang daripada isotop-isotop superberat yang telah diketahui. Menurut prediksi ini, isotop-isotop tersebut akan muncul sebagai "pulau" di tabel nuklida, terpisah dari isotop-isotop stabil dan isotop radioaktif "primordial" yang berumur panjang. Secara teori, kestabilan anggota pulau ini terjadi akibat efek "bilangan ajaib" proton dan neutron yang menambah kestabilan inti atom. Jika berhasil ditemukan, anggota-anggota pulau ini diprediksi berada di penghujung tabel periodik yang telah diketahui, dengan jumlah neutron melebihi isotop-isotop yang telah ditemukan saat ini. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Variasi topik dengan artikel tentang sains.  Mimihitam  8 Januari 2020 11.52 (UTC)

  • Setuju topik sains! HaEr48 (bicara) 20 Januari 2020 19.36 (UTC)

10 2020

2 Maret 2020 - 8 Maret 2020

Penggambaran Zenobia sebagai maharani di bagian depan koin Antoninianus (272 M)

Zenobia adalah Ratu Kekaisaran Tadmur (juga disebut Palmira) di wilayah Siria pada abad ke-3. Zenobia menjadi wali penguasa untuk anaknya, Vaballathus, dan memegang kekuasaan secara de facto. Pada tahun 270, Zenobia melancarkan sebuah serangan yang menjadikannya sebagai penguasa seluruh wilayah Timur Romawi, bahkan ia berhasil mengambil alih wilayah Mesir. Setelah Kaisar Romawi Aurelianus mengobarkan perang melawannya pada tahun 272, Zenobia menyatakan anaknya sebagai kaisar dan mengambil gelar maharani. Namun, setelah berlangsungnya pertempuran yang sengit, bangsa Romawi berhasil memenangi perang melawan Zenobia. Sang ratu terkepung di ibu kotanya dan ditangkap oleh Kaisar Aurelianus. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional (8 Maret) --Glorious Engine (bicara) 2 Januari 2020 07.46 (UTC)

  • Setuju keduanya sama-sama cocok untuk Hari Perempuan, tetapi dari segi variasi kayaknya ini lebih baik karena Yunani Kuno/Helenistik sudah sering (Epikuros, Pythagoras, Hipatia). Selain itu mungkin akhir Desember (yang diusulkan di bawah untuk Zenobia) akan diambil slot Natal jadi palingan tidak bisa dipakai untuk Zenobia. HaEr48 (bicara) 20 Januari 2020 19.36 (UTC)
  • Lebih Setuju Setuju ini. --AMA Ptk (bicara) 23 Januari 2020 02.23 (UTC)
Patung Sapfo dari zaman Romawi yang didasarkan pada model dari zaman Yunani Klasik. Di bawahnya tertulis ΣΑΠΦΩ ΕΡΕΣΙΑ, "Sapfo dari Eresos".

Sapfo adalah seorang penyair Yunani Arkais dari Pulau Lesbos. Sapfo dikenal akan sajak liranya yang ditulis untuk dinyanyikan sembari diiringi dengan lantunan musik. Pada zaman kuno, Sapfo dianggap sebagai salah satu penyair lira terbesar dan dikenal dengan julukan "Dewi Musa Kesepuluh" dan "Sang Penyair Wanita". Sapfo adalah seorang penyair yang produktif, dan mungkin ia pernah menulis sekitar 10.000 baris. Penggalan-penggalan puisinya bersentuhan dengan berbagai macam tema, tetapi tema yang paling dikenal adalah hasrat antar wanita. (Selengkapnya...)


Alasan pengusulan: Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional (8 Maret), Zenobia mungkin bisa dicadangkan untuk Hari Ibu pada 22 Desember mengingat ia awalnya menjadi wali penguasa untuk anaknya, Vaballathus.  Mimihitam  8 Januari 2020 11.47 (UTC)


11 2020

9 Maret 2020 - 15 Maret 2020

Wilayah kekuasaan Jerman pada puncak kejayaannya pada masa Perang Dunia II (akhir 1942)

Jerman Nazi adalah nama umum Jerman antara tahun 1933 dan 1945, ketika Adolf Hitler dan Partai Nazi (NSDAP) yang ia pimpin menguasai negara dengan sistem kediktatoran. Di bawah pemerintahan Hitler, Jerman diubah menjadi negara totaliter dan hampir seluruh aspek kehidupan dikendalikan oleh pemerintah. Rasisme, terutama antisemitisme, menjadi bagian dari ideologi rezim ini. Rezim Nazi tumbang setelah Sekutu mengalahkan Jerman pada bulan Mei 1945, sehingga mengakhiri Perang Dunia II di Eropa. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Tak terkait tanggal apapun --Glorious Engine (bicara) 2 Januari 2020 08.58 (UTC)

Poster film

Ouw Peh Tjoa, juga dikenal dengan judul Melayu Doea Siloeman Oeler Poeti en Item, adalah film Hindia Belanda tahun 1934. Film ini disutradarai dan diproduseri The Teng Chun. Diadaptasi dari Legenda Siluman Ular Putih, sebuah cerita rakyat Tiongkok, film ini mengisahkan seekor ular ajaib yang hidup sebagai manusia tetapi akhirnya mati. Film yang kemungkinan hilang ini memiliki satu sekuel, Anaknja Siloeman Oeler Poeti, yang dirilis tahun 1936. (Selengkapnya...)


Alasan pengusulan: Variasi topik, artikel tentang film masih ngantre untuk tayang.  Mimihitam  8 Januari 2020 11.54 (UTC)

12 2020

16 Maret 2020 - 22 Maret 2020

Perpecahan politik umat Islam di tengah Perang Saudara Islam II, sekitar tahun 686. Dalam waktu kurang dari setahun, Marwan mengembalikan kekuasaan Umayyah (yang tadinya hanya di sebagian Syam) ke wilayah berwarna merah.

Marwan bin al-Hakam adalah khalifah Umayyah keempat, yang berkuasa kurang dari setahun pada 684–685. Ia adalah khalifah pertama dari trah Marwani (Marwan dan keturunannya), yang menjadi penguasa Umayyah menggantikan khalifah-khalifah Sufyani (keturunan Abu Sofyan) yang kekuasaannya runtuh akibat Perang Saudara Islam II. Marwan memiliki reputasi beragam: sejarawan Clifford E. Bosworth menyebutnya sebagai panglima dan negarawan yang cerdik, cakap, tegas, dan berhasil melanggengkan kekhalifahan Umayyah, sedangkan riwayat-riwayat Muslim anti-Umayyah mengejeknya sebagai abūʾl-jabābirah (bapak para tiran). (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Bertepatan dengan Isra Mikraj (22 Maret)  Mimihitam  3 Januari 2020 16.29 (UTC)

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-4
Periode pengusulan: 1 Februari 2020—15 Februari 2020
Periode pemungutan suara: 16 Februari 2020—1 Maret 2020
Periode pengusulan dan pemungutan suara belum dimulai

13 2020

23 Maret 2020 - 29 Maret 2020


14 2020

30 Maret 2020 - 5 April 2020


15 2020

6 April 2020 - 12 April 2020


16 2020

13 April 2020 - 19 April 2020