Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Halaman utama Wikipedia memiliki bagian untuk menampilkan artikel pilihan (disingkat "AP"). Urutan artikel yang ditampilkan di sana diatur di halaman ini, yang berisi jadwal dan antrean artikel pilihan untuk ditampilkan. Penjadwalan dilakukan berdasarkan konsensus komunitas.

Anda dapat mengusulkan penjadwalan artikel pilihan di Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan.

Untuk ditampilkan di halaman utama Wikipedia, artikel harus sudah mendapatkan status artikel pilihan dan memiliki paragraf dan gambar pembuka yang baik. Pengusulan untuk mendapatkan status artikel pilihan dilakukan di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan.

Setiap artikel pilihan akan ditampilkan selama 7 hari. Dalam sebulan ada 4 AP dan dalam setahun ada 52 AP.

Hapus singgahan

Gunakan templat JadwalAP untuk menambahkan slot penjadwalan.

Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021
Menurut topik
Usulan

Artikel pilihan:

AP 1 (30 Desember 2019 s.d. 5 Januari 2020)
Logo WTO

Organisasi Perdagangan Dunia (bahasa Inggris: World Trade Organization, disingkat WTO) adalah sebuah organisasi internasional yang menaungi upaya untuk meliberalisasi perdagangan. Organisasi ini menyediakan aturan-aturan dasar dalam perdagangan internasional, menjadi wadah perundingan konsesi dan komitmen dagang bagi para anggotanya, serta membantu anggota-anggotanya menyelesaikan sengketa dagang melalui mekanisme yang mengikat secara hukum. Organisasi ini didirikan pada 1 Januari 1995 dengan tujuan untuk mengurangi tarif dan hambatan perdagangan lainnya, yang diharapkan akan memajukan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Maria MagdalenaWanita di peradaban MayaHak asasi manusia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 2 (6 Januari 2020 s.d. 12 Januari 2020)
Ilustrasi seorang astronom Maya

Astronomi Maya merupakan topik etnoastronomi atau arkeoastronomi yang memiliki fokus kajian pada peradaban bangsa Maya pada masa pra-Kolumbus, di wilayah Mesoamerika. Bangsa Maya dikenal memiliki ahli-ahli astronomi yang teliti. Peradaban Maya kuno telah mengembangkan pengamatan dan prediksi astronomis yang dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling akurat di dunia pada masa sebelum ditemukannya teleskop. Mereka percaya kemauan dan perbuatan dari dewa-dewa dapat terbaca melalui matahari, bulan, bintang-bintang, dan planet, sehingga mereka menganggap astronomi dan praktik-praktiknya merupakan hal yang sangat penting. Mereka juga membuat berbagai bangunan yang memiliki keterkaitan astronomi. Peradaban Maya mempelajari secara spesifik benda-benda langit seperti Matahari, Bulan, Venus, dan beberapa planet lainnya. Bangsa Maya juga menggunakan kalender yang dikembangkan berdasarkan pengamatan astronomis. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 3 (13 Januari 2020 s.d. 19 Januari 2020)
Model SOLRAD/GRAB 1 di National Cryptologic Museum

SOLRAD 1 adalah satelit ilmiah merangkap satelit mata-mata milik Amerika Serikat yang diluncurkan ke orbit pada 22 Juni 1960. Dikembangkan oleh Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS, SOLRAD 1 adalah satelit pertama berhasil mengamati sinar X yang dipancarkan matahari, melakukan misi mata-mata dari orbit, maupun diluncurkan bersamaan dengan satelit lain (yaitu satelit navigasi Transit 2A). Dalam misi ilmiahnya, SOLRAD 1 berhasil mengumpulkan data mengenai besar radiasi sinar X matahari dan mengukuhkan teori yang menghubungkan aktivitas sinar X matahari dengan fenomena melemahnya gelombang radio di ionosfer. Satelit ini juga memiliki misi rahasia untuk memetakan jaringan radar pertahanan udara Uni Soviet di tengah-tengah Perang Dingin. Melalui satelit ini, AS menemukan bahwa jaringan radar Soviet ternyata jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Operasi satelit ini dihentikan pada April 1961, dan ini adalah pertama kalinya sebuah satelit dapat dinonaktifkan dari darat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Astronomi MayaOrganisasi Perdagangan DuniaMaria Magdalena

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 4 (20 Januari 2020 s.d. 26 Januari 2020)
Ilustrasi utusan-utusan Romawi Timur yang menghadap Kaisar Tang Taizong pada tahun 643.

Hubungan Romawi dengan Tiongkok mengacu kepada kontak yang utamanya tak langsung antara Kekaisaran Romawi dan Dinasti Han dan kemudian antara Kekaisaran Romawi Timur dengan berbagai dinasti dalam sejarah Tiongkok. Hubungan yang berlangsung dapat berupa pertukaran barang dagang serta informasi dan terkadang juga mencakup kedatangan pengelana dan pengiriman utusan. Dalam sejarahnya, Romawi terus memperluas wilayahnya di kawasan Timur Dekat, sementara pasukan Han merambah hingga ke kawasan Asia Tengah, sehingga kedua negara ini semakin mendekat secara perlahan. Namun, kedua negara ini kurang menyadari keberadaan satu sama lain, dan hanya sedikit upaya kontak langsung yang tercatat dalam sejarah. Selain itu, kekaisaran-kekaisaran besar yang berada di antara kedua negara ini (seperti Parthia dan Kushan) berupaya mengendalikan Jalur Sutra, alhasil kontak langsung di antara kedua negara besar tersebut pun terhalang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: SOLRAD 1Astronomi MayaOrganisasi Perdagangan Dunia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 5 (27 Januari 2020 s.d. 2 Februari 2020)
Patung marmer Epikuros yang dibuat pada zaman Romawi

Epikuros adalah seorang filsuf Yunani Kuno yang mendirikan sebuah mazhab filsafat yang disebut epikureanisme. Ia konon telah menulis banyak sekali karya, tetapi sebagian besar sudah hilang ditelan zaman. Yang tersisa kini hanya tiga surat yang ditulis olehnya (Surat kepada Menoikeus, Pitokles, dan Herodotos) dan dua rangkaian kutipan (Ajaran Pokok dan Pepatah Vatikan), ditambah dengan beberapa penggalan dan kutipan tulisannya yang lain. Pemikiran Epikuros telah menyebar luas pada zaman kuno, dan para penganut epikureanisme bahkan mengagumi sosoknya sebagai guru besar, penyelamat, atau dewa. Namun, ajaran Epikuros sudah menuai kontroversi sedari awal, termasuk ketika ia diusir dari Mitilene karena telah membuat resah penduduknya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Hubungan Romawi dengan TiongkokSOLRAD 1Astronomi Maya

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 6 (3 Februari 2020 s.d. 9 Februari 2020)
Penggambaran penggunaan api Yunani dari Skylitzes Matritensis. Api Yunani digunakan untuk pertama kalinya selama pengepungan pertama Konstantinopel oleh Arab pada tahun 677 atau tahun 678

Pengepungan Konstantinopel (674–678) adalah salah satu konflik besar dalam Perang Arab-Romawi Timur, dan merupakan puncak pertama dari usaha perluasaan wilayah yang dilancarkan terhadap Kekaisaran Romawi Timur oleh Khilafah Bani Umayyah di bawah pimpinan Khalifah Muawiyah I. Khalifah Muawiyah I, yang naik takhta pada tahun 661 seusai Perang Saudara Kaum Muslim I, kembali memerangi Kekaisaran Romawi Timur selepas jeda beberapa tahun, dengan harapan dapat menaklukkan seluruh negara kekaisaran itu dengan cara merebut ibu kotanya, Konstantinopel. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: EpikurosHubungan Romawi dengan TiongkokSOLRAD 1

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 7 (10 Februari 2020 s.d. 16 Februari 2020)
Perjanjian Brest-Litovsk

Traktat adalah sebuah perjanjian yang dibuat di bawah hukum internasional oleh beberapa pihak yang utamanya adalah negara, walaupun ada juga perjanjian yang melibatkan organisasi internasional. Traktat merupakan salah satu sumber hukum internasional. Hal-hal yang terkait dengan perjanjian internasional diatur dalam Konvensi Wina tentang Hukum Perjanjian tahun 1969, dan sebagian dari isinya kini dianggap melambangkan kebiasaan internasional sehingga menjadi norma hukum internasional yang mengikat. Pada dasarnya praktik perjanjian internasional diatur oleh asas pacta sunt servanda, yang berarti perjanjian tersebut mengikat semua pihak yang berjanji untuk melaksanakan kewajibannya dengan iktikad baik. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 8 (17 Februari 2020 s.d. 23 Februari 2020)
Muhammad bin Yahya

Muhammad bin Yahya atau yang lebih dikenal dengan gelar "Pangeran Noto Igomo" adalah seorang ulama Indonesia kelahiran Hadramaut yang menjadi mufti Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura pada masa kekuasaan Sultan Aji Muhammad Alimuddin (1899-1910). Noto Igomo adalah gelar yang diberikan oleh Sultan Aji Muhammad Alimuddin, gelar tersebut adalah gelar tertinggi yang diberikan pihak kesultanan karena jasa-jasanya dalam mengembangkan agama Islam. Di samping mengurus dan mengajarkan agama, dia juga memperhatikan masalah kesejahteraan rakyat dengan cara mengajak masyarakat menggarap perkebunan. Bersama masyarakat, dia kemudian membuka perkebunan kelapa di Sangkulirang, Kutai Timur; perkebunan rotan di Sandaran, Kutai Timur; dan perkebunan karet di Bukit Jering, Muara Kaman, Kutai Kartanegara. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: TraktatPengepungan Konstantinopel (674–678)Epikuros

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 9 (24 Februari 2020 s.d. 1 Maret 2020)
Diagram waktu paruh nuklida-nuklida yang telah ditemukan

Pulau kestabilan adalah sekumpulan isotop dari unsur superberat yang diprediksi memiliki waktu paruh yang jauh lebih panjang daripada isotop-isotop superberat yang telah diketahui. Menurut prediksi ini, isotop-isotop tersebut akan muncul sebagai "pulau" di tabel nuklida, terpisah dari isotop-isotop stabil dan isotop radioaktif "primordial" yang berumur panjang. Secara teori, kestabilan anggota pulau ini terjadi akibat efek "bilangan ajaib" proton dan neutron yang menambah kestabilan inti atom. Jika berhasil ditemukan, anggota-anggota pulau ini diprediksi berada di penghujung tabel periodik yang telah diketahui, dengan jumlah neutron melebihi isotop-isotop yang telah ditemukan saat ini. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 10 (2 Maret 2020 s.d. 8 Maret 2020)
Penggambaran Zenobia sebagai maharani di bagian depan koin Antoninianus (272 M)

Zenobia adalah Ratu Kekaisaran Tadmur (juga disebut Palmira) di wilayah Siria pada abad ke-3. Zenobia menjadi wali penguasa untuk anaknya, Vaballathus, dan memegang kekuasaan secara de facto. Pada tahun 270, Zenobia melancarkan sebuah serangan yang menjadikannya sebagai penguasa seluruh wilayah Timur Romawi, bahkan ia berhasil mengambil alih wilayah Mesir. Setelah Kaisar Romawi Aurelianus mengobarkan perang melawannya pada tahun 272, Zenobia menyatakan anaknya sebagai kaisar dan mengambil gelar maharani. Namun, setelah berlangsungnya pertempuran yang sengit, bangsa Romawi berhasil memenangi perang melawan Zenobia. Sang ratu terkepung di ibu kotanya dan ditangkap oleh Kaisar Aurelianus. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pulau kestabilan nuklirMuhammad bin YahyaTraktat

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 11 (9 Maret 2020 s.d. 15 Maret 2020)
Poster film

Ouw Peh Tjoa, juga dikenal dengan judul Melayu Doea Siloeman Oeler Poeti en Item, adalah film Hindia Belanda tahun 1934. Film ini disutradarai dan diproduseri The Teng Chun. Diadaptasi dari Legenda Siluman Ular Putih, sebuah cerita rakyat Tiongkok, film ini mengisahkan seekor ular ajaib yang hidup sebagai manusia tetapi akhirnya mati. Film yang kemungkinan hilang ini memiliki satu sekuel, Anaknja Siloeman Oeler Poeti, yang dirilis tahun 1936. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ZenobiaPulau kestabilan nuklirMuhammad bin Yahya

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 12 (16 Maret 2020 s.d. 22 Maret 2020)
Perpecahan politik umat Islam di tengah Perang Saudara Islam II, sekitar tahun 686. Dalam waktu kurang dari setahun, Marwan mengembalikan kekuasaan Umayyah (yang tadinya hanya di sebagian Syam) ke wilayah berwarna merah.

Marwan bin al-Hakam adalah khalifah Umayyah keempat, yang berkuasa kurang dari setahun pada 684–685. Awalnya ia adalah seorang katib pada masa sepupunya Khalifah Utsman, dan ikut terluka saat para pemberontak mengepung rumah Utsman dan membunuhnya. Ia lalu menjadi wali negeri Madinah di bawah pemerintahan kerabatnya Muawiyah bin Abi Sufyan, pendiri Kekhalifahan Umayyah. Ia terpilih sebagai khalifah dalam sebuah pertemuan kabilah setelah meninggalnya Muawiyah bin Yazid di tengah berkecamuknya Perang Saudara Islam II. Ia menjadi khalifah pertama dari trah Marwani, menggantikan para khalifah sebelumnya yang merupakan keturunan Abu Sufyan. Setelah berkuasa, ia mengembalikan kekuasaan Umayyah di Mesir, Palestina, dan Syam Utara, serta mengirim pasukan ke Irak sebelum meninggal dan digantikan oleh putranya Abdul Malik. Keturunannya berhasil melanggengkan kekuasaan Umayyah hingga tahun 750. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ouw Peh TjoaZenobiaPulau kestabilan nuklir

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 13 (23 Maret 2020 s.d. 29 Maret 2020)
Batu Rosetta

Batu Rosetta adalah sebuah prasasti bertulisan Mesir Kuno yang pertama ditemukan pada zaman modern. Batu hitam besar ini pertama kali ditemukan pada 1799 dan mengandung tiga versi dari sebuah maklumat atas nama Raja Ptolemaios V. Ketiga versi ini masing-masing ditulis dalam Bahasa Mesir Kuno beraksara hieroglif, Bahasa Mesir Kuno beraksara demotik, dan bahasa Yunani Kuno. Karena redaksi maklumat ini hampir sama dalam ketiga versi bahasa dan tulisan, Batu Rosetta pun dimanfaatkan sebagai kunci penerjemahan aksara hieroglif Mesir, yang pada akhirnya meluaskan wawasan mengenai sejarah kuno Mesir. Batu ini awalnya ditemukan dekat kota Rasyid (Rosetta) oleh pasukan Napoleon yang melakukan ekspedisi militer di Mesir. Saat Prancis dikalahkan Britania, batu ini diserahkan dan dibawa ke London. Hingga kini, batu ini dipajang di British Museum dan merupakan obyek dengan pengunjung terbanyak di museum tersebut. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Marwan bin al-HakamOuw Peh TjoaZenobia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 14 (30 Maret 2020 s.d. 5 April 2020)
Poster

Srigala Item (juga dipasarkan dengan judul Belanda De Zwarte Wolf) adalah film Hindia Belanda tahun 1941 yang disutradarai Tan Tjoei Hock dan diproduseri The Teng Chun untuk Action Film. Dibintangi Hadidjah, Mohammad Mochtar, dan Tan Tjeng Bok, alur film ini (terinspirasi oleh Zorro) mengisahkan seorang pemuda yang menjadi penghakim bertopeng yang hendak balas dendam terhadap pamannya. Srigala Item sukses di pasaran yang menurut Misbach Yusa Biran disebabkan oleh alur eskapismenya. Salinan film hitam putih yang memakai musik keroncong ini disimpan di Sinematek Indonesia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Batu RosettaMarwan bin al-HakamOuw Peh Tjoa

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 15 (6 April 2020 s.d. 12 April 2020)
Tulisan karya Epifanius dari Salamis, Panarion, merupakan sumber utama mengenai Injil orang Ebionit.

Injil orang Ebionit merupakan nama konvensional yang diberikan oleh para ahli kepada sebuah naskah apokrifa Perjanjian Baru yang hanya terlestarikan dalam tujuh kutipan singkat dalam Panarion, tulisan mengenai ajaran-ajaran sesat karya Epifanius dari Salamis. Ada ahli modern yang menganggap Epifanius keliru menafsirkan naskah itu sebagai "Injil orang Ibrani", yang diyakininya sebagai versi yang disingkat dan diubah dari Injil Matius. Kutipan-kutipan itu termaktub dalam suatu polemik yang menjabarkan ketidaksesuaian ajaran dan praktik sekte Kristen Yahudi yang dikenal sebagai kaum Ebionit, jika dibandingkan dengan ajaran yang didasarkan dari Kredo Nikea. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Srigala ItemBatu RosettaMarwan bin al-Hakam

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 16 (13 April 2020 s.d. 19 April 2020)
Surya Vergina

Makedonia adalah sebuah kerajaan kuno yang terletak di pinggiran Yunani pada masa Arkais dan Klasik, dan kemudian menjadi negara yang dominan di Yunani pada masa Helenistik. Kerajaan ini dibentuk oleh Dinasti Argeadai, tetapi dalam sejarahnya juga pernah dikuasai oleh Dinasti Antipatridai dan Antigonidai. Kerajaan tempat tinggal orang Makedonia Kuno ini mula-mula berpusat di bagian timur laut Semenanjung Yunani, yang berbatasan dengan Epiros di barat, Paionia di utara, Trakia di timur, dan Tesalia di selatan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Injil orang EbionitSrigala ItemBatu Rosetta

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 17 (20 April 2020 s.d. 26 April 2020)
Kiblat dari Yogyakarta

Kiblat adalah arah yang digunakan umat Islam dalam berbagai konteks ibadah, termasuk salat. Arah ini menuju kepada bangunan Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah. Dikenal dua cara menghadap kiblat, yaitu jihatul ka'bah (kira-kira mengarah ke Ka'bah) atau 'ainul ka'bah (persis mengarah). Saat ini, definisi teknis kiblat yang paling umum adalah arah yang ditunjukkan lingkaran besar pada bola dunia yang menghubungkan suatu tempat dengan Ka'bah, sehingga memungkinkan perhitungan arah kiblat dengan rumus trigonometri menggunakan koordinat setempat serta koordinat Ka'bah. Dalam dua kali setahun (yaitu 28 Mei pukul 16.18 WIB dan 16 Juli pukul 16.27 WIB) Ka'bah berada di bawah posisi matahari sehingga arah kiblat dapat diketahui dari bayangan benda tegak. Dalam arsitektur masjid, umumnya terdapat mihrab yaitu sebuah relung yang menunjukkan sisi kiblat. Umat Islam awal menggunakan metode-metode tradisional untuk mencari arah kiblat dari tempat yang jauh dari Mekkah. Sejak berkembangnya astronomi di Dunia Islam, berbagai metode matematis ditemukan oleh para ilmuwan, termasuk Habasy al-Hasib, An-Nairizi, dan Ibnu Yunus. Kini, umat Islam juga menggunakan alat bantu seperti kompas kiblat dan perangkat lunak untuk menemukan arah ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Makedonia (kerajaan kuno)Injil orang EbionitSrigala Item

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 18 (27 April 2020 s.d. 3 Mei 2020)
Ilustrasi sebuah virion SARS-CoV-2, penyebab pandemi koronavirus 2019–2020.

Virus adalah agen infeksi berukuran sangat kecil (umumnya 20 hingga 300 nanometer) yang bereproduksi di dalam sel inang yang hidup. Virus sendiri tidak memiliki sel; virus memperbanyak diri dengan memaksa sel inangnya membuat salinan identik virus tersebut dengan cepat. Virus terdiri dari dua atau tiga bagian: semua memiliki materi genetik (dapat berupa DNA atau RNA, molekul panjang yang mengandung gen) serta mantel protein untuk melindungi gen, dan sebagian virus memiliki selubung berupa lemak yang melindungi dua bagian sebelumnya tetapi dapat dihancurkan oleh sabun. Virus menyebar dengan berbagai cara: ada yang melalui batuk dan bersin (seperti virus influenza), dari makanan atau minuman yang terkontaminasi (Rotavirus), serangga pengisap darah (dengue), dan hubungan seks (HIV). Lebih dari 4.800 spesies virus telah digolongkan oleh ilmuwan, dan banyak di antaranya menyebabkan penyakit pada hewan dan tumbuhan, termasuk penyakit-penyakit manusia yang umum, seperti pilek dan cacar air, serta berbagai epidemi serius maupun pandemi seperti AIDS, Ebola, influenza, SARS, dan COVID-19. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: KiblatMakedonia (kerajaan kuno)Injil orang Ebionit

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 19 (4 Mei 2020 s.d. 10 Mei 2020)
Ilustrasi teknik raycasting

Wolfenstein 3D adalah sebuah permainan tembak-menembak orang-pertama yang dibuat oleh id Software, diterbitkan oleh Apogee Software dan FormGen, dan dirilis pada 1992 untuk sistem operasi MS-DOS. Permainan ini mengandalkan teknik grafika raycasting (ilustrasi lihat gambar) yang dirancang oleh John Carmack. Tokoh utama permainan ini adalah B.J. Blazkowicz, mata-mata Sekutu dalam Perang Dunia II yang melarikan diri dari penjara Jerman Nazi dan menjalankan misi-misi penting melawan Nazi. Wolfenstein 3D adalah karya besar kedua dari id Software, dan awalnya dirilis sebagai dua set yang masing-masing terdiri dari tiga episode, menggunakan model distribusi kongsi (shareware): episode pertama digratiskan untuk menarik minat pembeli untuk episode-episode selanjutnya. Episode tambahan berjudul Spear of Destiny dirilis sebagai produk terpisah oleh FormGen. Wolfenstein 3D mendapat tanggapan positif oleh pembeli maupun pengamat, mendapat berbagai penghargaan, dan terjual hingga 200.000 unit sebelum akhir 1993. Permainan ini dianggap berperan memopulerkan genre permainan tembak-menembak orang pertama dan menciptakan standar aksi serba-cepat dan kemampuan teknologi yang akan diikuti genre ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pengantar tentang virusKiblatMakedonia (kerajaan kuno)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 20 (11 Mei 2020 s.d. 17 Mei 2020)
Ketopong Benty Grange

Ketopong Benty Grange adalah sebuah ketopong berjambul celeng peninggalan suku bangsa Anglo-Saxon dari abad ke-7 tarikh Masehi. Ketopong ini ditemukan oleh Thomas Bateman pada tahun 1848 saat mengekskavasi sebuah tumulus di lahan usaha tani Benty Grange, bagian dari civil parish Monyash yang terletak di ujung barat wilayah county Derbyshire. Gundukan makam ini agaknya sudah pernah dijarah pada saat diekskavasi oleh Thomas Bateman, tetapi masih menyimpan barang-barang peninggalan kalangan berstatus ningrat yang menimbulkan kesan bahwa di dalamnya pernah terpendam banyak sekali barang bekal kubur bernilai tinggi, misalnya saja sisa-sisa kepingan sebuah mangkuk gantung. Ketopong ini sekarang terpajang di Museum Weston Park setelah dibeli oleh museum tersebut dari ahli waris Thomas Bateman pada tahun 1893. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Wolfenstein 3DPengantar tentang virusKiblat

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 21 (18 Mei 2020 s.d. 24 Mei 2020)
Bendera Suku Bangsa Tatar Krimea

Deportasi Tatar Krimea adalah pembersihan etnis yang berdampak terhadap setidaknya 191.044 orang Tatar dari Krimea pada 18–20 Mei 1944. Deportasi ini dilancarkan oleh Lavrentiy Beria, kepala polisi rahasia dan keamanan negara Soviet, yang bertindak atas nama Josef Stalin. Dalam waktu tiga hari, polisi rahasia NKVD menggunakan kereta-kereta ternak untuk mendeportasi orang-orang Tatar Krimea, termasuk wanita, anak-anak, lansia, dan bahkan komunis dan anggota Tentara Merah. Mereka dipindahkan secara paksa ke Uzbekistan yang terletak ribuan kilometer jauhnya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ketopong Benty GrangeWolfenstein 3DPengantar tentang virus

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 22 (25 Mei 2020 s.d. 31 Mei 2020)
I. M. Pei di Luksemburg pada tahun 2006

I. M. Pei adalah seorang arsitek Tionghoa Amerika. Nama Pei mulai mencuat setelah ia merancang bangunan National Center for Atmospheric Research di Colorado pada tahun 1961. Berkat pencapaiannya ini, ia terpilih sebagai perancang Perpustakaan John F. Kennedy di Massachusetts. Pada awal dasawarsa 1980-an, Pei menuai kontroversi karena ia merancang sebuah piramida kaca dan baja untuk Museum Louvre di Paris. Pada tahun 1983, ia memenangkan Penghargaan Pritzker, yang terkadang disebut Penghargaan Nobel untuk bidang arsitektur. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Deportasi Tatar KrimeaKetopong Benty GrangeWolfenstein 3D

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 23 (1 Juni 2020 s.d. 7 Juni 2020)
Pertempuran Lepanto

Perang Utsmaniyah–Venesia pecah antara Kesultanan Utsmaniyah dan Republik Venesia dari tahun 1570 hingga 1573. Venesia kemudian juga dibantu Liga Suci, koalisi negara-negara Kristen yang dibentuk Paus Pius V. Perang ini terjadi pada masa pemerintahan Sultan Selim II, dimulai dengan invasi Utsmaniyah terhadap Pulau Siprus, jajahan Republik Venesia. Ibu kota Siprus, Nikosia, dan sejumlah kota lain direbut dalam waktu singkat oleh bala tentara Utsmaniyah yang jauh lebih kuat. Famagusta sempat bertahan selama 11 bulan, tetapi bala bantuan terhadap kota tersebut datang terlambat sehingga jatuh pada Agustus 1571. Dua bulan kemudian, armada laut Liga Suci datang dan menghancurkan armada Utsmaniyah dalam Pertempuran Lepanto. Kesultanan Utsmaniyah dapat memulihkan kekuatan tempur angkatan lautnya dalam waktu singkat. Alhasil, Venesia terpaksa meminta damai, mengakui kekuasaan Utsmaniyah di Siprus, dan membayar 300.000 keping dukat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: I. M. PeiDeportasi Tatar KrimeaKetopong Benty Grange

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 24 (8 Juni 2020 s.d. 14 Juni 2020)
Hasil angiogram pada pengidap hipertensi paru tromboemboli kronis

Hipertensi paru adalah peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah arteri yang berasal dari jantung menuju paru-paru yang menyebabkan jantung sebelah kanan bekerja lebih keras. Gejala yang timbul adalah gejala khas yang akan ditemukan pada seseorang dengan gagal fungsi jantung kanan yaitu sesak napas, napas pendek atau terputus-putus, nyeri dada, mudah lelah saat beraktivitas, batuk, pusing hingga pingsan. Penyakit ini merupakan penyakit langka dengan prevalensi secara global adalah 6,6 hingga 26 kasus per 1 juta orang dewasa. Penderita hipertensi paru yang tidak ditangani dapat bertahan hidup sekitar 2,8 hingga 3 tahun. Penyakit ini tidak bisa sembuh dan penderitanya harus mengonsumsi obat seumur hidup. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 25 (15 Juni 2020 s.d. 21 Juni 2020)
Dewa Osiris, Anubis, dan Horus.

Agama Mesir Kuno adalah bentuk kepercayaan dan ritual politeisme nan kompleks yang melekat pada masyarakat Mesir Kuno. Agama ini berpusat pada interaksi orang-orang Mesir dengan dewa-dewi yang mereka yakini muncul dan mengendalikan kekuatan alam. Ritual-ritual seperti doa dan pemberian persembahan merupakan upaya agar mendapat pertolongan dari para dewa. Praktik keagamaan formal tertumpu pada firaun, sang penguasa Mesir yang dipercaya memiliki kekuatan suci karena kedudukannya. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 26 (22 Juni 2020 s.d. 28 Juni 2020)
Ranavalona I

Ranavalona I adalah penguasa Kerajaan Madagaskar dari tahun 1828 hingga 1861. Ia menjadi ratu setelah kematian suami mudanya, Radama I. Ranavalona menerapkan kebijakan isolasionisme dan swasembada, mengurangi hubungan ekonomi dan politik dengan negara-negara Eropa, memukul mundur serangan Prancis di kota pesisir Foulpointe, dan mengambil langkah-langkah keras untuk membasmi pergerakan Kristen di Madagaskar yang sebelumnya diprakarsai oleh anggota London Missionary Society pada masa pemerintahan Radama I. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 27 (29 Juni 2020 s.d. 5 Juli 2020)
SMS Goeben

SMS Goeben merupakan kapal penjelajah tempur kelas Moltke kedua sekaligus terakhir yang dimiliki oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jerman. Kapal ini dibuat pada periode 1909–1911 dan kemudian diserahkan kepada Angkatan Laut Kesultanan Utsmaniyah pada masa Perang Dunia I, tiga tahun setelah beroperasi di Angkatan Laut Jerman. SMS Goeben merupakan salah satu kapal tempur tercanggih pada masanya dan terlibat berbagai peristiwa penting selama Perang Dunia I. Jika dibandingkan dengan kapal perang milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris dari kelas yang serupa, SMS Goeben memiliki sistem persenjataan dan perlindungan yang lebih baik. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ranavalona IAgama Mesir KunoHipertensi paru

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 28 (6 Juli 2020 s.d. 12 Juli 2020)
Peta wilayah Asia Kecil Bizantium dan wilayah perbatasan Bizantium–Arab kr. 780

Invasi Asia Kecil oleh Abbasiyah pada tahun 806 adalah operasi militer terbesar yang pernah diluncurkan oleh Kekhalifahan Abbasiyah terhadap Kekaisaran Bizantium (Romawi Timur). Serangan ini dipimpin langsung oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid (berkuasa 786–809), dengan maksud membalas serangan-serangan Bizantium ke daerah tsugur (zona perbatasan kekhalifahan) dan menunjukkan kekuatan Abbasiyah terhadap Kaisar Bizantium, Nikeforos I (berkuasa 802–811). Pasukan besar Abbasiyah, yang menurut sumber Muslim berjumlah lebih dari 135.000 orang (mungkin jumlah sebenarnya tidak sebesar ini), bertolak dari Ar-Raqqah pada 11 Juni 806, melintasi daerah Kilikia dan Pegunungan Taurus, lalu menyerbu daerah Kapadokia di Asia Kecil. Pasukan Abbasiyah tidak menghadapi perlawanan berarti dan bebas memorakmorandakan wilayah tersebut. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: SMS GoebenRanavalona IAgama Mesir Kuno

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 29 (13 Juli 2020 s.d. 19 Juli 2020)
Sebuah pesawat McDonnell Douglas DC-9 milik JAT Airways yang identik dengan JAT Penerbangan 367.

Vesna Vulović adalah seorang pramugari asal Serbia. Ia memecahkan rekor dunia Guinness karena berhasil selamat dari terjun tanpa parasut dengan ketinggian 10.160 m. Ia jatuh dari pesawat setelah terjadinya sebuah ledakan di kompartemen bagasi JAT Penerbangan 367 pada 26 Januari 1972. Menurut para penyelidik keselamatan penerbangan, pemicu ledakan ini adalah bom di dalam sebuah tas kantor. Pemerintah Yugoslavia menduga bahwa pelakunya adalah kelompok nasionalis Kroasia, tetapi tidak ada satu pun pelakunya yang telah ditangkap. Pesawat tersebut jatuh di dekat Srbská Kamenice, Cekoslowakia. Vesna merupakan satu-satunya korban selamat dari peristiwa ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Invasi Asia Kecil oleh Abbasiyah (806)SMS GoebenRanavalona I

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 30 (20 Juli 2020 s.d. 26 Juli 2020)
Tentara Salib bermaksud menuju Edessa, terlihat di sini di sebelah kanan peta ini (s.1140), dialihkan ke Damaskus oleh Raja Baldwin III dari Yerusalem.

Pengepungan Damaskus terjadi antara 24 Juli dan 29 Juli 1148, selama Perang Salib Kedua. Pengepungan ini berakhir dengan kekalahan telak tentara salib dan menyebabkan disintegrasi tentara salib. Dua pasukan utama Kristen yang melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki ke Tanah Suci sebagai respons atas seruan Paus Eugenius III dan Bernardus dari Clairvaux untuk Perang Salib Kedua dipimpin oleh Louis VII dari Prancis dan Conrad III dari Jerman. Keduanya menghadapi perjalanan jauh yang membawa bencana di sepanjang Anatolia pada bulan-bulan berikutnya, dengan sebagian besar tentara mereka hancur. Fokus awal Perang Salib ini adalah Edessa (Sanli Urfa), namun di Yerusalem, target pilihan Raja Baldwin III dan Ksatria Templar adalah Damaskus. Di Dewan Akko, para tokoh terkemuka dari Prancis, Jerman, dan Kerajaan Yerusalem memutuskan untuk mengalihkan perang salib ke Damaskus. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 31 (27 Juli 2020 s.d. 2 Agustus 2020)
Nu, perwujudan perairan primordial, mengangkat barque dewa matahari Ra ke langit pada saat penciptaan.

Mitologi Mesir adalah himpunan mitos-mitos dari Mesir kuno, yang melukiskan tindakan-tindakan para dewa Mesir sebagai sarana untuk memahami dunia. Keyakinan-keyakinan yang terkandung dalam mitos-mitos ini merupakan bagian penting dalam agama Mesir kuno. Mitos-mitos sering muncul dalam sastra dan Seni Mesir Kuno, terutama dalam cerita-cerita pendek dan materi keagamaan seperti nyanyian pujian, teks ritual, teks pemakaman, dan dekorasi kuil. Sumber-sumber ini jarang berisi versi lengkap sebuah mitos dan kebanyakan hanya mengandung bagian penggambaran singkatnya saja. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 32 (3 Agustus 2020 s.d. 9 Agustus 2020)
Wilayah kekuasaan Jerman pada puncak kejayaannya pada masa Perang Dunia II (akhir 1942)

Jerman Nazi adalah nama umum Jerman antara tahun 1933 dan 1945, ketika Adolf Hitler dan Partai Nazi (NSDAP) yang ia pimpin menguasai negara dengan sistem kediktatoran. Di bawah pemerintahan Hitler, Jerman diubah menjadi negara totaliter dan hampir seluruh aspek kehidupan dikendalikan oleh pemerintah. Rasisme, terutama antisemitisme, menjadi bagian dari ideologi rezim ini. Rezim Nazi tumbang setelah Sekutu mengalahkan Jerman pada bulan Mei 1945, sehingga mengakhiri Perang Dunia II di Eropa. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Mitologi MesirPengepungan Damaskus (1148)Vesna Vulović

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 33 (10 Agustus 2020 s.d. 16 Agustus 2020)
Kematian Kleopatra karya Reginald Arthur, 1892

Kematian Kleopatra, penguasa terakhir Kerajaan Wangsa Ptolemaios di Tanah Mesir, terjadi pada tanggal 10 atau 12 Agustus 30 SM, di Aleksandria. Ketika itu, Kleopatra berumur 39 tahun. Menurut anggapan umum, Kleopatra bunuh diri dengan cara membiarkan dirinya dipatuk seekor beludak. Menurut sejarawan Yunani dan Romawi, Kleopatra meracuni diri sendiri dengan sarana baluran beracun atau benda runcing semisal tusuk konde. Sebagian besar keterangan sumber primer mengenai akhir hayat Kleopatra berasal dari karya-karya tulis para pujangga Romawi Kuno, yakni Strabo, Plutarkos, dan Kasius Dio. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Jerman NaziMitologi MesirPengepungan Damaskus (1148)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 34 (17 Agustus 2020 s.d. 23 Agustus 2020)
Sebuah benteng pengintai Belanda di perlintasan Ciater

Pertempuran Perlintasan Ciater adalah sebuah pertempuran yang berlangsung dari 5 hingga 7 Maret 1942 sebagai bagian dari kampanye Hindia Belanda antara pasukan invasi Jepang melawan pasukan kolonial Belanda yang didukung oleh pesawat-pesawat tempur dari Angkatan Udara Britania Raya. Pertempuran ini memperebutkan Perlintasan Ciater yang memiliki peranan strategis dalam upaya pertahanan kota Bandung. Setelah pasukan Jepang mendarat di Pulau Jawa dan merebut Lapangan Udara Kalijati, tentara Belanda mundur dari kota Batavia (kini Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor). Mereka juga mempersiapkan garis pertahanan di perlintasan gunung menuju Bandung guna menunda pasukan Jepang hingga satuan-satuan tentara Belanda yang mundur beserta sekutu Australia dapat bergabung. Tentara Jepang yang dipimpin Kolonel Toshinari Shōji memutuskan untuk menyerbu garis tersebut untuk mencegah serangan balik, saat tentara Belanda masih terpencar. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kematian KleopatraJerman NaziMitologi Mesir

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 35 (24 Agustus 2020 s.d. 30 Agustus 2020)
Kendali wilayah pada masa puncak perang (685–686)

Perang Saudara Islam II adalah sebuah konflik internal umat Islam pada awal Kekhalifahan Umayyah. Khalifah Muawiyah, pendiri dinasti Umayyah, meninggal pada 680 dan digantikan oleh putranya sendiri, Yazid, yang menghadapi berbagai perlawanan. Husain bin Ali diajak untuk melengserkan kekuasaan Umayyah, tetapi ia dan rombongan kecilnya terbunuh dalam Pertempuran Karbala. Para pendukung keluarganya terus menjalankan perlawanan hingga dikalahkan Umayyah dalam Pertempuran Ain al-Wardah pada 685. Pihak lain yang menentang kekuasaan Umayyah adalah Abdullah bin az-Zubair, yang mendirikan kekhalifahan tandingan di Mekkah yang diterima luas oleh wilayah-wilayah Muslim. Kekuasaan atas kekhalifahan kembali ke tangan Umayyah di pada masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan, yang berhasil mengalahkan Ibnu az-Zubair dalam Pertempuran Maskin (691), dan membunuhnya dalam pertempuran Pengepungan Mekkah (692). Peristiwa-peristiwa dalam konflik ini mempertajam perselisihan yang kelak menjadi akar munculnya golongan Sunni dan Syiah. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pertempuran Perlintasan CiaterKematian KleopatraJerman Nazi

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 36 (31 Agustus 2020 s.d. 6 September 2020)
Meriam Seri Rambai di Benteng Cornwallis, George Town, Penang, Malaysia.

Seri Rambai adalah sebuah meriam Belanda abad ke-17 yang kini berada di Benteng Cornwallis di George Town, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO dan ibu kota negara bagian Penang, Malaysia. Meriam tersebut merupakan meriam perunggu terbesar di Malaysia, diperbincangkan dalam berbagai legenda dan ramalan maupun sebagai simbol kesuburan. Meriam tersebut didatangkan ke Selat Malaka pada awal 1600an, saat Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) mempersembahkannya kepada Sultan Johor demi mendapatkan konsesi dagang. Pada tahun 1613, Kesultanan Aceh menyerang dan menghancurkan Johor, menawan Sultannya serta membawa pulang Seri Rambai ke Aceh. Menjelang akhir abad ke-18, meriam tersebut dikirim Aceh ke Selangor dan ditempatkan di sebelah salah satu benteng dekat kota tersebut. Pada 1871, pemerintah kolonial Britania (Inggris) menyerang Selangor sebagai balasan atas serangan bajak laut. Britania membakar kota tersebut, menghancurkan bentengnya dan merampas Seri Rambai. Meriam tersebut lalu disimpan di Esplanade di George Town, dan pada 1950-an dipindahkan ke Benteng Cornwallis. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 37 (7 September 2020 s.d. 13 September 2020)
Sampul buku versi 1975 terbitan Penerbit - Distributor Bulan Bintang.

Di Bawah Lindungan Ka'bah adalah novel sekaligus karya sastra klasik Indonesia yang ditulis oleh Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau lebih dikenal dengan Hamka. Novel ini diterbitkan pada tahun 1938 oleh Balai Pustaka, penerbit nasional Hindia Belanda. Novel ini menceritakan tentang kisah percintaan antara Hamid dan Zainab, yang sama-sama jatuh cinta tetapi terpisah mulai dari karena perbedaan latar belakang sosial hingga Zainab yang dihadapkan oleh permintaan ibunya agar menikah dengan laki-laki yang telah dipilihkan. Pada akhir cerita, Hamid memutuskan pergi ke Mekkah, kemudian terus beribadah hingga akhirnya meninggal di hadapan Ka'bah setelah mengetahui Zainab meninggal. Novel ini disambut baik dari berbagai kalangan, bahkan hingga saat ini telah diadaptasikan menjadi film sebanyak dua kali, masing-masing dengan judul yang sama yaitu pada tahun 1981 dan 2011. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 38 (14 September 2020 s.d. 20 September 2020)
Pengambilan Paksa Edgardo Mortara karya Moritz Daniel Oppenheim, 1862. Gambaran peristiwa dalam lukisan ini agak menyimpang dari catatan sejarah. Menurut catatan sejarah, tidak ada rohaniwan yang hadir saat pelaksanaan pengambilan paksa.

Kasus Mortara adalah cause célèbre di Italia yang menyita perhatian masyarakat Eropa dan Amerika Utara pada era 1850-an dan 1860-an. Kasus ini berkisar seputar tindakan pengambilan paksa yang dilakukan pemerintah Negara Gereja di Bologna terhadap Edgardo Mortara, seorang kanak-kanak Yahudi yang baru berumur enam tahun, atas dasar pengakuan seorang mantan pelayan keluarga Mortara bahwa Edgardo sudah ia baptis darurat saat sakit semasa bayi. Edgardo tumbuh menjadi pemeluk agama Kristen Katolik di bawah asuhan Paus Pius IX, yang selalu menolak memulangkan Edgardo setiap kali diminta kembali oleh ayah dan ibu kandungnya. Edgardo akhirnya menjadi seorang imam Katolik. Kecaman terhadap tindakan pengambilan paksa ini, baik dari dalam maupun dari luar negeri, menjadi salah satu dari sekian banyak faktor penyebab runtuhnya Negara Gereja pada masa penyatuan Italia. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 39 (21 September 2020 s.d. 27 September 2020)
Pertempuran antara tentara VOC dan Trunajaya, digambarkan di buku cerita Belanda tahun 1890.

Pemberontakan Trunajaya adalah pemberontakan yang dilakukan oleh bangsawan Madura Raden Trunajaya dan sekutunya pasukan dari Makassar terhadap Kesultanan Mataram yang dibantu oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) di Jawa pada dekade 1670-an, dan berakhir dengan kemenangan Mataram dan VOC. Perang ini berawal dengan kemenangan pihak pemberontak: pasukan Trunajaya mengalahkan pasukan kerajaan di Gedogog (1676), lalu berhasil menduduki hampir seluruh pantai utara Jawa dan merebut keraton Mataram di Keraton Plered (1677). Raja Amangkurat I meninggal ketika melarikan diri dari keraton. Ia digantikan oleh anaknya, Amangkurat II yang meminta bantuan kepada VOC dan menjanjikan pembayaran dalam bentuk uang dan wilayah. Keterlibatan VOC berhasil membalikkan situasi. Pasukan VOC dan Mataram merebut kembali daerah Mataram yang diduduki, dan merebut ibu kota Trunajaya di Kediri (1678). Pemberontakan terus berlangsung hingga Trunajaya ditangkap VOC pada akhir 1679, dan juga kekalahan, kematian atau menyerahnya pemimpin pemberontakan lain (1679–1680). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kasus MortaraDi Bawah Lindungan Ka'bah (novel)Seri Rambai

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 40 (28 September 2020 s.d. 4 Oktober 2020)
Seekor banteng jantan

Banteng adalah spesies hewan yang sekerabat dengan sapi dan ditemukan di berbagai wilayah Asia Tenggara. Banteng jantan dan betina memiliki perbedaan yang mencolok (dimorfisme seksual): pejantan biasanya berkulit cokelat gelap atau hitam, berbadan besar dan kekar, sedangkan banteng betina lebih langsing dan memiliki kulit cokelat muda. Banteng memiliki bercak besar berwarna putih di bagian bokong. Baik pejantan maupun betina memiliki tanduk, umumnya dengan panjang 60 hingga 75 cm. Ilmuwan umumnya membaginya menjadi tiga subspesies: banteng jawa, banteng indocina, dan banteng kalimantan. Banteng liar biasanya lebih besar dibandingkan banteng yang telah didomestikasi oleh manusia. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 41 (5 Oktober 2020 s.d. 11 Oktober 2020)
Arca Giovanni Villani di Loggia del Mercato Nuovo

Giovanni Villani adalah bankir sekaligus pejabat, diplomat, dan penulis tawarikh Italia asal Firenze yang menyusun Nuova Cronica, pustaka sejarah Firenze. Hal yang membedakan karyanya dari rekan-rekan sezamannya di Eropa pada Akhir Abad Pertengahan adalah minat maupun penjabaran Villani mengenai data ekonomi, informasi statistik, serta tinjauan politik dan psikologi. Meskipun demikian, menurut sejarawan Kenneth R. Bartlett, berbeda dari para penerusnya pada era Renaisans, "penumpuan pada unsur-unsur seperti inayah ilahi dalam karya tulisnya membuat Villani terhubung erat dengan tradisi penulisan tawarikh Italia khas Abad Pertengahan." Dengan tema-tema tersirat yang berulang kali dimunculkan kembali melalui uraian peristiwa-peristiwa penting dalam Nuova Cronica, Villani menonjolkan tiga asumsi mengenai kaitan dosa dan akhlak dengan peristiwa-peristiwa sejarah, yakni asumsi bahwa perbuatan berlebih-lebihan akan mendatangkan malapetaka, bahwa kebenaran tak henti-hentinya bertarung melawan kebatilan, dan bahwa kejadian-kejadian dipengaruhi secara langsung oleh kehendak Allah. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: BantengPemberontakan TrunajayaKasus Mortara

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 42 (12 Oktober 2020 s.d. 18 Oktober 2020)
Erwin Arnada

Erwin Arnada adalah seorang wartawan, sutradara, dan produser film Indonesia. Terlahir dari keluarga Muslim yang taat di Jakarta, Arnada mulai tertarik pada dunia jurnalistik pada tahun 1984, dan setelah bekerja sebentar sebagai fotografer, ia diterima magang di surat kabar mingguan Editor. Sejak tahun 1990, ia bekerja sebagai editor di berbagai media cetak, termasuk dalam tabloid kontroversial Monitor. Arnada memasuki dunia perfilman Indonesia pada tahun 2000, memproduseri sejumlah film yang diproduksi oleh Rexinema. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Giovanni VillaniBantengPemberontakan Trunajaya

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 43 (19 Oktober 2020 s.d. 25 Oktober 2020)
Rumah milik Mao di Shaoshanchong pada 2010; Luo tinggal di rumah tersebut setelah menikah.

Luo Yixiu (20 Oktober 1889 – 11 Februari 1910) adalah istri pertama pemimpin politik dan revolusioner Tiongkok Mao Zedong. Menurut Mao, ia dan Luo Yixiu dijodohkan oleh ayah mereka masing-masing, Mao Yichang dan Luo Helou. Luo berusia delapan belas tahun dan Mao berusia empat belas tahun pada saat bertunangan. Meskipun mau mengikuti upacara pernikahan, Mao mengaku bahwa ia tidak senang dengan pernikahan tersebut, tidak pernah berhubungan seks dengan Luo, dan menolak untuk tinggal dengannya. Dengan menanggung malu di masyarakat, Luo tinggal dengan orang tua Mao selama dua tahun, hingga akhirnya meninggal karena disentri, sementara Mao berpindah dari desa tersebut dan melanjutkan pembelajarannya di tempat lain, kemudian menjadi seorang anggota pendiri Partai Komunis Tiongkok. Berbagai biografer menyatakan bahwa pengalamannya menikah dengan Luo menjadikannya pengkritik tradisi perjodohan dan seorang pembela hak perempuan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Erwin ArnadaGiovanni VillaniBanteng

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 44 (26 Oktober 2020 s.d. 1 November 2020)
Gambar Luther sedang memasangkan 95 Tesis di pintu Gereja Wittenburg pada 1517, karya Ferdinand Pauwels.

95 dalil Luther atau 95 Tesis adalah sebuah daftar proposisi untuk perdebatan akademik yang ditulis pada 1517 oleh Martin Luther, profesor teologi moral di Universitas Wittenberg, Jerman. 95 Tesis mengangkat tuntutan-tuntutan Luther terhadap apa yang ia anggap sebagai praktik penyalahgunaan oleh kaum rohaniwan yang menjual indulgensi penuh, dalam bentuk sertifikat yang dipercaya mengurangi hukuman atau siksa dosa temporal atas dosa-dosa. Luther mengirim 95 Tesis beserta sebuah surat kepada Albertus dari Brandenburg, Uskup Agung Mainz, pada 31 Oktober 1517, tanggal yang sekarang dianggap sebagai awal mula Reformasi Protestan dan dirayakan setiap tahun sebagai Hari Reformasi. 95 Tesis dengan cepat dicetak ulang, diterjemahkan, dan disebarkan di seluruh Jerman dan Eropa. Para superior (atasan) gerejawi Luther membuatnya diadili dengan tuduhan bidah, yang berpuncak pada ekskomunikasinya pada 1521. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Luo YixiuErwin ArnadaGiovanni Villani

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 45 (2 November 2020 s.d. 8 November 2020)
Mandar dengkur

Mandar dengkur adalah burung Rallidae besar tak terbang, satu-satunya anggota dari genus Aramidopsis. Burung ini endemik di Indonesia yang ditemukan di vegetasi yang lebat di daerah basah dari Sulawesi dan Buton di dekatnya. Burung ini memiliki bagian bawah abu-abu, dagu putih, sayap coklat, dan belang berwarna karat pada leher belakang. Kedua jenis kelamin hampir sama, tetapi betina memiliki belang pada leher dan paruh berwarna cerah dan selaput pelangi yang berbeda warna. Suara khasnya adalah suara mendengkur ee-orrrr yang memberikan namanya pada bahasa Inggris. Habitatnya yang tidak dapat diakses dan alam terpencil berarti bahwa mandar dengkur jarang terlihat dan sedikit yang diketahui tentang perilakunya. Hanya bulu dewasa yang telah dideskripsikan, dan perilaku pembiakannya tidak tercatat. Burung ini memakan kepiting kecil dan mungkin mangsa kecil lain seperti kadal. Meskipun dilindungi oleh hukum Indonesia sejak tahun 1972, burung ini terancam oleh hilangnya habitat (bahkan di dalam cagar alam), perburuan makanan dan predasi oleh spesies pendatang; oleh karena itu dievaluasi sebagai spesies rentan pada Daftar Merah Spesies Terancam IUCN. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: 95 dalil LutherLuo YixiuErwin Arnada

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 46 (9 November 2020 s.d. 15 November 2020)
Benteng Somba Opu

Sejarah awal Gowa dan Tallo dimulai pada sekitar abad ke-14, saat negeri Gowa yang bersuku Makassar muncul sebagai entitas agraris di Sulawesi Selatan, Indonesia. Tallo didirikan dua abad setelahnya oleh seorang pangeran Gowa yang melarikan diri ke daerah pantai setelah kalah dalam perang takhta. Tallo yang berada di pesisir berkembang melalui perdagangan maritim, sementara Gowa tumbuh pesat berkat intensifikasi pertanian padi; hutan-hutan dibabat untuk dijadikan sawah. Gowa dan Tallo menjadi sekutu dekat pada abad ke-16, memperbaharui sistem pemerintahan maupun militer, dan bersama-sama mendominasi sebagian besar semenanjung Sulawesi Selatan. Benteng Somba Opu (gambar) dibangun sebagai sebagai salah satu pusat kekuatannya. Pada sekitar 1600, pasangan kerajaan ini memeluk agama Islam, mengalahkan musuh-musuhnya, dan menjadi kerajaan terkuat di Indonesia Timur. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Mandar dengkur95 dalil LutherLuo Yixiu

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 47 (16 November 2020 s.d. 22 November 2020)
Penggambaran Perpustakaan Aleksandria karya seniman Jerman O. Von Corven dari abad ke-19. Gambar ini didasarkan pada bukti arkeologi yang tersedia pada masa tersebut.

Perpustakaan Aleksandria di kota Aleksandria, Mesir merupakan salah satu perpustakaan terbesar dan terpenting pada zaman kuno. Perpustakaan ini merupakan bagian dari sebuah lembaga penelitian yang lebih besar, Mouseion, yang dipersembahkan untuk para Musai (sembilan dewi yang melambangkan seni). Gagasan mengenai sebuah perpustakaan untuk segala bidang di Aleksandria mungkin diusulkan oleh Demetrios dari Faleron (seorang negarawan asal Athena yang menjalani pengasingannya di Aleksandria) kepada Raja Ptolemaios I Soter pada zaman Helenistik. Rancangan untuk mendirikan perpustakaan ini mungkin sudah disusun pada masa raja tersebut, tetapi perpustakaan ini kemungkinan baru dibangun pada masa pemerintahan anaknya, yaitu Ptolemaios II Filadelfos. Berkat dukungan dari raja-raja Wangsa Ptolemaios, perpustakaan ini dengan segera memperoleh banyak sekali gulungan papirus. Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah gulungan papirus yang disimpan di perpustakaan ini, tetapi perkiraannya berkisar antara 40.000 hingga 400.000 gulungan.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sejarah awal Gowa dan TalloMandar dengkur95 dalil Luther

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 48 (23 November 2020 s.d. 29 November 2020)
Lukisan karya Thomas Whitcombe yang menggambarkan pelabuhan Batavia pada tahun 1806.

Penyerangan Batavia merupakan upaya Angkatan Laut Britania Raya dalam menghancurkan skuadron Belanda di Jawa, Hindia Belanda, yang menjadi ancaman bagi aktivitas pelayaran Britania di Selat Malaka. Armada Britania yang dikomandoi oleh Laksamana Sir Edward Pellew memimpin pelayaran empat kapal tiang, dua fregat, dan satu kapal brig menuju Batavia (kini Jakarta) untuk menyerang armada Belanda yang terdiri dari sejumlah kapal tiang dan beberapa kapal yang lebih kecil. Namun, kapal-kapal besar Belanda telah berlayar menuju Gresik satu bulan sebelumnya, dan pasukan Britania hanya menemukan fregat Phoenix dan beberapa kapal kecil yang sedang merapat di pelabuhan. Semua kru kapal tersebut memilih untuk melarikan diri daripada harus berurusan dengan pasukan Pellew. Kapal-kapal yang ditinggalkan kemudian dibakar, dan Pellew, yang tidak menyadari keberadaan armada Belanda di Gresik, kembali ke markasnya di Madras pada musim dingin. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 49 (30 November 2020 s.d. 6 Desember 2020)
Laksamana Sir Edward Pellew karya James Northcote.

Penyerangan Gresik adalah serangan Britania Raya terhadap pelabuhan Belanda di Griessie (kini Gresik) di Pulau Jawa, Hindia Belanda, pada bulan Desember 1807 selama Perang Napoleon. Serangan ini merupakan aksi terakhir dalam serangkaian pertempuran antara skuadron Britania di Samudra Hindia dengan angkatan laut Belanda di Pulau Jawa. Pertempuran ini berakhir dengan skuadron Britania menghancurkan dua kapal tiang Belanda, kapal perang terakhir yang dimiliki oleh Belanda di wilayah tersebut. Skuadron Britania di bawah komando Laksamana Sir Edward Pellew (gambar) berusaha untuk melumpuhkan Belanda dalam upayanya untuk menguasai rute perdagangan dengan Tiongkok di Selat Malaka; kapal-kapal Britania sering kali dijarah oleh perompak Belanda yang beroperasi dari pelabuhan utama di Batavia (kini Jakarta). Pada musim panas 1806, fregat Britania melakukan pengintaian di Laut Jawa dan dicegat oleh dua fregat Belanda, yang mendorong Pellew untuk melancarkan serangan besar-besaran di Batavia yang mengakibatkan hancurnya fregat terakhir milik Belanda. Sebelum penyerangan Batavia, Laksamana Belanda, Hartsink, telah memerintahkan agar kapal-kapalnya berlayar ke arah timur dan berlindung di Gresik, dekat Surabaya. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 50 (7 Desember 2020 s.d. 13 Desember 2020)
Jomo Kenyatta

Jomo Kenyatta adalah seorang pejuang kemerdekaan dan politikus Kenya yang menjabat sebagai Perdana Menteri dari tahun 1963 hingga 1964 dan berikutnya menjabat sebagai Presiden dari tahun 1964 hingga 1978. Ia adalah kepala pemerintahan pertama di Kenya yang memiliki latar belakang penduduk asli, dan ia berperan penting dalam mengantarkan Kenya dari yang tadinya merupakan jajahan Imperium Britania menjadi sebuah negara yang merdeka. Secara ideologi, ia menganut paham nasionalisme Afrika dan konservatisme. Ia memimpin partai Kenya African National Union (KANU) dari tahun 1961 hingga kematiannya. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 51 (14 Desember 2020 s.d. 20 Desember 2020)
Kavaleri Prusia dan Austria bertarung dalam Pertempuran Mollwitz, lukisan karya August Heinrich Ferdinand Tegetmeyer

Perang Schlesien I adalah konflik antara Prusia melawan Austria yang berlangsung dari tahun 1740 hingga 1742, dengan hasil Prusia merebut sebagian besar wilayah Schlesien (kini terletak di Polandia barat daya) dari Austria. Perang ini meletus di wilayah Schlesien, Moravia, dan Bohemia, serta merupakan bagian dari Perang Penerus Austria. Perang ini merupakan salah satu dari tiga Perang Schlesien yang pecah pada pertengahan abad ke-18 demi menguasai wilayah tersebut; pada akhirnya Prusia tetap menjadi penguasa Schlesien. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Jomo KenyattaPenyerangan GresikPenyerangan Batavia (1806)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 52 (21 Desember 2020 s.d. 27 Desember 2020)

Pertapaan Trappist Lamanabi adalah suatu kompleks biara para rahib Katolik dari Ordo Trapis (O.C.S.O.) yang terletak di Desa Lamanabi, Tanjung Bunga, di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Pertapaan ini didirikan secara resmi pada tahun 1996 sebagai biara cabang dari Pertapaan Santa Maria Rawaseneng yang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Dengan mengikuti yang termuat dalam Peraturan Santo Benediktus, dan sebagaimana para rahib/rubiah lainnya dari Ordo Trapis, para rahib Lamanabi hidup mandiri dengan mengelola berbagai usaha sendiri untuk menafkahi hidup, misalnya memproduksi lilin, dan mengerjakan sendiri semua pekerjaan rumah tangga biara. Pertapaan Lamanabi dikenal sebagai tempat "pilihan peziarah" yang mencari "keheningan dan kedamaian"; Frans Seda dan beberapa pimpinan Kompas Gramedia tercatat pernah "berziarah" ke pertapaan ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Perang Schlesien IJomo KenyattaPenyerangan Gresik

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 53 (28 Desember 2020 s.d. 3 Januari 2021)
Peninggalan sejarah yang mungkin menggambarkan Gilgamesh sebagai Penguasa Binatang. Ia memegang seekor singa di tangan kirinya dan ular di tangan kanannya. Penggambaran ini dapat ditemui di relief istana Asiria dari Dur-Sharrukin yang kini disimpan di Louvre

Gilgamesh adalah sosok raja dalam sejarah negara-kota Uruk di Sumeria yang juga menjadi tokoh pahlawan dalam mitologi Mesopotamia Kuno dan tokoh utama dalam Epos Gilgamesh, sebuah epos yang ditulis dalam bahasa Akkadia pada akhir milenium kedua SM. Ia kemungkinan berkuasa pada kisaran tahun 2800-2500 SM dan didewakan setelah ia meninggal. Ia menjadi tokoh utama dalam legenda Sumeria pada masa Dinasti Ketiga Ur (sekitar 2112 – 2004 SM). Legenda Gilgamesh dikisahkan dalam lima puisi Sumeria yang masih lestari hingga kini. Dari antara kelima puisi ini, yang tertua mungkin adalah Gilgamesh, Enkidu, dan Dunia Bawah. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pertapaan Trappist LamanabiPerang Schlesien IJomo Kenyatta

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu



> Arsip