Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan kebijakan resmi di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang normalnya harus diikuti oleh semua pengguna. Perubahan yang dibuat harus mendapatkan konsensus terlebih dahulu.
Artikel pilihan:

Suatu artikel pilihan mencerminkan hasil karya terbaik Wikipedia dan menampilkan standar profesional penulisan, presentasi, dan pengutipan sumber. Di samping tunduk terhadap semua kebutuhan standar bagi artikel Wikipedia, artikel-artikel pilihan memiliki karakteristik berikut.

  1. Artikel:
    1. ditulis dengan baik: prosanya memiliki alur dan perumusan kalimat yang baik, bahkan luar biasa.
    2. komprehensif: membahas semua fakta dan rincian utama serta tidak memiliki pranala merah yang terlalu banyak.
    3. diteliti dengan baik: pernyataan-pernyataannya dapat dipastikan ke sumber tepercaya dan secara akurat merepresentasikan materi pengetahuan yang terpublikasi; pernyataan didukung dengan bukti spesifik dan kutipan luar (lihat pemastian dan sumber tepercaya); ini mencakup pengisian bagian "Referensi" yang mencantumkan sumber, dilengkapi dengan kutipan dalam badan artikel.
    4. netral: mewakili pandangan secara adil dan tanpa bias (lihat sudut pandang netral); namun, artikel tidak harus memberikan liputan terhadap pandangan minoritas secara berimbang.
    5. stabil: bukan merupakan medan perang suntingan dan bahwa isinya tidak berubah secara berarti dari hari ke hari; pembalikan vandalisme dan pengembangan berdasarkan usulan peninjau tidak termasuk dalam pengertian ini.
  2. Ia sesuai dengan standar yang diatur dalam pedoman gaya dan ProyekWiki yang sesuai, termasuk menyediakan:
    1. pembukaan: sebuah bagian pembuka yang menyimpulkan seluruh topik dan mempersiapkan pembaca untuk rincian lebih lanjut dalam bagian-bagian berikutnya;
    2. struktur yang tepat: sistem hierarki judul yang substansial tetapi tidak membingungkan (lihat bantuan bagian); serta
    3. catatan kaki yang konsisten: sesuai yang disyaratkan oleh kriteria 1c, kutipan dalam baris yang terformat secara konsisten dengan metode catatan kaki (<ref>Badu 2010, hlm. 2</ref>) atau pereferensian Harvard (Badu 2010, hlm. 2)—lihat kutip sumber tulisan untuk informasi metode pemformatan referensi yang disarankan, dan informasi yang perlu dicantumkan. Tidak harus menggunakan templat pengutipan.
  3. Berkas media. Artikel memiliki gambar yang tepat untuk subjek, dengan keterangan gambar yang mencukupi dan status hak cipta yang dapat diterima. Gambar harus taat dengan kebijakan penggunaan gambar. Gambar atau media nonbebas harus memenuhi kriteria pemuatan isi nonbebas dan diberi label yang sesuai.
  4. Panjang artikel. Artikel memiliki panjang yang pantas; tetap fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali rincian yang tak perlu (lihat gaya ringkasan).

Lihat pula[sunting sumber]