Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Artikel bagus · Artikel pilihan · Gambar pilihan · Daftar pilihan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 269 artikel pilihan dari 362.941 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.349 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Djadoeg Djajakusuma

Djadoeg Djajakusuma adalah pemeran dan sutradara film Indonesia yang pernah bermain dalam film Perempuan Dalam Pasungan pada tahun 1980. Film yang disutradarainya banyak dibintangi oleh para aktris terkenal pada waktu itu seperti Rd Ismail, Bambang Hermanto, Titi Savitri, dan Sulastri. Lahir dari seorang bangsawan dan istrinya di Temanggung, Jawa Tengah, Djajakusuma mulai memahami kesenian pada masa muda dan memilih untuk berkarier dalam dunia teater. Pada masa pendudukan Jepang dari 1943 sampai 1945, ia menjadi penerjemah dan aktor, dan pada masa revolusi nasional yang berlangsung selama empat tahun, ia bekerja pada divisi pendudukan militer, beberapa agen berita, dan dalam drama. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Felice BeatoPlanetKedok Ketawa

ArsipArtikel pilihan lainnya...


Felice Beato

Felice Beato adalah fotografer ItaliaBritania. Ia adalah salah satu orang pertama yang memotret di Asia Timur dan salah satu fotografer perang pertama. Dia terkenal dengan foto-foto genre art, potret, serta pemandangan dan panorama arsitektur dan lanskap di Asia dan wilayah Mediterania. Perjalanan Beato memberinya kesempatan untuk menciptakan gambaran dari negara-negara, orang-orang, serta peristiwa yang waktu itu terjadi di tempat yang jauh dan tidak akrab bagi kebanyakan orang di Eropa dan Amerika Utara. Foto-fotonya memberikan gambaran tentang berbagai peristiwa, seperti Pemberontakan di India 1857 dan Perang Candu Kedua, serta termasuk salah satu karya foto jurnalistik pertama. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: PlanetKedok KetawaPerang Boshin

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Gita Gutawa

Gita Gutawa adalah seorang penyanyi sopran, aktris, dan penulis lagu berkebangsaan Indonesia. Ia adalah putri dari komponis Erwin Gutawa. Meskipun pada awalnya sempat belajar piano, Gita kemudian beralih ke vokal. Bakatnya ditemukan pada tahun 2004 saat ia sedang berlatih vokal, kemudian diminta untuk berduet dengan ADA Band. Setelah merilis album duet Surga Cinta pada tahun 2005, yang terjual sebanyak 800.000 kopi, Gita ditawari oleh Sony Music Indonesia untuk merekam album solo. Keberhasilan album solo pertamanya, yang bertajuk Gita Gutawa, menyebabkan banyaknya tawaran akting dan penampilan media yang datang kepadanya. Sejak merilis album debutnya, ia telah menelurkan dua album, yakni Harmoni Cinta pada 2009 dan album religi Balada Shalawat pada 2010. Sebagai aktris, ia telah membintangi dua sinetron, yaitu Ajari Aku Cinta dan Ajari Lagi Aku Cinta. Gita juga turut menjadi pengisi suara dalam film animasi Meraih Mimpi, dan merintis debut akting filmnya dalam film Love in Perth pada tahun 2010. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Djadoeg DjajakusumaFelice BeatoPlanet

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula