Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 326 artikel pilihan dari 500.717 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.536 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
Menurut topik
Usulan

Artikel pilihan:

Hasil pemindaian mikroskop elektron yang menunjukkan suatu neutrofil (kuning) yang sedang menelan bakteri antraks (jingga)

Sistem imun adalah sebuah sistem yang terdiri dari sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas pertahanan suatu organisme dari penyakit. Untuk berfungsi dengan baik, sistem imun mengenali dan membunuh berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, agar sel dan jaringan organisme yang sehat tetap dapat berfungsi dengan normal. Patogen dapat berevolusi dan beradaptasi agar terhindar dari penghancuran oleh sistem imun, tetapi mekanisme pertahanan tubuh juga berevolusi untuk menetralkannya. Pada manusia dan vertebrata berahang lainnya, sistem imun dapat dibagi menjadi sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Tari Tumbu TanahBoeah RindoePenjarahan Amorion


Tari Tumbu Tanah yang juga dikenal dengan tarian ular

Tari Tumbu Tanah merupakan tari tradisional khas masyarakat Arfak yang tinggal di Manokwari. Tarian ini juga dikenal dengan nama tarian ular karena formasi tarian ini membentuk seekor ular yang melilitkan badannya di atas pohon. Tari Tumbu Tanah biasanya dilakukan untuk menyambut acara-acara penting, yaitu penyambutan tamu dari luar lingkungan masyarakat Arfak, kemenangan perang, dan perayaan pesta pernikahan. Tari Tumbu Tanah merupakan jati diri masyarakat Arfak karena semua gerakan, formasi, lagu pengiring, alat musik, serta aksesoris dalam tari Tumbu Tanah merupakan ciri khas masyarakat Arfak yang membedakannya dengan tarian suku-suku lain di daerah Papua. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Boeah RindoePenjarahan AmorionKampanye militer Kediri (1678)

Wajah seekor pug yang masih kecil

Pug adalah ras anjing dengan wajah yang berkerut, moncong yang pendek, tubuh berukuran sedang, dan ekor yang melingkar. Anjing pug juga memiliki berbagai warna, dengan warna yang paling umum adalah warna hitam dan coklat muda kekuningan. Pug dibawa dari Tiongkok ke Eropa pada abad ke-16 dan dipopulerkan di Eropa Barat oleh keluarga kerajaan Oranje dari Belanda dan keluarga kerajaan Stuart dari Britania. Di Britania Raya pada abad ke-19, Ratu Victoria sangat menyukai pug dan menularkan kesukaannya ini kepada anggota keluarga kerajaan lainnya. Pug dikenal sebagai anjing yang bersahabat dan lemah lembut. American Kennel Club mendeskripsikan anjing ini sebagai anjing yang "bertabiat tenang dan menawan". Pug tetap populer hingga abad ke-21 dan menjadi hewan peliharaan beberapa artis ternama. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sistem imunTari Tumbu TanahBoeah Rindoe


Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula