Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Artikel bagus · Artikel pilihan · Gambar pilihan · Daftar pilihan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 337 artikel pilihan dari 386.218 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.146 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Saint Young Men merupakan serial manga Jepang yang ditulis dan digambar oleh Hikaru Nakamura. Alurnya mengisahkan tentang Yesus Kristus dan Buddha Gautama, yang tinggal sebagai teman sekamar dalam sebuah apartemen di Tokyo. Manga tersebut diserialisasikan oleh Kodansha dalam majalah manga seinen bulanan Morning 2 sejak September 2006, dengan bab-bab yang dikumpulkan dalam dua belas tankōbon. A-1 Pictures mengadaptasi serial manga tersebut ke dalam dua DVD animasi asli dan sebuah film anime yang dirilis pada 10 Mei 2013. Di Jepang, manga Saint Young Men terjual lebih dari 10 juta salinan. Manga ini memperoleh Penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka dan masuk sebagai nominasi pada Festival Komik Internasional Angoulême. Adaptasi filmnya memperoleh sambutan baik dari publik Jepang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kekaisaran BrasilSinema TeluguArkea

ArsipArtikel pilihan lainnya...


Bendera Kekaisaran Brasil Kedua

Kekaisaran Brasil adalah sebuah negara yang berdiri pada abad ke-19 dan meliputi wilayah yang kini merupakan bagian dari Brasil dan Uruguay. Negara ini merupakan monarki konstitusional parlementer representatif yang dipimpin oleh Kaisar Dom Pedro I dan putranya, Dom Pedro II. Pada 7 September 1822, Pedro menyatakan kemerdekaan Brasil dan ia diangkat menjadi Kaisar Brasil pertama pada tanggal 12 Oktober setelah berhasil memenangkan perang melawan Portugal. Negara baru ini sangat besar, tetapi berpenduduk jarang dan memiliki keanekaragaman etnis. Walaupun berperan penting dalam memerdekakan Brasil, Pedro menjadi Raja Portugal pada tahun 1826. Karena merasa tidak mampu mengurus masalah Brasil dan Portugal secara bersamaan, Pedro I mengundurkan diri dari jabatan Kaisar Brasil pada tanggal 7 April 1831 dan kemudian langsung berangkat ke Eropa untuk mengembalikan putrinya ke tahta. Penerus Pedro I adalah putranya yang masih berumur lima tahun, Pedro II. Walaupun mewarisi negara yang berada di ambang kehancuran, setelah dewasa Pedro II berhasil membawa perdamaian dan kestabilan, serta membuat Brasil menjadi kekuatan internasional baru. Seiring bertambahnya umur Pedro, ia tidak mencoba mempertahankan institusi monarki. Karena ia tidak memiliki keturunan yang layak menjadi penerus. Meskipun sebagian besar orang Brasil tidak antusias dalam menerima bentuk pemerintahan republikan, pada tanggal 15 November 1889, setelah berkuasa selama 58 tahun, Pedro II dijatuhkan oleh kudeta yang hanya didukung oleh pemimpin-pemimpin militer yang bermaksud untuk mendirikan sebuah republik yang dikepalai oleh seorang diktator. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sinema TeluguArkeaYasser Arafat

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Lambertia Formosa

Lambertia formosa, biasanya dikenal sebagai iblis gunung, adalah jenis semak dari keluarga Proteaceae, tanaman endemik New South Wales, Australia. Pertama kali dideskripsikan pada tahun 1798 oleh ahli botani Inggris James Edward Smith, sebagai spesies jenis dari genus Lambertia. Umumnya ditemukan di pedalaman atau hutan terbuka, tumbuh di tanah batu berpasir. Tanaman ini tumbuh sebagai semak bertangkai banyak hingga setinggi 2 m (7 kaki) dengan bagian dasar disebut lignotuber, bagian tempat ia akan tumbuh kembali setelah mengalami kebakaran. Tanaman ini memiliki daun kecil yang kaku dan berwarna merah muda hingga merah pada bagian kepala bunga, terdiri atas tujuh bunga individu berbentuk tabung, dan umumnya tumbuh di musim semi dan musim panas. Ia memperoleh nama umum dari tanaman kayu berduri folikel yang umum digunakan untuk membuat boneka iblis mainan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Saint Young MenKekaisaran BrasilSinema Telugu

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula