Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 405 artikel pilihan dari 406.773 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.004 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Zubir Said adalah komponis Singapura pencipta lagu kebangsaan Majulah Singapura. Datang dari keluarga Minangkabau, ia belajar bermain musik secara otodidak. Ia menyusun sejumlah lagu untuk film-film Malaysia selama bekerja sebagai komposer musik film pada Cathay-Keris Film Productions. Ia dipercaya telah menulis sedikitnya 1.500 lagu, sepersepuluh dari jumlah itu sekurangnya pernah direkam. Karya Zubir dipandang luas sebagai lagu Melayu yang sebenarnya karena lagu-lagunya berkaitan dengan sejarah dan nilai-nilai Melayu dan, bersama orang Minang sezamannnya, membangkitkan semangat kebangsaan pada tahun 1950-an. Selain Majulah Singapura, Zubir menggubah lagu patriotik Semoga Bahagia yang dijadikan lagu tema Hari Anak-Anak Singapura. Ia menerima sejumlah penghargaan sampai akhir hayatnya dan secara anumerta atas kontribusinya dalam bidang musik dan kebudayaan Melayu di Singapura. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Fragmen (album)Kerusuhan Ürümqi Juli 2009Imelda Marcos


Siti Nurhaliza pada 13 Januari 2013

Fragmen adalah album studio keenam belas artis rekaman Malaysia Siti Nurhaliza (gambar) dan album berbahasa Melayu kelima belasnya. Album tersebut dirilis secara fisik pada 30 Juni 2014 oleh Universal Music Group (Malaysia) dalam kolaborasi dengan perusahaan rekaman miliknya sendiri, Siti Nurhaliza Productions. Secara lirik, sebagian besar lagu yang masuk dalam album tersebut terinspirasi oleh kehidupan dan pengalamannya. Produksi album tersebut dipandang sebagai kolaborasi antara komposer, pembuat lirik dan produser Malaysia dan Indonesia. Fragmen berisi empat singel untuk pasar Malaysia, Lebih Indah, Jaga Dia Untukku, Terbaik Bagimu dan Seluruh Cinta. Pada 21 Oktober 2014, Fragmen secara resmi diluncurkan di Indonesia. Lagu tambahan yang berisi sebuah duet dengan Cakra Khan, Seluruh Cinta, dirilis sebagai singel pertama Fragmen untuk pasar Indonesia pada hari yang sama. Pada 27 Agustus 2014, album tersebut mendapatkan sertifikasi Platinum setelah terjual lebih dari 10.000 keping. Kurang dari tiga bulan kemudian, Fragmen diperkirakan terjual sekitar 50.000 keping. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kerusuhan Ürümqi Juli 2009Imelda MarcosNASCAR

Isidor Isaac Rabi

Isidor Isaac Rabi adalah seorang fisikawan dan penerima Nobel Amerika, yang dianugerahi pada 1944 untuk penemuan resonansi magnetik nuklir, yang digunakan dalam pencitraan resonansi magnetik. Ia juga merupakan salah satu ilmuwan pertama di AS yang mengerjakan magnetron, yang digunakan dalam radar gelombang mikro dan oven gelombang mikro. Ia masuk Cornell University sebagai siswa teknik kelistrikan pada 1916, namun kemudian beralih ke kimia. Kemudian, ia meminati fisika. Ia melanjutkan studinya di Columbia University. Pada 1929, Columbia menawarkannya jabatan dosen. Pada masa Perang Dunia II, ia bekerja pada radar di Laboratorium Radiasi (RadLab) Massachusetts Institute of Technology dan pada Proyek Manhattan. Setelah perang, ia bertugas pada Komite Penasehat Umum Komisi Energi Atom, dan menjadi ketuanya dari 1952 sampai 1956. Ia juga bertugas pada Science Advisory Committees (SACs) dari Office of Defense Mobilization dan Ballistic Research Laboratory dari Angkatan Darat, dan menjadi Penasehat Sains untuk Presiden Dwight D. Eisenhower. Ia pensiun dari mengajar pada 1967 namun masih aktif dalam departemen dan menyandang gelar Profesor Emeritus Universitas dan Dosen Istimewa sampai kematiannya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Zubir SaidFragmen (album)Kerusuhan Ürümqi Juli 2009

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula