Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 465 artikel pilihan dari 423.625 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 911 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Eurydice pulchra, isopoda karnivora ditemukan di pantai berpasir

Isopoda adalah ordo (kelompok) dari krustasea yang meliputi kutu kayu, Ligia dan kerabatnya. Isopoda hidup di laut, di air tawar, atau di darat, dan sebagian besar adalah hewan keabu-abuan atau keputihan kecil dengan eksoskeleton (kerangka eksternal) kaku dan tersegmentasi. Mereka memiliki dua pasang antena, tujuh pasang kaki bersendi pada toraks, dan lima pasang embel-embel bercabang pada bagian abdomen yang digunakan dalam respirasi. Betina merawat anak mereka dalam kantong di bawah toraks mereka. Isopoda memiliki berbagai metode pemberian makan: beberapa makan tanaman dan hewan yang mati atau membusuk, yang lain perumput atau mendapatkan partikel makanan dari air di sekitar mereka, beberapa adalah predator, dan beberapa adalah parasit internal atau eksternal, sebagian besar pada ikan. Spesies air sebagian besar hidup di dasar laut atau di bawah perairan tawar, tetapi beberapa taksa yang lebih terderivasi (kelompok lanjutan) dapat berenang untuk jarak pendek. Bentuk terestrial bergerak dengan merangkak dan cenderung ditemukan dalam tempat dingin dan lembab. Beberapa spesies dapat menggulung diri menjadi bola untuk menghemat air atau sebagai mekanisme pertahanan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Hubungan Romawi dengan TiongkokIstana HeianPhineas dan Ferb


Sebuah ilustrasi kedutaan besar Romawi Timur menghadap Kaisar Tang Taizong pada 643

Hubungan Romawi dengan Tiongkok merujuk kepada sebagian besar kontak tak langsung, arus barang dagang, dan para penjelajah khusus antara Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Han dari Tiongkok, serta kemudian antara Kekaisaran Romawi Timur dan berbagai dinasti-dinasti Tiongkok. Kekaisaran-kekaisaran tersebut dekat dengan wilayah ekspansi Romawi di Timur Dekat kuno dan keberadaan militer Tiongkok Han di Asia Tengah. Kesadaran menguntungkan masih rendah dan pengetahuan tentang satu sama lain terbatas. Hanya sedikit upaya kontak langsung yang diketahui tercatat. Beberapa emisaris Romawi di Tiongkok dicatat oleh para sejarawan Tiongkok kuno. Pertukaran barang tak langsung di darat sepanjang Jalur Sutra dan rute laut meliputi sutra Tiongkok, barang pecah belah Romawi dan pakaian berkualitas tinggi. Koin-koin Romawi yang dicetak dari abad ke-1 Masehi ditemukan di Tiongkok, serta sebuah koin Maximianus dan medali-medali dari masa pemerintahan Antoninus Pius dan Marcus Aurelius di Vietnam, sumber-sumber Tiongkok pada wilayah yang sama mengklaim pendaratan pertama orang Romawi. Perangkat kaca dan perak Romawi ditemukan di situs arkeologi Tiongkok yang bermula pada zaman Han. Koin-koin dan gelas-gelas Romawi juga ditemukan di Jepang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Istana HeianPhineas dan FerbFilsafat budi

R. V. C. Bodley

Ronald Victor Courtenay Bodley (1892–1970) adalah seorang penulis, jurnalis dan perwira British Army. Lahir dari orangtua Inggris di Paris, ia tinggal di Perancis sampai berusia sembilan tahun, sebelum masuk Eton College dan kemudian Royal Military College, Sandhurst. Ia ditempatkan di King's Royal Rifle Corps dan bertugas pada Perang Dunia Pertama. Setelah perang, ia menjalani tujuh tahun di gurun Sahara, dan kemudian menjelajahi Asia. Bodley menulis beberapa buku tentang perjalanannya. Ia dianggap salah satu penulis Inggris paling menonjol tentang Sahara, serta salah satu sumber informasi barat utama tentang Mandat Pasifik Selatan. Bodley pindah ke Amerika Serikat pada 1935, dimana ia bekerja sebagai penulis naskah. Ia bergabung lagi dengan British Army saat Perang Dunia Kedua pecah dan dikirim ke Paris untuk bekerja pada Kementerian Informasi. Ia kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat, dimana ia masih bekerja sebagai penulis dan juga penasehat untuk Jawatan Informasi Perang Amerika Serikat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: IsopodaHubungan Romawi dengan TiongkokIstana Heian

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula