Wikipedia:Artikel pilihan/Daftar artikel pilihan 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021
Menurut topik
Usulan
1 Januari - 10 Januari
Florence Nightingale 1920 reproduction.jpg

Florence Nightingale (12 Mei 1820-13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern, penulis dan ahli statistik. Ia dikenal dengan nama Bidadari Berlampu (bahasa Inggris The Lady With The Lamp) atas jasanya yang tanpa kenal takut mengumpulkan korban perang pada perang Krimea, di semenanjung Krimea, Rusia. Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kiat juru rawat. Ia memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti kepada keperluan pasien dan penyusunan laporan mendetail menggunakan statistik sebagai argumentasi perubahan ke arah yang lebih baik pada bidang keperawatan di hadapan pemerintahan Inggris.

(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: HamsterFrauenkirche (Dresden)Gereja Katolik Roma


lihatbicarasuntingsejarah


11 Januari - 20 Januari
Dead Javan Rhino.jpg

Badak Jawa atau Badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak India dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Badak ini lebih kecil daripada badak India dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak Hitam. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya.

(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Florence Nightingale . Hamster . Frauenkirche (Dresden) . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


21 Januari - 30 Januari
Letak Gunung Tambora

Gunung Tambora (atau Tomboro) adalah sebuah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten yaitu, kabupaten Dompu (sebagian kaki sisi selatan sampai barat laut, dan kabupaten Bima (bagian lereng sisi selatan hingga barat laut, dan kaki hingga puncak sisi timur hingga utara), provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya pada 8°15' LS dan 118° BT. Gunung ini terletak baik di sisi utara dan selatan kerak oseanik. Tambora terbentuk oleh zona subduksi di bawahnya. Hal ini meningkatkan ketinggian Tambora sampai 4.300 m yang membuat gunung ini sebagai salah satu puncak tertinggi di Indonesia dan mengeringkan dapur magma besar di dalam gunung ini. Perlu waktu seabad untuk mengisi kembali dapur magma tersebut.

Artikel pilihan sebelumnya: Badak Jawa . Florence Nightingale . Hamster . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


31 Januari - 9 Februari
Thylacinus.jpg

Harimau Tasmania adalah binatang yang kebanyakan diketahui sebagai marsupial karnivora masa modern terbesar yang pernah diketahui. Binatang ini berasal dari Australia dan pulau Papua dan dinyatakan punah pada abad ke-20. Binatang ini disebut sebagai harimau Tasmania karena punggungnya yang bercorak belang, namun ada juga yang menyebutnya serigala Tasmania, dan secara percakapan juga disebut harimau Tassie (atau Tazzy) atau cukup harimau saja. Binatang ini adalah spesies terakhir dari genusnya, Thylacinus. Sebagaian besar spesiesnya ditemukan dalam bentuk fosil yang berasal dari awal zaman Miosen. Harimau Tasmania punah di daratan Australia ribuan tahun sebelum kedatangan bangsa Eropa di Australia, namun berhasil bertahan di pulau Tasmania bersama dengan sejumlah spesies endemik lainnya, termasuk setan Tasmania. Selain akibat perburuan berhadiah yang berlebihan, kepunahan hewan ini juga mungkin disebabkan oleh serangan penyakit, didatangkannya anjing, dan gangguan manusia terhadap habitatnya. Meskipun secara resmi dianggap telah punah, laporan tentang terlihatnya hewan ini masih ada.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Gunung Tambora . Badak Jawa . Florence Nightingale . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


10 Februari - 19 Februari
Perkiraan peningkatan temperatur sepanjang abad berikut

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Temperatur rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0,74 ± 0,18 °C (1,33 ± 0,32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa "sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Harimau Tasmania . Gunung Tambora . Badak Jawa . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


20 Februari - 29 Februari
Quba.jpg

Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pemanasan global . Harimau Tasmania . Gunung Tambora . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


1 Februari - 10 Maret
Amelia earhart.jpeg

Amelia Earhart (24 Juli 1897 – hilang 2 Juli 1937, dinyatakan tewas 5 Januari 1939), anak perempuan dari Edwin dan Amy Earhart, adalah seorang pelopor penerbangan, pengarang, dan pejuang hak wanita Amerika Serikat. Ia mendapat penghargaan itu karena ia adalah wanita pertama yang terbang sendiri menyebrangi samudera Atlantik. Ia juga membuat banyak rekor lainnya, menulis buku yang terjual paling banyak tentang pengalaman terbangnya, dan memiliki peran penting dalam pendirian Ninety-Nine, organisasi pilot wanita. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Masjid . Pemanasan global . Harimau Tasmania . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


11 Maret - 20 Maret
Mosque of Cordoba Spain.jpg

Al-Andalus adalah nama dari bagian Semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) yang diperintah oleh orang Islam, atau orang Moor, dalam berbagai waktu antara tahun 711 dan 1492. Al-Andalus juga sering disebut Andalusia, namun penggunaan ini memiliki keambiguan dengan wilayah administratif di Spanyol modern Andalusia. Masa kekuasaan Islam di Iberia dimulai sejak Pertempuran Guadalete, dimana pasukan Umayyah pimpinan Tariq bin Ziyad mengalahkan orang-orang Visigoth yang menguasai Iberia. Awalnya Al-Andalus merupakan provinsi dari Kekhalifahan Umayyah (711-750), lalu berubah menjadi sebuah keamiran (c. 750-929), sebuah kekhalifahan, (929-1031), dan akhirnya "taifa" yaitu kerajaan-kerajaan kecil pecahan dari kekhalifahan tersebut (1031-1492).(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Amelia Earhart . Masjid . Pemanasan global . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


21 Maret - 30 Maret
Map Indonesian religions.jpg

Agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan di dalam ideologi bangsa Indonesia, Pancasila: "Ketuhanan Yang Maha Esa". Sejumlah agama di Indonesia berpengaruh secara kolektif terhadap politik, ekonomi dan budaya. Di tahun 1998, kira-kira 88% dari 222 juta penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam, 5% Protestan, 3% Katolik, 2% Hindu, 1% Buddha, dan 1% kepercayaan lainnya. Dalam UUD 1945 dinyatakan bahwa "tiap-tiap penduduk diberikan kebebasan untuk memilih dan mempraktikkan kepercayaannya" dan "menjamin semuanya akan kebebasan untuk menyembah, menurut agama atau kepercayaannya". Pemerintah, bagaimanapun, secara resmi hanya mengakui enam agama, yakni Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Al-Andalus . Amelia Earhart . Masjid . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


31 Maret - 9 April
M leprae ziehl nielsen2.jpg

Kusta atau Lepra atau disebut juga Penyakit Morbus Hansen, Penyakit Hansen adalah sebuah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini adalah tipe penyakit granulomatosa pada saraf tepi dan mukosa dari saluran pernapasan atas; dan lesi pada kulit adalah tanda yang bisa diamati dari luar. Bila tidak ditangani, kusta dapat sangat progresif, menyebabkan kerusakan pada kulit, saraf-saraf, anggota gerak, dan mata. Tidak seperti mitos yang beredar di masyarakat, kusta tidak menyebabkan pelepasan anggota tubuh yang begitu mudah, seperti pada penyakit tzaraath, yang digambarkan pada alkitab dan sering disamakan dengan kusta.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Agama di Indonesia . Al-Andalus . Amelia Earhart . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


10 April - 19 April
Prince Hanzoku terrorised by a nine- tailed fox.jpg

Kitsune adalah sebutan untuk binatang rubah dalam bahasa Jepang. Dalam cerita rakyat Jepang, rubah sering ditampilkan dalam berbagai cerita sebagai makhluk cerdas dengan kemampuan sihirnya yang semakin sempurna sejalan dengan semakin bijak dan semakin tua rubah tersebut. Selain itu, rubah mampu berubah bentuk menjadi manusia. Dalam legenda, rubah sering diceritakan sebagai penjaga yang setia, teman, kekasih, atau istri, walaupun sering terdapat kisah rubah menipu manusia. Di zaman Jepang kuno, rubah dan manusia hidup saling berdekatan sehingga legenda tentang kitsune muncul dari persahabatan antara manusia dan rubah. Dalam kepercayaan Shinto, kitsune disebut Inari yang bertugas sebagai pembawa pesan dari Kami. Semakin banyak ekor yang dimiliki kitsune (kitsune bisa memiliki sampai 9 ekor), maka semakin tua, semakin bijak, dan semakin kuat pula kitsune tersebut. Sebagian orang memberi persembahan untuk kitsune karena dianggap memiliki kekuatan gaib.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kusta . Agama di Indonesia . Al-Andalus . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


20 April - 29 April
King Vulture 001.jpg

Hering Raja, atau Sarcoramphus papa, adalah spesies burung hering Dunia Baru yang hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Spesies ini masuk dalam famili Cathartidae. Burung Hering ini hidup di hutan tropis dataran rendah di Meksiko selatan sampai Argentina utara, walaupun ada pula yang mempercayai bahwa lukisan "Hering Berwarna" karya William Bartram di Florida mungkin merupakan lukisan spesies ini. Sejauh ini Hering Raja merupakan anggota satu-satunya genus Sarcoramphus yang diketahui. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kitsune . Kusta . Agama di Indonesia . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


30 April - 9 Mei
Handbook-map.jpg

Operasi Trikora, juga disebut Pembebasan Irian Barat, adalah konflik dua tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah West New Guinea. Pada tanggal 19 Desember 1961, Presiden Indonesia Soekarno mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Soekarno juga membentuk Komando Mandala. Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua Barat dengan Indonesia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Hering Raja . Kitsune . Kusta . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


10 April - 19 Mei
Varanus komodoensis1.jpg

Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Artikel pilihan sebelumnya: Operasi Trikora . Hering Raja . Kitsune . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


20 Mei - 29 Mei
Krisdayanti 2004 1.jpg

Krisdayanti, atau sering disingkat KD, Yanti dan Kris, (lahir 24 Maret 1975 di Malang, Jawa Timur) adalah seorang artis, penyanyi dan juga diva Indonesia. Krisdayanti adalah salah satu dari 6 "wanita paling berkilau di televisi" tahun 1996 versi tabloid Bintang Indonesia, dan juga merupakan salah satu dari 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007. Ia menduduki peringkat 31 pada daftar tersebut. Pada tahun 1997, Krisdayanti terpilih sebagai "The Best of Asia Bagus". Sejak album Menghitung Hari masuk ke Malaysia tahun 1998, Kris tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara.

Artikel pilihan sebelumnya: Biawak Komodo . Operasi Trikora . Hering Raja . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


30 Mei - 8 Juni
Yoweri Museveni.jpg

Yoweri Kaguta Museveni adalah Presiden Uganda sejak 29 Januari 1986. Museveni terlibat dalam perang yang menggulingkan pemerintahan Idi Amin dan pemberontakan yang kelak menyebabkan runtuhnya rezim Milton Obote. Kecuali di wilayah utara negaranya, Museveni telah berhasil menciptakan stabilitas yang relatif dan pertumbuhan ekonomi di sebuah negara yang telah puluhan tahun dikelola dengan salah, dan dilanda oleh kegiatan kaum pemberontak dan perang saudara. Pada masa jabatannya juga telah dilakukan kegiatan nasional yang paling efektif untuk menghadapi HIV/AIDS di Afrika. Pada pertengahan hingga akhir 1990-an, Museveni dipuji oleh Barat sebagai bagian dari generasi baru pemimpin Afrika, namun masa kepresidenannya dicemari oleh keterlibatan dalam perang saudara di Republik Demokratik Kongo dan konflik-konflik di wilayah Danau-danau Besar lainnya.

Artikel pilihan sebelumnya: Krisdayanti . Biawak Komodo . Operasi Trikora . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


9 Juni - 18 Juni

Soldiers Western Wall 1967.jpg Perang Enam Hari adalah peperangan antara Israel menghadapi gabungan tiga negara Arab, yaitu Mesir, Yordania, dan Suriah, dan ketiganya juga mendapatkan bantuan aktif dari Irak, Kuwait, Arab Saudi, Sudan dan Aljazair. Perang tersebut berlangsung selama 132 jam 30 menit (kurang dari enam hari); hanya di front Suriah saja perang berlangsung enam hari penuh. Pada akhir perang, tidak hanya berhasil menahan serangan ketiga negara tersebut, Israel juga berhasil merebut Yerusalem Timur, Jalur Gaza, Semenanjung Sinai, Tepi Barat, dan Dataran Tinggi Golan. Hasil dari perang ini mempengaruhi geopolitik kawasan Timur Tengah sampai hari ini.

Artikel pilihan sebelumnya: Yoweri Kaguta Museveni . Krisdayanti . Biawak Komodo . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


19 Juni - 28 Juni

Austerlitz-baron-Pascal.jpg

Peperangan era Napoleon adalah serangkaian peperangan yang terjadi selama Napoleon Bonaparte memerintah Perancis (1799-1815). Perang ini terjadi (khususnya) di benua Eropa, tetapi juga di beberapa tempat di benua lainnya dan merupakan kelanjutan dari perang yang dipicu oleh Revolusi Perancis pada tahun 1789. Perang ini menyebabkan perubahan besar pada sistem militer di Eropa terutama artileri dan organisasi militer. Pada masa inilah pertama kalinya diadakan wajib militer secara resmi sehingga jumlah tentara berlipat ganda. Kekuatan Perancis dengan cepat berkembang, menaklukkan sebagian besar Eropa dan juga cepat ambruknya setelah mengalami kekalahan telak dari Rusia pada tahun 1812. Setelah kekalahan ini Napoleon menyerah total, sehingga dinasti Bourbon kembali berkuasa di Perancis.

Artikel pilihan sebelumnya: Perang Enam Hari . Yoweri Kaguta Museveni . Krisdayanti . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


29 Juni - 7 Juli

Faroe stamp 403 sei whale (Balaenoptera borealis).jpg

Paus Sei (Balaenoptera borealis) adalah paus balin, rorqual terbesar ketiga setelah paus biru dan paus sirip. Binatang ini dapat ditemukan di belahan dunia di seluruh samudra dan tengah laut, dan menyukai perairan lepas pantai. Binatang ini cenderung menghindari kutub dan perairan tropis dan perairan yang setengah tertutup. Paus Sei bermigrasi setiap tahun dari perairan dingin dan subkutub di musim panas menuju perairan hangat dan subtropis di musim dingin, meskipun di kebanyakan wilayah rute migrasi yang tepat tidak diketahui. Karena perburuan komersial berskala besar terhadap spesies ini—antara abad ke-19 dan abad ke-20, lebih dari 238.000 ekor spesies diambil—paus Sei kini adalah spesies yang dilindungi dunia internasional, walaupun perburuan masih terjadi di bawah program penelitian yang kontroversial oleh Islandia dan Jepang. (Selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Peperangan era Napoleon . Perang Enam Hari . Yoweri Kaguta Museveni . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


8 Juli - 17 Juli

Coat of arms of Azerbaijan.svg

Republik Demokratik Azerbaijan (bahasa Azerbaijan: Azərbaycan Xalq Cümhuriyyəti) adalah republik demokratik dan sekuler pertama di dunia Muslim. Republik ini didirikan pada tanggal 28 Mei 1918, setelah jatuhnya kekaisaran Rusia yang dimulai dengan Revolusi Rusia tahun 1917. Kemerdekaannya dinyatakan oleh Dewan Nasional Azerbaijan di Tbilisi. Republik ini berbatasan dengan Rusia di utara, Republik Demokratik Georgia di barat-laut, Republik Demokratik Armenia di barat, dan Kekaisaran Persia di selatan. Luas negara ini secara kasar sekitar 120.000 km², dengan populasi 6 juta jiwa. Ganja merupakan ibu kota sementara republik ini karena Baku dikuasai oleh kaum Bolshevik. (Selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Paus Sei . Peperangan era Napoleon . Perang Enam Hari . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


18 Juli - 27 Juli

Milo Anjing.jpg

Petualangan Tintin (bahasa Perancis: Les Aventures de Tintin et Milou) adalah serial komik yang diciptakan oleh Hergé seorang artis dari Belgia. Hergé sendiri adalah pseudonim dari Georges Remi (19071983) yang dituliskan menjadi RG (dibaca sebagai Hergé dalam Bahasa Perancis). Serial ini pertama kali muncul dalam Bahasa Perancis sebagai lampiran anak-anak dari koran Belgia, Le Vingtième Siècle pada tanggal 10 Januari 1929. Petualangan Tintin sendiri menampilkan beberapa pemain yang saling melengkapi satu sama lainnya. Dari tahun ke tahun, serial ini menjadi bacaan favorit dan bahan kritikan dari para kritikus selama lebih dari 70 tahun. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Republik Demokratik Azerbaijan . Paus Sei . Peperangan era Napoleon . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


28 Juli - 6 Agustus

Orangmaen00003li5.jpg

Defense of the Ancients (atau disingkat DotA) adalah sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudul Warcraft III:Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan map "Aeon of Strife" dari permainan Blizzard lainnya, StarCraft. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan "Ancient" musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di setiap pojok kiri bawah dan kanan atas. Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut "hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh AI. Seperti dalam permainan peran (RPG), pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Petualangan Tintin . Republik Demokratik Azerbaijan . Paus Sei . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


7 Agustus - 16 Agustus

Surya Majapahit.jpg

Majapahit adalah sebuah kerajaan kuno di Indonesia yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389. Majapahit menguasai kerajaan-kerajaan lainnya di semenanjung Malaya, Borneo, Sumatra, Bali, dan Filipina. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu terakhir di semenanjung Malaya dan dianggap sebagai salah satu dari negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Kekuasaannya terbentang di Sumatra, semenanjung Malaya, Borneo dan Indonesia timur, meskipun wilayah kekuasaannya masih diperdebatkan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Defense of the Ancients . Petualangan Tintin . Republik Demokratik Azerbaijan . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


17 Agustus - 26 Agustus

National emblem of Indonesia Garuda Pancasila.svg

Republik Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, melintang di khatulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Karena letaknya yang berada di antara dua benua, dan dua samudra, ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Terdiri dari 17.508 pulau, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat dan presiden yang dipilih langsung. Ibu kota negara ialah Jakarta. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Majapahit . Defense of the Ancients . Petualangan Tintin . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


27 Agustus - 5 September

Kwonboa.jpg

BoA (권보아 Kwon, Boa; lahir 5 November 1986) adalah penyanyi pop Korea Selatan. Album dan singel BoA dirilis dalam bahasa Korea dan Jepang. Selain fasih dalam kedua bahasa tersebut, BoA lancar berbahasa Inggris dan sedang mempelajari bahasa Mandarin. BoA pernah berkolaborasi dengan artis-artis seperti Mondo Grosso, Westlife, Palm Drive, m-flo, Soul'd Out, dan Howie Dorough dari Backstreet Boys. Album kompilasi Best of Soul menjadikan BoA sebagai penyanyi Asia non-Jepang pertama yang albumnya laku lebih dari satu juta keping di Jepang. Semua album yang dirilis di Jepang (5 album studio dan 1 album kompilasi) berhasil menempati urutan nomor satu tangga album Oricon.

Artikel pilihan sebelumnya: Indonesia . Majapahit . Defense of the Ancients . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


6 September - 15 September

Weh Island.png

Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut pulau Sumatra. Pulau ini awalnya terhubung dengan pulau Sumatra dan kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman. Kota terbesar di pulau Weh, Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia. Pulau ini terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik kedalam maupun keluar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: BoA . Indonesia . Majapahit . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


16 September - 25 September

Andaman and Nicobar Islands in India.png

Kepulauan Andaman dan Nikobar adalah sebuah wilayah persatuan di India. Terletak di Samudra Hindia, kepulauan ini terdiri atas 2 kelompok utama — Kepulauan Andaman dan Kepulauan Nikobar — yang memisahkan Laut Andaman ke timur dari Samudra Hindia. Dua kelompok ini dipisahkan oleh 10° LU paralel, kepulauan Andaman membentang ke utara garis bujur ini, dan kepulauan Nikobar ke selatan. Ibu kota teritori ini ialah kota Port Blair di Andaman. Berdasarkan sensus terakhir (2001), wilayah persatuan ini memiliki penduduk sebesar 356.152 jiwa. Luas wilayah daratan Kepulauan Andaman dan Nikobar diperkirakan sekitar 8.249 km². (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pulau Weh . BoA . Indonesia . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


26 September - 5 Oktober

Ketupat2.jpg

Idul Fitri (Bahasa Arab: عيد الفطر ‘Īdu l-Fiṭr) adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda. Pada tanggal 1 Syawal, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan menyelenggarakan Shalat Ied bersama-sama di masjid-masjid, di tanah lapang, atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar) apabila area sebelumnya tidak cukup menampung jamaah. Begitu pula saat tiba Idul Adha. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kepulauan Andaman dan Nikobar . Pulau Weh . BoA . lainnya...



lihatbicarasuntingsejarah


6 Oktober - 15 Oktober

Asia minor 1140.jpg

Perang Salib Kedua (1145–1149) adalah Perang Salib kedua yang dilancarkan dari Eropa. Perang ini terjadi akibat jatuhnya County Edessa pada tahun sebelumnya. Edessa adalah negara-negara Tentara Salib yang pertama kali didirikan selama Perang Salib Pertama (10951099), dan juga negara yang pertama kali runtuh. Perang Salib Kedua diumumkan oleh Paus Eugenius III, dan merupakan Perang Salib pertama yang dipimpin oleh raja-raja Eropa, seperti Louis VII dari Perancis dan Conrad III dari Jerman, dengan bantuan dari bangsawan-bangsawan Eropa penting lainnya. Pasukan-pasukan kedua raja tersebut bergerak menyebrangi Eropa secara terpisah dan sedikit terhalang oleh kaisar Bizantium, Manuel I Comnenus; setelah melewati teritori Bizantium ke dalam Anatolia, pasukan-pasukan kedua raja tersebut dapat ditaklukan oleh bangsa Seljuk. Louis, Conrad, dan sisa dari pasukannya berhasil mencapai Yerusalem dan melakukan serangan yang "keliru" ke Damaskus pada tahun 1148. Perang Salib di Timur gagal dan merupakan kemenangan besar bagi orang Muslim. Kegagalan ini menyebabkan jatuhnya kota Yerusalem dan Perang Salib Ketiga pada akhir abad ke-12. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Idul Fitri . Kepulauan Andaman dan Nikobar . Pulau Weh . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


16 Oktober - 23 Oktober
Jackie Chan 2002-portrait.jpg

Jackie Chan adalah seorang aktor, sutradara, pemeran pengganti, produser, aktor bela diri, aktor komedi, penulis naskah layar lebar dan penyanyi dari Hong Kong. Dia adalah salah satu tokoh yang terkenal dalam seni bela diri (kung fu) dari China dan aktor layar lebar dunia yang terkenal dengan aksi pertarungan akrobatiknya, ahli penggunaan berbagai macam alat yang ditemui di sekitarnya sebagai senjata dan aktor laga yang memiliki banyak inovasi. Ia telah mendalami seni peran sejak tahun 1970-an, dan sudah tampil tak kurang dalam 100 film serta pernah menerima penghargaan di Hong Kong Avenue of Stars dan di Hollywood Walk of Fame. Selain berakting, dia adalah seorang bintang Cantopop dan Mandopop, dan sudah menerbitkan tidak kurang dari 20 album sejak tahun 1984 dan menyanyikan banyak musik tema dari film-film yang diperaninya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Perang Salib Kedua . Idul Fitri . Kepulauan Andaman dan Nikobar . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


24 Oktober - 2 November
Ganesha

Ganesa (bahasa Sanskerta: गणेश ; ganeṣa) adalah salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu dan banyak dipuja oleh umat Hindu, yang memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan. Lukisan dan patungnya banyak ditemukan di berbagai penjuru India; termasuk Nepal, Tibet dan Asia Tenggara. Dalam relief, patung dan lukisan, ia sering digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk. Ia dikenal pula dengan nama Ganapati, Winayaka dan Pilleyar. Dalam tradisi pewayangan, ia disebut Batara Gana, dan dianggap merupakan salah satu putera Batara Guru (Siwa). Berbagai sekte dalam agama Hindu memujanya tanpa mempedulikan golongan. Pemujaan terhadap Ganesa amat luas hingga menjalar ke umat Jaina, Buddha, dan di luar India. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Jackie Chan . Perang Salib Kedua . Idul Fitri . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


3 November - 12 November
Michael Schumacher-I'm the man (cropped).jpg

Michael Schumacher adalah seorang mantan pembalap Formula 1 asal Jerman. Schumacher pertama kali membalap di ajang Formula 1 pada tahun 1991, sejak saat itu ia telah menjuarai 91 balapan Formula 1 dan tujuh kali merebut gelar juara dunia (1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004). Schumacher mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang tersebut pada 10 September 2006, dan pensiun pada akhir musim 2006. Setelah pensiun, Schumacher masih terlibat dengan tim Ferrari untuk membina pembalap-pembalap muda seperti Kimi Raikkonen dan Felipe Massa. Schumacher merupakan satu dari sekian banyak legenda hidup Formula 1 yang sangat popular hingga saat ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ganesa . Jackie Chan . Perang Salib Kedua . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


13 November - 22 November

Peter Jennings.jpg

Peter Charles Archibald Ewart Jennings, CM adalah presenter berita dan wartawan Amerika Serikat kelahiran Kanada. Ia bertugas sebagai pembawa berita World News Tonight di stasiun televisi ABC dari tahun 1983 hingga meninggal dunia pada tahun 2005 akibat komplikasi yang menyertai kanker paru-paru. Pendidikan formal terakhirnya adalah sekolah menengah atas (tidak tamat). Walaupun demikian, Peter Jennings berhasil menjadi salah seorang wartawan terkemuka dalam sejarah pertelevisian Amerika Serikat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Michael Schumacher . Ganesa . Jackie Chan . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


23 November - 1 Desember

Peter Jennings.jpg

Peter Charles Archibald Ewart Jennings, CM adalah presenter berita dan wartawan Amerika Serikat kelahiran Kanada. Ia bertugas sebagai pembawa berita World News Tonight di stasiun televisi ABC dari tahun 1983 hingga meninggal dunia pada tahun 2005 akibat komplikasi yang menyertai kanker paru-paru. Pendidikan formal terakhirnya adalah sekolah menengah atas (tidak tamat). Walaupun demikian, Peter Jennings berhasil menjadi salah seorang wartawan terkemuka dalam sejarah pertelevisian Amerika Serikat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Michael Schumacher . Ganesa . Jackie Chan . lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


2 Desember - 11 Desember

Aldolrxnpic.jpg

Reaksi aldol adalah salah satu reaksi pembentukan ikatan karbon-karbon yang penting dalam kimia organik. Reaksi aldol ditemukan secara terpisah oleh Charles-Adolphe Wurtz dan Aleksandr Porfyrevich Borodin pada tahun 1872. Borodin mengamati dimerisasi aldol 3-hidroksibutanal dari asetaldehida di bawah kondisi asam. Reaksi aldol digunakan secara meluas pada produksi komoditi kimia berskala besar seperti pentaeritritol dan pada industri farmasi untuk sintesis obat-obatan yang beroptik murni. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Peter Jennings · Michael Schumacher · Ganesa · lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


12 Desember - 21 Desember
Peta Pergerakan Pasukan

Perang Kemerdekaan Bangladesh (Bengali: মুক্তিযুদ্ধ Muktijuddho), adalah konflik bersenjata antara Pakistan Barat (kini Pakistan) dan, Pakistan Timur (kini Bangladesh) dan India, yang menyebabkan didirikannya negara Bangladesh. Perang ini berlangsung dari tanggal 26 Maret sampai 16 Desember 1971 dengan Pakistan Barat melancarkan operasi militer terhadap penduduk, pelajar dan personel bersenjata di Pakistan Timur untuk menghancurkan perlawanan mereka menuju kemerdekaan dari Pakistan. Bantuan India terhadap Mukti Bahini menyebabkan konflik bersenjata antara India dan Pakistan (Perang India-Pakistan 1971). Tentara militer India dan Mukti Bahini menaklukan pasukan Pakistan Barat di Pakistan Timur. Setelah perang ini, Pakistan Timur merdeka sebagai negara yang kini disebut Bangladesh. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Reaksi aldol · Peter Jennings · Michael Schumacher · lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah


22 Desember - 31 Desember

Santa Marija Assunta - Vara.JPG

Mariologi dalam Gereja Katolik Roma adalah sebuah bagian teologi yang berhubungan dengan Maria, ibu Yesus. Maria dalam Gereja Katolik Roma dijuluki sebagai Sang Perawan Suci dan Ibu Tuhan sehingga ia disebut memiliki sebuah martabat yang tak terhingga yang berasal dari kebaikan yang tak terhingga pula, yakni Allah. Secara teologis, Mariologi Katolik Roma tidak hanya membahas kehidupannya saja, namun juga membahas berbagai penghormatan kepadanya dalam kehidupan sehari-hari, doa-doa, serta kesenian, musik dan arsitektur yang bertemakan Maria dalam kehidupan Kristiani. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Perang Kemerdekaan Bangladesh · Reaksi aldol · Peter Jennings · lainnya...


lihatbicarasuntingsejarah