Backstreet Boys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Backstreet Boys
BSB JBB8 2.jpg
Latar belakang
Asal Orlando, Florida, AS
Genre Pop, Pop Rock, Piano Rock
Tahun aktif 1993—sekarang
Label Jive
Sony BMG
Situs web www.backstreetboys.com
Anggota Brian Littrell
Nick Carter
Howie Dorough
A. J. McLean
Kevin Richardson

Backstreet Boys atau disingkat BSB adalah salah satu grup vokal yang berasal dari Orlando, Florida, Amerika Serikat. BSB terbentuk pada 20 April 1993. Pada mulanya, grup ini beranggotakan Nick Carter, Howie Dorough, Brian Littrell, A.J. McLean, dan Kevin Richardson. Namun, pada tahun 2006 salah satu personelnya, Kevin Richardson memutuskan untuk keluar dari grup agar dapat meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarganya.[1] Meskipun demikian, hubungannya dengan para personel lain masih terjaga dengan baik.

Ditinggalkan salah satu personelnya tak membuat Backstreet Boys bubar. Dengan formasi baru yang beranggotakan empat orang, Backstreet Boys memutuskan untuk tetap berkarir di dunia musik dan pada akhirnya Kevin Richardson bergabung kembali pada tahun 2012.[2] Sampai saat ini Backstreet Boys telah mengeluarkan tujuh album dan mencatat angka penjualan album tertinggi yaitu lebih dari 130 juta kopi di seluruh dunia.[3] Prestasi tersebut membuat Backstreet Boys menjadi boyband dengan penjualan album tertinggi di dunia sepanjang masa.[4] Mereka juga akan mendapat bintang di Hollywood Walk of Fame pada tahun 2013.[5]

Saat ini semua anggota Backstreet Boys sedang tinggal bersama di sebuah rumah di London untuk rekaman album baru mereka yang dijadwalkan untuk dirilis tahun 2013.[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Backstreet Boys berasal dari Orlando, Florida. Pada awalnya grup ini merupakan trio beranggotakan Howie Dorough (19), AJ McLean (15), dan Nick Carter (13). Sementara itu, Kevin Richardson (20) yang bekerja di Walt Disney World sebagai tour guide dan karakter berkostum seperti Aladdin dan Ninja Turtle) bertemu dengan Howie, AJ, dan Nick melalui seorang rekan kerja. Mereka merasa saling cocok satu sama lain dan Kevin kemudian resmi bergabung.

Mereka kemudian menemukan iklan yang dipasang Lou Pearlman di surat kabar Orlando Sentinel yang mencari 5 anak muda untuk diorbitkan sebagai grup vokal dan mendaftar. Mereka diterima, namun Lou ingin menambah satu anggota lagi supaya bulat dan sepupu Kevin yaitu Brian Littrell (18) pun kemudian bergabung setelah ia ikut audisi melalui telepon. Pada tanggal 20 April 1993 Brian terbang dari kota asalnya di Kentucky ke Orlando dan ia pun resmi bergabung dengan Backstreet Boys.

Single pertama mereka yaitu "We've Got It Goin' On" dirilis pada tahun 1995 dan mereka langsung sukses di Eropa dan Asia. Tahun itu juga mereka memulai tur pertama mereka di Eropa dan Asia. Namun, kesuksesan di negara asal mereka sendiri yaitu Amerika Serikat tidak datang sampai single keempat mereka yaitu "Quit Playin' Games (With My Heart)" dirilis pada tahun 1997. Album debut mereka yang dirilis pada tahun 1996 terjual hingga 28 juta keping di seluruh dunia.[7] Album kedua mereka, Backstreet's Back dirilis di seluruh dunia kecuali di Amerika Serikat pada tahun 1997 dan terjual hingga lebih dari 12 juta keping.

Pada tanggal 7 Oktober 1998, mereka mendapat penghargaan dari walikota Orlando karena keberhasilan mereka mengumpulkan uang untuk korban tornado melalui konser mereka yang mencapai US $250,000. Hari itu juga dideklarasikan sebagai Backstreet Boys Day di Orlando.[8]

Pada 12 April 1999, mereka merilis single mereka I Want It That Way" yang sukses besar diseluruh dunia. Lagu ini berhasil mencapai posisi puncak pada banyak tangga lagu di negara-negara, termasuk diantaranya Inggris, Jerman, Swiss, Austria, Norwegia, New Zealand, dan Asia. Album ketiga mereka, Millennium, yang dirilis pada bulan Mei 1999 merupakan album tersukses mereka dengan jumlah penjualan mencapai 40 juta keping, 12 juta diantaranya terjual di Amerika Serikat.

Anggota-anggota Backstreet Boys pergi ke sebuah pulau di Bahama untuk menulis lagu dan merekam album mereka selanjutnya, Black & Blue. Mereka pergi ke pulau itu untuk memfokuskan diri dan menjauh dari segala gangguan dari luar, termasuk dari keluarga, pacar, dan tunangan. Hasilnya, album Black & Blue yang dirilis pada tahun 2000 memegang rekor dunia dengan penjualan terbanyak dalam satu minggu pertama sepanjang masa yaitu 5 juta keping,[9][10] dan total penjualan yang mencapai 24 juta kopi.[11] Hal ini juga membuat mereka musisi pertama sepanjang sejarah yang mempunyai dua album berturut-turut terjual lebih dari satu juta keping dalam minggu pertama.

Pada tahun 2000 juga mereka membuat tur keliling dunia dalam 100 jam bertajuk "Around the World in 100 Hours". 55 jam mereka habiskan di pesawat dan 45 jam mereka gunakan untuk tampil di satu negara di setiap benua yaitu Stockholm, Swedia di Eropa, Tokyo, Jepang di Asia, Sydney, di Australia, Cape Town, Afrika Selatan di Afrika, Rio de Janiero, Brazil di Amerika Selatan, dan New York, Amerika Serikat di Amerika Utara.[12]

Album kompilasi pertama mereka, The Hits: Chapter One dirilis pada Oktober 2001 dengan sebuah lagu baru yang dijadikan single yaitu "Drowning".[13] Setelah album ini dirilis mereka memutuskan untuk vakum sementara Nick Carter menggarap album solo pertamanya.

Pada Desember 2003, AJ McLean tampil di acara The Oprah Winfrey Show untuk berbicara tentang keberhasilannya mengatasi kecenderungan alkoholiknya, dan keempat anggota Backstreet Boys lainnya membuat kejutan untuknya dengan datang untuk memberikan support mereka. Setelah tampil di acara ini, mereka memutuskan untuk memulai aktif kembali dan pada Januari 2004 mereka kembali masuk studio untuk menggarap album baru mereka.[14]

Single pertama mereka dalam empat tahun, "Incomplete", dirilis pada 28 Maret 2005, dan berhasil meraih sukses terutama di Asia, Australia, dan Eropa. Album mereka yang berjudul Never Gone dirilis pada tahun 2005. Album ini cukup sukses dengan total penjualan mencapai 5 juta keping dan meraih posisi puncak di Bangladesh, Pakistan, Germany, India, Chile, Brazil dan Korea Selatan. Album ini juga merupakan album dari musisi barat terbesar kedua di Jepang untuk tahun 2005.[15] Berbeda dari album-album mereka sebelumnya, album ini juga dirilis dalam format 5.1 Surround Sound di Amerika Serikat.[16]

Kevin Richardson memutuskan untuk keluar dari grup secara baik-baik pada tanggal 23 Juni 2006, beberapa bulan setelah tur dunia Never Gone selesai karena ingin fokus pada keluarga dan minat lainnya. Keempat anggota lainnya memutuskan untuk lanjut dengan formasi berempat.

Album keenam mereka, Unbreakable dirilis pada 30 Oktober 2007. Ini merupakan album pertama mereka tanpa Kevin. Meskipun album ini mendapat respon yang baik, jumlah penjualannya tidak sebanyak album sebelumnya Never Gone. Namun, album ini sukses di Jepang, dan berhasil mencapai posisi puncak. Tur dunia mereka pun dimulai di Jepang, pada tanggal 16 Februari 2008.

Pada tahun 2009 mereka mulai membuat album baru, yang dirilis pada 6 Oktober 2009 berjudul This Is Us. Di album ini, mereka bekerja dengan Max Martin, Ryan Tedder dari OneRepublic, RedOne, Ne-Yo, Brian Kennedy, Alex James, Pitbull, Claude Kelly, Jim Jonsin, Eddie Galan, T-Pain, Rami Yacoub, Kristian Lundin dan lainnya.[17] Pada 30 Oktober 2009, mereka memulai tur dunia This Is Us, yang selesai pada 26 Maret 2011 di Hanoi.

Pada bulan November 2010, Backstreet Boys tampil di penutupan acara American Music Awards bersama New Kids on the Block,[18] dan pada bulan November mereka mengumumkan bahwa mereka akan melakukan tur bersama pada tahun 2011 dibawah nama NKOTBSB.[19] Sebelum tur dimulai mereka juga merilis album kompilasi bersama, yang juga berjudul NKOTBSB. Album ini juga mempunyai 2 lagu baru yang dinyanyikan bersama oleh kedua grup yaitu "Don't Turn Out the Lights" dan "All in My Head".

Tur dunia NKOTBSB dimulai pada bulan Mei 2011 di Amerika Serikat, dan selesai pada bulan Juni 2012, di Filipina. Selama tur ini mereka hanya mengunjungi dua negara di Asia, yaitu Indonesia dan Filipina, selebihnya mereka mengunjungi Eropa dan Australia.

Pada 29 April 2012, pada sebuah konser NKOTBSB di London, Backstreet Boys mengumumkan bahwa Kevin Richardson telah bergabung kembali dan mereka akan mulai membuat album baru pada bulan Juli 2012 di London.[2]

Hollywood Chamber of Commerce mengumumkan Backstreet Boys sebagai salah satu calon penerima bintang di Hollywood Walk of Fame untuk tahun 2013 pada 22 Juni 2012.[5]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Howard Dwaine Dorough, lahir pada tanggal 22 Agustus 1973 di Orlando, Florida. Howie memulai karirnya di dunia hiburan sejak umur enam tahun dengan penampilan teater pertamanya, The Wizard of Oz. Semenjak itu ia aktif menyanyi di paduan suara gereja dan sekolah dan juga di teater. Howie juga telah tampil di berbagai film dan acara Nickelodeon. Pada tahun 2011 ia merilis album solo pertamanya yang berjudul "Back To Me".
Alexander James McLean lahir di West Palm Beach, Florida pada tanggal 9 Januari 1978. Sama seperti Howie, dia juga aktif di Nickelodeon dan Disney sehingga mereka telah berteman sejak kecil. Seiring bertambah besar, ia lebih tertarik pada kegiatan menyanyi dan ia kemudian bergabung dengan Howie dan Nick Carter, yang sering mereka jumpai di berbagai audisi lokal. AJ merilis album solo pertamanya pada tahun 2010 berjudul "Have It All".
Nickolas Gene Carter lahir di Jamestown, New York pada 28 January 1980. Sebagai anggota termuda di Backstreet Boys, suaranya belum pecah ketika ia pertama bergabung dan sedang pecah ketika grup ini merilis album pertama mereka. Sama seperti AJ dan Howie, Nick juga sering tampil di TV sebagai aktor cilik, dan diantaranya sebagai figuran di film layar lebar Johnny Depp, Edward Scissorhands. Nick telah mengeluarkan dua album solo, yang pertama berjudul "Now Or Never" yang dirilis tahun 2002 dan "I'm Taking Off" yang dirilis tahun 2011. Nick juga merupakan kakak dari penyanyi Aaron Carter.
Kevin Scott Richardson, lahir pada tanggal 3 Oktober 1971 di Lexington, Kentucky sebagai bungsu dari tiga bersaudara. Kevin tumbuh besar di pertanian dan peternakan keluarganya, dan semasa kecil hingga remaja ia bekerja sebagai pengurus di gereja dekat rumahnya. Setelah lulus SMA, Kevin pergi ke Florida untuk mengejar mimpinya menjadi aktor dan penyanyi. Pada awalnya ia bekerja di Walt Disney World di Orlando, Florida sampai seorang rekan kerja mengenalkannya pada Howie, AJ, dan Nick. Selama vakum dari Backstreet Boys, Kevin terjun ke dunia perfilman dan telah membintangi beberapa film independen dan juga berhasil meraih penghargaan aktor terbaik di Independent Vision Award pada tahun 2011.
Brian Thomas Littrell, anggota terakhir Backstreet Boys, lahir pada 20 Februari 1975 di Lexington, Kentucky. Ia adalah saudara sepupu dari Kevin. Pada 19 April 1993 ia mendapat telepon dari Kevin yang memintanya ikut audisi grup melalui telepon. Ia diterima, dan langsung terbang ke Orlando keesokan harinya. Brian telah bernyanyi dari kecil di gereja dekat rumahnya. Pada tahun 2006 Brian juga merilis album solo rohani pertamanya berjudul "Welcome Home".

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kevin Richardson Quits Backstreet Boys" (dalam bahasa (Inggris)). MTV. Diakses tanggal 2011-11-10. 
  2. ^ a b Hilton, Perez (April 29, 2012). "BACKSTREET'S BACK! Kevin Richardson Announces Return To Backstreet Boys PERMANENTLY!". PerezHilton.com (dalam bahasa (Inggris)). Diakses tanggal April 29, 2012. 
  3. ^ Garcia, Cathy Rose A. (2010-02-22). "Backstreet Boys Share Secrets to Success". The Korea Times (dalam bahasa (Inggris)). Diakses tanggal 2011-01-24. 
  4. ^ "Backstreet Boys back, for good" (dalam bahasa (Inggris)). Straight.com. September 4, 2008. Diakses tanggal 31 May 2012. 
  5. ^ a b "Press | Hollywood Walk of Fame". Hollywood Walk of Fame. June 22, 2012. Diakses tanggal June 23, 2012. 
  6. ^ "Backstreet Boys Recording Fifth Album as a Quintet, Living Together in London". US Magazine. Diakses tanggal July 18, 2012. 
  7. ^ "Backstreet Boys To Tape Concert Special As New Single, Album Prepare For Release". Live Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2009. Diakses tanggal 2010-01-24. 
  8. ^ "Mark Your Calendar For Backstreet Day". Orlando Sentinel. Diakses tanggal May 26, 2012. 
  9. ^ "Backstreet Boys: Biography on Rolling stone". Rolling Stone. Diakses tanggal 2010-04-05. 
  10. ^ [http://www.soundspike.com/story2/2251/charts-backstreet-boys-score-another-no-1-with-/ "Charts: Backstreet Boys score another No. 1 with �Black & Blue�"]. SoundSpike. 2000-11-29. Diakses tanggal 2010-02-09. 
  11. ^ "Taking It Back". Daily Record. 26 Oct 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-01. Diakses tanggal 04 Dec 2009. 
  12. ^ "Backstreet Boys Launch Black & Blue Tour". ABC News. Diakses tanggal 2010-03-03. 
  13. ^ Christian (2001-11-13). "Drowning by Backstreet Boys". Song of the Decade. Diakses tanggal 2012-04-04. 
  14. ^ "Backstreet Boys Inspired By Oprah To Hit Studio Again". MTV. 2003-12-04. Diakses tanggal 2010-03-05. 
  15. ^ Oricon Top 30 Western Artist's Sale 2005
  16. ^ [1] backStreetboys* – Never Gone
  17. ^ "Backstreet Boys This Is Us Review". Prefix. Diakses tanggal June 18, 2012. 
  18. ^ Vena, Jocelyn (November 21, 2010). "Backstreet Boys And New Kids On The Block Close The AMAs". MTV. Diakses tanggal April 22, 2011. 
  19. ^ "Backstreet Boys, New Kids On The Block Talking Joint Tour". Billboard. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]