Orlando, Florida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Orlando)
Orlando, Florida
Bendera Orlando, Florida
Lambang resmi Orlando, Florida
Julukan: 
Kota yang Indah
Lokasi di Orange County dan negara bagian Florida.
Lokasi di Orange County dan negara bagian Florida.
Negara
Negara bagian
County
Amerika Serikat
Florida
Orange
Pemerintahan
 • Wali kotaBuddy Dyer (D)
Populasi
 (2004)
 • Kota205,648
 • Metropolitan
18 juta
Zona waktuUTC-5 (EST)
 • Musim panas (DST)UTC-4 (EDT)
Situs webhttp://www.cityoforlando.net/

Kota Orlando adalah salah satu kota besar dari negara bagian Florida, Amerika Serikat. Kota ini juga merupakan ibu kota dari Orange County, Florida. Menurut Sensus Amerika Serikat 2000, penduduk kota ini ini 185.951 orang (daerah metropolitan 1.644.561). Menurut perkiraan Sensus AS pada 2004 jumlah penduduknya adalah 205.648 (daerah metropolitan hampir 1,8 juta). Penduduk kota ini mungkin mencapai jumlah 220.000 orang pada 2006. Orlando adalah kota terbesar ke-6 di Florida, dan kota terbesar di pedalaman negara bagian ini. Kota ini pun memiliki wilayah metropolitan yang ketiga terbesar setelah Miami-Fort Lauderdale-West Palm Beach dan Tampa-St. Petersburg. Selain itu, Orlando merupakan lokasi universitas kedua terbesar di Florida, Universitas Central Florida.

Kota ini terkenal karena daya tarik wisatanya di wilayah ini, khususnya Walt Disney World Resort yang tidak jauh letaknya, di Reedy Creek Improvement District dan The Wizarding World of Harry Potter yang akan dibuka di musim semi 2010. Tempat-tempat menarik lainnya mencakup SeaWorld dan Universal Orlando Resort. Meskipun letaknya jauh dari tempat-tempat yang menarik para wisatawan, pusat kota Orlando baru-baru ini mengalami banyak pengembangan kembali, dengan lebih banyak proyek yang sedang dibangun atau masih dalam rencana. Salah satu daya tarik tertua di wilayah ini adalah Gatorland, sebuah taman buaya. Orlando dikunjungi oleh sekitar 52 juta wisatawan setiap tahunnya. Kota ini adalah kota terbesar kedua di seluruh Amerika Serikat dari segi jumlah kamar hotelnya.

Julukan bagi kota ini adalah "Kota yang Indah", meskipun berbagai rencana dilakukan untuk mengubah gelar ini melalui sebuah kontes lokal. Lambang kota ini adalah air mancur dari Danau Eola. Wali kota Orlando sekarang ini adalah Buddy Dyer.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Legenda lokal memperkirakan nama Orlando berasal dari seorang prajurit yang bernama Orlando Reeves diduga meninggal di tempat ini, dalam peperangan melawan suku Indian Seminole dalam Perang Seminole Kedua. Ada beberapa legenda yang beredar, tetapi tampaknya Orlando Reeves (kadang-kadang dieja sebagai Rees) mengelola sebuah pabrik gula dan perkebunan sekitar 50 km di sebelah utara di Spring Garden di Volusia County, dan para pemukim perintis hanya menemukan namanya diukir di sebatang pohon dan menganggapnya sebagai tanda tempat kuburnya. Dengan demikian mereka merujuk tempat ini sebagai "kubur Orlando" dan belakangan sebagai "Orlando" saja.

Selama Perang Seminole Kedua, tentara AS mendirikan pos di Fort Gatlin, yang berjarak beberapa mil di selatan tahun 1838. Tapi pos ini terabaikan ketika perang usai.

Penghuni permanen yang pertama adalah peternak Aaron Jernigan, yang memiliki lahan sepanjang danau Holden dari Armed Occupation Act tahun 1842. Setelah itu, kebanyakan orang baru datang setelah Perang Seminole Ketiga tahun 1850-an. Kebanyakan dari orang-orang ini bekerja sebagai peternak.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Orlando Skyline at sunset, from SR-408

Orlando terletak pada 28°32′1″LU,81°22′33″BB (28.533513, -81.375789)[1].

Menurut Biro Sensus Amerika Serikat, kota ini mempunyai luas 261.5 kilometer persegi. 242,2 km² (93.5 mi²) adalah daratan dan 19.3 km²-nya (7.5 mi²) (7.39%) berupa air.

Orlando hanya dikalahkan oleh Twin Cities dalam jumlah danau alam yang ada di area metropolitan. Area Orlando mempunyai lebih dari 100 danau, yang terbesar di antaranya Danau Apopka, Eustis, Griffin, Harney, Harris, Jesup, Monroe, Sand Lake, Conway, dan Tohopekaliga.

Area Metropolitan[sunting | sunting sumber]

Di area Orlando, kebanyakan dari penduduk bertempat tinggal di luar pusat kota. Orlando merupakan pusat dari 4 area county metropolitan yang mencakup Orange, Osceola, Seminole dan Lake. Oviedo, di Seminole County, telah tercatat sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tertinggi di Amerika. Clermont dan Poinciana (Osceola) juga mengalami pertumbuhan yang tinggi. Kota lainnya, Deltona, meskipun berada di luar area metro Orlando, juga tumbuh dengan sangat cepat sehingga mengalahkan Daytona Beach sebagai kota terbesar di Volusia County pada sensus tahun 1990.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Internasional Orlando.

Udara[sunting | sunting sumber]

Kota Orlando dilayani oleh Bandara Internasional Orlando dan juga Bandara Internasional Orlando Sanford. Bandara Eksekutif Orlando digunakan untuk penerbangan charter dan General Aviation.

Bus kota[sunting | sunting sumber]

Daerah Orlando dilayani oleh LYNX, yang menjalankan pelayanan bus kota di 3 area kota yaitu Orange, Seminole, Osceola, Lake, dan Volusia.[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan oleh sekolah-sekolah negeri ditangani oleh Orange County Public Schools. Beberapa sekolah swasta yang besar di antaranya: Trinity Preparatory School, Lake Highland Preparatory School, Bishop Moore High School, New School of Orlando, Orlando Christian Academy, dan Forest Lake Academy.

Area institusi untuk perguruan tinggi[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2000, ada 185.951 orang, 80.883 rumah tangga, dan 42.382 keluarga yang tinggal di kota ini. Kepadatan penduduknya adalah 767.9/km² (1,988.9/mi²). Ada 88.486 unit rumah dengan kepadatan rata-rata 365.4/km² unit (946.4/mi²).

Daerah wisata[sunting | sunting sumber]

Kawasan Orlando adalah kawasan wisata yang menawarkan atraksi yang beragam, termasuk Walt Disney World resort, SeaWorld Orlando, dan Universal Orlando Resort. The Walt Disney World resort adalah atraksi dengan kawasan terbesar dengan fasilitasnya seperti Magic Kingdom, Epcot, Disney-MGM Studios, Disney's Animal Kingdom, Typhoon Lagoon, Blizzard Beach, dan Downtown Disney. SeaWorld Orlando adalah sebuah taman petualangan besar yang menampilkan banyak hewan serta tumbuhan, disertai dengan adanya roller-coaster dan water park. Universal Orlando, seperti Walt Disney World, adalah kawasan wisata untuk taman bertema Universal Studios, CityWalk, dan Islands of Adventure.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Orlando mempunyai 8 kota kembar:[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "US Gazetteer files: 2010, 2000, and 1990". Biro Sensus Amerika Serikat. 2011-02-12. Diakses tanggal 2011-04-23. 
  2. ^ "The Central Florida Regional Transportation Authority—LYNX". Golynx.com. Diakses tanggal 2012-11-17. 
  3. ^ Sister cities from Sister Cities International, Inc. (SCI). Retrieved on June 6, 2006.

Central Florida News 13

Pranala luar[sunting | sunting sumber]