Permainan peran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dadu yang digunakan dalam permainan peran Dungeons & Dragons.

Permainan peran (bahasa inggris: role-playing game atau disingkat LPG) adalah adalah sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran karakter dalam latar fiksi.[1] Pemain bertanggung jawab untuk memerankan peran ini dalam sebuah narasi, baik dengan melakukan akting, melalui proses pengambilan keputusan yang terstruktur, atau pengembangan karakter. Tindakan yang diambil saat memerankan peran dapat dikatakan benar atau salah tergantung pada sistem aturan dan pedoman yang formal.

RPG terdiri atas beberapa bentuk. Bentuk aslinya sering disebut sebagai permainan peran di atas meja, yang dilakukan dengan diskusi, sedangkan pada permainan peran laga hidup, pemain bertindak secara fisik untuk memerankan karakter yang dimainkannya. Dalam kedua bentuk ini terdapat pengatur permainan yang disebut Game Master (GM) yang biasanya memutuskan aturan dan pengaturan yang akan digunakan. Game Master juga bertindak sebagai wasit, sementara pemain lainnya memainkan perannya masing-masing.[2]

Beberapa jenis RPG juga terdapat pada media elektronik, seperti pada MUD berbasis teks multipemain dan penerusnya yang berbasis grafis, yaitu permainan peran daring multipemain masif. Permainan peran juga mencakup permainan peran video pemain tunggal, di mana pemain mengontrol karakter atau tim yang menjalankan suatu misi, dan dapat mencakup kemampuan penggunaan statistik mekanis yang maju. Permainan ini memiliki pengaturan dan peraturan yang sama dengan permainan peran di atas meja, tetapi menekankan kemajuan karakter daripada cerita yang kolaboratif.

Meskipun memiliki berbagai macam bentuk, tetapi permainan perang dan pertukaran kartu tidak termasuk dalam permainan peran. Istilah ini juga kadang digunakan untuk menggambarkan permainan simulasi, dan juga latihan yang digunakan dalam pengajaran, pelatihan, dan penelitian akademis.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pat Harrigan, Noah Wardrip-Fruin (2010). Second Person: Role-playing and Story in Games and Playable Media. MIT Press. ISBN 9780262514187. 
  2. ^ John H. Kim (2008-07-29). ""Narrative" or "Tabletop" RPGs". Darkshire. Diakses tanggal 2016-12-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]