Amerika Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Amerika Tengah

Amerika Tengah adalah kawasan di Amerika Utara bagian selatan, mencakupi wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Berdasarkan definisi lazim, kawasan ini meliputi negara-negara di antara Meksiko dan Kolombia:

Menurut pengertian geografis, Amerika Tengah juga dapat digolongkan sebagai sebuah tanah genting besar, meliputi beberapa negara bagian Meksiko yang terletak di sebelah timur Tanah Genting Tehuantepec.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Amerika Tengah menempati wilayah seluas 540.000 km² yang diapit oleh Samudra Pasifik dan Laut Karibia di sisi barat dan timur.

Aktivitas geologi seperti letusan gunung dan gempa bumi di kawasan ini relatif tinggi. Pada 1931 dan 1972, kejadian-kejadian gempa bumi memorak-porandakan Managua, ibu kota Nikaragua. Tanah subur bekas aliran lava mendorong aktivitas pertanian di daerah pegunungan. Kawasan ini terletak di Lempeng Karibia.

Amerika Tengah merupakan kawasan tersempit di Benua Amerika, terutama di Terusan Panama dan Terusan Nikaragua, sebuah terusan yang rencananya akan dibangun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad ke-19, ada sebuah negara bernama Provinsi Amerika Tengah Bersatu. Wilayahnya meliputi Guatemala, Honduras, El Salvador, Nikaragua, dan Kosta Rika saat ini.