Wikipedia:Artikel pilihan/Daftar artikel pilihan 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021
Menurut topik
Usulan

Untuk yang terbaru, lihat Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal.

AP 0 (1 Januari 2010—9 Januari 2010)
President Abdurrahman Wahid - Indonesia.jpg

Kyai Haji Abdurrahman Wahid, akrab dipanggil Gus Dur (lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940 – meninggal di Jakarta, 30 Desember 2009 pada umur 69 tahun) adalah tokoh Muslim Indonesia dan pemimpin politik yang menjadi Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001. Ia menggantikan Presiden B. J. Habibie setelah dipilih oleh MPR hasil Pemilu 1999. Penyelenggaraan pemerintahannya dengan dibantu oleh Kabinet Persatuan Nasional. Masa kepresidenan Abdurrahman Wahid yang dimulai pada 20 Oktober 1999, dan berakhir pada Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Tepat 23 Juli 2001, kepemimpinannya digantikan oleh Megawati Soekarnoputri setelah mandatnya dicabut oleh MPR. Abdurrahman Wahid adalah mantan ketua Tanfidziyah (badan eksekutif) Nahdlatul Ulama dan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: MadonnaJames BondKalkulus

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 1 (10 Januari 2010—19 Januari 2010)
Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Abdurrahman Wahid . Madonna . James Bond . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 2 (20 Januari 2010—29 Januari 2010)
Monumen peringatan Aksi T4 di Tiergartenstrasse, Berlin.

Aksi T4 (bahasa Jerman: Aktion T4) adalah program Nazi yang resminya berlangsung antara tahun 1939 dan 1941, dan sepanjang masa tersebut Adolf Hitler telah melakukan pembunuhan secara sistematis terhadap 200.000 hingga 250.000 penderita kelainan genetika. Setelah tahun 1941, pembunuhan tersebut menjadi tidak resmi dan tidak terlalu sistematis lagi. Kode T4 adalah singkatan dari kata Tiergartenstrasse 4, sebuah nama jalan di pusat kota Berlin yang merupakan alamat dari sebuah vila di wilayah Tiergarten yang merupakan kantor pusat dari Yayasan Kesejahteraan dan Lembaga Perawatan (Gemeinnützige Stiftung für Heil- und Anstaltspflege). Lembaga ini berada di bawah pimpinan Philipp Bouhler, kepala rumah tangga Hitler dan Karl Brandt, yang merupakan dokter pribadi Hitler. Vila ini sekarang sudah tidak ada lagi, namun sebuah plakat pada pelataran Tiergartenstraße menjadi monumen dari lokasi ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Jepang . Abdurrahman Wahid . Madonna . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 3 (30 Januari 2010—8 Februari 2010)
Salah satu ruas jalan di Yogyakarta (tahun 1933)

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah provinsi tertua kedua di Indonesia setelah Jawa Timur, yang dibentuk oleh pemerintah negara bagian Indonesia. Provinsi ini juga memiliki status istimewa yang merupakan sebuah warisan dari zaman sebelum kemerdekaan. Kesultanan Yogyakarta dan juga Kadipaten Paku Alaman, sebagai cikal bakal atau asal usul DIY, memiliki status sebagai “Kerajaan vasal/negara bagian” dalam pemerintahan penjajahan mulai dari VOC, Hindia Prancis (Republik Bataav Belanda-Prancis), Hindia Timur (Kerajaan Inggris), Hindia Belanda (Kerajaan Nederland), dan terakhir Tentara Angkatan Darat XVI Jepang (Kekaisaran Jepang). Status ini membawa konsekuensi hukum dan politik berupa kewenangan untuk mengatur dan mengurus wilayahnya sendiri di bawah pengawasan pemerintah penjajahan tentunya. Status ini pula yang kemudian juga diakui dan diberi payung hukum oleh Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Soekarno, yang duduk dalam BPUPKI dan PPKI sebagai sebuah daerah bukan lagi sebagai sebuah negara. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Aksi T4 . Jepang . Abdurrahman Wahid . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 4 (9 Februari 2010—18 Februari 2010)
Daniel Craig

Daniel Wroughton Craig adalah seorang aktor dan produser film yang berasal dari Inggris. Ia adalah aktor resmi keenam yang memerankan karakter agen rahasia MI6 Inggris, James Bond, sejak tahun 2006 menggantikan aktor sebelumnya, Pierce Brosnan. Karier internasional Craig dimulai pada tahun 2001 saat ia bermain bersama Angelina Jolie dan Iain Glen dalam film Lara Croft: Tomb Raider. Selain dalam James Bond, Craig juga berperan dalam beberapa film yang lain diantaranya The Golden Compass (2007) dan Defiance (2008). Craig sendiri merupakan seorang sarjana seni dari Sekolah Tinggi Musik dan Drama Guidhall di London dimana ia lulus pada tahun 1991. Ia juga sempat bergabung bersama Persatuan Pemain Teater Muda Inggris pada usia 16 tahun pada tahun 1984. Film pertamanya antara lain adalah: The Power of One, A Kid in King Arthur’s Court dan film televisi Sharphe’s Eagle. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta . Aksi T4 . Jepang . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 5 (19 Februari 2010—28 Februari 2010)
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel adalah seorang pembalap Formula Satu asal Jerman. Saat ini ia membalap untuk tim Red Bull Racing, menggantikan David Coulthard dan menjadi rekan setim dari Mark Webber. Ia pertama kali turun dalam ajang balapan resmi F1 pada GP Turki 2006 ketika ia menjadi pembalap tes hari Jumat untuk tim BMW-Sauber pada usia 19 tahun dan 53 hari. Julukan Vettel sendiri saat ini adalah Baby Schumi, disebabkan gaya membalapnya yang mirip dengan Sang Legenda juara dunia F1 7 kali, Michael Schumacher. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Daniel Craig . Sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta . Aksi T4 . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 6 (1 Maret 2010—10 Maret 2010)
Gedhong Kaca, Museum Hamengku Buwono IX Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sebastian Vettel . Daniel Craig . Aksi T4 . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 7 (11 Maret 2010—20 Maret 2010)
Phil Hill membalap untuk Ferrari di GP Jerman 1962.

Scuderia Ferrari merupakan nama untuk Gestione Sportiva, salah satu divisi dari pabrikan mobil Ferrari yang bergerak di bidang balap mobil, khususnya Formula Satu. Selain dalam bidang itu, Scuderia Ferrari dan Ferrari Corse juga melayani kebutuhan para pelanggan untuk mobil kategori jalan raya. Scuderia Ferrari merupakan bahasa Italia untuk "Kandang Ferrari". Dalam bahasa Inggris divisi ini dikenal secara luas sebagai "Team Ferrari." Tim balap ini (beserta pabrikan mobil untuk kategori jalan rayanya) merupakan anak perusahaan dari FIAT Group yang juga membawahi pabrikan sepeda motor Ducati, klub sepak bola Juventus, dan pabrikan mobil Maserati. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat . Sebastian Vettel . Daniel Craig . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 8 (21 Maret 2010—30 Maret 2010)
Durian

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit), dan durian adalah buah yang kontroversial. Meskipun banyak yang menyukainya, sebagian yang lain muak dengan aromanya. Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun demikian, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Scuderia Ferrari . Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat . Sebastian Vettel . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 9 (31 Maret 2010—9 April 2010)
Letak Rumania di Eropa

Rumania (juga dieja Romania atau Roumania; bahasa Rumania: România) adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan Tenggara, di bagian utara semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Laut Hitam. Hampir seluruh delta sungai Donau terletak di wilayah Rumania. Negara ini berbatasan dengan Hongaria dan Serbia di barat, Ukraina dan Republik Moldova di timur laut, dan Bulgaria di selatan. Sejarah mencatat bahwa bangsa Dacia, Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Bulgaria, Kerajaan Hongaria, dan Kesultanan Utsmaniyah pernah menguasai wilayah ini. Sebagai sebuah negara, Rumania terbentuk pada tahun 1859 dari penyatuan wilayah Moldavia dan Wallachia, dan memperoleh pengakuan internasional pada tahun 1878. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Durian · Scuderia Ferrari . Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 10 (10 April 2010—19 April 2010)
Felipe Massa

Felipe Massa (lahir di São Paulo, Brasil 25 April 1981; umur 28 tahun), adalah seorang pembalap Formula 1 berkebangsaan Brasil. Saat ini Massa bergabung bersama tim Scuderia Ferrari. Debut Massa di ajang F1 dimulai di GP Australia 2002 saat ia bergabung bersama tim Sauber-Petronas. Sementara kemenangan perdananya diraih di GP Turki 2006 bersama tim Ferrari. Prestasi terbaik Massa sampai saat ini adalah saat ia menjadi runner-up dunia 2008 di bawah pembalap McLaren, Lewis Hamilton. Ia juga menjadi pembalap Brasil pertama sejak Ayrton Senna pada tahun 1993 yang berhasil memenangi lomba di rumah sendiri pada GP Brazil 2006. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Rumania · Durian · Scuderia Ferrari . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 11 (20 April 2010—29 April 2010)
Peta Britania Romawi

Britania Romawi adalah bagian dari wilayah Pulau Britania yang dikuasai oleh Kekaisaran Romawi antara tahun 43 Setelah Masehi dan 410. Orang-orang Romawi menyebut provinsi mereka ini dengan nama Britannia. Sebelum Britania dijajah oleh Roma, pulau ini sudah memiliki hubungan budaya dan ekonomi dengan daratan Eropa. Namun para penjajah ini juga memperkenalkan perkembangan-perkembangan baru dalam bidang pertanian, urbanisasi, industri dan arsitektur. Dengan ini mereka meninggalkan warisan yang sampai sekarang masih bisa dilihat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Felipe Massa · Rumania · Durian · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 12 (30 April 2010—9 Mei 2010)
Tree of life with genome size.svg

Evolusi adalah proses perubahan pada seluruh bentuk kehidupan dari satu generasi ke generasi selanjutnya, dan biologi evolusioner mempelajari bagaimana evolusi ini terjadi. Pada setiap generasi, organisme mewarisi sifat-sifat yang dimiliki oleh orang tuanya melalui gen. Perubahan (yang disebut mutasi) pada gen ini akan menghasilkan sifat baru pada keturunan suatu organisme. Pada populasi suatu organisme, beberapa sifat akan menjadi lebih umum, manakala yang lainnya akan menghilang. Sifat-sifat yang membantu keberlangsungan hidup dan reproduksi organisme akan lebih berkemungkinan berakumulasi dalam suatu populasi daripada sifat-sifat yang tidak menguntungkan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Britania Romawi · Felipe Massa · Rumania · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 13 (10 Mei 2010—19 Mei 2010)
Darwin's finches.jpeg

Evolusi (dalam kajian biologi) berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi. Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. Ketika organisme bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat mutasi ataupun transfer gen antar populasi dan antar spesies. Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang baru juga dihasilkan oleh rekombinasi genetika, yang dapat meningkatkan variasi antara organisme. Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pengenalan evolusi · Felipe Massa · Rumania · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 14 (20 Mei 2010—29 Mei 2010)
Elfonda Mekel (Once)Ahmad Dhani
Andra RamadhanYuke Sampurna

Dewa 19 adalah sebuah grup musik yang dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya, Indonesia. Grup ini telah beberapa kali mengalami pergantian personil dan saat ini beranggotakan Ahmad Dhani (kibor), Andra Ramadhan (gitar), Elfonda Mekel (vokal), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha (drum). Setelah merajai panggung-panggung festival di akhir era 1980-an, Dewa 19 kemudian hijrah ke Jakarta dan merilis album pertamanya pada tahun 1992 di bawah label Team Records. Grup ini telah meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an melalui serangkaian lagu-lagu bergenre pop dan rock. Album yang mereka rilis nyaris selalu mendapat sambutan bagus di pasaran, bahkan album mereka yang dirilis tahun 2000, Bintang Lima, merupakan salah satu album terlaris di Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta keping. Pada tahun 2005, majalah Hai menobatkan Dewa 19 sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai lebih dari 14 milyar setahun. Di tengah kesuksesan yang diraihnya, grup ini sempat beberapa kali tersandung masalah hukum, termasuk masalah pelanggaran hak cipta dan perseteruan dengan ormas Islam. (Selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Evolusi · Pengenalan evolusi · Felipe Massa · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 15 (30 Mei 2010—8 Juni 2010)
Peta Kerajaan Romawi

Kerajaan Romawi adalah sebuah pemerintahan monarki di kota Roma dan wilayah kekuasaannya. Tidak banyak yang diketahui mengenai sejarah Kerajaan Romawi karena tidak ada sumber tertulis yang berasal dari zaman tersebut. Kebanyakan sumber ditulis selama masa Republik dan Kekaisaran berdasarkan pada legenda. Sejarah Kerajaan Romawi bermula sejak pendirian kota tersebut, sekitar tahun 753 SM dan berakhir setelah penggulingan kekuasaaan para raja dan pendirian Republik pada tahun 509 SM. (Selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Dewa 19 · Evolusi · Pengenalan evolusi · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 16 (9 Juni 2010—18 Juni 2010)
Juventus FC pada tahun 1903.

Juventus Football Club (dari bahasa Latin: iuventus: masa muda, diucapkan [juˈvɛntus]), biasa disebut sebagai Juventus dan popular dengan nama Juve, merupakan sebuah klub sepak bola profesional asal Italia yang berbasis di kota Turin, Piedmont, Italia. Klub ini didirikan pada 1897 dan telah memenangi 51 kejuaraan resmi. Dengan rincian 40 gelar di Italia, dan 11 gelar di zona UEFA dan dunia. Sekaligus menjadikannya sebagai klub tersukses ketiga di Eropa, dan keenam di dunia. Juventus juga menjadi salah satu klub sepak bola Italia dengan jumlah fans terbesar, diperkirakan ada 170 juta orang di dunia yang menjadi fans Juventus. Klub ini merupakan salah satu pencetus ide European Club Association, yang dulu dikenal dengan nama G-14, yang berisikan klub-klub kaya Eropa. Klub ini juga menjadi penyumbang terbanyak pemain untuk tim nasional Italia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kerajaan Romawi · Dewa 19 · Evolusi · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 17 (19 Juni 2010—28 Juni 2010)
Patung Poseidon

Poseidon (bahasa Yunani: Ποσειδῶν) adalah dewa penguasa laut, sungai, dan danau dalam mitologi Yunani. Poseidon beristrikan Amfitrit dan memiliki anak bernama Triton. Poseidon memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan). Dalam mitologi Etruska, Poseidon dikenal sebagai Nethuns sedangkan dalam mitologi Romawi Poseidon disebut Neptunus. Poseidon sudah dipuja di Pylos dan Thebes sejak zaman perunggu Yunani sebagai saudara Zeus dan Hades. Poseidon mempunyai banyak anak dan merupakan pelindung bagi banyak kota di Yunani meskipun dia gagal mendapatkan Kota Athena. Kuda, banteng, dan pinus dikeramatkan baginya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Juventus F.C. · Kerajaan Romawi · Dewa 19 · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 18 (29 Juni 2010—8 Juli 2010)
Gunung Salak, bagian dari TNGHS

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Jawa bagian barat. Kawasan konservasi dengan luas 113.357 hektar ini menjadi penting karena melindungi hutan hujan dataran rendah yang terluas di daerah ini, dan sebagai wilayah tangkapan air bagi kabupaten-kabupaten di sekelilingnya. Melingkup wilayah yang bergunung-gunung, dua puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Halimun (1.929 m) dan Gunung Salak (2.211 m). Keanekaragaman hayati yang dikandungnya termasuk yang paling tinggi, dengan keberadaan beberapa jenis fauna penting yang dilindungi di sini seperti elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, surili dan lain-lain. Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga merupakan tempat tinggal beberapa kelompok masyarakat adat, antara lain masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Poseidon · Juventus F.C. · Kerajaan Romawi · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 19 (9 Juli 2010—18 Juli 2010)
Peti mati Lech Kaczyński sedang dibawa masuk ke Katedral Wawel

Lech Kaczyński, Presiden Republik Polandia keempat, tewas pada tanggal 10 April 2010, setelah sebuah pesawat Tu-154 Angkatan Udara Polandia jatuh di luar Smolensk, Rusia dan menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah 96 orang. Istrinya Maria Kaczyńska, Ibu Negara dan seorang pengamat ekonomi, juga termasuk di antara korban tewas. Setelah kematian Kaczyński diumumkan, minggu berkabung diumumkan oleh Penjabat Presiden Polandia, Bronisław Komorowski, mulai tanggal 11 April sampai tanggal 18 April dengan pemakaman kenegaraan untuk pasangan tersebut yang dilaksanakan pada 18 April. Beberapa negara menyatakan hari berkabung nasional pada hari pemakaman tersebut. Pasangan itu selanjutnya dimakamkan di dalam sebuah ruangan bawah tanah di Katedral Wawel, Kraków. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Taman Nasional Gunung Halimun Salak · Poseidon · Juventus F.C. · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 20 (19 Juli 2010—28 Juli 2010)
Denis Thatcher, suami mantan Perdana Menteri Britania Raya Margaret Thatcher, mencium tangan Ibu Negara Amerika Serikat Nancy Reagan pada tahun 1988

Ciuman adalah perbuatan menekankan bibir seseorang terhadap salah satu anggota tubuh diri sendiri atau orang lain. Pandangan budaya terhadap tindakan mencium sangatlah bervariasi. Sebuah ciuman dapat digunakan untuk menyatakan banyak perasaan, antara lain cinta, gairah, kasih sayang, rasa hormat, salam, dan persahabatan. Saat ini, ciuman telah menjadi ungkapan umum perasaan kasih sayang pada banyak budaya di berbagai belahan dunia. Namun dalam budaya-budaya tertentu, tindakan berciuman diperkenalkan setelah melakukan kontak dengan budaya Eropa; sebelum kontak tersebut, berciuman bukan aktivitas rutin. Di masyarakat Barat, ciuman paling sering dilakukan sebagai tindakan romantis. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kematian dan pemakaman kenegaraan Lech Kaczyński dan Maria Kaczyńska · Taman Nasional Gunung Halimun Salak · Poseidon · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 21 (29 Juli 2010—7 Agustus 2010)
Ilustrasi atom helium

Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron). Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan disebut sebagai ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ciuman · Kematian dan pemakaman kenegaraan Lech Kaczyński dan Maria Kaczyńska · Taman Nasional Gunung Halimun Salak · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 22 (8 Agustus 2010—17 Agustus 2010)
Peta yang menunjukkan pemenang suara terbanyak di setiap provinsi

Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Indonesia 2004 diselenggarakan secara serentak pada tanggal 5 April 2004 untuk memilih 550 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 128 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia periode 2004-2009. Hasil akhir pemilu menunjukan bahwa Golkar mendapat suara terbanyak. Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dua partai terbaru dalam pemilu ini, mendapat 7.45% dan 7.34% suara. Pemilihan umum 2004 telah dinyatakan sebagai pemilu paling rumit dalam sejarah demokrasi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Atom · Ciuman · Kematian dan pemakaman kenegaraan Lech Kaczyński dan Maria Kaczyńska · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 23 (18 Agustus 2010—27 Agustus 2010)
Tarian perempuan-perempuan tua di Rantepao, Toraja

Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Populasinya diperkirakan sekitar 650.000 jiwa, dengan 450.000 di antaranya masih tinggal di Kabupaten Tana Toraja. Suku Toraja terkenal akan ritual pemakaman, rumah adat tongkonan dan ukiran kayunya. Ritual pemakaman Toraja merupakan peristiwa sosial yang penting, biasanya dihadiri oleh ratusan orang dan berlangsung selama beberapa hari. Masyarakat Toraja sejak tahun 1990-an mengalami transformasi budaya, dari masyarakat berkepercayaan tradisional dan agraris, menjadi masyarakat yang mayoritas beragama Kristen dan mengandalkan sektor pariwisata yang terus meningkat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Indonesia 2004 · Atom · Ciuman · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 24 (28 Agustus 2010—6 September 2010)
Tanaman Transgenik

Tanaman transgenik adalah tanaman yang telah disisipi gen asing dari spesies tanaman atau makhluk hidup lainnya. Penggabungan gen asing ini bertujuan untuk merakit tanaman dengan sifat-sifat yang diinginkan, misalnya tahan kering, resisten terhadap hama, serta kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi. Sebagian besar rekayasa atau modifikasi sifat tanaman dilakukan untuk mengatasi permasalahan kekurangan gizi dan pemenuhan kebutuhan pangan penduduk dunia yang semakin meningkat. Hadirnya tanaman transgenik menimbulkan kontroversi karena sebagian masyarakat khawatir tanaman tersebut akan mengganggu keseimbangan lingkungan, membahayakan kesehatan manusia, dan mempertajam kesenjangan kesejahteraan penduduk dunia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Suku Toraja · Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Indonesia 2004 · Atom · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 25 (7 September 2010—16 September 2010)
Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa, juga ditulis Al-Aqsha, adalah salah satu tempat suci agama Islam yang menjadi bagian dari kompleks bangunan suci di Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Tempat ini oleh umat Yahudi dan Kristen dikenal pula dengan sebutan Bait Allah, suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua dahulu pernah berdiri. Masjid Al-Aqsa secara luas dianggap sebagai tempat suci ketiga oleh umat Islam. Kitab-kitab hadits menjelaskan bahwa Muhammad mengajarkan umat Islam berkiblat ke arah Masjid Al-Aqsa (Baitul Maqdis) hingga 17 bulan setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu kiblat salat adalah Ka'bah di dalam Masjidil Haram, Mekkah, hingga sekarang. Pengertian Masjid Al-Aqsa pada peristiwa Isra' Mi'raj dalam Al-Qur'an (Surah Al-Isra' ayat 1) meliputi seluruh kawasan Al-Haram Asy-Syarif. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Tanaman transgenik · Suku Toraja · Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Indonesia 2004 · lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 26 (17 September 2010—26 September 2010)
ODP dengan ukuran tanggal.

Proyek Direktori Terbuka (bahasa Inggris: Open Directory Project, disingkat ODP), dikenal dengan nama Dmoz (dari nama domain aslinya, directory.mozilla.org) adalah sebuah direktori konten terbuka multibahasa dari World Wide Web, direktori ini disusun dan dirawat oleh sekumpulan editor sukarela dari sebuah komunitas maya. Direktori ODP tidak mencari keuntungan dalam mendaftarkan situs-situs web yang dikirimkan. ODP menggunakan skema hierarkis ontologi untuk mengatur daftar situs-situs web dalam direktorinya. Daftar situs-situs web dalam direktori ODP yang memiliki topik serupa dikelompokkan ke dalam sebuah kategori, yang dapat mencakup kategori yang lebih kecil. (Selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Masjid Al-Aqsa . Tanaman transgenik . Suku Toraja . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 27 (27 September 2010—6 Oktober 2010)
Patung Hades di Museum Nasional Roma

Hades (bahasa Yunani: ᾍδης, Hadēs, atau Ἅιδης, Háidēs) adalah dewa dunia bawah dalam Mitologi Yunani. Hades merupakan putra tertua dari Kronus dan Rhea. Dia bersama saudara-saudaranya mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia. Zeus, Poseidon dan Hades melakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan dan Hades memperoleh dunia bawah. Karena asosiasinya dengan dunia bawah, Hades sering dianggap sebagai dewa kematian meskipun hal itu tidaklah tepat. Hades juga terkadang disebut sebagai dunia bawah itu sendiri. Dalam mitologi Romawi Hades disebut sebagai Pluto. Simbol yang diasosiasikan dengan Hades yaitu Helm Kegelapan dan anjing berkepala tiga, Kerberos. (Selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Proyek Direktori Terbuka . Masjid Al-Aqsa . Tanaman transgenik . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 28 (7 Oktober 2010—16 Oktober 2010)
Dr. Ernest François Eugène Douwes Dekker

Dr. Ernest François Eugène Douwes Dekker (umumnya dikenal dengan nama Douwes Dekker atau Danudirja Setiabudi; lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 8 Oktober 1879 – meninggal di Bandung, Jawa Barat, 28 Agustus 1950 pada umur 70 tahun) adalah seorang pejuang kemerdekaan dan pahlawan nasional Indonesia. Ia dikenal sebagai salah seorang peletak dasar nasionalisme Indonesia di awal abad ke-20, penulis yang kritis terhadap kebijakan pemerintah penjajahan Hindia-Belanda, wartawan, aktivis politik, serta penggagas nama "Nusantara" sebagai nama untuk Hindia-Belanda yang merdeka. Setiabudi adalah salah satu dari "Tiga Serangkai" pejuang pergerakan kemerdekaan Indonesia, selain dr. Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Hades . Proyek Direktori Terbuka . Masjid Al-Aqsa . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 29 (17 Oktober 2010—26 Oktober 2010)
Tiga orang Indo bersiap-siap ke pesta dansa

Orang Indo (singkatan dari nama dalam bahasa Belanda, Indo-Europeanen) atau Eropa-Indonesia adalah kelompok etnik yang ada (atau pernah ada) di Hindia-Belanda/Indonesia. Kelompok etnis ini dicirikan dari kesamaan asal-usul rasial, status legal, dan kultural. Kaum Indo merupakan keturunan campuran antara orang dari etnik tertentu di Eropa (terutama Belanda, tetapi juga Jerman, Belgia, dan Prancis/Huguenot) dan orang dari etnik non-Eropa tertentu di Indonesia, berstatus sebagai warga Eropa di Hindia-Belanda (Europeanen) atau keturunannya, dan menjalankan nilai-nilai budaya Eropa (terutama Belanda dengan banyak pengaruh lokal Indonesia) pada derajat tertentu dalam kehidupannya sehari-hari. Meskipun demikian, ke dalam kelompok etnik ini termasuk pula orang Eropa yang datang dan menetap cukup lama di tanah Indonesia atau yang lahir di Indonesia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ernest Douwes Dekker . Hades . Proyek Direktori Terbuka . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 30 (27 Oktober 2010—5 November 2010)
The Vampire, oleh Philip Burne-Jones, 1897.

Vampir adalah tokoh dalam mitologi dan legenda yang hidup dengan memakan intisari kehidupan (biasanya dalam bentuk darah) dari makhluk hidup lain. Meskipun kepercayaan terhadap setan penghisap darah terdapat dalam berbagai budaya dan telah ada sejak zaman kuno, istilah vampir sendiri baru populer pada awal abad ke-18 setelah masuknya legenda vampir ke Eropa Barat dari daerah Balkan dan Eropa Timur. Di daerah-daerah tersebut juga terdapat legenda mengenai makhluk-makhluk seperti vampir, misalnya vrykolakas di Yunani dan strigoi di Rumania yang juga ikut meningkatkan kepercayaan vampir di Eropa. Vampir memiliki berbagai ciri dan kekuatan tambahan yang bervariasi tergantung daerah tempat cerita vampir tersebut berasal. Vampir merupakan figur dominan dalam genre horor dan telah banyak ditampilkan dalam film maupun novel. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Orang IndoErnest Douwes DekkerHades

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 31 (6 November 2010—15 November 2010)
Robert Kubica di Malaysia 2010

Robert Kubica (lahir di Kraków, Polandia, 7 Desember 1984; umur 25 tahun) adalah seorang pembalap Formula 1 asal Polandia. Saat ini Kubica memperkuat tim Renault F1. Kubica memulai kariernya di ajang F1 pada pertengahan musim 2006 di GP Hongaria dengan memperkuat tim BMW Sauber menggantikan posisi pembalap senior Jacques Villeneuve. Kubica lantas bertahan di tim tersebut sampai akhir musim 2009 ketika BMW mengundurkan diri dari ajang F1. Pole position pertama Kubica di cetak di GP Bahrain 2008, sementara kemenangan balapan pertamanya tercetak di GP Kanada 2008, sekaligus menobatkannya sebagai Pembalap F1 ke-99 dalam sejarah yang mampu memenangi lomba F1. Kubica juga mencatatkan sejarah sebagai pembalap Polandia pertama yang mencetak pole, lap tercepat, dan kemenangan di ajang Formula 1. Saat ini, seiring dengan prestasi yang diberikan oleh Robert Kubica untuk Polandia, Formula 1 tumbuh menjadi salah satu ajang olahraga terpopuler di negara bekas Blok Timur tersebut. Nama Kubica belakangan juga disebut-sebut akan diangkat menjadi salah satu pahlawan olahraga nasional Polandia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Vampir . Orang Indo . Ernest Douwes Dekker . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 32 (16 November 2010—25 November 2010)
Kata Yunani αθεοι (atheoi), seperti yang tampak pada Surat Paulus kepada Jemaat di Efesus di papirus abad ke-3

Ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap teisme. Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan. Istilah ateisme berasal dari Bahasa Yunani ἄθεος (atheos), yang secara peyoratif digunakan untuk merujuk pada siapapun yang kepercayaannya bertentangan dengan agama/kepercayaan yang sudah mapan di lingkungannya. Dengan menyebarnya pemikiran bebas, skeptisisme ilmiah, dan kritik terhadap agama, istilah ateis mulai dispesifikasi untuk merujuk kepada mereka yang tidak percaya kepada tuhan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Robert Kubica . Vampir . Orang Indo . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 33 (26 November 2010—5 Desember 2010)
Jeff Gordon saat menjuarai NASCAR pada tahun 1995

Jeffery Michael Gordon (lahir di Vallejo, California, AS, 4 Agustus 1971; umur 39 tahun) merupakan seorang pembalap mobil professional asal Amerika Serikat. Ia merupakan juara umum balap NASCAR empat kali (1995, 1997, 1998, dan 2001). Ia juga merupakan juara tiga kali dari Daytona 500. Saat ini ia membalap untuk tim Hendrick Motorsports. Jeff turun dengan mobil Chevrolet Impala bernomor #24 Drive For Hunger/DuPont/Pepsi. Ia bersama pemilik tim Rick Hendrick juga menjadi bos dari mobil bernomor #48 yang disponsori oleh Lowe's, yang dikemudikan oleh Jimmie Johnson, yang juga menjadi juara Seri Piala Sprint NASCAR 2006, 2007, 2008, 2009, dan 2010. Gordon juga menjadi pembalap pertama NASCAR yang mampu memenangi uang sebesar $100 juta selama kariernya. Ia juga menjadi pembalap paling cepat sepanjang sejarah NASCAR yang mampu mencapai jumlah kemenangan sebanyak 50 kali. Sampai saat ini Gordon telah memenangi 82 kali lomba NASCAR. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ateisme . Robert Kubica . Vampir . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 34 (6 Desember 2010—15 Desember 2010)
Sydney pada senja hari

Sydney (pengucapan bahasa Inggris: [ˈsɪdni]) adalah kota terbesar di Australia, dan ibu kota negara bagian New South Wales. Sydney memiliki populasi wilayah metropolitan 4.34 juta jiwa dan luas 12.000 kilometer persegi. Penduduknya disebut Sydneysiders, dan Sydney dijuluki sebagai "the Harbour City" (Kota Dermaga), "the City of Villages" (Kota Desa-Desa) dan "the Emerald City" (Kota Mutiara). Sydney merupakan salah satu kota paling multikultural di dunia, yang tercermin dari perannya sebagai kota tujuan utama bagi imigran ke Australia. Koloni Britania pertama di Australia, Sydney, didirikan tahun 1788 di Sydney Cove oleh Arthur Phillip, komodor First Fleet. Terletak di sebuah teluk di Laut Tasman, Sydney dibangun di bukit rendah di sekitar Port Jackson. Kota ini merupakan tempat berdirinya Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Wilayah metropolitannya dikelilingi oleh taman nasional, dan memiliki banyak teluk, sungai dan ceruk. Kota ini pernah mengadakan pesta olahraga tingkat internasional, termasuk British Empire Games 1938, Olimpiade Musim Panas 2000 dan final Piala Dunia Rugby 2003. Bandar udara utama yang melayani Sydney adalah Bandar Udara Sydney. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Jeff Gordon . Ateisme . Robert Kubica . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 35 (16 Desember 2010—25 Desember 2010)
Kapel Sistina

Kapel Sistina adalah kapel yang terletak di dalam lingkungan Istana Apostolik, kediaman resmi Paus di Vatikan. Kapel ini terkenal karena arsitekturnya yang tampak melahirkan kembali Bait Salomo dari zaman Perjanjian Lama, dan akan dekorasinya yang seluruhnya dihiasi oleh seniman-seniman besar era Renaissance seperti Michelangelo, Raphael, dan Sandro Botticelli. Atas perintah Paus Yulius II, Michelangelo melukis langit-langit kapel seluas 12.000 kaki persegi antara tahun 1508 hingga tahun 1512. Nama Kapel Sistina berasal dari Paus Siktus IV, yang merestorasi Kapel Magna antara tahun 1477 hingga tahun 1480. Sejak era Siktus IV, kapel ini menjadi tempat kegiatan religius dan aktivitas kepausan, seperti tempat diadakannya konklaf untuk memilih Paus baru. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sydney . Jeff Gordon . Ateisme . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 36 (26 Desember 2010—4 Januari 2010)
Lambang Israel

Israel (bahasa Ibrani מדינת ישראל Medinat Yisra‘el, Arab دولة إسرائيل Dawlat Isrā'īl) adalah sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia. Selain itu, terdapat pula beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, meliputi etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel, beserta kelompok-kelompok keagamaan lainnya seperti Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain-lain. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kapel Sistina . Sydney . Jeff Gordon . lainnya...

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu



> Arsip