Defiance (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Defiance
DefiancePoster2008.jpg
Poster film Defiance
SutradaraEdward Zwick
ProduserEdward Zwick
Pieter Jan Brugge
SkenarioClayton Frohman
Edward Zwick
BerdasarkanDefiance: The Bielski Partisans
oleh Nechama Tec
PemeranDaniel Craig
Liev Schreiber
Jamie Bell
George MacKay
MusikJames Newton Howard
SinematografiEduardo Serra
PenyuntingSteven Rosenblum
Perusahaan
produksi
Bedford Falls Productions
DistributorParamount Vantage
Tanggal rilis
  • 31 Desember 2008 (2008-12-31) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 16 Januari 2009 (2009-1-16) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
137 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$32 juta[2]
Pendapatan kotor$51.155.219[2]

Defiance adalah film drama sejarah Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh Edward Zwick dan diproduseri oleh Edward Zwick dan Pieter Jan Brugge. Naskah film ini ditulis oleh Clayton Frohman dan Edward Zwick berdasarkan buku Defiance: The Bielski Partisans karya Nechama Tec. Film ini dibintangi oleh Daniel Craig, Liev Schreiber, Jamie Bell dan George MacKay.

Film Defiance dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 31 Desember 2008 secara terbatas dan 16 Januari 2009 secara luas. Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 1941, pasukan Nazi Einsatzgruppen (satuan tugas) menyapu Eropa Timur, secara sistematis membunuh orang-orang Yahudi. Di antara para penyintas yang tidak terbunuh atau masuk ke ghetto adalah Bielski bersaudara keturunan Yahudi: Tuvia (Daniel Craig), Zus (Liev Schreiber), Asael (Jamie Bell) dan Aron (George MacKay). Orang tua mereka tewas, dibunuh oleh petugas setempat di bawah perintah tentara Jerman yang menduduki Polandia. Bielski bersaudara melarikan diri ke Hutan Naliboki dan bersumpah untuk membalas kematian orang tua mereka.

Bielski bersaudara bertemu dengan para pengungsi Yahudi lainnya yang bersembunyi di hutan, lalu mereka membawa para pengungsi tersebut di bawah perlindungan dan kepemimpinan mereka. Tuvia membunuh kepala petugas auksilier setempat yang bertanggung jawab atas kematian orang tuanya. Selama beberapa tahun, mereka melindungi lebih banyak pengungsi, menggerebek pertanian lokal untuk makanan dan persediaan serta berpindah tempat setiap kali mereka ditemukan oleh petugas kolaborator. Bielski bersaudara melakukan penggerebekan terhadap Jerman beserta kolaborator mereka. Para korban yang tewas menyebabkan Tuvia mempertimbangkan kembali pendekatan ini karena risiko terhadap orang-orang Yahudi yang bersembunyi. Persaingan antara dua saudara tertua, Tuvia dan Zus, memicu perselisihan di antara mereka tentang masa depan mereka. Saat musim dingin semakin dekat, Zus memutuskan untuk meninggalkan kamp dan bergabung dengan pasukan lokal pendukung partisan Soviet, sementara Tuvia menetap sebagai pemimpin mereka. Perjanjian dibuat antara kedua kelompok di mana partisan Soviet setuju untuk melindungi orang-orang Yahudi dengan imbalan persediaan.

Setelah musim penyakit, kelaparan, upaya pengkhianatan dan bersembunyi terus-menerus, kamp mengetahui bahwa Jerman akan menyerang mereka dengan paksa. Partisan Soviet menolak untuk membantu dan mereka mengungsi dari kamp ketika para pengebom Jerman menyerang. Pasukan yang menunda berada di belakang, dipimpin oleh Asael, untuk memperlambat pasukan darat Jerman. Pertahanan tidak bertahan lama, hanya Asael dan seorang anggota kamp bernama Sofiya yang selamat untuk bergabung kembali dengan kelompok yang lain di mana di tepi hutan berhadapan dengan rawa yang tampaknya tidak bisa dilewati. Mereka menyeberangi rawa dengan hanya satu korban tetapi segera diserang oleh peleton Jerman yang didukung oleh tank Panzer III. Sama seperti semua yang tampaknya hilang, Jerman diserang dari belakang oleh pasukan partisan yang dipimpin oleh Zus, yang telah meninggalkan Soviet untuk bergabung kembali dengan kelompok itu.

Ketika para korban yang selamat melarikan diri ke hutan, film berakhir dengan pernyataan bahwa mereka tinggal di hutan selama dua tahun, membangun rumah sakit, pembibitan, sekolah, tumbuh hingga total 1.200 orang Yahudi. Foto-foto asli dari Bielski bersaudara ditunjukkan, termasuk Tuvia dengan seragamnya dan nasib mereka: Asael bergabung dengan Angkatan Darat Soviet dan segera terbunuh dalam perang, tidak pernah melihat anaknya; Tuvia, Zus dan Aron selamat dari perang dan beremigrasi ke Amerika Serikat untuk membangun perusahaan truk yang sukses di New York City. Epilog itu juga menyatakan bahwa Bielski bersaudara tidak pernah mencari pengakuan atas apa yang mereka lakukan dan bahwa keturunan orang-orang yang mereka selamatkan sekarang berjumlah puluhan ribu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Daniel Craig sebagai Tuvia Bielski
  • Liev Schreiber sebagai Zus Bielski
  • Jamie Bell sebagai Asael Bielski
  • George MacKay sebagai Aron Bielski
  • Alexa Davalos sebagai Lilka Ticktin
  • Allan Corduner sebagai Shimon Haretz
  • Mark Feuerstein sebagai Isaac Malbin
  • Tomas Arana sebagai Ben Zion Gulkowitz
  • Jacek Koman sebagai Konstanty "Kościk" Kozłowski
  • Mia Wasikowska sebagai Chaya Dziencielsky
  • Iben Hjejle sebagai Bella
  • Jodhi May sebagai Tamara Skidelski
  • Kate Fahy sebagai Riva Reich
  • Iddo Goldberg sebagai Yitzhak Shulman
  • Sam Spruell sebagai Arkady Lubczanski
  • Ravil Isyanov sebagai Viktor Panchenko
  • Rolandas Boravskis sebagai Gramov

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Defiance mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 57%, berdasarkan 180 ulasan, dengan rating rata-rata 5,9/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 58 dari 100, berdasarkan 34 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Defiance mendapatkan $28.644.813 di Amerika Utara dan $22.510.406 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $51.155.219, melebihi anggaran produksi film $32 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $123.513, menempati posisi ke-32 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $8.911.827, menempati posisi ke-8 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Defiance (15)". British Board of Film Classification. November 11, 2008. Diakses tanggal October 26, 2016. 
  2. ^ a b c d "Defiance (2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  3. ^ "Defiance (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Defiance reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]