Sepeda motor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepeda motor Norton.

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua[1] yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara.

Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya, serta biaya operasionalnya cukup hemat.

Di Indonesia, masyarakat lebih mengenal istilah sepeda motor dengan hanya sebutan motor saja. Ini kurang tepat menyebutkan kata motor yang sebenarnya merupakan sebuah alat yang mengubah energi menjadi tenaga mekanik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sepeda motor pertama di dunia.

Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang lebih dahulu ditemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, suatu perusahaan pertama di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala besar, mulai mengembangkan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda. Namun usaha tersebut masih belum berhasil dan kemudian dilanjutkan oleh Edward Butler, seorang penemu asal Inggris. Butler membuat kendaraan roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran dalam. Sejak penemuan tersebut, semakin banyak dilakukan percobaan untuk membuat motor dan mobil. Salah satunya dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.

Kedua penemu tersebut bertemu ketika bekerja bersama di Deutz-AG-Gasmotorenfabrik, produsen mesin stasioner terbesar pada tahun 1872. Pemilik Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang bernama Nikolaus Otto berhasil membuat mesin empat langkah atau yang disebut juga mesin empat tak dan penemuan tersebut dipatenkan pada tahun 1877. Walaupun mesin empat tak tersebut masih terlalu sederhana dan kurang efisien, tetapi mesin tersebut diharapkan dapat menggantikan mesin uap. Pada tahun 1880, Daimler dan Maybach dipecat dari perusahaan tersebut dan keduanya mendirikan sebuah bengkel di Stuttgart. Pada tahun 1885, keduanya menciptakan karburator untuk mencampur bensin dan udara sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin empat tak ciptaan Otto. Mereka mengembangkan mesin empat tak tersebut menjadi silinder 100 cc dan meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. Sepeda kayu bermesin tersebut disebut sebagai Reitwagen ("riding car") dan menjadi sepeda motor pertama di dunia.[2][3]

Jenis-jenis/Tipe Sepeda Motor[sunting | sunting sumber]

Sport[sunting | sunting sumber]

Vyrus RVC 2V08 dengan Hub-center steering

Tipe sport adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk penggunaan balap dan kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan sepeda motor berjenis sport ini relatif membungkuk ke depan dan posisi kaki yang sedikit ke belakang, posisi tersebut digunakan pada sepeda motor seperti ini agar tekananan angin dari arah depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Bodi sepeda motor seperti ini juga memiliki jarak yang dekat dengan tanah yang menyebabkan sepeda motor ini rendah, hal ini dikarenakan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada kecepatan tinggi di sirkuit. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu: Honda CBR 250, Honda CBR150R, Kawasaki Ninja, dll.

Standard/Naked[sunting | sunting sumber]

Honda MegaPro 2014 adalah contoh untuk tipe "standard" atau "naked"

Tipe ini adalah tipe sepeda motor berkopling dan memiliki jarak bodi dari tanah yang tinggi, sepeda motor tipe ini merupakan sepeda motor sport yang tidak menggunakan full fairing/tameng udara. Namun, desain bodi dan performa mesin yang lebih bertenaga dan kuat. Tipe sepeda motor sport naked ini digunakan dalam keperluan sehari-hari dan dapat dikendarai pada medan berbatu/berkerikil. Namun, tidak off-road secara penuh. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu: Honda Tiger, Honda MegaPro, Honda CB150 Verza, Bajaj XCD, Suzuki Thunder, Yamaha SZ-X, Honda CB Trigger, Honda Win, Honda CB150R, Honda Gl Pro, Honda Gl Max, Honda Gl 100, Yamaha RX King, Suzuki GSX S150, Yamaha Vixion, Yamaha Byson, Yamaha Xabre, Yamaha MT25, dll

Cruiser[sunting | sunting sumber]

Contoh sepeda motor tipe "Cruiser"

Tipe cruiser adalah tipe sepeda motor yang memiliki torsi mesin yang besar dan mempunyai kemampuan menarik beban besar. Biasanya sepeda motor jenis ini identik dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai dan bergaya Chopper. Posisi tangan pengendara lebih tinggi daripada posisi duduk dan posisi kaki yang selonjor ke depan. Contoh sepeda motor tipe ini adalah produk pabrikan Harley Davidson dan Bajaj Avenger.

Trail/Off-Road[sunting | sunting sumber]

Tipe trail adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk melibas medan berat/Off Road. Misalnya medan berbatu dan berlumpur. Sepeda Motor jenis ini mempunyai ciri kontur ban kasar, menyerupai pacul/bergerigi kotak-kotak. Sepeda motor jenis ini mempunyai torsi besar dan tahan banting. Jarak bodi dari tanah relatif tinggi. Sepeda Motor jenis ini tidak mengejar top speed, tetapi akselerasi. Sepeda Motor jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada sepeda motor lain karena penggunaannya di medan berat. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu: Suzuki DR Z400S dual sport 400 cc, Kawasaki KLX 150, Honda CRF450X, dll.

"Bebek"[sunting | sunting sumber]

Tipe ini adalah tipe sepeda motor manual tanpa kopling yang memiliki Kapasitas Silinder (CC) kecil. Namun ada pula yang menggunakan kopling untuk beberapa tipe bebek sport. Tipe sepeda motor ini yaitu model bodi yang bercorak dari jok pengendara ke bawah kemudian naik ke stang kemudi. Posisi pengendara untuk sepeda motor ini tegak. Contoh sepeda motor tipe ini tanpa kopling serta cc mesin yang standar yaitu: Suzuki Shogun, Kawasaki Edge, Suzuki Smash, Kawasaki Blitz R, Kawasaki Kaze, Honda Supra X, Honda Revo, Honda Blade, Honda Astrea, Honda Supra Fit, Suzuki Shooter, Suzuki Satria, Yamaha Vega R, Yamaha Jupiter Z, Yamaha Force, dll. Dan contoh sepeda motor tipe ini dengan menggunakan kopling serta cc mesin seperti sepeda motor sport yaitu: Honda Sonic150R, Suzuki Satria FU, Yamaha Jupiter MX, Honda Supra GTR, Yamaha Tiara, Yamaha F1ZR, dll.

Skuter[sunting | sunting sumber]

Tipe skuter adalah kendaraan bermotor roda dua yang memiliki lantai di bagian dasarnya untuk diinjak oleh pengendara. Jika pada sepeda motor biasa mesin diletakkan di bagian bawah rangka tengah, maka skuter memiliki posisi mesin di belakang, bisa dibagian samping atau depan roda belakang, dengan posisi di bawah tempat duduk pengendara. Skuter biasanya memiliki ukuran roda yang kecil, di bawah 16 inci.

Merek sepeda motor di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Berikut beberapa merek sepeda motor di Indonesia. Daftar motor disini berasal dari pabrikan yang masih eksis maupun sudah tidak ada tetapi produknya masih ada dijalanan.

APP-KTM[sunting | sunting sumber]

APP KTM adalah nama motor Tiongkok yang diproduksi oleh PT. Asean Motor International atau dulu bernama PT. Varia Mobilindo dengan merek dagang APP KTM. Nama APP KTM sendiri berasal dari singkatan Asia Putra Perkasa (APP)-Kingtown Tian Ma (KTM). Asia Putra Perkasa sendiri adalah sebuah nama PT yang katanya memproduksi APP KTM ini, kemudian PT Asean Motor International sebagai main diler nasional merek APP KTM. Produknya adalah motor niaga dan bentuk motor lain sperti bebek dan skuter sebagaimana motor Tiongkok yang lain.

Bajaj[sunting | sunting sumber]

Bajaj merupakan pabrikan motor dari India yang berdiri sejak tahun 1965. Masuk ke Indonesia melalui bendera PT. Bajaj Auto Indonesia sejak tahun 2006. Produknya adalah motor sport [4] dan beberapa tahun terakhir bekerja sama dengan Kawasaki dan membentuk Kawasaki-Bajaj.

Benelli[sunting | sunting sumber]

Benelli merupakan salah satu produsen sepeda motor tertua yang ada di dunia. Perusahaan ini yang berdiri di Italia sejak tahun 1911 ini tidak pernah berhenti untuk memproduksi sepeda motor hingga kini. Menurut beberapa informasi sebagian saham pabrikan dibeli oleh perusahaan Tiongkok. Masuk ke Indonesia di bawah bendera PT. BENELLI MOTOR INDONESIA. Produknya adalah motor naked, sport dan skutik, serta trail dengan beragam kapasitas silinder yang ada.[5]

Betrix[sunting | sunting sumber]

Betrix merupakan singkatan dari Bebek Elektrik di mana merupakan motor dari listrik dengan harga yang sangat terjangkau. Produknya adalah jenis skuter listrik. NB: sepertinya sekarang beralih menjadi betrix lithium.[6]

BMW Motorrad[sunting | sunting sumber]

BMW Motorrad Indonesia merupakan ATPM motor BMW Motorrad dengan diler yang tersebar di Bali, [[Jakarta]] dan [[Sumatra]]. BMW Motorrad sendiri merupakan pabrikan dari Jerman yang berdiri tahun 1916 silam. Fokus motor: jenis Enduro, roadster, touring, sport dan maxi-scooter.[7]

Dayang Motor Indonesia[sunting | sunting sumber]

PT. DAYANG MOTOR INDONESIA didirikan pada tanggal 14 Februari 2000 yang merupakan produsen motor dalam negeri dengan standar mutu yang terjamin. Saat ini manufactory dan outlet dari Sepeda Motor DAYANG ada di kota Solo yang terletak di Jl. Kolonel Sutarto No. 100 Solo. Fokus motor: jenis motor niaga, bemo, dan segala jenis motor. Sekilas seperti produk-produk dari pabrikan China.[8]

Ducati[sunting | sunting sumber]

Ducati merupakan pabrikan motor dari Italia yang berdiri sejak tahun 1926. Masuk ke Indonesia lewat bendera PT Supermoto Indonesia. Fokus motor: Moge (Diavel, Hypermotard, Hyperstrada, Monster, Multistrada, Streetfighter, Superbiker)[9]

GAZGAS motor[sunting | sunting sumber]

GAZGAS motor adalah sebuah perusahaan ATPM motor trail yang berdiri sejak tahun 2004. Bermula dari bengkel modifikasi di Banyuurip Surabaya sekarang sudah berkembang hingga mempunya pabrik di Pasuruan, Jawa Timur. Fokus motor: motor-motor trail, enduro dan offroad serta minimoto yang ada kemiripan dengan motor-motor dari pabrikan China.[10]

Happy motorcycle[sunting | sunting sumber]

Happy motorcycle, PT. Anugerah Cendrawasih Sakti Motor (PT. ACSM) didirikan sejak tahun 1999. Berawal dari sebuah pabrik perakitan sepeda motor di Malang yang memproduksi dengan merek Nasional “Happy” untuk daerah Jawa Timur, kemudian tumbuh menjadi perusahaan yang profesional dengan perkembangan jaringan dealer di seluruh Indonesia. Fokus motor: jenis cube/bebek, skuter, sport dan motor niaga (3 roda). [11]

Harley-Davidson[sunting | sunting sumber]

Harley-Davidson Motor Company adalah pembuat sepeda motor Amerika Serikat yang bermarkas di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat yang berdiri tahun 1903. Masuk ke Indonesia lewat bendera Mabua Harley-Davidson. Jenis motor: moge [12]

Honda[sunting | sunting sumber]

Honda merupakan pabrikan motor dari Jepang yang masuk ke Indonesia di bawah PT. Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada tanggal 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT. Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down). Fokus motor: jenis bebek, sport, skuter.[13] Pencapaian Honda sebagai produsen motor terlaris di Indonesia tidak lepas dari kesuksesan skuter yang mereka punya sekarang walaupun memang sudah mempunyai nama brand yang terkenal. Ada banyak sekali skuter yang dipasarkan di Indonesia. Semuanya laris manis dibeli oleh konsumen penggemar produk Honda. Sebagai buktinya adalah Honda Beat yang hingga saat ini berstatus sebagai skuter terlaris di Indonesia. Di samping itu, ada pula Honda Scoopy dan Honda Vario yang menduduki posisi kedua dan posisi ketiga mengalahkan skuter buatan Yamaha.

Husqvarna[sunting | sunting sumber]

Husqvarna merupakan pabrikan motor dari Swedia yang berdiri sejak tahun 1904. Sempat bergabung dengan MV Agusta. Namun, sejak tahun 2007 bergabung dalam jajaran BMW Motorroad. Dilernya tersebar di Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Malang, Denpasar, Lombok dan Banjarmasin. Fokus motor: jenis enduro dan motocross [14]

Hyosung motor[sunting | sunting sumber]

Hyosung motor merupakan pabrikan motor dari Korea yang berdiri sejak tahun 1978. Masuk ke Indonesia di bawah bendera Hyosung Indonesia dengan lokasi perakitan di Semarang, Jawa Tengah. Fokus motor: jenis sport dan supersport [15]

Jialing[sunting | sunting sumber]

PT. Buana Jialing Makmur Sakti Motor berdiri sejak tahun 2001 dengan visi Membangun Industri Sepeda Motor Di Indonesia Dengan Harga Terjangkau, Kualitas Serta Layanan Purna Jual Terbaik Dengan Tujuan Menjadi Market Leader Di Kelas Motor Cina. Fokus motor: bebek, skuter, sport dan motor niaga (3 roda) [16]

Kaisar motor[sunting | sunting sumber]

PT Kaisar Motorindo Industri didirikan sejak tahun 2003 dengan tujuan untuk menyediakan sarana transportasi yang memiliki kualitas yang sangat baik. Namun, dengan tingkat harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia. Fokus motor: motor niaga dan motor moge semacam Harley dengan merek Ruby.[17]

Kanzen[sunting | sunting sumber]

Kanzen diklaim sebagai merek sepeda motor asli dari Indonesia. Merek ini diproduksi oleh PT. Semesta Citra Motorindo yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Rini Suwandhi (mantan Menteri Perindustrian). Berdiri sekitar tahun 2000-an. Sepeda motor Kanzen menghasilkan beberapa jenis sepeda motor. Namun sepertinya saat ini motor Kanzen sudah hilang dari peredaran. Fokus motor: jenis Kanzen Scudetto, skuter otomatis; Kanzen Taurus, bebek; Kanzen Taurus Ultima, dan beberapa jenis motor bebek khas pabrikan China.

Kawasaki motor[sunting | sunting sumber]

Kawasaki motor merupakan pabrikan dari Jepang yang berdiri sejak tahun 1949 yang masuk ke Indonesia di bawah bendera PT. Kawasaki Motor Indonesia. Fokus motor: jenis sport, offroad dan multipurpose, mini super sport, moped dan beberapa tahun terakhir kerjasama dengan Bajaj dan membentuk Kawasaki-Bajaj.[18]

Kymco / Benson[sunting | sunting sumber]

Kymco merupakan pabrikan motor dari Taiwan yang berdiri sejak tahun 1963. Masuk ke indonesia tahun 2000an di bawah bendera PT. KYMCO Lippo Motor Indonesia. Namun akhir tutup. Tahun 2010-an Kymco bangkit dengan branding baru yakni Benson di bawah bendera PT. Benson Power Mobility dari Denpasar Bali. Fokus motor: yang terkenal merupakan jenis skuter [19][20]

KTM[sunting | sunting sumber]

KTM Indonesia merupakan ATPM motor KTM Austria di bawah bendera PT. MOTO KTM INDONESIA. KTM Austria sendiri berdiri sejak tahun 1934. Fokus motor: jenis naked, enduro, trali, supermoto, dan superbike. Termasuk SND FACTORY Indonesian Motorcycle Company. [21]

Minerva[sunting | sunting sumber]

PT. MINERVA MOTOR INDONESIA berdiri sejak tahun 2000 hingga tahun 2008 melakukan Co-Branding and Joint Manufacturing dengan SACHS Fahrzeug –und Motorentechnik Germany, yang kemudian dikenal dengan MINERVA SACHS. Fokus motor: sport, naked, supermoto dan skuter yang semua part terdapat hubungan dengan pabrikan Tiongkok.[22]

MV Agusta[sunting | sunting sumber]

Mv Agusta merupakan pabrikan motor dari Italia yang berdiri sejak tahun 1945 hingga tahun 1992 pabrikan ini diakuisisi oleh Cagiva. Masuk ke Indonesia di bawah bendera PT. MOTO ARTE INDONESIA. Fokus motor: sport bike, moge dan touring.[23]

Piaggio / Vespa[sunting | sunting sumber]

Piaggio merupakan perusahaan motor dari Italia yang berdiri tahun 1884. Bagi penunggang motor Vespa tentu tidak asing lagi dengan merek yang satu ini. Masuk ke Indonesia di bawah bendera PT. Piaggio Indonesia. Fokus motor: jenis scooter dan mp3[24][25]

Suzuki motor[sunting | sunting sumber]

Suzuki motor merupakan pabrikan motor dari Jepang yang didirikan sejak tahun 1955. Masuk ke Indonesia di bawah bendera PT. Suzuki Indomobil Motor. Fokus motor: jenis underbone, scooter dan sport. Suzuki Motor Company didirikan oleh Michio Suzuki. Dia memiliki bisnis menjulang yang sangat sukses ketika dia memutuskan untuk berinvestasi dalam konsep manufaktur sepeda motor pada tahun 1920. Suzuki tidak menggoncang dunia sepeda motor, sebagai gantinya itu adalah kenaikan yang lambat dan stabil menuju kesuksesan. Ada berbagai model sepeda motor yang sukses moderat. Orang-orang mulai memperhatikan garis sepeda motor Suzuki Diarsipkan 2019-10-10 di Wayback Machine. setelah model Diamond Free mereka memenangkan Gunung Fuji Hill Climb pada tahun 1953. Pada bulan Juni 1954, Suzuki menerapkan logo merek dagang “S” yang masih digunakan sampai sekarang. Mereka juga memanfaatkan industri sepeda motor selama bertahun-tahun untuk mengamati dengan baik. Pada tahun 1962 melihat mereka sebagai pemenang Grand Prix World Championship. Suzuki memutuskan untuk mulai menjual sepeda motornya di Amerika Serikat pada tahun 1963. Mereka telah menempuh perjalanan yang jauh sejak perkenalan pertama itu. Konsumen dengan cepat menggunakan model-model tersebut, menemukan mereka berharga dan dapat diandalkan.

VIAR[sunting | sunting sumber]

VIAR, Berdiri sejak tahun 2000, PT Triangle Motorindo sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek VIAR didirikan dengan tekad untuk menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan komitmen PT. Triangle Motorindo yang selalu memproduksi sepeda motor VIAR dengan mutu tinggi dan harga yang terjangkau kepada masyarakat Indonesia agar VIAR menjadi leading brand otomotif di Indonesia. Lokasi perakitan ada di Semarang, Jawa Tengah. Fokus motor: jenis bebek, sport, trail, skuter dan motor niaga (3 roda) yang sebagian besar ada kemiripan dengan motor-motor dari pabrikan china.[26]

Viva motor[sunting | sunting sumber]

PT. Vivamas Qingqi Motor didirikan pada tanggal 20 Januari 2000, dan merupakan perusahaan Joint Venture antara PT. Vivamas Tatanusa dengan salah satu perusahaan terbesar di China Yaitu China Qingqi Group Co, dan yang telah mendapat ISO 9001-9004 Internasional. Fokus motor: jenis bebek, ayago, skuter dan sport serta motor niaga (3 roda).[27]

TVS Motor[sunting | sunting sumber]

TVS Motor merupakan pabrikan motor dari India yang berdiri sejak tahun 1978. Masuk ke indonesia melalui bendera PT. TVS Motor Company Indonesia. Fokus motor: jenis sport, skuter dan bebek.[28]

Yamaha motor[sunting | sunting sumber]

Yamaha motor merupakan pabrikan motor dari Jepang yang didirikan sejak tahun 1955 dan masuk ke Indonesia sejak tahun 1971. Masuk ke Indonesia di bawah bendera PT. YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing). Fokus motor: jenis bebek, skuter, sport, ATV, MAXI Yamaha generator dan beberapa tahun terakhir juga membuka sayap CBU dengan moge-moge lainnya. [29]

Sepeda motor berbahan bakar fleksibel[sunting | sunting sumber]

Honda Biz 125 flex dari Brasil
Ringkasan dari campuran bahan bakar etanol yang digunakan di seluruh dunia
Honda CG 150 Titan Mix 2009 diluncurkan ke pasar Brasil dan menjadi motor berbahan bakar fleksibel yang pertama dijual di dunia.

Kendaraan bahan bakar fleksibel atau kendaraan bahan bakar ganda adalah kendaraan bahan bakar alternatif dengan mesin pembakaran dalamnya yang didesain bisa menggunakan lebih dari 1 jenis bahan bakar, biasanya adalah bensin yang dicampur dengan etanol ataupun metanol. Mesin-mesin berbahan bakar fleksibel modern dapat menggunakan bahan bakar dengan campuran berapa saja di dalam ruang bakarnya karena injeksi dan waktu percikannya sudah diatur otomatis oleh sensor elektronik. Kendaraan bahan bakar fleksibel berbeda dengan kendaraan bi-bahan bakar, dimana kedua bensin disimpan di kedua tangki yang berbeda dan mesinnya hanya membakar satu tipe bahan bakar saja pada saat bekerja, misalnya CNG, Elpiji, atau hidrogen.

Model dari kendaraan bahan bakar fleksibel yang paling banyak di dunia adalah kendaraan bahan bakar etanol, dengan 25,1 juta mobil, motor, dan truk ringan yang terjual di seluruh dunia sampai Juni 2011, dan terkonsentrasi di 4 negara, Brasil (14,3 juta), Amerika Serikat (10 juta), Kanada (lebih dari 600.000), dan Eropa, yang dipimpin oleh Swedia (226,089). Kendaraan bahan bakar fleksibel di Brasil termasuk dengan 1 juta unit motor yang diproduksi di negara itu sejak tahun 2009.

Inovasi lain dari teknologi bahan bakar fleksibel di Brasil adalah pengembangan sepeda motor berbahan bakar fleksibel. Motor berbahan bakar fleksibel ini diperkenalkan pertama kali oleh Honda pada bulan Maret 2009. Diproduksi oleh divisi Honda di Brasil yaitu Moto Honda da Amazônia, motor CG 150 Titan Mix dijual dengan harga kira-kira 2.700 dolar AS. Untuk menghindari masalah pengontakan mesin di musim dingin, tangki bensin motor ini minimal harus diisi 20% bensin ketika suhu turun di bawah 15 °C (59 °F). Pada bulan September 2009, Honda mengembangkan sepeda motor berbahan bakar fleksibel keduanya yaitu Honda NXR 150 Bros Mix. Sampai bulan Desember 2010, penjualan kedua motor berbahan bakar fleksibel Honda ini telah mencapai 515.726 unit, dengan pangsa pasar sebesar 18.1% pada tahun 2010.

Sepeda motor listrik[sunting | sunting sumber]

Sepeda motor listrik Zero. Sepeda motor ini juga dipasarkan di Indonesia.

Sepeda motor listrik adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.

Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tidak diperlukannya BPKB.[30]

Secara umum sumber tenaga sebuah sepeda motor hibrida adalah akumulator, tapi perkembangan dalam sel bahan bakar menyebabkan terciptanya beberapa prototipe menggunakannya. Beberapa contoh misalnya ENV dari Intelligent Energy memanfaatkan proses Fuel Cell hidrogen, pada Honda teknologi ini diberi nama Honda FC Stack, dan FC-AQEL[31] pada Yamaha. Terdapat pula sepeda motor listrik-hibrida berbahan bakar yang sedang dikembangkan. Contoh jenis ini misalnya adalah Ecycle, dan Gen-RYU[32] dari Yamaha. .

Dan kini banyak dilakukan inovasi dan terobosan baru dalam menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cossalter, Vittore (2006). Motorcycle Dynamics. Lulu. ISBN 978-1-4303-0861-4. 
  2. ^ Media Kawasan. Edisi November 2013. Hal. 78-80. Penciptaan Sepeda Motor: Dari Sepeda Hingga Mesin Empat Tak.
  3. ^ Modern Motorcycle Technology, 2nd ed. Edward Abdo. Pag 2-5. Delmar, Cengage Learning.
  4. ^ http://www.bajaj-indonesia.com/en/
  5. ^ http://www.benelli.co.id/
  6. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-31. Diakses tanggal 2021-05-24. 
  7. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-10. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  8. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-10. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  9. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-28. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  10. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-19. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  11. ^ http://www.happy-motor.com/
  12. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-21. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  13. ^ http://www.astra-honda.com/
  14. ^ http://husqvarna-motor-indonesia.com/
  15. ^ http://www.hyosungindonesia.com/
  16. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-31. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  17. ^ http://www.kaisarmotorindo.com/
  18. ^ http://www.kawasaki-motor.co.id/
  19. ^ http://www.kymco.com/
  20. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-22. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  21. ^ http://www.ktmindonesia.com/
  22. ^ http://www.minerva.co.id/
  23. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-17. Diakses tanggal 2017-05-22. 
  24. ^ http://www.id.piaggio.com/
  25. ^ http://www.id.vespa.com/
  26. ^ http://www.viarmotor.com/
  27. ^ http://www.viva-motor.com/
  28. ^ http://www.tvsmotor.co.id/
  29. ^ http://www.yamaha-motor.co.id/
  30. ^ Sepeda Motor Listrik, perlu SIM-STNK nggak sih? Diarsipkan 2016-11-02 di Wayback Machine..
  31. ^ "Yamaha FC-AQEL di yamaha-motor.co.jp". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-02. Diakses tanggal 2017-01-14. 
  32. ^ "Yamaha Gen-RYU di yamaha-motor.co.jp". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-04-20. Diakses tanggal 2017-01-14.