Kota Lama Yerusalem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kota Tua Jerusalem dan temboknya
Site 0148 0007-500-375-20100112164738.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Israel
Tipe Budaya
Kriteria ii, iii, vi
Nomor identifikasi 148
Kawasan UNESCO Asia-Pasifik
Tahun pengukuhan 1981 (sesi ke-15)
Peta Yerusalem pada tahun 1947, garis hijau adalah batas antara Yerusalem Barat dengan Yerusalem Timur, garis hitam berbentuk jajaran genjang adalah tembok kota tua

Kota Lama Yerusalem adalah kota tua Yerusalem yang dikelilingi oleh tembok yang berada dalam kawasan Yerusalem Timur, di kota Yerusalem. Distrik kota tua Yerusalem terbagi dalam empat wilayah yaitu Kampung Islam, Kampung Yahudi (warna biru), Kampung Kristen dan Kampung Armenia (yang juga Kristen).

Kota Lama Yerusalem disebut juga Baitul Maqdis atau Al-Quds. Di dalam Kota Lama Yerusalem, banyak terdapat situs-situs suci umat Muslim, Nasrani dan Yahudi. Di sudut tenggara Yerusalem Lama ini terdapat Kompleks Al-Haram asy-Syarif yang di dalamnya terdapat Kubah Shakhrah dan Masjid Al-Aqsha dan pada sudut masjid tersebut terdapat Tembok Ratapan.

Abdullah bin Umar, seorang sahabat Nabi Muhammad, ahli hadits dan hukum fiqih mengatakan:
"Baitul Maqdis adalah tempat para Nabi dan berkumpulnya mereka untuk beribadah. Tidak ada sejengkalpun tanah di tempat itu yang tidak dipakai untuk sembahyang oleh para Nabi atau para Malaikat".

Tempat ini pun terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO, dan atas usul dari Yordania.