Bagian Armenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Bagian Armenia, tanpa mempertimbangkan area Israel sebagai bagian dari wilayah Bagian Yahudi (tengah kanan)

Bagian Armenia (Arab: حارة الأرمن‎, Harat al-Arman; bahasa Ibrani: הרובע הארמני, Ha-Rova ha-Armeni; bahasa Armenia: Հայոց թաղ, Hayots t'agh (tradisional);[1][2] atau lebih dikenal sebagai Երուսաղէմի հայկական թաղամաս, Yerusaghemi haykakan t'aghamas)[a] adalah satu dari empat bagian yang dibentengi oleh benteng-benteng di Kota Lama Yerusalem. Berlokasi di sudut barat laut Kota Lama, yang dapat terhubung dengan Gerbang Zion dan Gerbang Jaffa. Mencakup luas wilayah 0.126 km² (126 dunam), atau 14% dari luas keseluruhan Kota Lama. Pada tahun 2007, bagian ini memiliki populasi sebanyak 2,424 jiwa (6.55% dari seluruh jumlah populasi Kota Lama). Jika disamakan dalam kedua kriteria, bagian ini sebanding dengan Bagian Yahudi. Bagian Armenia dipisahkan dengan Bagian Kristen oleh Jalan Daud (Suq el-Bazaar) dan oleh Habad Street (Suq el-Husur) dari bagian Yahudi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Refefensi[sunting | sunting sumber]

Catatan
  1. ^ Ortografi Armenia : Երուսաղեմի հայկական թաղամաս; pengucapan Armenia Barat: Yerusaghemi haygagan t'aghamas
Rujukan
  1. ^ Ormanian 1931, hlm. 4.
  2. ^ Deyirmenjian, Sevan (6 May 2013). "Քանի մը դրուագ Երուսաղէմէն Սուրբ Յակոբի հովանիին ներքոյ". Jamanak (dalam bahasa Armenia). Istambul. ...պաշտօնապէս իսկ կոչուելով «Հայոց թաղ» անունով: 
    "Երուսաղէմահայը (The Jerusalemite)". armenische-kirche.ch (dalam bahasa Armenia). Zürich: Diocese of the Armenian Apostolic Church in the German Switzerland. Իսկ հայոց թաղի բնակիչները... 
Bacaan lanjutan
Berita
Situs-situs web

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 31°46′30″N 35°13′46″E / 31.775°N 35.2294444°E / 31.775; 35.2294444